Pantai Selong Belanak yang Menang Banyak

IMG_0043

Lagi-lagi saya menulis tentang Lombok. Kali ini tentang objek wisata pantainya. Bukan pantai Senggigi maupun pantai Kuta, mereka sudah melulu dikenal bukan? Bagaimana dengan Selong Belanak? Satu dari sekian banyak nama pantai yang berada di bagian selatan Pulau Lombok. Pantai Selong Belanak yang Menang Banyak, begitulah tajuk tulisan berikut. Mengambil istilah kaum sosialita kaum kekinian atau apalah namanya: “Menang Banyak”, sekaligus agar ada irama disana, sebagaimana tajuk-tajuk tulisan yang ada sebelumnya. Maka inilah pantai yang menang banyak itu.

Baru tiba di Lombok? Biasanya teman-teman pasti sudah membayangkan Senggigi. Ada pilihan yang saya tawarkan, setibanya teman-teman di Bandara Internasional Lombok (BIL) apakah ingin langsung menuju Senggigi atau ingin mencicipi barisan pantai Selatan? Ya, barisan pantai yang berada di bagian Selatan Lombok akan lebih dekat dicapai dari BIL. Tapi semua pilihan tentu ada konsekuensinya kan? Dengan memilih langsung ke pantai-pantai selatan, maka nantinya saat teman-teman ke Senggigi akan bingung sendiri, apa lagi yang bisa dinikmati selain pemandangan indahnya terbenam matahari. Sedangkan jika teman-teman baru datang sekadar singgah ke pantai-pantai selatan pada hari dimana waktunya akan berpulang, maka pasti teman-teman kemudian bergumam: mengapa tidak ke tempat ini saja dari kemarin?.

IMG_0049

Kurang lebih itu yang saya rasakan ketika pertama kalinya menjajal Selong Belanak, salah satu anggota barisan pantai selatan. Pantai Selong Belanak menang banyak. Belum begitu ramai dengan kehidupan malam, belum banyak sampah, belum banyak yang mengunjungi #eh. Pantai yang terletak di Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan pantai berpasir putih dengan struktur dasarnya yang keras. Sehingga jangan heran kalau mobil, motor, sepeda, maupun barisan kerbau melintas di bibir pantai. Dan tidak lupa, hamparan pasirnya yang luas biasa digunakan sebagai tempat bermain sepak bola. Kalau pasirnya bisa bikin pengunjung tidak bisa membedakan mana lapangan mana pasir pantai, maka lain halnya dengan hempasan ‘kalem’ ombak yang ada di Pantai Selong Belanak. Ya, saya menyebutnya hempasan kalem πŸ˜€ Ombak di Pantai Selong Belanak ini kalem, cenderung tenang, lembut atau istilah lainnya membuat banyak peselancar permula belajar di sini. Ingin belajar surfing? Tenang saja, teman-teman bisa menyewa papan selancar dengan tarif mulai dari Rp50.000,- hingga Rp100.000,- per jamnya. Dan dengan sedikit tambahan biaya, teman-teman bisa langsung belajar dari para instruktur selancar.

Foto pakai kamera hp. Hasilnya buram ya πŸ™

Untuk dapat menikmati Pantai Selong Belanak ini setidaknya teman-teman harus membayarkan uang sejumlah Rp5.000,- (kendaraan roda dua) atau Rp10.000,- (kendaraan roda empat) sebagai biaya masuk pantai. Apabila tidak membawa bekal, maka jangan khawatir. Pada bagian pinggir pantai banyak tersedia pondok-pondok yang menjual makanan maupun minuman. Tapi jangan membayangkan kafe maupun resto selayaknya yang ada di Senggigi (ah! saya mulai membanding-bandingkan :D), makanan dan minuman yang ditawarkan di sini lebih merakyat. Rakyat Lombok maksudnya. Eh, terkecuali minuman nganuhh itu yang berbintangbintang dan sejenisnya, oh ya! dan juga harganya yang tidak merakyat. Hehehe.. Jadi saya sarankan sih siapkan saja bekal biar lebih hemat.

IMG20150115105510

Bersih, cantik, ombak yang tenang, garis pantai yang panjangnya mencapai sekitar 1 kilometer, pasirnya yang putih, suasananya yang tenang dan apalagi ya yang menjadikan si pantai yang berjarak 48 kilometer dari kota Mataram ini menang banyak? Ah ya! Warna lautnya cantik, coba lihat itu gradasinya? Seandainya tidak mendung, maka langit dan laut pun terlihat seperti permainan warna, saya membayangkan sedang melihat kelompok warna biru yang berjejer dari kotak crayon milik Sedja πŸ˜‰ Belum lagi bagian pasirnya yang saat disapu air akan serupa mengkilapnya kaca. Kalau sudah begini saya jadi ingat pada Pantai Bira yang ada di Sulawesi Selatan sana. Sebelum tiba pada Selong Belanak, saya pikir tidak dapat menemukan yang seperti Pantai Bira itu di Lombok.

Jadi tidak salah bukan kalau Pantai Selong Belanak Menang Banyak? Setidaknya jika dibandingkan pantai-pantai yang selama ini melulu dikenal di Lombok. Teman-teman yang sudah ke Selong Belanak, setuju tidak nih? πŸ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

23 Comments

  • Lusi November 25, 2015 at 12:55 am

    Aku belum pernah ke Lombok πŸ™ Ke timur baru mentok di Bali aja.

