Rakerda IHGMA Lombok, Komitmen Untuk Terus Bermanfaat Bagi Pariwisata NTB

rakerda ihgma lombok

Rakerda IHGMA Lombok, Komitmen Untuk Terus Bermanfaat Bagi Pariwisata NTB. Rakerda merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh masing-masing DPD IHGMA, tidak terkecuali Lombok. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (21/4), bertempat di CORE Hotel Premier Senggigi. Diselenggarakannya rakerda ini dalam rangka menyambut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IHGMA di Yogyakarta, 4-6 Mei 2018 mendatang. Selain itu, juga sebagai bentuk komitmen IHGMA Lombok untuk terus bermanfaat bagi pariwisata NTB, khususnya Lombok.

Rakerda IHGMA Lombok, Komitmen Untuk Terus Bermanfaat Bagi Pariwisata NTB

rakerda ihgma lombok

Rakerda IHGMA Lombok, Persiapan Menyambut Rakernas IHGMA

Gelaran Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IHGMA Lombok diselenggarakan sehari setelah ulang tahun kedua IHGMA. Oleh karena itu, agenda tersebut dirangkaikan pula dengan perayaan ulang tahun IHGMA. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) berdiri pada 20 April 2016, tepatnya 2 tahun yang lalu. Menginjak usia keduanya ini, IHGMA khususnya IHGMA Lombok telah memberikan banyak perubahan besar terhadap pariwisata NTB. Keberadaan IHGMA berperan penting terhadap meningkatnya profesionalisme para General Manager (GM) maupun Manager pada hotel dan villa, khususnya yang ada di Lombok.

Baca Juga: Rayakan HUT Pertama, IHGMA Lombok Siap Dukung Pariwisata NTB

Menurut Ketua IHGMA Lombok, Erik Tumbelaka, digelarnya Rakerda IHGMA Lombok adalah dalam rangka persiapan menyambut Rakernas IHGMA di Yogyakarta pada 4-6 Mei 2018 mendatang. Erik menjelaskan bahwa dalam Rakerda ini mereka membahas seluruh program yang telah dilakukan di tahun 2017 lalu, serta merencanakan program di tahun 2018. Ia menambahkan, kedepannya IHGMA akan lebih banyak fokus terhadap program-program peningkatan sumber daya manusia (SDM) di masyarakat terkait dukungan kepada pariwisata secara nyata.

Peran IHGMA terhadap Kemajuan Pariwisata NTB

rakerda ihgma lombok

Peningkatan Kualitas SDM Untuk Pelayanan dan Pengelolaan Hotel yang Lebih Baik

IHGMA merupakan organisasi profesi bagi para General Manager (GM) dan Manager Indonesia, baik yang berasal dari hotel, villa maupun resort. Asosiasi ini berfokus pada pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para anggotanya. Peningkatan kualitas tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan, diantaranya yaitu pelatihan maupun sertifikasi profesi, baik yang telah dan akan dilaksanakan. Dimana pada Rakerda IHGMA Lombok, berlangsung pula acara penyerahan sertifikat dosen vokasi serta Sertifikat Kompetensi Hotel Expert Level 8 kepada sejumlah anggota IHGMA.

Baca Juga: IHGMA Chapter Lombok, Gelar Workshop Road To General Manager

Sertifikat tersebut diberikan kepada anggota IHGMA yang telah lulus ujian Sertifikasi Kompetensi Hotel Expert Level 8 (setara dengan gelar Strata 2). Seorang General Manager (GM) ditentukan profesionalitasnya melalui sertifikat tadi. Ujian sertifikasi ini difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dimana dengan lulus ujian dan meraih sertifikat kompetensi, maka seorang GM dapat lebih memberikan manfaat baik untuk hotelnya sendiri maupun masyarakat.

Adapun 13 orang anggota IHGMA yang meraih sertifikat kompetensi Hotel Expert 8, yaitu:

  1. Ernanda A. Dewabroto, CHA – Golden Palace Hotel Lombok
  2. Aloy – Ombak Sunset
  3. Buchari, CHA – Bel Air Resort Gili Air
  4. Cherry Abdul Hakim – Jayakarta Resort Lombok
  5. Darmawan P. Drajat – Jeeva Group
  6. Firman Farid Latif, CHA, CHIA – Mahamaya Gili Meno
  7. Ketut Saputra – Bidari Hotel
  8. Lukman Ahmadi, CHA – Pratama Hotel Mataram
  9. Mada I Made, CHA – Villa Ombak
  10. Vicky Hanoi – Pearl of Trawangan
  11. Wedok Suprapti, CHA – Qunci Villas
  12. Yoshie S. Anwar – Idoop Hotel
  13. Lalu M. L. Taufik.

Menurut Ernanda Agung Dewobroto, Wakil Ketua IHGMA, selama 2 tahun ini IHGMA telah memberikan dampak positif kepada anggotanya melalui program-program sertifikasi profesi. “Melalui peningkatan kualitas SDM para GM, tentu akan memberikan manfaat terhadap hotel tempatnya bekerja, organisasi di bawahnya, institusi formal, serta masyarakat,” jelas Ernanda yang juga merupakan GM Golden Palace Hotel.

rakerda ihgma lombok

Program CSR IHGMA Chapter Lombok

Selain meningkatkan SDM para anggotanya melalui berbagai pelatihan dan ujian sertifikasi, IHGMA Lombok mengadakan pula sejumlah program CSR. Erik Tumbelaka selaku Ketua IHGMA Lombok menjelaskan bahwa banyak hal yang menjadi pembahasan interaktif pada Rakerda ini. “Khususnya tentang bagaimana kami di IHGMA Lombok dapat memberikan manfaat lebih kepada pariwisata di NTB secara umum,” jelas Erik yang juga General Manager Kila Senggigi Beach Lombok.

