Cara Membuat Signature Email Menggunakan WiseStamp

signature-wisestamp-08

Cara Membuat Signature Email menggunakan WiseStamp. Ada yang pernah memperhatikan sebuah email yang diakhiri dengan beberapa identitas si pengirim? Kalau pernah, maka itulah yang dimaksud dengan tanda tangan atau signature email (eh atau email signature ya? iya gitu deh pokoknya). Signature email ini biasanya kita temukan pada email-email yang sifatnya resmi atau dari para professional. Karena melalui signature email, seseorang akan mengetahui siapa nama si pengirim email, berasal dari perusahaan/organisasi apa, nomor telepon dan alamat yang bisa dihubungi serta beberapa informasi lainnya. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat signature email menggunakan WiseStamp.

Apa itu WiseStamp?

WiseStamp merupakan alat untuk membuat tanda tangan (signature email) menjadi lebih menarik. Dengan menggunakan WiseStamp, Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi pada kolom-kolom yang telah disediakan dan dapat melihat langsung seperti apa tampilan signature email Anda nantinya. Sebenarnya bisa saja Anda menuliskan langsung informasi yang ingin dicantumkan pada bagian signature di pengaturan email masing-masing. Namun jika ingin signature email yang praktis dan lebih menarik, WiseStamp adalah solusinya.

Cara Membuat Signature Email Menggunakan WiseStamp

signature-wisestamp-01

Setelah tahu WiseStamp itu apa, sekarang langsung saja ya kita belajar membuat signature email pada WiseStamp. Langkah pertama yaitu mengakses situs WiseStamp dan klik kotak hijau seperti gambar di atas yang bertuliskan “Claim Your FREE Signature Now”. Selanjutnya akan tampil halaman editor yang menjadi tempat Anda membuat signature email nantinya. Pada halaman ini terdapat beberapa bagian yaitu:

  • Signature Details, yaitu bagian yang terdiri dari kolom-kolom tempat Anda mengisikan sejumlah informasi seperti: nama, perusahaan, jabatan, nomor telepon, alamat, website, email dan lainnya. Pada bagian ini Anda juga bisa menambahkan informasi lain menggunakan opsi “Add Another Field”. Di sana Anda bisa menambahkan custom title dan custom value sesuai yang diinginkan.
  • Your Picture or Logo, yaitu tempat mengunggah (upload) foto/logo yang akan disertakan pada signature email.
  • Your Signature Preview, yaitu bagian yang akan menampilkan seperti apa tampilan signature email Anda berdasarkan informasi-informasi yang telah dimasukkan sebelumnya. Anda juga bisa memodifikasi seperti apa bentuk foto/logo ditampilkan dan warna-warna yang digunakan pada signature email tersebut.
  • Social Icons Design, yaitu bagian untuk menambahkan link media sosial Anda. Defaultnya Anda diminta menambahkan akun media sosial facebook, linkedin, dan twitter, namun seperti halnya pada bagian signature details di sini Anda juga bisa menambahkan akun media sosial lain seperti instagram menggunakan opsi “Add Another Field”. Harap ikuti format penulisan url media sosial seperti yang telah dicontohkan pada kolom yang akan Anda isi.

signature-wisestamp-02b

  • Extras, yaitu bagian ekstra dimana terdapat beberapa sub bagian seperti: featured, tools, badges, social, business dan dynamic. Pada bagian ini Anda bisa menambahkan informasi-informasi ekstra misalnya tombol khusus untuk like Facebook, QR code yang dapat di-scan, status terakhir Anda di Twitter dan masih banyak lagi.

