Taman Sangkareang: Pusatnya Kota Mataram

IMG20150223080512

Setiap kota tentu punya ikon atau pusat kota yang menjadi ciri khasnya sendiri, bukan? Demikian juga dengan kota yang baru berulangtahun ke-22 ini, lewat tulisan ini saya mencoba menerka tempat apa yang menjadi pusat kotanya…

Mataram. Jika mendengar nama kota ini, bangunan atau tempat apa yang terbayangkan oleh teman-teman yang menjadi ciri khas disana? Tolong lupakan bukit malimbu, tampak depan Bandara Internasional Lombok (BIL) ataupun Pantai Senggigi yang terkenal itu, karena setahu saya tempat-tempat tersebut letaknya bukan di Mataram. Masjid? Ah iya, saya sampai lupa kalau Mataram kaya akan bangunan masjidnya. Bahkan saat ini sedang dibangun sebuah gedung bernama Islamic Center, yang nantinya mungkin bisa menjadi ikon dari Mataram sebagai kota yang terkenal religius.

Tapi Islamic Center sayangnya belum resmi beroperasi. Lembaran-lembaran seng masih memagari setiap sisi lahan tempatnya didirikan. Maka biarlah saya menerka sendiri, tempat mana yang menjadi pusat dari kota Mataram. Dan menurut saya, yang harap dimaklumi belum genap 4 tahun berdomisili di Mataram, inilah pusatnya kota Mataram: Taman Sangkareang.

Taman Sangkareang Mataram

Taman Sangkareang menurut saya benar-benar menjadi pusat dari kota Mataram. Jika dilihat dari lokasinya di peta, sepertinya tempat ini memang berada di tengah kota Mataram. Pun jika dilihat dari pemanfaatannya, hampir sebagian besar event seperti pameran maupun pentas kesenian seringkali diadakan disini. Apalagi jika dilihat dari posisinya yang berdekatan dengan pusat pemerintahan kota Mataram, sejumlah bangunan hotel dan lainnya menjadikan Taman Sangkareang memiliki posisi yang sangat strategis.

Taman Sangkareang terletak di Jalan Pejanggik dan bagian belakangnya berbatasan langsung dengan Jalan Catur Warga,ย  Mataram. Lalu apa saja yang bisa dilakukan di tempat yang berbentuk persegi panjang ini?

Tempat Favorit untuk Melaksanakan Berbagai Event

Taman Sangkareang memang seringkali dijadikan tempat untuk melaksanakan berbagai event di kota Mataram. Mungkin lebih tepatnya diadakan pada Lapangan Sangkareang, sebuah lapangan luas yang masih berada di wilayah taman sangkareang. Mulai dari pameran, pentas musik, ataupun panggung sepeda santai semua diadakan disini. Kalau sedang tidak ada event, maka pada pagi hari akan terlihat sejumlah mobil diparkir pada bagian pinggir lapangan, terang saja mengingat lokasinya yang berada disekitar kantor-kantor pemerintahan kota Mataram. Kemudian pada sore harinya akan ramai oleh anak-anak pun para dewasa yang bermain sepakbola.

Taman Bermainnya Anak-anak

DSCF3851

Belum lama ini ada penampakan yang berbeda dari bagian depan Taman Sangkareang. Ya, ada disediakan arena bermain disana. Sejumlah fasilitas bermain seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan dan lainnya dapat dipakai oleh pengunjung secara gratis. Maka jadilah Taman Sangkareang dipenuhi oleh anak-anak pun orangtua yang menemani mereka terutama pada sore hari. Sayangnya, ada beberapa fasilitas bermain yang kondisinya sudah tidak layak digunakan. Ini tentu patut menjadi perhatian pemerintah selaku penyedia sarana dan warga selaku pengguna. Semoga dengan statusnya yang gratis tidak menjadikan kita semena-mena menggunakannya yaa :”)

Lokasi Pengambilan Gambar

Kalau sedang ke Taman Sangkareang, maka tidak jarang anda akan melihat sejumlah orang menenteng kamera. Ada yang bertujuan melakukan pemotretan dengan model, mengambil gambar untuk keperluan video hingga wisatawan yang menenteng kamera untuk sekedar foto-fotoan. Tidak heran mengingat lokasinya yang sangat dekat dari hotel ternama di Mataram, maka wisatawan hanya perlu menyeberang jalan untuk bisa befoto ria di tempat yang menjadi ikon kota Mataram ini.

