Judicium Day

DCIM105MEDIA

Judicium Day. Sabtu, 10 September 2016 menjadi hari yang menyenangkan sekaligus melegakan bagi saya juga teman-teman lainnya. Bagaimana tidak, saya yang pertama kali menyentang program skripsi bernilai 6 sks pada bulan Maret 2015 lalu kelar juga maju ujian, beberes revisian skripsi dan diyudisium. Iya, akhirnya. Karena target awal saya adalah mengikuti yudisium di bulan September 2015, yang diundur ke Desember 2015, Maret 2016, Mei 2016 hingga akhirnya beneran diyudisium di bulan September 2016 ini. Belum begitu lama sih kalau dibandingkan dengan teman-teman lainnya. Tetapi cukup bikin orang-orang rumah gemas karena skripsi saya yang tidak kunjung selesai tersebut.

Sebuah Intermezzo Tentang Perkuliahan Saya

yudisium

Oh ya, sebelumnya mungkin ada yang bertanya. Lah mbak ini lahir tahun berapa? Kuliahnya angkatan berapa? Kok umur segini baru kelar S1? Heuheuheu. Saya lulus SMA tahun 2009 dan di tahun yang sama pula saya ikut tes masuk perguruan tinggi. Saya masuk di jurusan Teknik Arsitektur di salah satu perguruan tinggi negeri di Makassar. Kuliah hanya sampai semester IV kalau tidak salah. Saya berhenti dan memutuskan untuk pindah ke Mataram di tahun 2012 (diajak orang tua juga sih, biar si kecil ada yang temani bermain) karena kondisi saya yang sedang dalam tahap pengobatan. Iya, saya sakit lumayan keras saat itu. Ceritanya pernah saya singgung di sini.

Karena di Mataram tidak ada jurusan Arsitektur, maka banting setir lah saya ke sebuah sekolah tinggi informatika. Yang konon sudah berpengalaman di NTB. Saya mendaftar di tahun 2012 sebagai mahasiswa pindahan (transfer). Dengan jurusan yang jelas-jelas jauh berbeda tersebut saya tidak berharap banyak dengan nilai-nilai saya sebelumnya yang bisa diakui. Ya tapi lumayanlah, saya tidak perlu lagi mengulang mata kuliah Pendidikan Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kalkulus. Semuanya mengambil dari nilai yang sudah ada.

Jadwal Yudisium yang Lewat Begitu Saja

yudisium

Kalau tidak salah ingat saya memprogramkan skripsi di bulan Februari apa Maret 2015 gitu. Selain skripsi, saya juga mengambil 2 mata kuliah lainnya. Ada jadwal yudisium di bulan Mei pada tahun yang sama. Tetapi sudah jelas saya tidak bisa ikut di waktu tersebut. Pertama, karena saya pesimis bisa mengerjakan skripsi dalam secepat itu. Kedua, karena memang tidak bisa wkwkwkkw..sebab saya masih mengikuti perkuliahan lainnya. Oke, berarti bukan alasan ya 😀

Akhirnya oleh pembimbing saya ditargetkan untuk bisa merampungkan skripsi dan segalanya agar bisa ikut yudisium di bulan September 2015. Awalnya semangat dong, lah selama ini saya lancar-lancar saja mengerjakan tugas kuliah, UTS, UAS semua aman. Masa skripsi yang 6 sks gini sampai molor. #beughh #gaya. Nyatanya tidak seperti yang dibayangkan, saya malas sodara sodara! M-A-L-A-S. Gak ngertilah, pokoknya ngetik bab-bab di dalam skripsi itu gak seasyik ngetik buat postingan blog wkwkwkwk..

Tapi malasnya gak kelihatan dong. Dengan dalih dua mata kuliah yang saya ambil itu juga mengharuskan kami bikin project akhir yang kalau dipikir-pikir udah 11:12 juga sama skripsi, akhirnya saya bilang ke pembimbing kalau gak bisa mengejar waktu yudisium yang beliau maksud. Singkat cerita, akhirnya target mundur di jadwal yudisium selanjutnya dan selanjutnya. Kalau tidak salah, total ada 4 jadwal yudisium yang saya lewatkan begitu saja (sejak pertama kali memprogramkan skripsi) hingga akhirnya pada 10 September 2016 kemarin saya ikutan yudisium. Yeayy! 😀

