Kila Senggigi Beach Lombok, Spot Nyaman di Kawasan Senggigi

kila-001

Kila Senggigi Beach Lombok, Spot Nyaman di Kawasan Senggigi. Terlalu banyak tempat cantik di Lombok dan rasanya tidak pernah habis untuk dikunjungi. Jangankan bagi wisatawan yang memang tujuannya pengen liburan ke Lombok, kami yang tinggal di Lombok saja belum kelar-kelar melihat semua keindahan Lombok. Belakangan kemarin, saya fokus jalan-jalan di kawasan pantai selatan. Tempat pantai Selong Belanak, Mawun, dan pantai dengan ciri khas pasir putih dan gradasi birunya air laut berada. Tidak perlu bicara soal Senggigi, sebab rasanya sudah lama sekali saya tidak ke sana. Mengapa? Terlalu ramai, kotor, pasirnya juga tipikal pasir hitam dan sejumlah alasan lain. Sampai akhirnya, saya tiba di Kila Senggigi Beach Lombok. Sebuah spot yang menegaskan bahwa Senggigi tetap menyenangkan, Senggigi tetap bisa membuat kalian nyaman.

Kila Senggigi Beach Lombok, Perihal Mimpi di Suatu Hari

kila-002

Kila Senggigi Beach Lombok ini awalnya bernama Senggigi Beach Hotel (SBH), yang kemudian re-branding dan diberi nama Kila Senggigi Beach Lombok. Lokasinya sangat strategis, yaitu tepat di samping pusat rekreasi Pantai Senggigi. Meski orang Lombok dan sudah cukup lama tinggal di Lombok, saya baru tiga kali ke Kila. Saya ingat sekali, kedatangan pertama dan kedua saya ke sana adalah untuk urusan dokumentasi acara United Nations Country Team (UNCT) Retreat di Lombok. Ceritanya bisa dibaca di sini. Dan itu sudah lama, bulan Mei yang lalu. Sejak kedatangan pertama saya, saya sudah jatuh cinta dengan Kila. Dan berharap suatu saat bisa staycation bersama keluarga di tempat senyaman ini. Ya, bermimpilah (dan berdoa, dan berusaha) … maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu. See? Mimpi, doa dan usaha kami membuahkan hasil. Tepat di hari Jumat (25/11) hingga Minggu (27/11) kemarin kami sekeluarga menghabiskan weekend di Kila Senggigi Beach Lombok.

Oh ya, ralat. Bukan sekeluarga, melainkan tiga keluarga sekaligus. Saya, Irwan dan Ajie. Lengkap dengan krucils yang siap menggemparkan dunia persilatan. Bwahahahaha. Kembali ke pembahasan awal, meskipun ini kunjungan ketiga saya ke Kila Senggigi Beach Lombok. Tapi untuk urusan stay, ini adalah pengalaman pertama saya. Jadi mohon maaf kalau tulisan di bawah bakal norak-norak cihuy!

Lebih Dekat Dengan Pantai Senggigi

kila-003

Saya dan si kecil Rani adalah tipikal emak-anak yang doyan pantai tapi buat dilihat-lihat aja. Melihat hamparan pasir pantai dan birunya air laut serta ombak yang berkejaran saja sudah bisa bikin kami senang. Kalau sampai renang dan main pasir, paling gak lama dan itu jarang banget. Karena kami berdua seperti itu, ya sudah suami juga ikutan. Padahal dianya doyan renang loh. Hahahaha. Dan tahu? Kila Senggigi Beach Lombok ini cihuy bener. Restorannya yang bernama Basilico Italian Restaurant punya posisi ya pas banget, yups…posisinya menghadap ke Pantai Senggigi. Eh bukannya tadi saya bilang Pantai Senggigi tuh gak sebagus pantai-pantai daerah selatan? No, no..saya ralat, ternyata kalau kalian jalan ke kiri lagi dari kawasan Senggigi kalian bakal ketemu Pantai Senggigi yang berpasir putih, komplit dengan gradasi air lautnya yang biru.

