Tips Melakukan Perjalanan Wisata Saat Puasa

tips-wisata-saat-puasa-001

Tips Melakukan Perjalanan Wisata Saat Puasa. Setiap orang pasti menyempatkan satu waktu diantara padatnya rutinitas mereka untuk melakukan perjalanan wisata. Ada pula yang melakukan perjalanan wisata karena hal kegiatan tersebut sudah menjadi pekerjaannya. Misalnya travel blogger, pemandu wisata dan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pariwisata lainnya. Kegiatan wisata sering kali dilakukan saat akhir pekan (weekend), saat dimana orang-orang libur bekerja. Lalu bagaimana saat bulan puasa seperti ini? Bisakah kita melakukan perjalanan wisata seperti biasanya namun disaat kita harus menahan lapar dan dahaga? Tentu saja bisa. Berikut ini tips melakukan perjalanan wisata saat puasa.

Wisata saat puasa. Kebetulan kondisi ini saya alami setahun yang lalu. Tepat di bulan Juni 2015 lalu saat saya mendapatkan hadiah tiket perjalanan ke Bandung dari hasil memenangkan sebuah lomba penulisan blog. Seperti yang sudah diceritakan pada postingan sebelumnya, meskipun penerbangan ini tujuan Bandung saya justru menghabiskan sebagian besar waktu di Jakarta. Saat di Jakarta tersebut rupanya saya dan si kecil (anak saya) diajak oleh saudara untuk berwisata ke Taman Safari yang berlokasi di Cisarua Bogor. Ya, ini adalah kali pertama saya melakukan perjalanan wisata saat menjalankan ibadah puasa.

tips-wisata-saat-puasa-002

Alhamdulillah puasa kami tetap lancar. Tidak hanya saat mengunjungi Taman Safari itu saja, melainkan juga di hari hari selanjutnya. Bahkan hingga perjalanan wisata kami berlanjut di Bandung. Dari pengalaman kami tersebut setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan wisata saat puasa.

Istirahat yang Cukup

Pastikan sebelum pergi berwisata teman-teman sudah cukup istirahat di hari/malam sebelumnya. Istirahat yang cukup, tidak kurang tidak pula berlebihan. Ini agar tubuh teman-teman segar untuk diajak keluar rumah keesokan harinya. Kalau kurang istirahat, pasti akan lelah selama perjalanan. Sedangkan jika sebelumnya kebanyakan tidur maka bisa jadi kepala teman-teman akan terasa pusing. Ini dari pengalaman saya sih. Mungkin ada yang seperti itu juga? Oke, jadi poin pertama adalah istirahat yang cukup.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Sebaiknya saat berbuka dan sahur sebelum atau saat melakukan perjalanan wisata teman-teman mengkonsumsi makanan yang bergizi, tentunya yang cukup gizi. Iya, sebab yang berlebihan juga biasanya tidak baik apalagi kalau kurang. Kalaupun makanan yang bergizinya tidak tersedia, ya paling tidak jangan sampai terlewat sahurnya. Berwisata kadang melelahkan juga lho. Apalagi kalau objek wisata yang dikunjungi itu tempatnya panas, jauh dan hal-hal lainnya yang dapat menguras energi. Jadi pastikan menu berbuka dan sahur kalian bergizi yaa ๐Ÿ˜‰

Nikmati Perjalanan Wisata Kalian

tips-wisata-saat-puasa-004

Bagaimanapunย  yang namanya berwisata kan biar kitanya enjoy dan rileks. Jadi ya sudah, nikmatilah. Istilahnya yaa dibawa santai. Dalam perjalanan juga akan lebih baik kalau kita sambilan membaca al-quran, tafsir maupun berdzikir. Jadi pergi wisata, ibadahnya juga tetap jalan. Oh iya, kenapa perjalanan wisatanya harus dinikmati? Ya biar gak kebayang hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mabuk perjalanan! Hayo gimana tuh kalau kita sampai mabuk (baca: muntah) selama perjalanan apalagi pas puasa gini? Puasanya batal dong ๐Ÿ™ Kan sayang… jadi dibawa santai aja ya cyin ๐Ÿ˜‰

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Ada baiknya sebelum mendatangi tempat wisata yang diinginkan, teman-teman mencari tahu terlebih dahulu di sana sedang musim apa. Cieee..musim! Iya, walaupun di Indonesia hanya mengalami dua musim ya paling tidak tanya-tanya deh sama kenalan yang tinggalnya sekitar objek wisata tersebut di sana lagi apa. Panas, hujan, atau gimana. Terus apakah objek wisata tersebut di waktu-waktu puasa begini ramai atau tidak. Ini penting supaya teman-teman tahu harus mengenakan pakaian seperti apa agar nyaman selama berwisata nantinya.

