Seandainya di Lombok Ada Kereta Api

kereta api

Seandainya di Lombok Ada Kereta Api. Ini sudah tahun 2017 dan impian saya menggunakan moda transportasi bernama kereta api belum juga terwujud sodara-sodara! Udah sih, tapi masih sebatas versi mini yang berjalan tidak di atas rel dengan jalur keliling mall. Kalau dipikir-pikir, impiannya kok remeh benar ya? Kadang sering mupeng kalau baca postingan teman-teman yang lagi di atas kereta api, dalam perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain. Hahahaha, gitu aja mupeng! Eh tapi serius nih mau tanya, gimana sih rasanya? Seru gak? Kebayang deh, seandainya di Lombok ada alat transportasi ini juga.

Kereta Api di Lombok, Cocok Gak sih?

kereta api

sumber: lombokislandproperty.com

Dengan tampilan Pulau Lombok yang seperti peta di atas, kira-kira menurut kalian cocok gak sih kalau dibuatkan jalur kereta api? Kalau dibandingkan dengan Pulau Jawa, tentu saja panjang pulau seribu masjid ini gak seberapa. Mungkin itu yang menyebabkan kalau kereta api memang belum begitu dibutuhkan di Lombok. Ya, naik bus atau kendaraan bermotor lainnya dirasa sudah cukup.

Baca Juga: Tips dan Info Wisata: Pantai Lombok Tidak Ada Habisnya

Ya, saya iseng aja gitu membayangkan para wisatawan yang datang dari pintu masuk Labuhan Lembar dan berkeinginan ke kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bisa naik kereta api menuju stasiun (eaaa..stasiun) terdekat di sana, misal namanya Stasiun Aikmel. Hahahaha. Atau seperti yang kita ketahui kalau ada banyak sekali para pekerja di kota Mataram yang berasal dari Kabupaten Lombok Timur, dimana setiap harinya mereka sudah biasa bolak balik Lombok Timur-Mataram. Nah, kalau ada kereta api kan jadi pada ngumpul di satu alat transportasi tuh. Mereka gak berbondong-bondong motoran di jalan deh. Jalan raya jadi gak ramai, polusi udara juga bisa diminimalisir. Benar gak?

Serunya Menikmati Pemandangan Selama Perjalanan

Salah satu hal asyik yang saya bayangkan seandainya di Lombok ada kereta api adalah bagaimana sepanjang perjalanan kita bakal disuguhkan pemandangan alam Lombok yang luar biasa. Jalurnya nanti mungkin bisa dibuat melintasi pantai, daerah perbukitan (eh emang bisa?), hamparan sawah, sungai-sungai kecil dan masih banyak lagi. Wah, bisa-bisa para wisatawan bakal memilih naik angkutan ini sebagai moda transportasi utama mereka. Lumayan kan, bisa menikmati perjalanan dengan suguhan pemandangan yang menawan?

Baca Juga: Segarnya Pemandangan di Pantai Seger Lombok

Tapi nih setahu saya datarannya pulau Lombok tuh gak melulu datar-datar gitu aja, kita seringkali bakal bertemu jalanan berbukit. Dan saya gak paham benar apakah kereta api itu bisa nanjak apa enggak. Hihihi. Teman-teman ada yang bisa bantu jawab?

Kalau Ada Kereta Api, Beli Tiketnya Nanti di mana?

Terus kalau nanti di Lombok sudah beneran ada, beli tiketnya di mana dong? Ya di loket penjualan tiket yang ada di stasiun lah! Wkwkwkwk. Eh benar kan? Tapi setahu saya mah sekarang beli tiket kereta api itu gampang benar, sudah ada sejumlah situs web maupun aplikasi yang menyediakan tiket kereta api lengkap dengan jadwal keberangkatan dan jenis kelas yang bisa kita pilih sendiri sesuka hati, sesuai kebutuhan. Salah satunya yaitu di Tokopedia,  teman-teman yang biasa naik kereta sudah pernah coba beli di sana? Serunya lagi, menjelang musim liburan gitu biasanya mereka juga menyediakan promo. Baik promo potongan harga, cashback dan masih banyak lagi. Jadinya nih harga tiketnya makin lebih hemat aja!

Baca Juga: Angkutan itu Bernama Kereta Api

Duh ngomongin kereta api gini jadi makin penasaran euy! Impian saya banget itu naik kereta api dengan rute terjauh, ada gak sih rute dari Jawa Timur menuju Banten? Bwahahahah! Sekali coba, langsung cari yang terjauh. Gaya bener yakk~ Hiks. Iya nih. Gak anak, gak emaknya, sama-sama norak ya. Hahahahah.