Skripsi oh Skripsi

20160913_144722

Skripsi oh Skripsi, akhirnya jadi juga kamu. Kalau dipikir-pikir apa bangetlah saya ini skripsi eh yudisium aja dijadikan postingan wkwkwk..beugh..sejarah ini cyin! Saya gak bisa memungkiri kalau sedikit banyak (lebih ke banyak sih sebenarnya) bahwa urusan blog sangat mempengaruhi selesainya skripsi saya. Pertama, tahu kenapa saya tertunda-tunda kerja skripsi? Saya ketagihan ngeblog euy! Ketagihan menulis banyak hal (kecuali skripsi saya sendiri), ingat banget waktu itu saya bikin 1 postingan per hari. Setiap postingan gak ada yang kurang dari 500 kata. Syukur syukur sampai 1000an kata. Ketagihan belajar banyak sama teman-teman blogger yang udah expert. Ketagihan ikut lomba blog setelah berhasil menang beberapa kali. Dan tahu, di saat itu entah kenapa yang namanya lomba blog itu banyaknya banyak banget. Hadiahnya juga gak tanggung-tanggung. Beughh..godaan cyin!

Iya intinya gitu deh. Setiap hari ngetik postingan blog lancar banget, tapi giliran buka file skripsi belum juga 5 menit udah ngantuk aja bawaaannya. Terus saya coba tanya ke seorang teman blogger yang kasusnya sama kaya saya. Ciee..kasus. Bedanya di waktu itu dia udah sarjana dong! Saya tanya, ini solusinya gimana. Terus kata dia, tempo hari dia sempat off online beneran selama 3 bulan biar fokus ngeskripsi. What? 3 bulan. Anjlok dong klout score saya nanti. Belakangan saya ikutin juga saran dia, bedanya saya offnya 1 bulan saja. Hehehe..dan segeralah saya merampungkan si skripsi itu. Alhamdulillah akhirnya kelar juga :”)

Ya udah, gitu aja ceritanya. Random bener yakk. Biarin deh, yang penting sekarang udah kelar urusan skripsi. Bisa posting-posting lagi, bisa keker lomba lomba blog lagi, bisa kopdaran bareng teman-teman blogger, bisa jalan-jalan lagi dan lain lain. Wkwkwkwk.. seolah olah beban banget yakk si skripsi ini. Iya, banget!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

11 Comments

  • Titis Ayuningsih September 26, 2016 at 2:54 am

    Akhirnyaaaa… selamat mbak, aku mau nulis masa” skripsi di blog belum jadi” Hahaha. Boro2 mikirin score klout mbak aku waktu itu yg ada di pikiranku gimana cepat kelar skripsi hahaha.

    Reply
  • Mukhsin Pro September 26, 2016 at 5:56 am

    Selamat yah kak.

    Reply
  • Ika Hardiyan Aksari September 26, 2016 at 6:35 am

    Hahaha..kasusnya sama denganku juga mbak. Dulu saya juga gila banget nulis di blog eh giliran revisi skripsi ogahnya amit2. Sampai kelewatan target yang awalnya April eh Oktober baru wisuda. Wkwkwk..
    Nyesel karena ngeblog molor skripsi? Ehm…dikit sih. Tapi enjoy aja lah semua sudah ada jalannya. Dan selamat mbak, kamu bisa mengalahkan dirimu sendiri lewat skripsi ini.

    Reply
  • Mandala September 26, 2016 at 6:39 am

    Congratz ya sist! Pernah ngerasain juga yang namanya gagal maju skripsi karena ada mata kuliah wajib yang “luput” belum diambil. Yah, harus nunggu semester depannya lagi deh. Akhirnya jadi telat yudisium, telat juga wisudanya. Hehe..

    Reply
  • Cara September 26, 2016 at 7:01 am

    Selamat yah kak! Akhirnya penantian hingga yudisium kelar juga. Tinggal nunggu diwisuda.

    Reply
  • Rusydina Tamimi September 26, 2016 at 10:38 am

    Kalo aku rajin posting setelah skripsi kelar, sebelum kelar skripsian sempet hiatus ngeblog selama setahun 😀

    Reply
  • Andi September 26, 2016 at 12:30 pm

    jas almamaternya mirip punya saya

    Reply
  • cumilebay September 29, 2016 at 2:04 am

    Langsung penasaran kamu perna sakit apa, klik tombol nya

    btw selamat yaaaa, akhir nya kelar juga.Abis ini buruan nambah momongan hahaha

    Reply
  • Azmi September 30, 2016 at 7:38 am

    untuk dikampus ku skripsi ga wajib dan bisa diganti sama sidang kompre hehe

    Reply
  • Japanesian November 18, 2016 at 1:55 pm

    di kampusku, gak ada skripsi. tiap hari kerjaannya praktik. lulus2 langsung jadi pengusaha

    Reply
  • Ketua Mania November 19, 2016 at 3:49 am

    punya cita-cita jadi calo skeripsi dan penerimaan pembuatan skripsi cepat dan terjamin..
    hehhehe

    Reply

Leave a Comment