Segarnya Pemandangan di Pantai Seger Lombok

andyhardiyanti-pantai-seger-001

Segarnya Pemandangan di Pantai Seger Lombok. Pulau Lombok memang terkenal dengan koleksi pantai-pantai cantiknya. Mulai dari Pantai Senggigi yang namanya sudah ngehits sedari dulu, hingga sejumlah pantai yang mungkin bahkan belum sempat diberi nama. Untuk urusan pantai, saya pribadi paling suka pantai yang berada di daerah Selatan. Tipikal pantai-pantai di daerah ini umumnya berpasir putih. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Kuta (sekarang bernama Pantai Mandalika). Tetapi pada tahu tidak kalau selain Pantai Kuta ada sejumlah pantai lagi yang tidak kalah kece, seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Mawi, Pantai Semeti, Pantai Mawun, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Seger. Nama yang terakhir saya sebutkan adalah yang akan saya bahas pada postingan berikut.

Pantai Seger, Si Cantik yang Tidak Jauh dari Kuta

andyhardiyanti-pantai-seger-004

Tentu saja Kuta yang saya maksud di sini adalah Pantai Kuta (Pantai Mandalika) yang berada di Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Tengah. Ya, Pantai Seger merupakan pantai berpasir putih yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kuta. Jaraknya hanya sekitar 4km, namun rupanya belum banyak orang yang berkunjung ke Pantai Seger. Jangankan para wisatawan dari luar Lombok, mereka yang tinggal di Lombok dan sering ke Pantai Kuta saja banyak yang belum begitu tahu pantai dengan gradasi warna biru air lautnya yang cantik sekali ini. Saya berani berkata demikian karena entah sudah berapa banyak teman-teman sesama orang Lombok yang saya bawa ke tempat ini, yang tidak menyangka kalau ada pantai sekece ini yang tidak jauh dari pantai yang sering mereka datangi alias pantai Kuta tadi.

Yang Istimewa di Pantai Seger

andyhardiyanti-pantai-seger-002

Jadi apa nih istimewanya si Pantai Seger? Oh iya, sebelumnya perlu teman-teman ketahui cara menyebutkan Seger yaitu baik huruf e pada suku kata ‘se’ maupun ‘ger’nya ini diucapkan seperti huruf e pada kata ember yak πŸ˜‰ (Bingung ngejelasinnya, semoga teman-teman mengerti. Hihihih). Oke, lanjut. Tentang apa tadi? Istimewanya Pantai Seger?

Ya, setiap pantai yang terletak di daerah Selatan Lombok memang mempunyai kecantikan tersendiri. Yang membuat kami-kami di sini bingung kalau teman-teman wisatawan meminta untuk diantarkan ke pantai yang paling cantik di Lombok. Hiks, saya bisa apa πŸ™ Pantai Semeti punya batu-batu yang bentuknya serupa kristal-kristal di Planet Krypton-nya Superman. Pantai Mawun yang walaupun tarikan ombaknya kuat, tapi bentuknya yang diapit dua bukit membuat pantai ini berasa pantai private atau gak berlebihan deh kalau dibilang kolam renang versi alami. Belum lagi Pantai Selong Belanak yang konturnya landai, yang mana bisa jadi tempat kalian bermain sepak bola kalau kalau tanah lapang di kota Mataram sudah dipenuhi bangunan pusat perbelanjaan #eh atau jadi tempat belajar bagi para peselancar pemula karena ombaknya yang memang cocok untuk itu. Intinya sih ya jelas kami bingung kalau diminta mengantarkan kalian ke pantai yang paling cantik πŸ˜€ Cantik semua sih! Wkwkwkwkw.

andyhardiyanti-pantai-seger-005

Kalau menurut saya pribadi sih istimewanya Pantai Seger ini karena gradasi warna biru air lautnya cantik banget, terus itu pulau karang eh gundukan batu karang (apa sih namanya?) yang langsung bisa kita lihat begitu sampai di pantai ini kelihatannya unik aja gitu bikin penasaran untuk ke sana ya kalau pas surut bisa kali ya sampai ke sana. Oh iya, tekstur pasir di Pantai Seger juga ada dua jenis, yaitu berbutir kecil pada daerah yang dekat dengan daratan dan berbutir besar di bagian yang semakin dekat dengan bibir pantai. Terus ada apa lagi? Yap, di sana ada bukit yang tidak begitu tinggi dan masih cukup wajar untuk kalian daki. Dari atas bukit tersebut teman-teman bakal disuguhkan pemandangan yang cantik banget.

