IHGMA Chapter Lombok, Gelar Workshop Road To General Manager

IHGMA Chapter Lombok

IHGMA Chapter Lombok, Gelar Workshop Road To General Manager. Workshop sehari kembali digelar oleh Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Lombok. Workshop yang mengangkat tema Road To General Manager ini diselenggarakan pada Rabu, 16 Agustus 2017, bertempat di Golden Palace Hotel Lombok. Hadir sebagai pemateri adalah Bapak Irmansjah Madewa, CHA, yang merupakan pendiri sekaligus penasihat IHGMA. Para peserta yang datang pun tidak berasal dari anggota IHGMA Chapter Lombok saja, tetapi juga para head manager yang bertugas di sejumlah hotel yang tersebar di Lombok.

IHGMA Chapter Lombok dan Perannya di Bidang Pariwisata

IHGMA Chapter Lombok

Kadispar NTB memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi

Workshop Road To General Manager yang digelar oleh IHGMA Chapter Lombok ini secara khusus mengangkat materi tentang bagaimana “Strategi menapaki Career Path hingga mencapai posisi seorang General Manager Hotel yang Kompeten dan berdaya saing tinggi”. Menariknya lagi, workshop tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Bapak Lalu Mohammad Faozal, S.Sos, M.Si. Hal ini menandakan betapa IHGMA Chapter Lombok memiliki hubungan yang erat dengan dunia pariwisata, khususnya pariwisata Lombok.

Lalu, apa sebenarnya peran IHGMA Chapter Lombok terhadap bidang pariwisata? Dalam sambutannya, Kadispar NTB menerangkan bahwa betapa mereka di sana sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi, sangat terbantu dengan kehadiran IHGMA. Sebab dari seminar atau workshop yang digelar oleh IHGMA Chapter Lombok selama ini, tidak lain tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata NTB.

Kadispar NTB, Lalu Mohammad Faozal, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya kembali menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh IHGMA Chapter Lombok pastinya telah meringankan kerja berat mereka di Dinas Pariwisata NTB, dimana peran aktif seperti inilah yang diharapkan oleh pemerintah dari stakeholder pariwisata seperti IHGMA, khususnya IHGMA Chapter Lombok. Apalagi yang berperan disini adalah para General Manager-nya langsung yang kita ketahui merupakan pemimpin tertinggi di perhotelan, sehingga tentu akan berdampak besar bagi kemajuan pariwisata di NTB.

Road To General Manager, Workshop dengan 200 Peserta

IHGMA Chapter Lombok

Ernanda Agung (Wakil Ketua IHGMA Chapter Lombok), Irmansjah Madewa (Advisor IHGMA), dan Erik Tumbelaka (Ketua IHGMA Chapter Lombok) saat konferensi pers di Golden Palace Hotel Lombok.

200 Peserta dengan Cita-Cita yang Sama: Mencapai Posisi General Manager

Bagaimana jadinya ketika para General Manager dan Head Manager berkumpul dan belajar bersama dalam satu forum? Ya, seperti itulah yang terjadi pada Workshop Road To General Manager. Semua peserta terlihat serius menyimak dan menyerap ilmu penting yang disampaikan oleh pemateri. Tidak sedikit pula dari mereka yang mengajukan sejumlah pertanyaan. Siapapun yang bekerja di bidang perhotelan tentu memiliki impian ingin mencapai posisi tertinggi sebagai General Manager, bukan? Itulah mengapa workshop Road To General Manager ini menghadirkan sejumlah peserta yang berasal dari para Head Manager seperti Food and Beverage (F&B) Manager, Human Resources Development (HRD) Manager, Housekeeper Manager, Front Office (FO) Manager dan masih banyak lagi.

Ketua IHGMA Chapter Lombok yang juga merupakan General Manager Kila Senggigi Beach Lombok, Erik Tumbelaka, menjelaskan bahwa program kerja IHGMA Chapter Lombok memang lebih banyak pada penyelenggaraan seminar dan workshop. Dengan tujuan agar bagaimana sumber daya manusia di Lombok bisa memiliki knowledge pariwisata yang lebih baik lagi.

