Kolam Renang di Lombok yang Ramah Anak? Ini Dia 5 Pilihannya!

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di Lombok yang Ramah Anak? Ini Dia 5 Pilihannya! Akhir pekan menjadi waktu yang dipilih oleh sebagian besar orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama bersama si kecil. Ada banyak pilihan untuk menikmati liburan di akhir pekan, entah itu dengan bermain dan makan siang di pusat perbelanjaan, melakukan kegiatan outbond, pergi berenang dan masih banyak lagi. Bagi saya pribadi yang notabene memiliki waktu kerja fleksibel, sebenarnya tidak ada waktu spesifik untuk berlibur bersama keluarga. Weekdays bisa, weekend pun bisa. Adapun untuk kegiatan yang biasa kami lakukan yaitu jalan-jalan ke objek wisata alam, ngemall, menghabiskan waktu cukup lama di toko buku, hingga pergi berenang di kolam renang.

Khusus untuk poin kegiatan yang terakhir yaitu berenang di kolam renang, di sini saya memang lebih memilih kolam renang hotel. Alasan utamanya adalah karena si sulung paling tidak bisa berenang di keramaian. Cipratan atau percikan air dari anak-anak yang melompat ke dalam kolam itu bisa membuatnya ilfil seketika. Makanya untuk kegiatan berenang si kecil, saya memilih kolam renang hotel dibanding yang macam waterpark gitu. Lain cerita kalau berenang di sungai, pantai maupun objek wisata alam lainnya ya. Itu sih favorit anak saya!

Kolam Renang di Lombok yang Ramah Anak? Emang Ada?

kolam-renang-di-lombok

Karena sudah mencoret taman bermain air alias waterpark di dalam daftar, maka sejak tiba di Lombok sedikit banyak saya mulai mencoba mendatangi hotel-hotel yang ada kolam renangnya. Mulai dari yang memang niat mau ke sana, sampai yang kebetulan ke sana karena ada kegiatan lain. Jadi sekalian deh kepoin informasi tentang kolam renangnya. Dari sejumlah tempat yang saya datangi, saya kemudian menyimpulkan beberapa tempat yang kemudian saya sebut sebagai kolam renang di Lombok yang ramah anak.

Eh emang ada ya? Kalau pakai standar anak saya yang berusia 6 tahun, yang sebenarnya suka ragu-ragu gitu nyemplung di air, yang walaupun sudah pakai pelampung masih aja was-was, dan yang gak bisa disuruh berhenti kalau udah ketemu air. Maka jawabannya, ada. Bahkan mungkin ada banyak. Tapi di tulisan ini, saya share beberapa tempat yang menjadi rekomendasi saya. Semoga kalian juga cocok dan suka berenang di sana ya.

5 Kolam Renang di Lombok yang Ramah Anak

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di Hotel Lombok Garden

Dari lima daftar kolam renang ini, kolam renang di Hotel Lombok Garden saya tempatkan di urutan pertama. Alasannya adalah karena lokasinya yang sangat strategis yaitu di pusat kota Mataram (Jln. Bung Karno No.7 Mataram), kebersihannya paling terjaga (menurut saya sih), dan karena di beberapa kesempatan sering ada yang les renang jadi setidaknya adalah pelatih renang yang sewaktu-waktu bisa berubah profesi jadi life guard.

Kolam renang di Hotel Lombok Garden sebenarnya ada dua. Satu yang letaknya dekat dengan lobby, sedangkan yang lainnya yaitu yang letaknya di sekitar bangunan baru hotel. Saya sih lebih suka yang di atas ini, yang dekat dari lobby hotel. Kolam renangnya berbentuk persegi panjang yang cukup besar. Dimana luasnya kira-kira dibagi menjadi 60% kolam dewasa dan 40% kolam anak-anak. Untuk kolam anak-anaknya sendiri, kedalamannya adalah setinggi pinggang anak usia 6 tahun. Wkwkwkwk..ini berapa cm coba. Maafkan ku tak tahu. Tapi beneran deh, gak dalam. Untuk biayanya sendiri, cukup siapkan 50k per orang. Dan biaya tersebut hanya dibayarkan bagi mereka yang berenang yaa..jadi bukan tiket masuk.

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di The Jayakarta Lombok Beach Resort

Kalau kalian mau berenang sambil menikmati semilir angin pantai, tapi gak mau juga jauh-jauh ke Senggigi, maka ini dia tempat yang pas! Terletak di daerah Batu Layar, tepatnya di Jln. Raya Senggigi KM.4. Kolam renang The Jayakarta Lombok Beach Resort memiliki sebuah keunggulan yang tidak dimiliki kolam renang hotel lain. Dimana banyaknya tersedia pilihan kolam renang untuk anak. Bahkan yang kedalamannya hanya sejengkal pun ada!