Oke, sekarang kita buat signature emailnya. Silakan isi terlebih dahulu informasi pada bagian-bagian yang telah dijelaskan di atas. Tidak perlu diisi semua, karena tampilan signature email Anda akan terlihat penuh nanti. Sebaiknya isi informasi yang Anda anggap paling penting untuk orang ketahui.

signature-wisestamp-02a

Apabila Anda sudah selesai mengisi kolom-kolom informasi tersebut, silakan perhatikan bagian Your Signature Preview. Anda bisa mengubah bentuk foto/logo dan warna yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dan jika sudah puas dengan tampilan yang diinginkan, maka Anda cukup blok semua (teks dan gambar) informasi pada kotak preview tersebut. Lalu tekan Ctrl+C alias copy πŸ˜€

signature-wisestamp-02c

Kalau sudah di-copy, tidak perlu tekan tombol “OK, I’m Done” ya. Langsung saja akses akun email Anda, di sini saya menggunakan akun gmail.

Menampilkan Signature Email pada Gmail

signature-wisestamp-02d

Setelah signature email dibuat pada WiseStamp, selanjutnya adalah memasangkannya pada email agar bisa ditampilkan setiap kali Anda mengirim email. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa email yang digunakan adalah gmail. Silakan masuk ke akun gmail Anda seperti biasa. Lalu klik icon gerigi di sudut kanan atas seperti pada gambar. Kemudian pilih settings atau pengaturan. Tidak perlu memilih menu lain, langsung saja scroll ke bawah dan temukan tulisan Signature.

Pilih radio button di bawah selain no signature. Iya, itu yang bulat-bulat dan bisa diklik namanya radio button :D. Kemudian kosongkan 1 atau 2 baris (enter enter saja) pada kotak tersebut. Ini gunanya agar signature email Anda tidak mepet dengan isi email. Lalu ctrl+v atau paste-kan signature email yang sudah di-copy sebelumnya pada WiseStamp. Jangan lupa untuk menekan tombol save changes/simpan pada bagian akhir halaman pengaturan tadi (cukup scroll ke bawah saja lagi dari tempat pengaturan signature).

signature-wisestamp-02e

Sekarang coba buat sebuah email baru untuk memastikan apakah signature email tadi sudah terpasang. Oh iya, tampilan signature email pada email terkadang agak berbeda dengan yang sudah diatur pada WiseStamp. Nanti tinggal Anda perbaiki saja letaknya pada kolom pengaturan signature di gmail tadi πŸ™‚

Oh iya, WiseStamp ini sebenarnya adalah sebuah plugin yang harus diinstall terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan beberapa pengaturan sampai akhirnya bisa tampil sebagai signature email. Cara yang demikian selain ribet juga membuat adanya tambahan tulisan WiseStamp Branding Line (semacam promonya WiseStamp gitu) muncul di akhir signature email Anda. Dimana untuk memindahkannya/menghilangkannya pengguna harus melakukan upgrade :D.

Oke deh, jadi sekarang sudah pada tahukan bagaimana cara membuat signature email menggunakan wisestamp? Sipp, selamat mengirim email ala ala profesional πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

28 Comments

  • Ghina Izzati June 20, 2016 at 1:14 am

    Siip mba ilmu baru nich… makasih ilmunya ya mba… salam sukses selalu…

    Reply
  • Evi June 20, 2016 at 1:40 am

    Kebetulan aku sudah lama iri dengan email email bertanda tangan cantik yang masuk ke dalam inbox. Jadi begini ya caranya? Terima kasih Mbak Andy. Nanti saya mau coba Praktekkan πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:58 pm

      Sipp mbak. Semoga berhasil. Hehehehe..
      Biar signaturenya makin kece πŸ˜€

      Reply
  • Melisa June 20, 2016 at 2:41 am

    Wah, menarik banget, Mbak.
    Ilmu baru nih, bisa segera dipraktikkan.
    Signature email jadi makin kece deh nanti.
    Terima kasih banyak, Mbak πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:58 pm

      Betul mbak. Sama-sama. Semoga bermanfaat ya πŸ˜‰

      Reply
  • Priangga Otviapta June 20, 2016 at 4:39 am

    Keren, saya baru tau ada alternatif buatnya seperti ini… Mantap dah lansgung terapkan πŸ˜€
    Terimkasih banyak mba

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:57 pm

      Sipp, sama-sama Pri πŸ™‚
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Reply
  • Afifah Mazaya June 20, 2016 at 6:20 am

    Bookmark dulu. Signature ku masih biasa banget.
    Makasih infonya, Mbak.