“Peserta workshop IHGMA Chapter Lombok kali ini berjumlah 200 orang yang berasal dari berbagai hotel di Lombok. Kami memang sudah merencanakan untuk rutin 3 bulan sekali menggelar workshop. Untuk anggota IHGMA Chapter Lombok sendiri hingga kini berjumlah 70 orang, yang merupakan para General Manager berbagai hotel di Lombok. Terbanyak berasal dari hotel yang berada di Mataram, Senggigi dan Gili,” tegas Erik.

Lombok Menjadi Lokasi Ke-15 Penyelenggaraan Workshop

Pada konferensi pers di Golden Palace Hotel Lombok, Irmansjah Madewa, CHA, selaku pendiri sekaligus penasihat IHGMA menjelaskan bahwa workshop dengan tema Road To General Manager ini merupakan sebuah rangkaian roadshow yang rencananya akan diselenggarakan di 26 lokasi. Dimana Lombok menjadi lokasi ke-15. Harapannya, melalui workshop ini para General Manager yang ada di Lombok dapat mengetahui lebih banyak lagi ilmu tentang bagaimana meniti karir agar dapat menjadi General Manager yang baik dan berdaya saing.

“Dalam setahun, Indonesia kekurangan sekitar 10.000 tenaga perhotelan. Ya, permasalahan di Lombok dan tempat lain sebenarnya sama, yaitu masih kurangnya tenaga profesional di bidang perhotelan. Di sini kita sangat menginginkan agar bagaimana terciptanya para General Manager yang merupakan putera daerah,” tegas Irmansjah.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

9 Comments

  • Ransel Usang August 18, 2017 at 8:18 am

    Semoga para tenaga kerja di bidang perhotelan bisa lebih maju dan bersaing lagi

    Reply
  • Lia Djabir August 18, 2017 at 1:08 pm

    Semoga tenaga kerja di perhotelan bisa lebih profesional jd gak perlu import lg

    Reply
  • Lina W. Sasmita August 19, 2017 at 12:41 am

    Ikut workshop ginian kalau bayar jutaan rupiah loh. Soalnya ilmu dah kelas GM. Ilmu itu sulit dan mahal. Haha.

    Reply
  • Lendyagasshi August 19, 2017 at 2:03 am

    Ini bagian dari pekerjaan yaa, mba?
    Senangnyaa…

    Reply
  • Okti August 19, 2017 at 5:14 am

    Wah sambil dapat ilmu bisa jadi bahan tulisan dan ibadah dengan share ilmunya. Saya gak tau jadi kepo nih hehehe

    Reply
  • NgeFood August 19, 2017 at 2:08 pm

    mantap acaranya diadain di lombok mbak…karena lombok sekarang keren banget.

    Reply
  • Tuty Queen August 20, 2017 at 12:11 pm

    setuju banget tuh mbak, sebagai daerah wisata Sumber Daya Manusia nya harus di tingkatkan

    Reply
  • Mugniar August 21, 2017 at 3:01 pm

    Dalam setahun, Indonesia kekurangan sekitar 10.000 tenaga perhotelan. Ya, permasalahan di Lombok dan tempat lain sebenarnya sama, yaitu masih kurangnya tenaga profesional di bidang perhotelan.

    —> noted

    Orang perhotelan mesti tahu ini, ya.

    Saya malah mengira cukup-cukup saja karena SMK dan pendidikan tinggi perhotelan kan banyak. Ternyata masih kurang ya?

    Reply
  • Armita Fibriyanti August 22, 2017 at 3:07 am

    Ramai juga ya workshopnya. Dulu pernah kepikiran kepengen deh kerja di bagian perhotelan gitu. Motivasinya sih biar bisa casciscus ngomong pakai Bahasa Inggris. Hehehe. Tapi sayang gak kesampaian. Sekarang malah jadi penerjemah dokumen Bahasa Indonesia – Bahasa Inggris. Walaupun sama-sama basicnya Inggris, tapi beda ya. Satu tulisan, satu lisan.

    Btw, pengen deh kapan-kapan ke Lombok. Semoga rezekinya lancar biar bisa main ke sana.

    Reply

Leave a Comment