Jadi? Ini pantai private gitu? Yah, gak private bangetlah ya. Kesadaran masing-masing aja. Karena udah masuk kawasan Kila Senggigi Beach Lombok jadi ya untuk dipakai piknik umum gak bisa sebebas di sebelahnya. Tapi kalau buat sekadar ngepantai santai ya hayuk. Paling dijaga aja gitu kebersihannya, karena selama ini yang beberes dan sibuk membersihkannya kan dari pihak resort. Sebagai pengunjung (non tamu) ya mesti ngerti aja sih. Ngerti jaga kebersihan dan bisa kali pesan makanan dan minuman atau snack gitu di restoran yang tersedia di sana.

Nyaman dan Asrinya, Juara!

kila-004

Setiap kali kami melakukan staycation, ada satu hal yang selalu menjadi pertimbangan. Yaitu perihal: apa sih yang khas dari hotel/resort tersebut? Kalau gak ada atau sama aja dengan yang lain mah skip aja! Jadi apa yang khas dan gak bisa dilupakan dari Kila Senggigi Beach Lombok? Nyaman dan asrinya. Eh suasana asrinya itu ding yang bikin nyaman. Itulah pokoknya. Satu kawasan Kila yang memiliki luas sekitar 12 Hektar ini dipenuhi dengan taman hijau yang bikin adem. Adem pandangan plus adem pernafasan. Bwahahahah. Bener lo. Entahlah udara di Kila kok ya segar banget. Pohon-pohon di mana-mana euy! Mungkin karena emang suasana asrinya yang juara, yang bikin udara segar di mana-mana, jadi meskipun nih resort luasnya 12 Hektar (iya, kalian gak salah baca) gempornya kalian jalan ke sana sini tuh gak begitu terasa #sambilngurutkaki.

Bohong ding. Enak aja, terasa lah capeknya. Huhuhuhu. Apalagi kalau pas dapat kamar nun jauh dari pinggir pantai. Tapi demi melihat sunset cantiknya Pantai Senggigi, jalan kaki gini mah gak masalah #padahalmasihpegal #urutkaki. Yoih, Kila Senggigi Beach Lombok emang luas banget banget. Kalian yang doyan lari dari kenyataan pasti senang banget dengan jogging track di sini.

Menikmati Sajian Khas Indonesia di tepi Pantai Senggigi

kila-006

Udah nyaman, asri, terus staf-stafnya itu tiap ketemu kita mah pada ramah semua. Hiks kok nih resort asyik bener ih. Ada lagi nih yang ngeselin banget, tahu apa? Setiap hari Kamis dan Jumat di Kila Senggigi Beach Lombok ada yang namanya Pasar Malam. Dengan membayar 185k++/pax (plus plusnya nih paling pajak, jangan takut duluan bwahahha) udah bisa makan sepuasnya! Ya iya, all you can eat gitu. Dari jam 6.30 hingga 10 malam. Ada banyak banget pilihan menu dan semuanya selera Indonesia. Pasukan anti makanan eropahhh mana suaranyaahhh wkwkwk. Ada sate, ikan bakar, mie bakso, nasi campur, es campur, kue-kue tradisional, pelecing kangkung, pecel, hadeehh..capek ketiknya. Banyak pokoknya! Gak doyan menu Indonesia? Dih, gaya! Tenang aja, keesokan harinya alias hari Sabtu a.k.a Malam Minggu ada program BBQ. Sama, all you can eat juga.. jam 6.30 hingga 10 malam juga, bedanya yang BBQ ini cukup bayar 165k++/pax πŸ˜‰ Ya soalnya dari segi menu juga emang lebih banyak yang Pasar Malam sih.

Serunya nge-pasar malam dan BBQ-an di Kila Senggigi Beach Lombok ini ya karena makannya di tepi pantai. Pantai Senggigi pula! Suasananya romantis-romantis manja gitu. Saat pasar malam kemarin, saya nyobain Sate dan ngemil-ngemil kue. Iya, itu aja…yang masuk di tulisan…yang masuk di perut mah lebih. Bwahahhahaha.

Selalu Ada Alasan Untuk Kembali

kila-007

Selalu ada alasan untuk kembali ke Kila Senggigi Beach Lombok. Ya, ini bukan saja perihal berlibur di sebuah resort. Tapi tentang kenyamanan, keramahan dan kenangan-kenangan yang selalu mengajak untuk kembali pulang. Saya akan menceritakan hal tersebut di postingan terpisah. Kila Senggigi Beach Lombok ini resort yang sudah lama dibangun, sudah tua, sangat tua. Salah seorang manager di sana, bahkan mulai bekerja sejak tahun 1987. Saat resort ini menjadi satu-satunya yang ada di Senggigi. Bangunannya mungkin tidak semegah resort baru, kekurangan jika selalu dicari-cari pasti saja ada. Tapi saya salut dengan bagaimana mereka merawat Kila. Merawat bangunannya, merawat kepercayaan tamunya, merawat keramahan stafnya, merawat kualitasnya serta merawat kenangan-kenangan yang ada di sana.

