7 Keunggulan Permainan Indomilk Jagoan Boboiboy

indomilk-005

7 Keunggulan Permainan Indomilk Jagoan Boboiboy. Berbicara mengenai aneka permainan gadget sekarang ini adalah hal yang biasa. Siapa yang tak kenal permainan bernama Clash of Clans atau yang biasa disebut COC misalnya. Meski tidak tahu sekalipun, cukup dengan mengakses playstore, maka sejumlah aplikasi permainan bisa dimasukkan ke dalam gadget. Tidak dapat dipungkiri, saya termasuk satu dari sekian banyak orang tua yang melakukan hal tersebut. Ya, memberikan gadget untuk dipakai anak bermain adalah cara paling ampuh membuatnya tenang.

Sampai kemudian saya menghadiri sebuah acara saat #BandungTrip beberapa waktu yang lalu. Acara bertajuk Sosialisasi Pentingnya Main Bareng dengan Papan Permainan Indomilk Jagoan Boboiboy yang diadakan oleh PT Indolakto bekerja sama dengan Animonsta. Setidaknya acara tersebut berhasil ‘menyinggung’ saya sebagai orang tua yang sedikit-sedikit memberikan anaknya kesempatan bermain gadget. Membuat saya memutar kembali memori ketika dulu asyik bermain halma, monopoli, ular tangga dan aneka permainan jenis board game lainnya. Setidaknya saya tidak bermain sendiri. Ya, karena permainan tersebut wajib hukumnya dimainkan bersama.

indomilk-007

Ada beberapa hal yang menjadi pelajaran besar bagi saya usai menghadiri kegiatan tadi. Gadget tidak bisa serta merta dipisahkan dari si anak, mengingat seisi rumahnya pun sibuk dengan gadget. Ingin anak tidak kecanduan gadget? Maka fix, seisi rumah juga harus lepas dari gadget. Mana bisa! πŸ˜€ Solusinya adalah memberikan kesempatan bagi si anak untuk melakukan permainan non-gadget sebagai sarana dia bersosialisasi dengan orang lain serta untuk memperoleh setidaknya 10 manfaat positif seperti: mempererat hubungan dengan teman/keluarga, melatih bekerja sama dengan tim, mengasah kecerdasan matematik, berpikir ke depan, memperkuat ketahanan mental, berani mengambil keputusan, berlaku sportif, dapat berinteraksi secara langsung, belajar bertanggung jawab dan saling menghargai.

Pada acara sosialisasi tersebut, si anak juga diperkenankan memainkan langsung papan bermain Indomilk Jagoan Boboiboy. Merekapun sangat serius memperhatikan arahan kakak pendamping sebelum melakukan permainan. Kalau dulu kita hanya mengenal halma, monopoli dan sebagainya, maka zaman sekarang ada yang namanya board game Indomilk Jagoan Boboiboy. Menurut saya pribadi, setidaknya ada 7 Keunggulan Permainan Indomilk Jagoan Boboiboy. Apa saja? Disimak yuk πŸ˜‰

1. Memanfaatkan Barang Bekas

indomilk-008

Harga mainan makin hari makin jadi. Padahal kalau dipikir-pikir berapa lama sih mainan tersebut akan awet dipakai si anak? Baru dipakai main sebentar, sudah rusak. Apalagi kalau usia si anak belum masuk usia sekolah. Niat ‘merusaknya’ makin jadi. Ya kali mau beli mainan terus? πŸ˜€ Nah salah satu keunggulan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy adalah memanfaatkan barang bekas. Disebut demikian karena jagoan karakter yang digunakan pada permainan tersebut berasal dari bagian belakang kemasan susu Indomilk UHT Kids 115ml dan Indomilk UHT 190ml. Kelar minum susu, kita cukup menggunting bagian belakang kemasan, cuci bersih, kemudian siap dimainkan. Secara tidak langsung, kita juga mengajarkan pada si kecil bagaimana memanfaatkan sampah bekas kotak susu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Ya kan?

2. Papan Permainan Mudah Didapatkan

indomilk-009

Lagi lagi berbicara soal uang. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy? Teman-teman hanya perlu mengeluarkan biaya untuk 10 kotak susu Indomilk dan biaya cetak/print papan permainannya. Masih mahal? Cukup beli 5 kotak susu Indomilk, maka 5 kotak sisanya akan dibawa sendiri oleh teman bermain si kecil. Bagaimana dengan papan bermainnya? Papan bermain berwarna dominan biru tua ini sudah disebar pada sejumlah toko yang menjual produk Indomilk, ya teman-teman bisa mendapatkannya di sana. Kalau kesulitan, teman-teman cukup mengunduh filenya pada situs Indomilk dan kemudian mencetaknya. Cukup sekali cetak, maka papan tersebut bisa digunakan berkali-kali. Mahalkah? Saya rasa tidak.