Teman-teman yang sering naik kereta, share dong gimana sih rasanya? Beneran seru gak? Atau aslinya membosankan?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

17 Comments

  • Lazwardy September 27, 2017 at 8:36 am

    Saya jg membayangkan bgtu mbak, seandainya d Lombok da kereta api.. Kereta api bisa nanjak, pengalaman saya naik kereta dari Yogya ke Bandung… Kereta apinya nanjak… Kereen kan hehehe

    Reply
  • Iqbal September 27, 2017 at 11:22 am

    What a nice idea

    Reply
  • herva yulyanti September 28, 2017 at 9:29 am

    wah Lombok ga ada y mba, naik kereta seru mba terhindar dari macet, aku pernah dari Jakarta ke Malang, Jakarta Semarang, Solo Bandung semuanya naik kereta ga bosen enak aja apalagi liat view yang dilewatin sepanjang perjalanan 🙂 semoga Lombok bisa ada Kereta y mba

    Reply
  • ar86 October 9, 2017 at 1:33 pm

    Kalau berandai2 yg total mba, dibayangin lewat mana aja, motong jalan raya dimana aja, stasiunnya dimana aja, kalau ada bukit masih bisa ditolerir/ga, apa perlu terowongan. Abis itu bikin trace nya kasi ke pak presiden, sapa tau disetujui, xixixi…

    Reply
  • Nhie October 11, 2017 at 6:04 am

    kalau di lombok ada kereta api pasti makin banyak mi turis2 wisata kesana bisa keliling2 lombok naik kereta 😀 Semoga nanti ada. Sulawesikan lagi pembangunan rel kereta api toh.

    Reply
  • Nchie Hanie October 11, 2017 at 6:38 am

    Hhahaaaa, ko aku mbayangin hal yang sama ya Andy, gimana kalo ada kereta api, pasti bakalan disuguhin pemandangan yang wooow banget.

    Nanti kalo dah aa, tunggu aku di stasion yaaaa

    Reply
  • Dian Ravi October 11, 2017 at 10:25 am

    Kayanya kalau kereta api sudah ada di mana-mana bakal seru banget. Bikin traveling makin asik.

    Reply
  • Keke Naima October 11, 2017 at 2:49 pm

    Saya senang banget naik kereta. Apalagi kalau udah masuk area pedesaan atau alam yang pemandangannya bagus. Kereta juga transportasi umum yang nyaman banget buat saya.

    Tapi paling begitu masuk area pemukiman padat penduduk, saya suka tutup jendela dengan tirai. Gak mau juga kepala dideketin ke jendela. Trauma, uy. 3x melihat langsung jendela dilempar batu sama orang-orang iseng. Dan salah satu kejadian, sampai kacanya pecah trus kena mata penumpang. Udah lama banget sih kejadiannya. Tapi masih bikin saya ngeri sampai sekarang.

    Reply
  • Lia djabir October 11, 2017 at 3:01 pm

    Dimakassar juga nih mba…baru wacana mau ada kereta api. Smoga aja beneran terealisasi

    Reply
  • Indira October 11, 2017 at 5:03 pm

    Huaaaa ternyata di Jawa puas banget sarana keretanya ya Kak Andy. Diluar Jawa pangsa pasarnya belum terlalu banyak mungkin ya

    Reply
  • Nanie October 11, 2017 at 5:11 pm

    Nanti kalau kereta api di Makassar sudah jadi, Sedja main ke sini yaaaa. Naik kereta api sama2 x))

    Reply
  • Khairiah October 12, 2017 at 1:29 am

    Penasaran juga ingin naik kereta api di aceh dulu ada jalurnya tapi sekarang sudah tak berfungsi lagi dan keretany jadi pajangan

    Reply
  • Eni Martini October 12, 2017 at 1:33 am

    Aku suka naik kereta sejak kecil hingga kini, setiap ke suatu tempat ..mengamati perubahannya karena jalurnya itu-itu saja, suara khas rodanya, stasiunnya, semuaaanya

    Reply
  • Anindita Ayu October 12, 2017 at 1:56 am

    Aku pun kalo mau naik kereta api, paling ngga mesti ke provinsi tetangga mbak hahaha. Secara Bengkulu pun kecil juga kan. Tapi aku selalu suka kalo lagi naik kereta api sih, bisa liat-liat pemandangan di sepanjang jalan… ^^

    Reply
  • Liza October 12, 2017 at 9:28 am

    aku juga sering membayangkan seandainya di Aceh ada kereta api. dulu ada jaman Belanda, sekarang enggak ada lagi

    Reply
  • Helena October 12, 2017 at 10:35 pm

    Lombok boleh juga sih ada kereta supaya lebih cepat kemana-mana. Pemandangan Lombok kan cakep, banyak hutan.

    Reply
  • Eni Rahayu October 16, 2017 at 12:51 am

    Saya naik kereta api udah gede mbak, dan seru bangett. Itu pun saya sudah punya anak. Jadi menikmati sekali naik kereta apinya. Apalagi saya tuh anti bepergian karena suka mabok kendaraan selain sepeda motor. Jadi kereta api adalah moda favorit deh mbak.

    Reply

Leave a Comment