Ya, selalu ada alasan untuk ke Kila Senggigi Beach Lombok. Sebuah spot paling nyaman di kawasan Senggigi.

Kila Senggigi Beach Lombok
Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTB 83355
(0370) 693210

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

36 Comments

  • Okti Li November 29, 2016 at 3:44 am

    Ih, pengen coba atuh barbequenya πŸ™‚
    rasanya gak klop kalau main ke pantai tanpa bakar ikan πŸ™‚
    kapan ajak saya kemari atuh Mbak? ihihihi…

    Reply
    • andyhardiyanti November 29, 2016 at 6:06 am

      Menu pasar malamnya enak, BBQnya juga enak.
      Enak semua..eh jangan jangan yang bikin enak ini emang suasana pantainya kali ya?
      Hahaahahahha

      Hayuk atuh ke Lombok dulu, mbak πŸ™‚

      Reply
  • PutriKPM November 29, 2016 at 4:15 am

    Aku penasaran sama kamarnya malah hahaha. By the way, sesungguhnya aku belum pernah ke Lombok πŸ™ jadi kadang suka mupeng sendiri gitu. Pengen banget kesana πŸ™

    Reply
    • andyhardiyanti November 29, 2016 at 6:08 am

      Cerita-cerita tentang kamar dan sekitarnya nyusul di postingan berikutnya mbak. Hehehehe. Eh beneran belum pernah ke Lombok? Soon ya mbak… biar meetup kita πŸ™‚

      Reply
  • Bai Ruindra November 29, 2016 at 4:23 am

    Oh my God, indah banget mbak Andy, semoga saya bisa kembali ke sini suatu saat nanti ya πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti November 29, 2016 at 6:08 am

      Amiiin…main-mainlah kemari Bai. Saya pun belum pernah ke Aceh sih. Hiks

      Reply
  • safprada November 29, 2016 at 5:03 am

    rekomendasi buat bulan madu….
    tapi saya cari calonnya dulu hehehehehe

    Reply
    • andyhardiyanti November 29, 2016 at 6:09 am

      Ckckckckck..
      Iya, cari calonnya dulu sana. Atau mau saya bantu carikan? Wkwkwkwkwkwk

      Reply
      • Safprada November 30, 2016 at 5:38 am

        Boleh-boleh
        Hehehehe

        Reply
  • Afifah Mazaya November 29, 2016 at 6:46 am

    Nusa Tenggara punya banyak pantai yang cantik-cantik, ya. Pengen deh ke sana.

    Reply
  • Ratna Dewi November 29, 2016 at 9:01 am

    Rp 185K++ /pax buat all you can itu worth it sih menurutku apalagi kalau makanannya banyak varian dan enak rasanya. Apalagi sambil disuguhi suasana pantai.

    Reply
  • Nchie Hanie November 29, 2016 at 9:07 am

    Daaan..aku kembali merenung, kapan ya ke senggigi ini.
    Pokonya pasti ke sanaaa!

    Tunggu aja di bibir pantai sambil makan ikan bakar ya Andy.

    Reply
  • Noe November 29, 2016 at 10:02 am

    Waw, ngeliat fotonya yg ijooo itu berasa sejuuk bgt. Nyamaaaannn

    Reply
  • iwcaksono November 29, 2016 at 11:48 am

    eh aku juga pernah lho ke Kila, heuheuheu

    Reply
  • April Hamsa November 29, 2016 at 2:53 pm

    Wah asri dan indah banget, deket banget ma pantai lagi. TFS mbak πŸ™‚

    Reply
  • Adi Pradana November 29, 2016 at 3:26 pm

    Manstap nih, mau juga nginep disini…. Andaisaja suatu saat bisa, pasti ikutan menunggu melihat sunset nan indah itu…

    Reply
  • Dewi Nielsen November 29, 2016 at 7:25 pm

    Harus kesini satu hari. HARUS. Lokasinya nggak diragukan ya mak…bikin baper πŸ˜€

    Reply
  • Rach Alida Bahaweres November 29, 2016 at 10:55 pm

    Mba Andy,
    Cakep banget pemandangannya ….
    Pengen biar bisa main ke Lombok suatu saat nanti πŸ™‚

    Reply
  • Yulia Marza November 30, 2016 at 12:53 am

    Enak ya mbak, tinggal di lombok. Tinggal naik mobil atau motor nyampe tuh di kawasan wisatanya.

