Bioskop di Lombok: Tidak Cukup Setahun, Dua Bioskop Dibangun

bioskop-di-lombok

Bioskop di Lombok: Tidak Cukup Setahun, Dua Bioskop Dibangun. Karena tulisan perihal kekayaan objek wisata alam seperti pantai, gunung, air terjun dan lainnya sudah terlalu banyak, bagaimana kalau topik bioskop kembali yang kita tulis? Sebab bioskop dan pusat perbelanjaan seperti mall di Lombok saat ini, adalah tulisan yang tidak ada habis-habisnya netizen Lombok perbincangkan. Iya kan?

Belum lepas dari ingatan, pada sekitar awal Oktober di tahun 2015 yang lalu mereka para Anak Gaul Lombok (AGL), Mama Gaul Lombok (MGL) dan Papa Gaul Lombok (PGL) gegap gempita menyambut kehadiran bioskop mewah pertama di Lombok. Bioskop tersebut adalah Cinema XXI dan The Premiere, dua bioskop yang tergabung dalam jaringan 21 Cineplex. Dimana Cinema XXI adalah bioskop dengan konsep reguler sebagaimana bioskop-bioskop pada umumnya, sedangkan The Premiere adalah bioskop kelas premium yang tentunya menawarkan kenyamanan tersendiri dengan harga yang juga lebih tinggi dari harga pertunjukan film biasanya.

Cinema XXI Lombok Epicentrum Mall

cinema-xxi-the-premiere

Cinema XXI dan The Premiere ini berada di lokasi yang sama, biasanya orang-orang di Lombok cukup menyebut dengan istilah XXI LEM. Lokasinya terletak di lantai 2 Lombok Epicentrum Mall, Jalan Sriwijaya-Mataram. Adapun fasilitas yang terdapat di XXI LEM ini adalah 6 studio untuk Cinema XXI dan 1 studio kelas premium untuk The Premiere. Selain itu juga terdapat XXI Cafe yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat dinikmati langsung di lobby XXI LEM maupun dibawa ke dalam studio saat pertunjukan film dimulai.

Untuk harga tiketnya sendiri tentu dibedakan antara Cinema XXI dan The Premiere. Tiket pertunjukan film pada Cinema XXI yaitu seharga Rp30.000,- pada hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis; kemudian pada hari Jumat seharga Rp40.000,- dan pada Sabtu, Minggu juga hari libur lainnya seharga Rp50.000,-. Lalu untuk harga tiket pertunjukan film pada The Premiere adalah seharga Rp60.000,- pada hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis; kemudian pada hari Jumat seharga Rp80.000,- dan pada Sabtu, Minggu juga hari libur lainnya seharga Rp100.000,-.

Di awal pembukaannya, XXI LEM bisa dibilang cukup ramai. Baik oleh mereka yang memang benar ingin menonton pertunjukan film maupun mereka yang hanya sekadar ingin melihat dulu seperti apa sih bioskop yang heboh dibicarakan tersebut. Dan saya termasuk kategori kedua, datang ke sana hanya untuk melihat. Meskipun ini bukan kali pertama saya melihat yang namanya bioskop, tapi setidaknya cukup senang juga karena akhirnya ada bioskop yang benar-benar bioskop di Lombok. Dimana saya sempat ceritakan sebelumnya, bahwa sempat ada yang disebut bioskop mini di Lombok yang mana film yang ditayangkanpun berasal dari DVD-DVD yang saya sendiri agak ragu dengan keasliannya.

Sampai saat ini, pengunjung XXI LEM bisa dikatakan fluktuatif. Kadang bisa ramai seramai-ramainya, kadang pula bisa sepinya luar biasa sampai-sampai yang ada di dalam studio tersebut hanya kami saja (yang ini curhat #uhuk). Belum sampai setahun bioskop pertama di Lombok ini beroperasi, kemudian terdengar kabar bahwa di sebuah mall yang berada di kawasan superblok yang terbesar di NTB yaitu Lombok City Center, akan hadir pula bioskop yang tidak kalah menarik. Kali ini bukan lagi dari jaringan 21 Cineplex, melainkan Cinemaxx.

Cinemaxx Lombok City Center

cinemaxx-lombok-city-center

Cinemaxx merupakan sebuah jaringan bioskop di Indonesia milik Lippo Group. Adapun tipe studio yang berada di dalam jaringan cinemaxx ini yaitu: Cinemaxx Reguler, Cinemaxx Gold dan Ultra XD. Dimana Cinemaxx Reguler adalah studio dengan kelas standar, selayaknya kelas studio/teater pada umumnya. Sedangkan Cinemaxx Gold menawarkan studio dengan kelas premium, dan Ultra XD yaitu studio dengan kelas khas cinemaxx yang memiliki layar super besar dan sistem proyeksi digital berkekuatan tinggi. Untuk tipe studio Ultra XD ini sendiri baru ada dua di Indonesia, yaitu di Cinemaxx Palembang dan Tangerang.

Sejak pusat perbelanjaan Lombok City Center dibuka pada akhir November lalu, salah satu merchant yang sudah dikonfirmasi akan ada di Lombok City Center adalah Cinemaxx. Dengan didirikannya Cinemaxx tersebut tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mall yang terletak di Narmada, Lombok Barat ini.

Dari akun media sosial Lombok City Center dan Cinemaxx Theater dikabarkan bahwa bioskop Cinemaxx akan dibuka pada akhir Februari ini. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa jarak antara dibukanya dua bioskop yang berada di Lombok tidak sampai setahun, bukan?

