Angkutan Itu Bernama Kereta Api

kereta-api-003

Angkutan itu Bernama Kereta Api. Kereta Api, salah satu alat transportasi yang sangat ingin dinaiki Rani (anak saya) juga saya pribadi. Setidaknya kami cukup dibuat penasaran dan baper dengan teman-teman di Pulau Jawa sana yang sehari-harinya menggunakan alat transportasi ini. Ya, karena di beberapa pulau yang pernah kami tinggali (Sulawesi, Kalimantan dan Lombok) memang yang namanya kereta api itu tidak tersedia. Jadilah Rani selalu penasaran bagaimana sih rasanya naik kereta api? Seperti naik pesawat kah? Seperti naik kapal kah? Kalau naik kereta api itu bisa lihat apa saja? Dan pertanyaan lainnya.

Rani dan Pengalaman Pertama Naik Pesawat

kereta-api-002

Cerita-cerita tentang alat transportasi yang pernah dinaiki/digunakan Rani (anak saya) ini seru juga. Di usia yang belum genap satu tahun, Rani sudah naik pesawat dari Makassar menuju ke Balikpapan. Itu pengalaman pertamanya naik pesawat. Saking excitednya, sampai saya lupa mengabadikannya ke dalam gambar. Baru saat pengalaman kedua, ketiga dan kesekian kalinya lah saya mulai heboh memotret dia baik saat check in, duduk di ruang tunggu, saat di dalam pesawat dan saat mendarat.

Kalau Rani memulai pengalaman pertamanya naik pesawat di usia belum genap 1 tahun (10 atau 11 bulan kalau tidak salah waktu itu), maka lain lagi dengan saya yang rupanya lebih dini. Ya, saya pertama kali naik pesawat di usia yang malah belum genap 1 bulan. Yaitu pada rute penerbangan dari Bali ke Banjarmasin. Entahlah itu langsung atau transit πŸ˜€ Tapi sayangnya, baik Rani maupun saya sama-sama belum pernah menaiki kereta api sama sekali. Berarti bus dan kapal laut pernah dong? Yups..pernah. Yang belum ya itu: kereta api.

Serunya Naik Kapal Laut

kereta-api-001

Tidak lama setelah pengalaman pertamanya naik pesawat, Rani memulai pengalaman pertamanya dengan kapal laut atau yang biasa orang sebut dengan kapal PELNI. Kami sekeluarga (saya, suami, ayah, ibu dan Rani) berangkat dari Makassar menuju Lombok menggunakan KM. Tilong Kabila. Perjalanan tersebut memakan waktu selama 2 hari 2 malam, juga transit di dua pelabuhan terlebih dahulu (Labuan Bajo dan Bima) sebelum akhirnya tiba di pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Yang di atas itu merupakan foto Rani saat bermain di lorong kelas II. Asyik yaa nih anak, pertama kali naik kapal langsung pakai yang kelas II aja.

Sekadar info, di kapal PELNI itu ada beberapa jenis kelas. Kalau di pesawat ada yang namanya kelas ekonomi dan kelas bisnis. Maka di kapal PELNI dikenal kelas ekonomi, kelas II dan kelas I. Tentu saja harga dan fasilitas yang ditawarkan pun berbeda. Pada beberapa kapal PELNI juga terdapat jenis kelas tambahan yaitu kelas III wisata. Saya pernah menemukannya di KM. Bukit Siguntang. Kelas III wisata ini konsepnya ramai-ramai kayak kelas ekonomi, namun suasananya mirip kelas II dan kelas I. Alias adem, rapi dan bersih. Yang pernah naik kapal laut pasti tahu banget deh gimana crowdednya kelas ekonomi itu πŸ˜€

Impian Naik Kereta Api

kereta-api-004.jpg

Sebenarnya rencana naik kereta api ini sudah hampir diwujudkan sewaktu saya ke Bandung bersama Rani pada Juni 2015 lalu. Jadi ceritanya tujuan tiket kami memang ke Bandung, namun sama kakak yang di Jakarta kami diminta ke sana juga. Akhirnya mikir-mikir seru juga nih kalau naik kereta api. Eh tahunya si kakak udah pesan travel aja. Buat pergi dan pulang pula πŸ™ Beliau bilang, udah…kapan kapan aja naik keretanya. Lagian repot juga beli tiketnya, mesti ke stasiun dulu.

Yaelah..gak gaul dia. Belum tahu dia kalau sekarang udah bisa tuh yang namanya beli tiket kereta online. Tiketnya yaa yang dibeli online, bukan keretanya. Eaaa..ya kali mau beli kereta. Beli mobil aja belum sanggup wkwkwkwk πŸ˜€ Ya udah, belajar dari pengalaman yang lalu. Dari sekarang kita udah rencanakan banget. Pokoknya kalau besok besok ke Bandung dan perjalanannya bakal dilanjutkan ke Jakarta, kita bakal naik kereta api aja! Dan serunya kita udah bisa ngecek kisaran berapa sih harga tiket kereta itu. Ngeceknya di mana lagi kalau gak di Tokopedia. Ya soalnya hasil intip intip kita..Promo Tiket Kereta di Tokopedia tuh menggiurkan banget. Mulai dari biaya admin yang ditanggung sama Tokopedia, pakai kode promo BEBASLIBURAN bisa hemat tiket kereta sampai dengan Rp25.000,- dan masih banyak lagi.

