Superfood: Kenali dan Rasakan Manfaatnya

superfood

Superfood: Kenali dan Rasakan Manfaatnya. Sekarang ini semakin banyak jenis penyakit, virus, dan bakteri yang dapat menyerang tubuh manusia. Untuk mengatasi agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit, maka diperlukan pola hidup yang sehat. Tidak hanya rutin berolahraga saja, tetapi juga didukung dengan menu yang sehat pula. Salah satu menu sehat yang bisa mendukung pola hidup yang sehat adalah superfood. Apa itu superfood?

Superfood adalah kelompok makanan yang kebanyakan bersumber dari nabati, dan ada juga ikan-ikanan serta produk olahan susu. Makanan ini mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk tubuh saja, kandungan yang ada dalam superfood membuatnya memiliki banyak fungsi lain seperti, kandungan antioksidan yang dapat mencegah risiko kanker, lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung. Dan kandungan serat yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan serta diabetes.

Superfood, Apa Saja Sih?

Buat yang belum tahu apa saja yang termasuk dalam superfood, berikut ini beberapa jenis makanan yang termasuk dalam superfood serta manfaatnya, antara lain :

Tomat

Hampir semua orang tahu bahwa tomat mengandung lycopene yang tinggi. Kandungan ini berfungi penting untuk melawan kanker. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi makanan lain, seperti sup tomat atau juga menjadi saus pasta. Dengan mengonsumsi tomat, maka jumlah karotenoid akan cukup untuk melawan zat karsinogen yang berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga: Homemade Chicken Nugget: Nugget Sehat Tanpa MSG

Biji Chia atau Chia Seeds

superfood

Jika ada yang belum tahu tentang biji chia atau chia seeds, biji chia adalah biji dari tanaman Salvia hispanica dari Mexico. Kandungan asam lemak omega 3, serat, protein, antioksidan, karbohidrat, dan kalsium yang tinggi, sehingga memiliki nutrisi yang tinggi. Cara mengonsumsinya, bisa dicampur dalam nasi, sayur, sereal, ataupun minuman.

Buah Berry

Buah berry adalah buah yang memiliki rasa yang nikmat. Selain kenikmatan rasanya, buah berry juga mengandung antioksidan, vitamin C dan E, folic acid, dan kaya akan serat. Buah berry memiliki banyak jenis, yaitu blueberry, raspberry, dan juga blackberry. Dan semuanya memiliki kandungan yang sama.

Brokoli

Sayuran yang satu ini mengandung banyak sekali nutrisi didalamnya, seperti magnesium dan vitamin C yang tinggi. Kandugan tersebut memiliki banyak manfaat, seperti membantu memerangi infeksi dan virus, meningkatkan produksi interferon, antibodi yang menghalangi virus dan juga infeksi mendekati sel.

Kale

Teman-teman pada tahu Kale? Kale atau daun kubis adalah sayuran yang termasuk dalam jenis superfood. Kandungan yang ada didalamnya seperti, vitamin A, C, dan K, serat, kalsium, dan juga mineral akan sangat bagus untuk tubuh jika dikonsumsi.

Baca Juga: Tom’s Kitchen, Catering Sehat dan Enak di Lombok

Delima

Delima adalah buah yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan tidak dimiliki oleh buah yang lainnya. Salah satu kandungan delima adalah asam ellagic.

Bak Choil

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sayuran ini mengandung banyak nutrisi, yaitu vitamin C, asam folat, nutrisi, serat, dan yang lainnya. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah penelitian.

Itulah beberapa jenis superfood yang penting untuk dikenali dan kita ketahui manfaatnya. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tidak ada salahnya untuk melakukan pola hidup yang sehat pula, dimulai dari rajin olahraga dan mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

12 Comments

  • Nanik October 27, 2017 at 7:01 am

    Cuma tomat dan brokoli yang sering saya konsumsi. Tomat karena nanam sendiri, jadi kalau pengen tinggal metik aja

    Reply
  • Niee October 27, 2017 at 7:23 am

    wah, kok semua jenis makanannya aku jarang makannya yak. hiks

    Reply
  • yurmawita October 29, 2017 at 1:47 pm

    mirip smoothie gitu ya mba Andy? ini superfood sangat baik untuk yang sedang program diet karena murni nutrisi yang diserap tubuh

    Reply
  • Ambar Pravita November 30, 2017 at 10:24 am

    jadi penasaran sama bak choil. seperti apa ya.. belum pernah liat juga.. hehee

    Reply
  • Muns Fadh November 30, 2017 at 12:27 pm

    Saya taunya cuma tomat, brokoli dan delima, selebihnya gak tau sama sekali. Baca namanya juga disini

    Reply
  • Atiqo November 30, 2017 at 12:34 pm

    Bisa dicoba dirumah ini. Makasih yaa mbaa infonyaa

    Reply
  • Astin Astanti November 30, 2017 at 1:19 pm

    Superfood makanan yg jarang banget dikonsumsi, paling sering tomat, itupun ikut proses masak, bukan dimakan secara langsung

    Reply
  • Rita Asmaraningsih December 1, 2017 at 12:01 am

    Saya baru tahu ada yg namanya biji chia.. Bagus buat kesehatan ya Mba?

    Reply
  • Helena December 1, 2017 at 3:44 am

    Setahuku Ubi ungu disebut superfood karena banyak manfaatnya. Thanks infonya ya

    Reply
  • Latifika Sumanti December 1, 2017 at 7:43 am

    Wah aku baru tau ada golongan Super food… Apa cuma yg disebutkan di artikel mba? Superfood selain itu ada ga? Misal, jintan hitam, VCO itu setau aku juga antioksidannya tinggi

    Reply
  • Miranti December 1, 2017 at 8:20 am

    Pernah denger mengenai superfood ini, kali ini kudu dicatet deh. Makasi infonya mbaa

    Reply
  • Apura December 2, 2017 at 2:59 am

    Bak choil sama Kale, dua makanan yang baru aku dengar mba. Pasang fotonya dong biar ga penasaran. Hihihi… *Padahal bisa browsing ya

    Reply

Leave a Comment