Menu Selera Nusantara yang Bikin Makin Cinta Indonesia

golden-palace-hotel-lombok-06

Menu Selera Nusantara yang Bikin Makin Cinta Indonesia. Apa yang bikin kita cinta banget sama Indonesia? Ya, makanan adalah salah satunya. Cita rasa kuliner khas Indonesia itu enaknya luar biasa, plus bikin kangen! (Udah macam sering ke luar negeri aja saya ini). Uniknya lagi karena Indonesia adalah negara kepulauan, maka makananΒ setiap pulau bahkan daerahnya pun memiliki ciri khas masing-masing. Seperti ada daerah yang dominan rasa manis, asam maupun pedas. Daerah tempat tinggal saya misalnya yaitu Lombok, yang identik dengan makanan pedasnya. Dan kali ini, masih di suasana perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71, saya mau bercerita sedikit tentang menu selera nusantara yang beberapa waktu lalu saya cicipi bersama beberapa orang teman. Menu yang bikin makin cinta sama Indonesia.

Berawal dari Ajakan Makan Siang Bersama

golden-palace-hotel-lombok-01

Seperti yang pernah saya ceritakan pada postingan sebelumnya bahwa sudah berapa bulan terakhir ini saya bekerja sebagai operator untuk proyek pengolahan data Sensus Ekonomi 2016. Saya masuk di shift 1 yang kerjanya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Istirahatnya ya saat jam makan siang, sekitar jam 12. Biasanya sih saya makan siang di warung sekitar kantor. Tapi kemudian di suatu siang saya diajak oleh seorang teman untuk makan siang di restoran Cendrawasih, tepatnya di Golden Palace Hotel Lombok. Akhirnya berangkatlah saya bersama teman-teman lainnya.

Kalau diajak makan di hotel gini sih biasanya bisa ditebak, menunya pasti gak jauh jauh dari burger, steak, atau aneka menu barat lainnya. Makanya saat melihat menu yang tersaji di meja adalah tongseng kambing, empal dan menu lainnya yang Indonesia banget jelas dong kami jadi makin semangat dan gak sabar untuk segera menyantapnya πŸ™‚

Menu Selera Nusantara, Ada Apa Saja?

golden-palace-hotel-lombok-02

Jadi rupanya menu selera nusantara ini disediakan oleh Golden Palace Hotel Lombok hanya selama bulan Agustus, yaitu mulai tanggal 1 hingga 31 Agustus 2016. Wuihh, ntar lagi promosinya berakhir nih! Buruan gih, cuss ke Golden Palace Hotel Lombok! Yups, promo ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Lihat saja deh deretan menu yang termasuk Selera Nusantara ini. Ada Asinan Jakarta, Tahu Tek Tek, Tongseng Kambing, Empal Gepuk, Ikan Bakar Saus Dabu-Dabu, Bebek Remek, dan Ayam Taliwang. Kemudian untuk minumannya, ada Es Melon Cendrawasih, Es Teler, Es Dawet dan Es Cincau Santan. Beughh..makanan Indonesia banget ini mah~

Yang paling saya suka adalah karena harga makanan dan minuman di atas cukup terjangkau untuk kelas menu yang disajikan oleh hotel bintang empat. Asinan Jakarta dan Tahu Tek Tek masing-masing seharga Rp25.000,-; Makanan-makanan utama yang disebutkan di atas seharga Rp55.000,- per porsi dan untuk minumannya yaitu seharga Rp15.000,-. Harga nett tuh…oke banget yak? #kemudianpengenkesanalagi

Nikmatnya Aneka Menu Selera Nusantara

Kelar membahas harga. Sekarang saya ceritakan yaa kemarin kami sempat menyantap menu apa saja. Jelas lah gak semua menu yang ada di promo Selera Nusantara ini kami santap. Tapi yang penting..semua yang kami nikmati kemarin ini recommended! Enak semua πŸ™‚

Tahu Tek Tek

golden-palace-hotel-lombok-07

Biasanya sih saya makannya yang versi gerobak. Tapi kalau ada yang versi hotel bintang empat juga gak nolak kok #eh. Cantik juga ya makanan tahu tek gini (kalau di luar namanya Tahu Tek) disajikan ala ala restoran. Berkelas tinggi banget jadinya. Dan tahunya itu, khas tahu Lombok banget. Lembuuuuuttt..

Asinan Jakarta

golden-palace-hotel-lombok-05

Kalau yang ini namanya Asinan Jakarta. Meskipun saya makannya gak begitu banyak (soalnya udah makan tahu tek sebelumnya). Tapi sempatlah saya icip icip..bumbunya kayak bumbu rujak gitu yak? Eh iya ya..pokoknya pedas, asam dan segar gitu rasanya. Hihihi ini pertama kalinya saya cobain yang namanya asinan soalnya~

Ayam Taliwang

golden-palace-hotel-lombok-04

Sudah pada tahu dong kalau Ayam Taliwang ini merupakan salah satu makanan khas Lombok. Nah, di menu selera nusantara ini seporsi ayam taliwang disajikan bersama nasi, sambal beberuk dan tumis kangkung. Haa? Tumis kangkung? Pelecing kangkung kali maksudnya? No no no, ini biar antimainstream kata chefnya cyinn! Jadi disajikan bersama tumis kangkung. Rasanya? Enak! Cuma kurang pedas aja. Plak! Dasar orang Lombok. Wkwkwkwk..

