Rayakan HUT Pertama, IHGMA Lombok Siap Dukung Pariwisata NTB

hut pertama ihgma lombok

Rayakan HUT Pertama, IHGMA Lombok Siap Dukung Pariwisata NTB. Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) telah memasuki usia pertamanya tahun ini. Tepat di tanggal 20 April 2017, ulang tahun IHGMA dirayakan di seluruh Indonesia, termasuk pula IHGMA Lombok. Tidak dapat dipungkiri, meski masih berusia muda, IHGMA sangat berperan di dunia pariwisata. IHGMA Lombok sendiri hingga kini telah banyak memberikan sumbangsih bagi perkembangan dan kemajuan pariwisata di NTB. Baik dalam bentuk program CSR hingga peningkatan kualitas SDM dalam lingkup keanggotaannya.

Rayakan HUT Pertama, IHGMA Lombok Siap Dukung Pariwisata NTB

hut pertama ihgma lombok

IHGMA Lombok Siap Dukung Pariwisata NTB

Dalam sambutannya, Erik Tumbelaka selaku Ketua IHGMA Lombok, mengungkapkan rasa syukur atas kesuksesan berjalannya organisasi profesi ini selama 1 tahun. “Alhamdulillah hari ini IHGMA genap berusia 1 tahun, semoga kedepannya dapat terus berperan aktif, terutama untuk perkembangan dan kemajuan pariwisata di NTB, khususnya Lombok,” jelas Erik.

Erik menambahkan bahwa hingga kini IHGMA Lombok telah banyak melaksanakan sejumlah kegiatan, dengan menitikberatkan kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik dari level tertinggi seperti General Manager (GM) dan Manager hingga karyawan hotel, dimana GM atau Manajernya menjadi anggota IHGMA di Lombok.

Program CSR dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

Dukungan dari IHGMA Lombok kepada pariwisata NTB diwujudkan dalam bentuk peningkatan SDM dan mengadakan program CSR. IHGMA Lombok telah banyak melakukan kegiatan sosial yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) seperti: pemberian sembako saat Idul Fitri dan bencana alam, penyembelihan hewan qurban saat Idul Adha, serta rencana penanaman pohon di wilayah Sesaot dan sekitarnya.

Adapun untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sendiri, dilakukan dengan mengadakan sertifikasi. Dimana beberapa waktu yang lalu, IHGMA Lombok baru saja mengadakan sertifikasi. Sertifikasi tersebut diikuti oleh 8 orang GM hotel dan semuanya lulus. Sertitifikasi berstandar internasional ini biasa disebut Certified Hotel Administration (CHA). Dimana seorang GM yang telah mengantongi sertifikasi tersebut dapat bekerja di seluruh hotel di Indonesia bahkan dunia karena kemampuannya telah diakui secara legal.

Baca Juga: Sore di Qunci Villas: Tentang IHGMA, LSP PBI dan Pentingnya Sertifikasi Profesi

Hal itu penting dilakukan demi menunjukkan kualitas pengelolaan hotel di NTB. Jika pengelolaan hotel di NTB memiliki kualitas yang baik, maka jumlah wisatawan pun akan terus meningkat. Mengingat keindahan objek wisata saja tidak cukup, ketersediaan akomodasi dengan layanan terbaik pun adalah hal yang penting bagi para wisatawan.

hut pertama ihgma lombok

Perayaan Hari Jadi Pertama IHGMA

Hari jadi yang pertama Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) dirayakan di seluruh Indonesia. Di Lombok, perayaan tersebut diadakan secara sederhana bertempat di Villa Yamari Meninting. Untuk diketahui, IHGMA merupakan asosiasi profesi bagi para General Manager (GM) dan Manager, baik itu hotel maupun villa di seluruh Indonesia. Tujuan didirikannya IHGMA adalah sebagai sarana peningkatan kualitas SDM di bidang pariwisata, khususnya perhotelan. Selain itu juga sebagai wadah komunikasi dan kerjasama dalam rangka mendukung pembangunan kepariwisataan di Indonesia secara umum.

Pada kesempatan yang sama, Lalu Abdul Hadi Faishal selaku Ketua PHRI NTB yang juga merupakan anggota IHGMA mengatakan bahwa peran IHGMA sebagai asosiasi profesi pimpinan tertinggi pengelolaan hotel di NTB sangatlah vital. Sebab asosiasi ini dapat meningkatkan layanan yang lebih berkualitas dan professional kepada wisatawan.

Perayaan HUT Pertama IHGMA di Lombok kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. Selamat Ulang Tahun IHGMA. Sukses Selalu!

 

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

Leave a Comment