Baca Juga: Kila Senggigi Beach Lombok, Spot Nyaman di Kawasan Senggigi

Erik menambahkan bahwa untuk program CSR, mereka tidak hanya ikut membantu jika ada bencana, tetapi juga melakukan sesuatu yang sifatnya berkelanjutan. Salah satu contohnya yaitu memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat sekitar destinasi wisata. Tujuannya tidak lain agar masyarakat lebih peduli terhadap pariwisata dan potensi daerahnya. Selain itu, ada program CSR Goes to Campus. Dimana di sini anggota IHGMA Lombok berperan aktif sebagai dosen tamu (guest lecture) di SMK Pariwisata dan Poltekpar Negeri Lombok.

Pada Rakerda yang dihadiri oleh 50 orang GM dan Manager dari hotel, villa maupun resort di Lombok ini dibahas pula kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Dimana rencananya di bulan Agustus 2018 nanti, IHGMA juga akan memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada para anggota yang ingin menjadi asesor dan auditor. Tentunya ini akan memberikan manfaat ganda. Agar kedepannya jika ada program sertifikasi, tidak perlu mencari asesor dan auditor dari luar daerah, sehingga akan menghemat anggaran.

Sukses untuk Rakerda IHGMA Lombok. Selamat Ulang Tahun yang ke-2 untuk IHGMA Seluruh Indonesia.

Jaya Jayalah IHGMA!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

17 Comments

  • Sinergitas Media dan Sejumlah Asosiasi dalam Membangun Pariwisata NTB - Blognya Andy Hardiyanti April 28, 2018 at 3:50 pm

    […] Baca Juga: Rakerda IHGMA Lombok, Komitmen Untuk Terus Bermanfaat Bagi Pariwisata NTB […]

    Reply
  • Chichie May 24, 2018 at 9:03 am

    Lombok adalah salah satu daerah yang ingin aku datangi nih,

    Reply
  • Nchie Hanie May 24, 2018 at 9:18 am

    Hmm..selalu pengen ke Lombok, pengen ngerumpi dan ngopi cantik sama Andy tauuuuu ma duo kruciil pulsa, tungguu tante ya Raniii

    Reply
  • indah nuria May 24, 2018 at 12:48 pm

    dengan rakerda seperti ini banyak ide baik yang bisa dikembangkan yaaa. Semoga pariwisata Lombok makin maju

    Reply
  • Ladysta May 24, 2018 at 1:21 pm

    Lombok ini salah satu tempat yang pengen banget aku datangin. Semoga one day bisa ke sini

    Reply
  • Endah marina May 24, 2018 at 1:39 pm

    Wahh Lombokk , jd destinasi yg sdh masuk bucketlist tp blom terwujud kesana.. semoga dengan IHGMA, wisata di NTB jd lebih baik yaa..

    Reply
  • Okti May 24, 2018 at 3:20 pm

    Selamat ulang tahun ya IHGMA
    Syawal nanti insyaallah saya dan keluarga mau ke NTB…

    Reply
  • Aswinda Utari May 24, 2018 at 9:49 pm

    Program CSRnya keren ya. Kreatif banget. Ad CSR goes to campus jg. Wah, suksus trus lh buat IHGMA

    Reply
  • Faridilla Ainun May 25, 2018 at 2:27 am

    Lombok, selalu pengen kembali ke Lombok yang mempesona. Sukses terus IHGMA

    Reply
  • April Hamsa May 25, 2018 at 4:37 am

    Lombok adalah slah satu destinasi wisata yang pengen banget kukunjungi. Dulu kyknya sempat dipandang sebelah mata, skrng banyak banget yang tertarik ke sana ya mbak TFS

    Reply
  • irni May 25, 2018 at 6:58 am

    semoga suatu saat bisa ke lombok deh. Pengen banget soalnya, tapi waktunya belum ada yang pas >.<

    Reply
  • MeriskaPW May 25, 2018 at 6:04 pm

    Padahal di Lombok buanyaak banget hotel tapi yang dapet sertifikat expert baru 13 aja. Moga ke depannya makin banyak yang dapat sertifikat sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanannya juga.

    Reply
  • Helena May 25, 2018 at 9:36 pm

    Potensi wisata Lombok yang tinggi perlu didukung pelayanan akomodasi yang sesuai. Programnya IHGMA bagus nih supaya hotel-hotel di Lombok semakin berkualitas.

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti May 26, 2018 at 8:11 am

    Suksses teruh dengan program IHGMA nih biar makin top potensi di Lombok ya mba.

    Reply
  • Eni Martini May 26, 2018 at 10:50 pm

    Lombok memamg destinasi wisata alam dan budayanya bagus

    Reply
  • Munasyaroh May 27, 2018 at 3:00 pm

    Semoga pariwisata Lombok makin meroket dan terkenal di mancanegara

    Reply
  • Indira May 28, 2018 at 10:53 am

    semoga semakin dapat hotel di lombok yg dapat sertifikat

    Reply

Leave a Comment