Sore di Qunci Villas: Tentang IHGMA, LSP PBI dan Pentingnya Sertifikasi Profesi

20161102_173927

Sore di Qunci Villas: Tentang IHGMA, LSP PBI dan Pentingnya Sertifikasi Profesi. Jangan buru-buru kaget. IHGMA apa? LSP PBI apa? Sertifikasi Profesi apa? Sekarang saya ceritakan ya. Harap maklum kalau tulisan ini tidak dikemas seperti berita-berita lainnya. Penulisnya blogger euy! Gak mampu bahasa yang “gituan”. Yang gituan maksud lo? Iya. Jadi ceritanya di suatu siang, saat saya berkunjung untuk kedua kalinya ke The Griya Lombok, saya menerima sebuah pesan singkat yang isinya saya diminta hadir oleh IHGMA Chapter Lombok sore hari nanti (2/11) di Qunci Villas. Oh ya, sekadar info IHGMA itu singkatan dari Indonesian Hotel General Manager AssociationΒ atau asosiasi para GM se-Indonesia. Meskipun sempat hujan deras dan cuaca benar-benar sedang tidak bersahabat, saya tetap menyempatkan hadir. Ya bukan apanya, kalau gak gitu kapan lagi saya main-main ke Qunci Villas #plak!

Komitmen IHGMA untuk Kualitas SDM yang lebih baik

20161102_170700

Akhirnya sore itu saya tiba di Qunci Villas. Bertemu dengan para petinggi hotel di kawasan Senggigi dan Gili. Berbincang banyak hal dengan mereka. Mulai dari saya yang memperkenalkan diri sebagai seorang blogger dan mereka yang bercerita banyak perihal hotel. Dari satu obrolan ke obrolan lainnya. Hingga acara inti segera dimulai. Jadi kehadiran mereka di Qunci Villas pada Rabu (2/11) kemarin adalah dalam rangka serah terima sertifikat bagi masing-masing karyawan hotel mereka yang telah disertifikasi sebelumnya oleh pihak Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Bali Indonesia atau biasa disebut LSP PBI.

Dengan adanya sertifikasi profesi seperti ini kita para tamu hotel (terutama yang doyan staycation tiap minggu wkwkwk) tentu akan merasa lebih nyaman menginap di hotel tersebut. Jelas dong, sebab kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada sudah pada keren semua. Tidak hanya itu, karyawan yang telah memiliki sertifikat profesi pun akan lebih siap menghadapi era pasar global dan dapat pula bekerja di luar Indonesia, tepatnya di 10 negara ASEAN yang sudah mengakui sertifikat tersebut. Bapak Erik Tumbelaka (Chairman IHGMA Chapter Lombok) menjelaskan bahwa hal tersebut sudah menjadi komitmen IHGMA untuk meningkatkan kualitas seluruh karyawan yang berada di bawah usaha perhotelan yang mereka pimpin. Jadi tidak hanya tentang kualitas para general manager saja.

Tentang Sertifikasi Profesi Karyawan Hotel

20161102_173530

Kalau bukan karena acara serah terima sertifikat profesi tempo hari mungkin saya tidak tahu kalau yang namanya sertifikasi profesi itu berlaku juga bagi karyawan hotel. Iya, serius. Hasil nanya-nanya saya dengan ibu Siska Suzana Darmawan yang merupakan Direktur LSP PBI, rupanya untuk bisa mendapatkan sertifikat profesi para karyawan hotel tersebut harus lulus di semua item yang diujikan. Satu item saja gagal, maka berarti sertifikat profesi tidak bisa dikeluarkan. Berat juga ya πŸ˜‰ Tapi tentu itu semua demi menjamin kualitas para karyawan hotel yang lebih baik. Yang akan berimbas pada kualitas hotel tempat mereka bekerja pula.

LSP PBI yang memfasilitasi sertifikasi mereka para karyawan hotel tersebut, merupakan salah satu lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah pusat, karena memiliki kinerja yang baik dengan tenaga asesor yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Oh iya, kata ibu Siska nih sertifikat yang ada itu dicetak langsung dari Jakarta, dan tidak bisa sembarangan dicetak karena adanya kode keamanan khusus di tiap lembarnya. Wuih keren ya, sertifikatnya emang gak main-main nih!

20161102_174547

Hari semakin mendekati senja, seluruh berkas sertifikat sudah diserahkan kepada masing-masing perwakilan hotel. Dan acara pun usai. Saya masih di sana, menikmati sunset di Qunci Villas dan berbincang dengan mereka yang masih tersisa, sambil menunggu suami datang menjemput. Ah, hari yang menyenangkan ya? Bertemu orang-orang baru, belajar tentang hal-hal baru.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

33 Comments

  • Witri Prasetyo Aji November 15, 2016 at 2:16 am

    Keren ya ada sertifikai profesi, bdw kapan yaa ada sertifikasi profesi blogger? guru kan udah, blogger kapan yaa? *ngarep

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 10:43 am

      Hahahaha iya yaa..perlu nih yang namanya sertifikasi blogger. Kemudian penasaran pokok-pokok yang bakal diujikan di sana nanti apa saja. Kemampuan menulis? Layout blog? atau apa ya?

      Reply
  • Shona Vitrilia November 15, 2016 at 2:52 am

    Bener kata mba witri, buat blogger kapan ada sertifikasinya y? *ikutan ngarep

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 10:43 am

      Yuk yuk…ramai ramai ajukan ke Lembaga Sertifikasi Profesi. hihihihi

      Reply
  • Mustamar Natsir November 15, 2016 at 4:46 am

    Saatnya komunitas blogger bikin “Sertifikasi Blogger”.
    Paraf petisi!