Siapkan Bekal Ala Kadarnya

Bekal? eh kan puasa? Iya, bekal ala kadarnya ini nantinya untuk dipakai berbuka puasa. Makanya siapkan ala kadarnya saja. Dan jangan yang gampang basi. Kan gak lucu pas mau berbuka puasa eh bekal yang dibawa malah gak bisa dimakan/diminum. Siapkan secukupnya saja untuk membatalkan puasa saat berbuka, ya siapa tahu teman-teman kejebak macet dan tidak bisa singgah di tempat makan. Mau tidak mau kan harus berbuka di jalan. Jadi bekal untuk berbuka puasa ini penting.

Sebaiknya Pilih Objek Wisata yang Komplit

tips-wisata-saat-puasa-003

Objek wisata yang komplit? Nah lho, bingung kan? Ini saran aja sih. Maksud saya pilih satu objek wisata yang di dalamnya udah mencakup banyak arena. Aduh gimana sih bahasakannya. Kayak gini, pas saya ke Taman Safari setahun yang lalu kan kami seharian tuh di sana tapi serunya sekali jalan ada banyak yang bisa ditemui. Mulai dari melihat beraneka jenis hewan, dapat banyak pengetahuan terkait hewan-hewan tersebut, bisa mengajak si kecil bermain di arena permainan anak, merasakan suasana gunung (ya karena tempat ini lokasinya di kaki Gunung Gede Pangrango), seru-seruan di berenang di waterparknya (di sini ada waterpark juga) dan masih banyak lagi. Komplit kan? Jadi sekali jalan kita bisa dapat banyak ๐Ÿ˜€

Itu tadi tips melakukan perjalanan wisata saat puasa yang bisa saya bagikan. Tetapi intinya sih bagaimana agar perjalanan wisata yang kita lakukan tersebut bisa bernilai ibadah *ihik, maksudnya bisa bermanfaat. Ya biar gak sia-sia aja gitu keluar rumahnya. Kalau teman-teman bagaimana? Yuk share di kolom komentar kalau ada yang mau ditambahkan.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

13 Comments

  • Ekadeffa June 21, 2016 at 11:46 pm

    Suka ribet sich emang ya jika saat ramadhan berwisata. Belum lagi jika sekecil yg kecapean plus rewel. Alhasil mood kita juga ikut down. Makanya selama ini belum pernah ngajak berwisata yg cukup jauh saat puasa. Paling tempat wisata dalam kota saja yg tidak jauh dari rumah. .

    Reply
  • Ophi Ziadah June 22, 2016 at 1:46 am

    waah langsung meluncur nih tulisan yang lagi trend dan dicari di google, mantap mbaa..
    aku pernahs engaja liburan pas puasa saat anak2 masih kecil.
    spy tmpt wisatanya sepi n puas main di sana.
    klo yg dewasa, puasa juga ga masalah krucilsnya lg blom pada puasa juga

    Reply
  • Witri Prasetyo Aji June 22, 2016 at 2:55 am

    Puasa, enggak pernah berwisata. Kalaupun mau keluar, milih sore jelang buka puasa…

    Reply
  • adi pradana June 22, 2016 at 6:21 am

    Saat puasa, kegiatan berwisata bisa dilakukan dengan tips ini. Keren mbak. Keywordsnya jarang nih.

    Reply
  • Nathalia DP June 22, 2016 at 6:55 am

    Enaknya wisata pas puasa, ga usah mikirin mkn siang ๐Ÿ˜€

    Reply
  • isnuansa June 22, 2016 at 8:24 am

    Udah tepat sih ke Bogor (Cisarua), nggak panas banget tempatnya, jadi nggak kepanasan. ๐Ÿ™‚
    Tahun lalu saya juga traveling pas puasa ke Batu, sama adem.

    Reply
  • rita dewi June 22, 2016 at 2:49 pm

    Kalo lagi puasa biasanya wisatanya di dlm kota saja…. wisata mencari takjil maksudnya hihihi….

    Reply
  • DoNurdians June 22, 2016 at 3:55 pm

    tips yang sederhana namun ngena banget mbak,,,makasih ya

    Reply
  • echaimutenan June 23, 2016 at 3:09 am

    aku seringe g puasa kalau mudik .____.

    Reply
  • echaimutenan June 23, 2016 at 3:09 am

    aku seringe g puasa kalau mudik .____.
    wisata juga milih yang deket2 xD

    Reply
  • N Firmansyah June 23, 2016 at 3:21 am

    kalo gak puasa bebas aja ya berarti? Wkwkwk ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Andi Wahyudi June 25, 2016 at 1:20 pm

    Saya hampir tidak pernah berwisata saat puasa mbak. Paling-paling mudik saat lebaran ke-2 saja. Itupun ke rumah sahabat saya. Tapi Thanks atas sharingnya ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Rezza Putri July 1, 2016 at 8:22 am

    Selama puasa jarang sekali saya wisata. mungkin karena bawaan puasa jadi bawaannya males gt
    hehe

    Reply

Leave a Comment