3. Mudah Dimainkan

indomilk-004

Papan bermain Indomilk Jagoan Boboiboy menurut saya termasuk mudah dimainkan. Terbukti saat menghadiri sosialisasi Indomilk Jagoan Boboiboy beberapa waktu yang lalu di Bandung, dimana si kecil dan temannya yang bernama Javier (anak dari mbak Nathalia) berkesempatan memainkan langsung permainan tersebut. Di awal mungkin terlihat susah, karena ada sejumlah peraturan permainan yang perlu dimengerti. Namun selanjutnya ketika mereka dibiarkan bermain sendiri, merekapun langsung paham. Kami bahkan melanjutkan permainan ini di rumah.

Dimana si kecil mengajarkan kembali peraturan tersebut pada ayah dan neneknya di rumah yang baru melihat mainan ini. Dari sini pula, dia mulai semangat belajar mengenali angka. Mengapa? Karena pada masing-masing jagoan karakter terdapat nilai power yang berbeda yang ditujukan melalui angka. Tak kenal angka, maka tak sayang. Tak kenal angka, maka bisa bertanya pada orang tua. Namun dengan begitu bukankah si anak jadi sekaligus belajar? Belajar mengetahui mana yang lebih besar antara angka 2000 dengan 1800 misalnya.

4. Ilustrasi yang Menarik

indomilk-010

Ada keuntungan tersendiri bagi si kecil yang sudah bisa membaca saat melakukan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy ini. Alasannya karena si kecil cukup membaca petunjuk aturan main yang sudah tercantum pada papan permainan. Di sana sudah diberikan aturan poin per poin, sehingga mudah dibaca oleh si kecil. Kalaupun belum bisa membaca (seperti anak saya), maka cukup mendengarkan penjelasan dari orang tua misalnya. Tentunya sambil memperhatikan ilustrasi yang tersedia.

Ilustrasi terkait aturan permainan ini juga disajikan sangat menarik. Dimana meskipun belum bisa membaca, si anak jadi bisa mengerti sedikit demi sedikit apa yang dibahas dalam aturan main tersebut.

5. Termasuk Jenis Real-Life Game

indomilk-002

Papan bermain Indomilk Jagoan Boboiboy termasuk jenis real-life game. Dimana si anak dan teman bermainnya bersentuhan langsung dengan apa yang sedang dimainkannya. Emosi-emosi seperti senang, sedih dan keseruan emosi lainnya bisa ditunjukkan langsung saat bermain. Bagusnya lagi adalah si anak belajar untuk bermain secara jujur. Jadi jangan berharap permainan ini ada cheat-nya yaa πŸ˜€ Permainan dengan jenis real-life game ini pun memiliki banyak keunggulan dibanding gadget game seperti tertera pada gambar di atas. Sesuai sumber dari Hatch, K.E (2011) Determining the effects of technology on children. Senior Honors Projects. Paper 260., terlihat jelas bahwa real-life game memiliki skor yang lebih tinggi pada kategori perasaan, motorik dan sosialisasi ketimbang gadget game.

6. Memberikan Banyak Manfaat Bagi Anak

indomilk-003

Berdasarkan sumber dari Treher, Elizabeth, N. (2011). Learning with board game. The Learning Key, inc. disebutkan terdapat sejumlah manfaat yang diperoleh si anak dengan melakukan permainan jenis board game. Manfaat-manfaat tersebut yaitu berkaitan dengan hal perencanaan, strategi, ketelitian, ketekunan, kontrol perasaan saat menang/kalah, melepas stres, kemampuan pengontrolan motorik tangan, beradaptasi, komunikasi serta melatih sportifitas.

7. Mengajarkan Si Kecil Untuk Tidak Buang-Buang Makanan

indomilk-006

Keunggulan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy yang terakhir adalah mengajarkan si kecil untuk tidak buang-buang makanan. Mungkin lebih tepatnya adalah susu, bukan makanan πŸ˜€ Mengapa demikian? Seperti yang sudah saya sebutkan pada poin pertama tadi bahwa jagoan karakter yang digunakan untuk melakukan permainan ini didapatkan dari bagian belakang kemasan susu Indomilk. Dimana mau tidak mau, isi susu tersebut tentunya harus dihabiskan dulu baru kemudian bisa digunting untuk diambil bagian belakangnya.