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:29 am

      Ayo ke Lombok mbak, tinggal lompat eh nyebrang dikit aja kok dari Bali.
      *Dikit*
      Padahal bisa sampai 4 jam nyebrangnya.

      Reply
  • Rika Verry Kurniawan November 25, 2015 at 1:58 am

    Aku beluuuum pernah kesini… Pengen liburan kesini

    Reply
  • arman November 25, 2015 at 5:38 am

    pantainya bersih banget ya πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:31 am

      Iya Man. Bersih banget. Tapi tetap aja sih, saya kurang suka main di pantai. Maunya diliatin aja. Gak suka sama pasirnya yang nempel-nempel gitu. Wkwkwkwk

      Reply
  • mawi wijna November 25, 2015 at 7:21 am

    Hmmm, batu karang yang di tengah laut itu semacam pulau kah? Fotogenik sih. Tapi kalau dipotret dari garis pantai kayaknya kurang sip. Jadi mesti mendekat. AKu lihat ada perahu di sana ya. Mungkin bisa dimanfaatkan untuk ke sana?

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:46 am

      Hihihi iya mas, jadi kaku gitu ya fotonya. Sebenarnya sih cantik, cuma cara ngambilnya aja yang gak bener. Itu kayaknya perahu nelayan deh mas. Kayaknya lho yaa, belum tanya-tanya lagi

      Reply
  • Sandi Iswahyudi November 25, 2015 at 10:38 am

    Lombok memang surgai pantai. Kemarin cuma ke senggigi doang. Hem esok moga ada kesempatan mampir ke mari

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:48 am

      Nah kan, emang defaultnya sih kalau baru kesini pasti ke Senggigi. Padahal Kuta dan Selong Belanak ini lokasinya lebih dekat lho dari bandara πŸ˜‰ Moga ada kesempatan lagi ya mas Sandi.

      Reply
  • Ophi Ziadah November 26, 2015 at 8:04 am

    Masih sepi dan alami yaa
    enakknya klau ke pantai yg masih sepi kayak gini berasa private beach
    ke lombok baru ke senggigi tp udah ramai dan banyak sampahnya
    ke Kuta Lombok lumayan masih sepi
    sama ke Gili Trawangan
    ahhh ternyata ada lagi nih pantai selatan di lombok tengah

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:50 am

      Banget mbak.. Masih Tenang πŸ˜‰ Serasa pantai pribadi.
      Gili Trawangan sekarang gak sepi mbak, super rameeee. Mending ke Gili Air atau Gili Meno deh.

      Reply
  • siuplug November 26, 2015 at 9:21 am

    lombok punya pantai yang indah-indah,

    saya bahkan sudah lama tidak mencelupkan air di laut sulawesi.

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:51 am

      Saya waktu tinggal di sulawesi selatan cuma ke 2 pantai aja, pantai tanjung bunga di Makassar dan tanjung bira di Bulukumba πŸ˜‰

      Reply
  • MOERAD November 27, 2015 at 9:49 am

    Kalo kesini,,bawaannya pengen Mandi

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:53 am

      Hahahaha iya, apalagi kalau udah lihat air lautnya yang bening gitu. Eh tapi kalau saya doyan nikmati pemandangannya aja πŸ˜€

      Reply
  • Akarui Cha November 28, 2015 at 12:31 am

    Wuaaaa keren banget pantainya. Iya juga sih, Senggigi udah terkenal dari dulu banget. Sekarang saatnya pantai lainnya dikenal.

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:56 am

      Iya. Sekarang saya kalau senggigi paling cuma untuk menikmati sunsetnya πŸ˜€

      Reply
  • Elsi December 16, 2015 at 12:23 am

    Saya pengen ke situ tpi belum ada rezeki

    Reply
  • Idoop Hotel Lombok: Modern Pop Art Hotel – Blognya Andy Hardiyanti January 10, 2016 at 6:02 am

    […] mungkin tujuan anda ke Lombok hanya untuk ngemall kan? Kalau memang mau menikmati Senggigi atau pantai-pantai di kawasan selatan, maka skip saja hotel ini. Kecuali anda berencana menginap di hotel dengan biaya terjangkau dan […]

    Reply
  • Tips Dan Info Wisata : Pantai Lombok Tidak Ada Habisnya – Blognya Andy Hardiyanti January 17, 2016 at 6:03 am

    […] Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Nipah, Pantai Tebing, Pantai Ampenan, Pantai Gading, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Pantai Pink dan masih banyak lagi. […]

    Reply
  • The Jayakarta Lombok Beach Resort Yang Punya Banyak Kolam Renang – Blognya Andy Hardiyanti March 12, 2016 at 3:49 pm

    […] Resort yang Punya Banyak Kolam Renang. Lombok memang pulau yang kaya akan objek wisatanya, terutama objek wisata pantai. Tinggal di pulau ini merupakan suatu anugerah tersendiri, di saat teman-teman yang lain sibuk […]

    Reply
  • Segarnya Pemandangan di Pantai Seger Lombok – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 2:59 am

    […] berasa pantai private atau gak berlebihan deh kalau dibilang kolam renang versi alami. Belum lagi Pantai Selong Belanak yang konturnya landai, yang mana bisa jadi tempat kalian bermain sepak bola kalau kalau tanah […]

    Reply

Leave a Comment