Tongseng Kambing

golden-palace-hotel-lombok-09

Selanjutnya, ada yang namanya Tongseng Kambing. Yang seporsinya disajikan bersama nasi, emping melinjo dan acar. Suka banget nih..sama tongsengnya. Aman dari aroma kambing. Jadi kita makin nikmat menyantapnya. Hihihi..apaan sih, mau makan kambing tapi gak mau ada aroma kambingnya πŸ˜€ Kelar makan, kami sempat ngobrol ngobrol sama chefnya rupanya si kambing emang diolah dengan baik dan dengan perhatian khusus #eaaa.. makanya bau kambingnya gak keluar.

Bebek Remek

golden-palace-hotel-lombok-08

Terus terus..ada yang namanya Bebek Remek. Yang namanya bebek pasti pas banget kalau dimakan bareng sambel ijo yakk? Dan ini emang pas banget. Karena udah lumayan kenyang dengan makanan-makanan sebelumnya. Jadi saya pakai ngemil aja deh si bebeknya ini. Ambil sedikit kemudian dicocol dengan si sambel ijo πŸ™‚ Enak. Bebeknya empuk dan gurih.

Empal Gepuk

golden-palace-hotel-lombok-10

Yang terakhir (untuk bagian makanan, soalnya kami gak pesan yang Ikan Bakar itu) adalah Empal Gepuk. Aih..favorit saya banget ini dan saya baru tahu loh kalau Empal Gepuk merupakan makanan khas Sunda. Empal Gepuk terbuat dari daging sapi dengan cita rasanya yang manis dan gurih. Seporsi menu empal gepuk ini terdiri nasi, lalapan, sambal dan tentu saja empal gepuknya πŸ™‚

Es Melon Cendrawasih

golden-palace-hotel-lombok-03

Kelar urusan makanan, sekarang minumannya πŸ™‚ Dari pilihan menu minuman yang saya sebutkan di atas tadi, saya memilih menu Es Melon Cendrawasih. Datanglah segelas es melon yang kelihatan segar banget. Bagian putih di atasnya tadi saya pikir susu, rupanya santan sodara sodara. What? Santan? Campur melon? Jangan kaget duluan euy, rasanya enak kok πŸ™‚ Beneran. Rasanya unik. Tapi kalau menurut saya sih masih kemanisan, jadi sebelum memesan teman-teman bisa request minta yang jangan terlalu manis. Apalagi kan saya percaya teman-teman semua udah pada manis-manis gitu #eaaa

Menu Makan Siang yang Emang Bikin Makin Cinta Indonesia

Oh iya, menu menu yang kami santap tadi bisa teman-teman pesan kapan saja yaa di Golden Palace Hotel Lombok. Gak mesti nginap di sana kok. Kayak kami kemarin, yang ke sana cuma buat makan siang πŸ™‚ Kalau dipikir-pikir, Indonesia tuh emang keren banget yak.. makanannya lezat semua. Kelar makan menu selera nusantara tadi baru kepikiran, belakangan ini kita emang menunya udah jauh dari Indonesia aja. Ya kayak itu, jalan ke mall dikit yang dimakan sushi, burger, steak..terus apa lagi? Jadi lupa kalau kuliner Indonesia itu gak kalah enak.

Aihh..ini jam berapa? Tiba-tiba pengen makan empal gepuk πŸ˜€

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

10 Comments

  • echaimutenan August 23, 2016 at 2:00 pm

    asinan jakarta itu enak loh.. disini jual uenakkk mung 10ribu tapi rasanya enak daripada asinan bogorr *katakuuu
    Indonesia yang kaya :”)

    Reply
  • Berita Menarik August 23, 2016 at 2:59 pm

    Ragam warna sajian masakan dan minuman nusantara yang membuat selalu menggoda selera. Bikin ngiler aja mba. he,, he, he,

    Reply
  • Arman Tjandrawidjaja August 23, 2016 at 9:31 pm

    hihihi tahu tek tek nya jadi gak kayak tahu tek tek ya… πŸ™‚

    Reply
  • Alris August 24, 2016 at 12:05 am

    Wuih enak semua tuh makanan yang disajikan.
    Alangkah eloknya beberapa hari dalam sebulan hotel berbintang menyajikan menu nusantara sebagai sajian utama. Saya pikir ini kontribusi hotel dalam melestarikan kuliner nusantara.

    Reply
  • Nunung Nurlaela August 24, 2016 at 2:09 am

    Wuih…bikin ngiler semuanya ???? terutama bebek remeknya duuh….

    Reply
  • baiqrosmala August 24, 2016 at 4:16 am

    asinannya segerrrr mbaaa, tongseng kambingnya mantab, ayam taliwangnya nendang, empal gepuknya lembut dan enak. Dawetnyaa bikin ketagihan. Hihihi

    Reply
  • Mukhsin Pro August 24, 2016 at 6:44 am

    Keren tuh, karena selera gue masih yang bercita rasa lokal.

    Reply
  • Aulia Fasya August 24, 2016 at 10:50 am

    Makanannya di tata dengan cantik, bikin selera makan bertambah hahaha. Aku ngiler liat tongseng kambing, hmmm~

    Reply
  • Akhmad Muhaimin Azzet August 25, 2016 at 9:18 am

    Menu nusantara yang memang lezat disajikan dengan cantik begitu, hmmm…. ga sabar rasanya saya ingin mengambil bebeknya itu πŸ™‚

    Reply
  • iwcaksono August 31, 2016 at 4:02 am

    wuih, hari ini hari terkahir donk yaaaa

    Reply

Leave a Comment