Dalam jangka waktu setahun Lombok akan mempunyai dua bioskop, luar biasa kan? Setidaknya luar biasa untuk suatu daerah yang sebelumnya belum ramai dengan tempat-tempat hiburan keluarga seperti sekarang ini. Dan hal yang menarik dari kehadiran dua jaringan bioskop besar di Pulau Lombok ini adalah karena pembagian lokasinya yang bisa dibilang cukup baik. Dimana Cinema XXI Lombok Epicentrum Mall berada di kota Mataram, sedangkan Cinemaxx Lombok City Center terletak di Kabupaten Lombok Barat. Keduanya, tentu memiliki target konsumen masing-masing. Sesuai daerah tempatnya dibangun.

cinema-xxi-lombok

Kemudian jika ingin membahas lebih lanjut, apakah memang sedemikian perlunya bioskop-bioskop ini dihadirkan di Lombok? Saya pribadi menganggap perlu, salah satu alasannya karena Lombok termasuk daerah yang kini ramai didatangi, baik oleh wisatawan maupun mereka yang ditugaskan untuk bekerja di sini. Orang-orang yang sudah terbiasa tinggal di kota besar seringkali akan pangling ketika berada di suatu tempat yang ‘kurang hiburan’. Tidak, saya tidak sedang membahas ‘tempat-tempat hiburan malam‘ yang ada di pikiran kalian. Bioskop adalah salah satu tempat yang dicari tersebut, disamping pusat perbelanjaan seperti mall, arena bermain anak, maupun toko buku dengan koleksi buku yang lengkap.

Dulu saya sering mendengar teman-teman yang mengeluh ketika ada film bagus yang tayang di bioskop dan sudah pasti tidak bisa ditonton. Kenapa? karena belum adanya bioskop di Lombok. Bioskop terdekat berada di Bali dan terlalu ekstrim jika harus sampai ke Bali untuk menonton pertunjukan film. Maka solusinya hanya ada dua: menunggu DVD aslinya keluar kemudian membelinya atau mengunduh film-film tersebut di internet. Dan solusi kedua adalah hal yang paling sering dipilih, tentu ini tidak butuh penelitian lebih lanjut lagi 😀

Jujur, saya pribadi adalah orang yang ikut senang dengan kehadiran bioskop di Lombok ini. Dimana saya akhirnya bisa menyaksikan salah satu film yang sudah lama saya tunggu yaitu Ketika Mas Gagah Pergi atau KMGP The Movie dengan adanya Cinema XXI di Lombok Epicentrum Mall tersebut. Dan oh ya, tidak hanya itu karena pada bulan Maret nanti akan tayang pula film menarik yang berlatarkan Lombok, yaitu film Kalam Kalam Langit, sudah pernah dengar kabarnya? Film tersebut tentunya akan ditayangkan perdana di Lombok sebelum masuk ke bioskop-bioskop lainnya di Indonesia. Bagaimana, keren kan? Coba bayangkan kalau bioskopnya tidak ada 😀

Jadi, jangan sedemikian takut dengan kehadiran bioskop. Dan pastinya, jadilah orang yang pintar saat menyaksikan pertunjukan film di bioskop ya. Yang terpenting lagi, please … jangan bawa anak atau adik kalian yang masih imut-imut untuk nonton film yang bukan kategorinya. Pun kalau masuk kategorinya (kategori semua umur) dan kalian anggap tidak anak-able ya tidak usah diajak nonton 😉 Bagusnya sih kalau setelah menyaksikan pertunjukan film, ada pesan yang bisa kalian ambil. Syukur-syukur bisa berpengaruh ke kehidupan kalian yang lebih baik #sokbijak. Jangan khawatir, banyak kok film-film sarat makna di luaran sana.

Bagaimana teman-teman di sekitar Narmada? Sudah siap menantikan kehadiran Cinemaxx di sana? 😉

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • rani yulianty February 26, 2016 at 2:58 am

    istilahnya cucoook mak, AGL, MGL, sama PGL, seru yaaah bisa nonton film-film box office ini mah

    Reply
    • andyhardiyanti February 26, 2016 at 3:47 am

      hahahah..adanya sih cuma AGL. Itu MGL dan PGL saya sendiri yang tambahin 😀
      bener mbak, Lombok makin ramai nih.

      Reply
  • Ruli retno February 28, 2016 at 1:24 pm

    Saya baru dr lombok desember kmrn.. tp sm sekali gak ke mall.. bingung aja keliling ke wisatanya yg rasanya itupun ga puas2.. wkwkwk..
    Keren ya uda ada premier disana. Kota sy di banjarmasin sdh lama punya XXI tp ga punya premiere.. :(( uda gitu di lombok murah ya.. disini hr biasa tarif XXI aja uda 60rb.. hiks.. pengen ke lombok lagiiiiii

    Reply
    • andyhardiyanti February 29, 2016 at 4:19 pm

      Wah, hari biasa aja 60rb? Mahal banget mbak x_x
      Itu kalau di Lombok udah dapat yang Premiere heeheh…
      Ayo ke Lombok lagi mbak, ke tempat wisatanya maksudnya..gak usah ke mall..hehehe

      Reply
  • Lidya March 1, 2016 at 7:57 am

    gak masalah adanya bioskop untuk hiburan ya

    Reply
    • andyhardiyanti March 10, 2016 at 11:34 am

      Iya mbak. Setidaknya gak mesti nyebrang ke Bali kalau mau nonton film bagus sekarang 😀

      Reply

Leave a Comment