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 10:44 am

      Hadeeehhhh.. ini lagi -_-
      Fokus pak, fokus. Itu yang dibahas di atas sertifikasi profesi karyawan hotel. Bwahahahahha

      Reply
  • Nuniek KR November 15, 2016 at 4:50 am

    Sama kayak mbak witri, sertifikasi blogger asyik nih. Hihi

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 10:46 am

      Dear Lembaga Sertifikasi Profesi, coba tengok ini para blogger yang berkomentar dimarihh~

      Reply
  • buyamuda November 15, 2016 at 5:06 am

    Blogger butuh ng sertifikasi profesi???
    Kalau butuh nanti mbk andy siap memfasilitasi kita

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 10:46 am

      Hadeeeehh..saya juga kan mau disertifikasi..kok malah disuruh memfasilitasi wkwkwk

      Reply
  • lianny hendrawati November 15, 2016 at 7:38 am

    Wah baru tau lho ada sertifikasi profesi karyawan hotel.
    Kalo blogger apa ya? πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:07 am

      Sama mbak. Saya juga baru tahu lho. Saya pikir yang pakai sertifikasi-sertifikasi gitu guru aja πŸ˜€

      Reply
  • Mildaini November 15, 2016 at 7:39 am

    Wah, keren mba. btw aku dan keluarga rencana taum depan ni mau ke Lombok mba. Ponakanku yg kerja di bank NTb mau nikah…infoh aja seh πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:15 am

      Wah asyiikkkk. Tahun depan pasnya kapan mbak? Siapa tahu kita bisa kopdaran ^_^

      Reply
  • Okti Li November 15, 2016 at 12:02 pm

    Hebat karyawan juga ada sertifikasi nya, blogger kapan ya? Hihi…

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:39 am

      Kapan ya… Ayo kita ajukan ke Lembaga Sertifikasi Profesi, mbak πŸ˜€

      Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani November 15, 2016 at 3:09 pm

    Wah, kita bakalan lebih nyaman kalau menginap di hotel yang karyawannya bersertifikasi.
    Program sertifikasi seperti ini bagus juga. Bisa buat motivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi ya…

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:40 am

      Benar banget mbak. Jadi lebih tenang karena mereka yang bekerja di sana pasti sudah lolos kualifikasi πŸ™‚

      Reply
  • Lendyagasshi November 15, 2016 at 9:38 pm

    Sertifikasi ini benar-benar menjaga kualitas pegawainya yaa, mba…
    Semoga dengan atau tanpa sertifikasi, kita bs berdedikasi tinggi untuk apa yg kita kerjakan.
    ^^

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:11 am

      Iya, Amiiin…
      Mencintai apa yang dikerjakan, mengerjakan apa yang dicintai. Eaaa..
      Bener gak sih?

      Reply
  • Nchie Hanie November 15, 2016 at 10:40 pm

    Mendukung sertifikasi blogger daj Andy

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:10 am

      Toss!
      DewaSEO siap memfasilitasi? wkwkwkwkkw

      Reply
  • evrinasp November 15, 2016 at 10:46 pm

    jadi inget aku habis nolak bimbingan teknis sertifikasi πŸ˜€ soalnya belum siap, tapi perlu banget itu sertifikasi

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:10 am

      Yahhh kok ditolak mbak? Bimtek sertifikasi apa tuh? Sertifikasi blogger? Bwahahahah

      Reply
  • Mugniar November 16, 2016 at 3:34 am

    Iya sih, sertifikasi perlu.

    Jadi mikir, kalo sertifikasi blogger? Eh πŸ˜€

    Mama Sedja keren euy, jaringan pergaulannya makin meluas. Pasti makin terkenal nih di Mataram dan Pulau Lombok πŸ˜‰

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:09 am

      Hadeeehhh sertifikasi blogger lagi yang dibahas. Heuheuheu..
      Alhamdulillah, kak Niar. Terkenal begitu begitu ji kodong, ndak se-femess kak Niar. Wkwkkwkw

      Reply
  • Rani Yulianty November 16, 2016 at 9:31 am

    Aku…aku suka staycation, keren nih ada sertifikasinya

    Reply
    • andyhardiyanti November 16, 2016 at 11:08 am

      Iya mbak. Kebanyakan karyawan hotel di Lombok sudah mengantongi sertifikat profesi. Jadi lega deh kalau mau staycation di sana.

      Reply
  • bundashidqi lia November 16, 2016 at 3:08 pm

    guru sertifikasi pun diharapkan bisa memberikan kenyamanan pendidikan, demikian juga karyawan hotel disertifikasi wiih makin terasa bonafid

    Reply
  • cumilebay November 17, 2016 at 5:58 am

    Eh pegawai hotel ini ada sertifikasi nya juga ternyata, gw pikir hanya buat pekerja saham, minyak dan sejenis nya

    Reply
  • Muthmainnah Yuria November 17, 2016 at 1:06 pm

    Hotel pun sekarang ada sertifikasian juga ternyata yaa..
    gak cuma guru

    Reply
  • Yogi Marsahala November 23, 2016 at 4:56 am

    Sertifikasi profesi memang perlu untuk menguji kompetensi dan skill apakah memang layak untuk profesi tersebut

    Reply
  • Data recovery jakarta November 23, 2016 at 8:55 am

    sertifikasi buat blogger boleh juga tuh mba πŸ™‚

    Reply

Leave a Comment