Baca Juga: The Jayakarta Lombok Beach Resort yang Punya Banyak Kolam Renang

Suasananya pun terbilang cukup teduh karena dikelilingi pepohonan dan tanaman-tanaman hijau. Jangan khawatir bakal lapar, karena para pengunjung bisa memesan aneka menu pada petugas hotel. Kursi santai (eh apa namanya) disediakan cukup banyak. Jadi orang tua yang menunggu anaknya berenang bisa duduk di sana, bisa pula dimanfaatkan saat si kecil beristirahat sambil menikmati sajian makanan.

Adapun untuk biayanya adalah sebagai berikut: dewasa 60k, anak-anak 50k dan bagi yang tidak berenang baik dewasa maupun anak-anak dikenakan biaya sebesar 25k. Biaya tersebut sudah termasuk sebotol fruit tea. Gimana? Termasuk murah kan? Kekurangannya sih kamar bilasnya gak banyak, terus gak begitu cocok buat anak.Β  Lebih asyik kalau nginap, terus bilasnya ya di bathroom yang ada di kamar sendiri aja.

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di Lombok Astoria Hotel

Waktu si sulung berenang bareng teman-temannya di sana sih nama hotel ini masih Golden Tulip, eh kemarin kemarin udah berubah aja jadi Lombok Astoria Hotel. Lokasinya di Jln. Jend. Sudirman No.40 Mataram. Meskipun kami baru sekali mencobanya, tapi menurut saya termasuk ramah anak kok. Tersedia kolam renang dengan kedalaman yang cocok untuk anak-anak. Oh ya, ada jacuzzinya juga nih. Lah kok krucils juga sekalian main di sana waktu itu.

Kekurangannya sih karena lokasi kolam renang ini dekat banget banget sama restoran. Jadi ya nggak enak aja gitu kalau berenang pas jam sarapan, seolah-olah semua mata tertuju pada yang renang wkwkwkwk. Posisi kolam renang kan di lantai dasar tuh, sebenarnya kalau dinaikkan lagi di lantai sekian, maka pemandangannya pasti bakal cantik banget. Kita bisa melihat hamparan sawah, bukit dan gunung. Eh ini karena kependekan, jadinya gak bisa lihat panorama alam deh, yang ada malah ngelihat perumahan samping hotel. Huhuhu.

oops…fokus..fokus, ini lagi ngebahas kolam renang ramah anak! ya kan siapa tahu krucils makin bahagia kalau lihat pemandangan alam πŸ˜€

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di Kila Senggigi Beach

BTW, sekadar info… Kila Senggigi Beach ini nama resort ya, bukan nama pantai. Pantainya ya pantai Senggigi. Kolam renang di Kila Senggigi Beach terbilang cukup luas. Lokasinya pun berada di kawasan Pantai Senggigi. Satu kolam renang dipisahkan dengan pembatas, untuk membedakan kolam untuk anak-anak dan dewasa. Tepat di hadapan kolam renang, tersedia pos tempat petugas berjaga. Meskipun tidak tersedia seorang lifeguard, tapi setidaknya ada seseorang yang stand by di pos tersebut.

Baca Juga: Liburan Asyik Bersama Keluarga di Kila Senggigi Beach Lombok

Arena kolam renang berada di dekat Rinjani Restaurant dan arena bermain anak. Menurut saya sih, bagi yang mau berenang di sini tuh lebih cocok kalau sekalian saja menginap. Saya sendiri aja lupa, tempat bilasnya di sana di mana. Soalnya dulu kelar mandi ya kami langsung kembali ke kamar. Kolam renang pun jarang terlihat sangat ramai, setahu saya yang berenang ya memang para tamu yang sedang menginap.

kolam-renang-di-lombok

Kolam Renang di Holiday Resort Lombok

Kolam renang yang terakhir yaitu yang berada di Holiday Resort Lombok. Lokasinya dekat dengan pantai, suasananya pun asri banget ditemani pepohonan hijau. Dan yang paling favorit adalah kolam renang anak-anaknya tuh luas banget. Ada bean bagnya segala pula. Eh itu namanya bean bag kan? Anak saya yang berumur 6 tahun puas deh keliling satu kolam. Soalnya belum bisa berenang wkwkwk.

Di sisi lain, ada kolam renang anak-anak dengan kedalaman berbeda. Tapi karena tidak seluas kolam utama, maka kami tidak berenang di sana.Untuk biayanya sih 100k per orang. Termasuk mahal menurut saya jika dibandingkan tempat-tempat lain. Dan oh iya, dari semua pilihan kolam renang yang saya sebutkan tadi, kolam renang di Holiday Resort Lombok adalah yang lokasinya terjauh dari pusat kota Mataram. Jadi ya mungkin dipertimbangkan aja kalau kalian ke sini cuma untuk berenang hihihi. Jauh euy!

Itu tadi sedikit informasi yang bisa saya bagikan tentang kolam renang di Lombok yang ramah anak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa temani selalu si kecil saat berenang, sependek apapun kolam tempat mereka berenang.