Ngobrol dan Nongkrong Murah Meriah

Mau ngobrol dan nongkrong bersama teman tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya? Nah, teman-teman mungkin perlu kesini. Ngobrol dan nongkrong asyik di pinggiran Taman Sangkareang dengan aneka jajanan pinggir jalan. Menunya ya standar pinggir jalan, mulai dari kopi, gorengan, mie instan. Hehehe… Lumayan kan? sambil menikmati semilir angin dan keramaian Taman Sangkareang. Oh iya, saya sering lho lihat komunitas-komunitas yang berdiskusi di Taman Sangkareang. Wah, senangnya kalau pusat kota bisa dimanfaatkan sebaik mungkin ๐Ÿ˜‰

Jadi, itulah Taman Sangkareang. Tempat yang menjadi pusatnya kota Mataram menurut saya. Kalau teman-teman, apa nih yang jadi ikon atau pusat dari kota tempat tinggalnya? Bagi ceritanya yuk!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

9 Comments

  • arman September 6, 2015 at 5:01 am

    bagus ya tamannya… terlihat bersih dan terawat. ada playground pula, anak2 pasti seneng main disana…

    Reply
    • andyhardiyanti September 7, 2015 at 7:47 am

      Senang banget man. Hayuukk bawa Andrew sama Emma kesini #eh

      Reply
  • willy iskandar September 9, 2015 at 5:26 am

    mbak, mau nanya nih. kebetulan saya mau di mutasi ke Mataram akhir bulan ini. Kota Mataram itu seperti apa mbak? pernah terbersit di pikiran saya Mataram itu sama seperti Ambon tempat saya tugas saat ini, kurang ramai, infrastruktur kota yg masih jauh dr kata kota maju dan modern walopun sebagai ibukota Propinsi. Tapi setelah saya browsing sana sini untuk dalam kota sepertinya memang maju pesat perkembangannya. tapi informasi yg saya dapat saya merasa masih kurang. apa mbak bisa sedikit menjabarkan kondisi kota Mataram saat in? terima kasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

    Reply
  • willy iskandar September 9, 2015 at 10:32 am

    Terima kasih infonya mbak. Saya belum tau mau tinggal di mana, tapi kantor berada di jalan Sriwijaya. Untuk Kota Ambon sendiri sekarang tidak ada kemajuan setelah terjadinya kerusuhan tahun 99. kota semakin padat tapi tidak ada dukungan infrastruktur kota yg baik, jalanan yg sempit tanpa adanya jalur alternatif sama sekali, tempat nongkrong yang jarang sekali membuat tidak pernah betah berada di Ambon 4 tahun ini.
    Untuk di Mataram sendiri untuk daerah kuliner malam apakah buka sampai tengah malam,? karena saya sendiri orangnya suka keluar malam untuk wisataa kuliner.
    Dan untuk tempat nongkrong anak muda di sana tempatnya udah banyak belum ya mbak?
    Terima kasih.

    Reply
    • andyhardiyanti September 9, 2015 at 10:33 am

      eh malas dibalas lewat sini ๐Ÿ˜€

      Nah, di jalan Sriwijaya dan terusannya (namanya jalan Majapahit) itu banyak tempat nongkrong yang buka sampai malam. Atau bisa juga di jalan Udayana, tapi agak jauh dari jalan Sriwijaya. Kalau jalur alternatif di Mataram banyak kok. Cuma biasa ada jalan-jalan besar tertentu yang baru jam 9 malam udah sepi aja.

      Reply
  • Reza Andrian September 15, 2015 at 11:05 am

    Kalau di tempatku yang menjadi pusat kotanya ada di Suprapto. Seperti kota tua gitu. Sering ramai. Tapi kalau tempat untuk ngadain event atau menampung masyarakat banyak, biasanya di Sport Center dekat Pantai Panjang, Bengkulu. Di SC ini sering ramai oleh masyarakat. Baik siang, sore, maupun malam. Maklum, di sana ada tempat bermainnya hehehe…

    Spotnya juga bagus untuk foto-foto. Maka gak heran kalau SC ini sering ramai ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Bandung dan Hal-hal yang tak terlupakan sewaktu berkunjung – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 3:31 am

    […] tersebut anak saya selalu bertanya taman seperti itu ada di mana? Dia pikir ada di Mataram layaknya Taman Sangkareang, Udayana dan […]

    Reply

Leave a Comment