    Reply
  • Arman Tjandrawidjaja November 30, 2016 at 1:01 am

    cakep ya tempatnya.. seger ijo2 dan di pantai pula…

    Reply
  • Madura Bersatu November 30, 2016 at 9:03 am

    nice tempatnya mbak, bisa jadi referensi ni

    Reply
  • Jual Brainking Plus November 30, 2016 at 9:06 am

    gilee, sumpeh cakep bangets to spotnya, jadi mupeng nih. hehe

    Reply
  • muti mimut November 30, 2016 at 10:20 am

    Saya jadi kepengen nginap disana, sepertinya nyaman sambil menikmati pemandangannya

    Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani November 30, 2016 at 1:33 pm

    Duuuh, jadi pengen ke lombok… kayaknya saya lebih tertarik berlibur di Lombok daripada di Bali he he he

    Reply
  • wati November 30, 2016 at 1:44 pm

    Baru sebatas membaca atau melihat di TV saja, belum kesampaian liburan ke Lombok dulu pernah datang ke Bali itu juga waktu study tour sekolah he he

    Reply
  • Paul Lela Macdowell November 30, 2016 at 5:35 pm

    I love Kila Senggigi Beach Lombok, kita honey moon yg ke 40 th Wedding Anniversary … Villa nya, pantai nya, juga pasarmalam nya sungguh mengesankan, termasuk staff di Kila ramah tamah… What unforgetable life biar cuma 4 hari menginap di Kila …

    Reply
  • Ria December 1, 2016 at 3:43 am

    ah akyu iri padamu… Udah tiga kali ke sana, smp skrg masih dalam taraf bermimpi πŸ™‚ Gak lah, penulisannya gak norak πŸ™‚ Boleh dong sharing happiness & bs jadi panduan buat yg lain kl mau ke sana suatu hari nanti ^_^

    Reply
  • evrinasp December 1, 2016 at 9:54 pm

    aduhhh tempatnya indah nan romantis, tapi saya tetap menanti episode penantian ke Rinjani di blog ini hehe

    Reply
  • newily.com December 4, 2016 at 2:02 am

    Indah banget spotnya, jadi iri penegen kesana juga,,

    Reply
  • Amir December 5, 2016 at 3:14 am

    Itu penginapanya nyamannya udah keliahatan jaura banget, yakin. Keren banget lah pokonya Pantai Senggigi Lombok. Btw Mbaknya sering banget kesini, rumahnya deket pantai pastinya

    Reply
  • cumilebay December 6, 2016 at 4:45 am

    Ini hotel lama tapi masih kece badai, suka ama nuansa kamar nya yang tradisional

    Reply
  • Vidy December 6, 2016 at 8:38 am

    My honeymoon in 2010. Kamar bungalow no 119 kalo ga salah. haha..ngadep ke laut. Salah satu hotel favoritnya emil salim #katanya

    Reply
  • Lisna December 8, 2016 at 12:32 pm

    Aku kangen lombok mbaaaa,huhu. Nyari makanan halal banyak, spot wisata bejibun, masjid musholla dimana2. Smoga bisa balik ke sana trus kopdar sm mba andy, aaamiiiiin..hihi

    Reply
  • Khoirur Rohmah December 11, 2016 at 9:49 pm

    UDah lama binggo liburan impian ke Lombok hhee
    Pantainya Lombok itu khas ya mbak hhee

    Reply
  • Rudi Chandra December 12, 2016 at 10:51 am

    Keren banget deh…

    Reply
  • Liburan Asyik Bersama Keluarga di Kila Senggigi Beach Lombok – Blognya Andy Hardiyanti December 15, 2016 at 7:21 am

    […] yang sudah saya ceritakan di tulisan sebelumnya, bahwa Kila Senggigi Beach Lombok adalah spot nyaman di kawasan Senggigi. Loh katanya gak mau […]

    Reply

Leave a Comment