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:57 pm

      Jangan kelamaan didiamkan di bookmark ya mbak. Hehehe..Ntar kelupaan~

      Reply
  • Molly June 20, 2016 at 7:39 am

    Kesannya jadi tambah profesional gitu ya mba. Baru tau ternyata caranya begini :).

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:55 pm

      Betul mbak. Biasanya memang email-email resmi sering pakai signature model gini.
      Dih..email-email resmi..email yang ada kopnya gitu? πŸ˜€
      *ngakakbacakomentarsendiri

      Reply
  • Ipeh Alena June 20, 2016 at 10:05 am

    Mantap, dapat ilmu lagi nih, biar tampak lebih serius dan memudahkan penerima email untuk tau soc med dan blog kita juga ya mba. Coba ah…makasih mba tipsnya bermanfaat.

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:54 pm

      Iya mbak, sama-sama πŸ™‚
      Betul sekali mbak, akses medsosnya langsung sekali klik icon aja. Jadi lebih praktis.

      Reply
  • baiqrosmala June 20, 2016 at 11:09 am

    Info yang sangat bermanfaat πŸ™‚ Langsung coba ahh.. ^^ Thanks mba

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2016 at 6:54 pm

      Sama-sama mbak. Ayo bikin keren tanda tangan emailnya πŸ™‚

      Reply
  • Yasinta Astuti June 20, 2016 at 10:35 pm

    Aku mau coba juga mbaak.
    Baru tau soalnya, hihi makasih mbak Andy sharenya

    Reply
  • Dzulfikar June 20, 2016 at 11:09 pm

    Wah boleh juga nih dicoba, gak usah susah-susah bikin script hehehehe. Thanks sharingnya mbak

    Reply
  • Swastikha June 21, 2016 at 12:02 am

    Ilmu yang berguna banget. Jadi bisa ngubah signature di email ni

    Reply
  • Jarhie June 21, 2016 at 8:02 pm

    Wuih, makasih buat sharingnya, keren nih, patut dicoba.

    Reply
  • Prih June 22, 2016 at 9:11 am

    Postingan yg sangat berharga mbak. Terima email lengkap dg signature membatin keren amat. Nyimak dan belajar dari postingan ini ah. Salam

    Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA June 22, 2016 at 6:19 pm

    Wuah ketje juga ini yaa!
    Cobain ahhh! TFS Mb Ndy πŸ˜‰

    Reply
  • Muhammad Rifqi Saifudin June 22, 2016 at 10:12 pm

    Wah, aku sudah nyari-nyari artikel yang seperti ini. Email dengan signature tentu bikin penerima email menganggap kita lebih profesional. Oh iya mbak, itu untuk Gmail kan, kalau Yahoo caranya sama gak?

    Reply
  • echaimutenan June 23, 2016 at 3:06 am

    coba ah…cuma ga pengen pake foto *eh xixixiix
    biar keliatan lebih profesional gitu #eaaaaaaaaaaa

    Reply
  • Amy Zet June 25, 2016 at 5:22 pm

    Hehehe, baru kmaren nemu email yang signaturenya kaya begini,,ternyata ada aplikasinya yaa hihihi. TFS ya mbaaa ^^

    Reply
    • andyhardiyanti June 25, 2016 at 5:50 pm

      Iya mbak, sama sama. Dulu juga saya penasaran sama signature email yang kayak gini πŸ˜€
      Yuk yuk bikin keren signaturenya ^_^

      Reply
  • Nunu amir June 27, 2016 at 9:17 am

    Wuihhh… keren!!!
    patut dicoba nih

    Reply
  • merawat burung July 25, 2016 at 3:45 pm

    Wooah kece juga ini yaa

    Reply

Leave a Comment