Beughh..pokoknya besok besok pas ke pulau Jawa, wajib bangetlah kita cobain si angkutan yang udah diceritakan tadi. Ya, angkutan yang bernama Kereta Api itu πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

21 Comments

  • Pritahw August 21, 2016 at 1:05 pm

    masih penasaran bgt sampe sekarang ya mbak? hehehe, hrs nyobain mbak! sekarang memang KA lbh rapi, pesen jauh2 hari sgt membantu πŸ™‚ apalagi lwt online^^ salam buat Rani yahh

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 12:24 am

      Hahahah iya mbak. Banget…
      Semoga suatu saat nanti bisa naik kereta api. Maunya sih rute yang jauh πŸ˜€

      Reply
  • ruli retno August 21, 2016 at 1:55 pm

    Itu serius kereta bayi di bawa naik kapal jg? Ortunya keren abis dah bisa bawa gituan di kapal

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 12:37 am

      Serius,mbak. Ini dia lagi doyan-doyannya pakai baby walker. Eh ternyata lorong kelas I dan II itu muat sama babywalker. Jadi deh, membantu banget kalo Rani lagi rewel πŸ˜€

      Reply
  • April Hamsa August 21, 2016 at 3:58 pm

    di Tokped skrng makin lengkap aja ya, bisa beli tiket jg πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 12:46 am

      Semoga kedepannya bisa jadi tempat beli tiket kapal laut online juga yaa πŸ˜€

      Reply
  • velli, md. August 21, 2016 at 5:14 pm

    alhamdulillah.. klo anak ku 1 tahun udh pernah naik semuanya.. waktu liburan ke sabang, mulai dari bus, kapal laut, kereta api, pesawat.. πŸ™‚ tapi masalahnya, yg ia rasakan saat ini mungkin gak berkesan buatnya kle ya

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 12:53 am

      Wuihhh..serunyaaa ^_^
      Gak berkesan? Anaknya gak begitu suka jalanjalan kaliiii heheheh

      Reply
  • Hastira August 21, 2016 at 8:23 pm

    wah aku mau naik kapal laut yang agak lama, paling naik kapal laut yang hanya paling lama 45 menit ,cuma ngebayangi mabok laut gak ya

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 12:55 am

      45 menit itu dari mana ke mana mbak? Saya pernah dulu lebih dari 2 hari 2 malam, kalau tidak salah rute Makassar-Kupang. Sampai lupa transitnya berapa kali πŸ˜€

      Reply
  • Ayaa August 22, 2016 at 1:18 am

    Mbak Andiiiiii, sini main Jogja. Muter2nya pake kereta sampe mabok :p

    Reply
    • andyhardiyanti August 22, 2016 at 1:41 am

      Bwahahahha..eh eh Aya di Jogja ya? Bukannya di Surabaya? πŸ˜€
      hayuukkk..kita naik kereta dari mana ke mana nih? hihihi

      Reply
  • Bibi Titi Teliti August 22, 2016 at 2:09 am

    Wah, asyik banget siiih…
    Sekarang makin mudah aja yah kalo mau beli tiket kereta api, tinggal ke tokopedia aja πŸ™‚

    Fathir juga baru2 ini naik kereta api-nya Teh, waktu ada acara di TK-nya hahaha
    Bandung-Purwakarta doang sih, tapi lumayan lah buat pengalaman πŸ™‚

    Reply
  • cumilebay August 22, 2016 at 2:51 am

    Nich tokopedia jualan tiket kereta juga ??? banyak kali yg di jual

    Reply
  • Wahab Saputra August 22, 2016 at 2:58 am

    Seumur hidup, baru sekali naik kereta api,,, itu jg kereta kelas ekonomi…!!!
    Maklum di pulau seribu gak ada KA
    Klo ngomong soal kapal laut,,, itu sich angkutan wajib di tempat tinggal Saya mbak..

    Reply
  • Pink Traveler August 22, 2016 at 3:27 am

    salam kenal mbak andy, wah tokopedia tambah lengkap jualannya ya. aku termasuk penyuka naik kereta api soalnya santai dan nyaman banget ditambah harganya terjangkau

    Reply
  • Lidha Maul August 22, 2016 at 3:46 am

    Saya yang asli Kalimantan gini pengen nyobain naik kereta api, masa’ dari kecil cuma lagunya doang yang hapal. Dan untuk bisa naiknya jauhh banget mesti ke Jawa. Naik kereta api yang capek-capeknya itu cuma sekali, sehabis itu banyak sekali perombakan jadi yang kedua udah enak banget.
    Itu si Rani lucu banget di pesawatnya ya, bawa anaknya segala wkwkwk siap2 mau disuapin

    Reply
  • Nanie August 22, 2016 at 10:56 am

    Tawwa kk sedja sudahmi kapal laut sama pesawat, babyjo belummmm πŸ˜€

    Reply
  • vidy August 24, 2016 at 11:23 am

    Siniiiii…maen ke bogor. nanti kita jalan-jalan ke jakarta naek krl commuter…..tut…tut..tut…naek kereta api…..

    Reply
  • Mukhsin Pro August 25, 2016 at 5:10 am

    Kayaknya romantis banget kalau naik kereta gitu.

    Reply
  • rinaldi maulana September 2, 2016 at 1:29 am

    aku udah dong, pertama kali naik kereta ???? , dari jogja ke surabaya, 7 jam bertahan di kursi yang tegak sempurna 90 derajat * pegel pinggang :v *

    tapi, sekarang kereta nyaman banget banhet, pake AC dan ga ada pedagang asongan

    Reply

Leave a Comment