Waktu saya naik ke bukit Pantai Seger tempo hari pas jam-jamnya Matahari terbenam gitu. Sampai di atas rupanya banyak banget orang, terutama wisatawan asing. Pada pengen lihat sunset kali ya? Sunset yang terbenamnya di balik bukit tapi. Hehehe. Ya gimana, namanya juga posisi kita saat itu di daerah selatan.

Kapan Paling Asyik Menikmati Pantai Seger?

andyhardiyanti-pantai-seger-003

Waktu paling asyik untuk menikmati Pantai Seger itu menurut saya saat pagi hingga sebelum siang yang paling siang menjelang #eh. Ini supaya kalau pas kita mau foto-fotoan warna air lautnya terlihat jelas. Kalau sudah sore atau malam ya jelas udah gak kinclong kan ya. Kemudian kalau saat siang, panasnya gak nahan. Namanya juga pantai, ya pasti panas. Bisa aja sih duduk duduk cantik aja di barisan tempat duduk yang sudah disediakan di sana. Tapi yakin cuma pengen duduk duduk tanpa menyentuh air lautnya? πŸ˜€ Saya sih gak yakin, walaupun gak pernah sampai nyebur juga di sana.

Pantai Seger ini kalau menurut saya ya memang paling cocok untuk memanjakan mata. Kalau buat nyebur alias renang renang horenya anak-anak sepertinya gak pas. Soalnya ombaknya termasuk cukup besar, saya pernah beberapa kali melihat ada para peselancar bermain di sini. Terus lagi, dasar pantai seger ini banyak batu karangnya. Jadi ya gak pas aja sih buat krucils. Tapi kalau sekadar main main pasir ya asyik asyik aja πŸ˜‰

Melihat Pantai Seger Saat Surut

andyhardiyanti-pantai-seger-006

Pada lihat kan di foto pertama di atas tadi? Ombak di Pantai Seger ini pecah ke mana mana. Nah beberapa waktu yang lalu saat saya ke Pantai Seger lagi untuk kesekian kalinya, pas banget dapat saat surutnya. Kelihatan deh dasar pantainya kayak gimana. Pantas aja ombaknya pada pecah-pecah gitu ya. Banyak batu karang rupanya. Bisa banget tuh jalan-jalan sampai gundukan batu karang gede yang saya maksud. Tapi berhubung waktu itu jalannya bareng tiga krucils. Jadi misi yang tempo hari di-cancel dulu sementara πŸ˜€ #bilangajatakut

Cantikan mana nih saat surut apa gak? Saya sih sukanya kalau lagi gak surut. Kan kalau surut gini gradasi warna birunya gak kelihatan banget. Hiks πŸ™ Tapi sih yang paling penting, besok besok kalau kalian ke Lombok. Jangan lupa main-main ke pantai yang satu ini yaa..plus pantai-pantai lainnya di Lombok #eh. Hahahahha.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

20 Comments

  • Widyanti Yuliandari July 24, 2016 at 4:21 am

    Setelah ini, tampaknya Lombok akan menjadi destinasi kami. Kami sekeluarga belum pernah ke Lombok, Mbak. Ha..ha.. maklum, kalau ngebolang kami hampir selalu paket lengkap. Jadi kudu extra persiapan, terutama isi dompet dan rekening. TFS

    Reply
  • Cumilebay July 24, 2016 at 8:13 am

    Gw ngebayangin panas nya pasti juara banget.