Dari sini, kita bisa mengajarkan si kecil untuk benar-benar menghabiskan dulu isi susu yang ada baru kemudian meminta bantuan orang tua untuk menggunting kemasannya. Mau paksa buang saja isi susunya agar kemasan bisa digunakan segera? Boleh boleh saja, tapi kalaupun demikian maka dimana letak belajarnya πŸ˜‰ Si anak tentunya jadi berpikir, semakin habis ia habiskan susu dalam kemasan tersebut maka kertas jagoan karakternya pun akan terlihat semakin bersih. Meskipun pada akhirnya kertas jagoan karakter tadi tetap harus dicuci terlebih dahulu.

Bagaimana? Seru kan papan permainan Indomilk Jagoan Boboiboy ini. Jadi, yuk kumpulkan jagoan karakternya supaya bisa langsung dipakai bermain bersama si kecil di rumah πŸ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

18 Comments

  • Okti Li May 16, 2016 at 4:48 pm

    Wah Fahmi putra kami bkalan suka nih
    dia paling antusias kalau buat mainan sendiri πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:22 pm

      Ayo Fahmi diajakin main board gamenya mbak πŸ™‚ pasti bakal seru..

      Reply
  • Tarry KittyHolic May 16, 2016 at 5:23 pm

    Oh jadi papannya bisa print sendiri ya mbak?
    Ini susunya anak saya, minum sufornyA susah. Kalau dibikinin mainan ini pasti suka πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:21 pm

      Bisa mbak. Ada di link Indomilk Boboiboy yang sudah saya cantumkan di atas mbak πŸ™‚
      Wah pas banget nih kalau emang susunya si kecil. Jadi makin hemat deh buat dapetin mainannya. Jangan lupa susunya diminum sampai habis dulu yaa

      Reply
  • ira guslina May 16, 2016 at 9:31 pm

    real life game.. hmm kayaknya bakalan menarik nih. Bintang bisa ajak teman2nya main.. hihi… keunggulan ketujuh bener juga ya mba. bisa ajarin anak ga buang mkanan. perlu dicoba ini…

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:16 pm

      Iya mbak. Kalau diperhatikan baik-baik ada banyak pesan dari permainan Indomilk Jagoan Boboiboy ini. Tujuh keunggulan yang saya sebutkan tadi diantaranya.

      Reply
  • Ristin May 16, 2016 at 10:39 pm

    Wah boleh jg nih.. krn susu ini susu anakku jg, sufor ga mau..

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:14 pm

      Pas banget yaa mbak. Kotak susunya jangan dibuang. Biar bisa dipakai main board game πŸ™‚

      Reply
  • Uwien Budi May 17, 2016 at 3:58 am

    Iya, ya.. banyak keunggulannya ternyata. Keren.

    Sampai ketemu lagi, Mbaaak. Semoga bisa gantian deh, aku yang #LombokTrip

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:02 pm

      Betul mbak.
      Sampai jumpa di Lombok. Yuk yuk yang di Bandung pada main ke Lombok sinihhh~

      Reply
  • Nathalia DP May 17, 2016 at 9:08 am

    main bareng lg yuk… ngikut teh uwien trip ke lombok πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:27 pm

      Ayukkk kk Jav. Kapan-kapan trip ke Lombok. Main bareng adek Rani ^_^

      Reply
  • Astin Astanti May 18, 2016 at 12:07 pm

    seru sekali ya mainan papan permainan boboiboy ini, anakku juga sukaa

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 1:57 pm

      iya mbak. Wuihh samaaaa πŸ™‚
      Semoga mereka pada betah main board game gini yaa

      Reply
  • Mugniar May 18, 2016 at 3:45 pm

    Seru, yah … kalo Athifah dan Afyad tahu ini pasti pengen main juga πŸ˜€

    Reply
  • Lidya May 19, 2016 at 3:03 am

    mirip monopoli gitu ya mbak ini?

    Reply
  • Yasinta Astuti May 20, 2016 at 2:34 pm

    iioo belum bisa main ini, dia kekepin aja si boboboi nya mbak
    Hihihi , emang melibatkan real game lebih asik dan menarik ya walaupun kita jadi cape banget karena harus ngomong terus di ulang-ulang macam kaset hihihi tapi setimpal, anakpun jadi lebih komunikatif

    Reply
  • Ndansono May 30, 2016 at 12:07 pm

    Keren.. ini mengingatkan saya pada permainan yu-gi-oh waktu kecil.. sederhana nggak mahal.. Terus bisa buat koleksi juga.. hihi

    Reply

Leave a Comment