Ada yang doyan ngajak si kecil berenang di kolam renang juga? Share dong di kolom komentar~

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

22 Comments

  • cputriarty January 2, 2018 at 9:19 pm

    Andai bisa berenang di sana yg terkeNal dgn panorama alamnya yg indah wuih kece badai bgt ya mbk

    Reply
  • Ila Rizky January 2, 2018 at 11:28 pm

    yang astoria hotel kayaknya seru ya, mb. agendain ke sana ah.

    Reply
  • dunialingga January 3, 2018 at 2:09 am

    arfa kalau udah nyebur kolam renang..suka lupa waktu..apalagi kalau kolam renang ramah anak begini..makin betah aja kali ya..semoga bisa ke lombok ketemu mba jg hehe

    Reply
  • berbagifun January 3, 2018 at 3:26 am

    paling suka di jayakarta… tapi kalau view, paling juara ya holiday resort

    Reply
  • Anggraeni Septi January 3, 2018 at 5:24 am

    Mbak Andy aku pernah nginep di Kila Senggigi Beach, tapi gak pernah nyobain renang disana karena terbuka. Padahal seru banget ya renang. Semoga aku bisa balik ke Lombok lagi sekeluarga πŸ˜€

    Reply
  • Ruli retno January 3, 2018 at 5:51 am

    Jayakarta resort idolaku..hahaha ya iyalah pas ke lombok nginep disitu. Favorit banget kolam anak yg ada pasir2nya itu

    Reply
  • Ratri Anugrah January 3, 2018 at 6:08 am

    Yah πŸ™ Kok Holiday Resort mahal ya. Padahal paling tertarik ke sana. Tapi kayaknya airnya dingin ya, Mba? Ke Lombok selalu urusan kerja sih. Jadi ngga pernah sempat berenang. Hiks

    Reply
  • Mugniar January 3, 2018 at 6:50 am

    Pendek pun kolamnya, harus tetap waspada ya

    Reply
  • Helena January 3, 2018 at 7:03 am

    Seru banget. Kolam renang tuh yang paling dicari saat menginap di hotel.

    Reply
  • myfoottrip January 3, 2018 at 7:06 am

    Kalau ke Lombok maunya ke pantai aja deh. Pantai di Lombok cantik-cantik. Nginepnya di guest house biasa aja. Hehehe

    Reply
  • Ata January 3, 2018 at 8:33 am

    Seneng berenang tapi ga bisa renang. Hahaha jadi main air aja ? btw kolam yang di Kila Senggigi Beach cakep ya Mba

    Reply
  • Astin Astanti January 3, 2018 at 9:07 am

    kolam renang buat anak memang harus diperhatikan benar ya. Kalau aku juga pilih pilih supaya anak nyaman berenang dan aku jadi tenang

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti January 3, 2018 at 10:23 am

    deket nih Lombok dari Bali, mau ke sini belum sempat melulu.
    Semoga tahun2 depan bisa, aamiin.

    Reply
  • rizka edmanda January 4, 2018 at 1:26 am

    lombok memang banyak memiliki tempat wisata dan hiburan ya..

    Reply
  • Okti January 4, 2018 at 10:04 am

    Suasananya bagus2 ya bikin anak betah

    Reply
  • Sri Widiyastuti January 4, 2018 at 11:45 am

    Cakep banget rwviewnya mbak. Suka sama foto fotonya. Kapan ya saya sampai ke lombok. Mupeng banget jadinya hehe

    Reply
  • Untari travel notes January 5, 2018 at 2:01 am

    Nah gini penting buat ortu. Thanks mba listnya

    Reply
  • Khoirur Rohmah January 5, 2018 at 3:58 am

    Astoria Hotel, spertinya prnah jadi tempat singgah sama Pak Presiden waktu itu kah ya mbak?
    ?????
    TFS buat sharingnya ya, mbak Andyy
    Kebayang pengen ikutan nyemplung kolam ?

    Reply
  • Nanie January 5, 2018 at 6:00 am

    Awww ajak berenang dong kk Sedjaaaa ?

    Reply
  • April Hamsa January 5, 2018 at 10:50 pm

    Waktu itu nginep apartemen dan anak2 bisa renang siang2 krn banyak pepohonan jg
    Saya pikir awalnya gak cukup teduh, ternyata lumayan adem jg meski siang2 jam 11 πŸ˜€

    Reply
  • eny hartawan January 17, 2018 at 12:22 pm

    infoin jga dong bun kolam renang yg lain biayax berapa….hehehe???. cz kita kan jarang bnget lo ke hotel, pa lagi mw mandi d hotel jarang bnget malah????

    Reply
  • Viedyana January 23, 2018 at 12:01 pm

    Rinjani Lodge, Rudi’s gak masuk daftar euy. Atau gegara kejauhan kah? Santika dah pernah cobain belom?

    Saiyah lebih suka si lombok astoria…

    Reply

Leave a Comment