    Reply
  • Rochim Nasution July 24, 2016 at 12:35 pm

    Waw… kalau saya yang paling berkesan pantai Mawun… benar, seperti pantai milik sendiri, pengunjungnya sedikit, pasirnya empuk… kesini saya sdh 2 kali… Pokoknya Lombok punya pantai yang bersih, biru, sangat menggoda untuk bermain air… Ada lagi, kalau mau snorkeling yg cantik selsin seputaran gili Trawangan/Meno/Air, bisa mengunjuni gili Nanggu… gili Sudak & Gili Kedis…. Ayo Indonesia tdk kalah dgn lyar negeri. Sebelum menjelajahi negeri lain, sebaiknya jelajahi dulu yang di dalsm negeri… so beautiful. tq.

    Reply
    • Rochim Nasution July 24, 2016 at 12:45 pm

      Kalau ke Lombok sebaiknya tidak ambil paket dari travel, karena akan banyak tempat2 yg bikin kita ingin berlama-lama di panrai…. terus kalau mau jalan sebaiknya sewa mobil & driver dari hotel, driver akan membawa kita ke tempat2 yg bagus2… selamat berwisata.

      Reply
  • TITIS AYUNINGSIH July 24, 2016 at 12:40 pm

    Lombok juara pantainya πŸ™‚

    Wih itu kayak berjemur kompaknya hehe

    Reply
  • Dewa Laut Jakarta July 24, 2016 at 1:01 pm

    Foto-fotonya cakep, mata saya jadi seger lagi

    Reply
  • fanny fristhika nila July 24, 2016 at 1:53 pm

    pantai sepi yg ga begitu banyak turis begini yg aku suka :).. jd lebih bisa menikmati mbak :).. blm prnh ke Lombok sih sebelumnya, tapi kalo ke sana, aku coba datangin deh pantai2nya termasuk yg seger ini πŸ˜‰

    Reply
  • Agung Han July 24, 2016 at 8:45 pm

    Lombok emang kereeen
    pantainya ga kalah dengan Bali
    jadi pengin ke Lombok

    Reply
  • evrinasp July 24, 2016 at 8:58 pm

    banyak batu karangnya ya, favorit ku tetep pantai semeti soalnya beneran sepi, berasa punya sendiri jadinya

    Reply
  • arman July 25, 2016 at 3:14 am

    suka liat langit dan lautnya.. biru banget…

    Reply
  • Awfa July 25, 2016 at 5:21 am

    Aku belum pernah ke lombok mbak πŸ™

    Reply
  • iwcaksono July 26, 2016 at 7:05 am

    heuheuheu pas kemarau ya? gersang abiss
    kasihan putri mandalika nya kepanasan

    Reply
  • Nathalia DP July 26, 2016 at 10:03 am

    duh untung dikasih tau cara nyebutinnya πŸ˜€
    saya jg sukanya yg lg ga surut…

    Reply
  • Hipnoterapi Semarang July 27, 2016 at 3:56 am

    Pemandanganya Menakjubkan , ngak kalah sama tempat wisata luar

    Reply
  • Hastira July 31, 2016 at 8:08 pm

    lagi kemarin ke lombok gak kesini, panati di lombok memang banyak ya

    Reply
  • Didi Maryadi August 1, 2016 at 8:55 pm

    Lombok I LOVE YOU …
    duhh nge vans banget ama lombokk…..
    pemandanganya bagusss…

    Reply
  • pratiwi September 28, 2016 at 6:55 am

    pantai seger tempat di selenggarakannya festival bau nyale…
    bagus banget pantainya apalagi sambil nungguin nyale muncul πŸ™‚ πŸ™‚

    Reply
  • Azmi September 30, 2016 at 7:52 am

    Indah banget pantainya.. rasanya jadi pengen kesana nih..

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA December 20, 2016 at 12:39 pm

    Kebayang lagi main-main di pinggir pantai dengan air laut yang biru itu.. πŸ˜€ Ah Lombok, kapan ya bisa kesana lagi…

    Reply
  • Freddy Gunawan February 27, 2017 at 5:18 pm

    Cuma pernah ke Gili Saja!
    Jadi pengen explore lombok lagi!!!
    Nice View!!

    Reply

Leave a Comment