Serba Serbi Pelaksanaan Lomba Blog

sumber: eventingnation.com

Belakangan ini saya perhatikan semakin marak saja promosi yang dilakukan oleh berbagai produk melalui pelaksanaan lomba blog, baik itu yang penilaiannya dari sisi SEO (dulu-duluan di mesin pencari) maupun dari sisi kualitas artikel. Dalam rentang waktu Agustus-September ini saja saya sudah mencatat beberapa deadline lomba blog. Untuk apa? Tentu saja sebagai pengingat supaya tidak kelupaan mengikutsertakan artikel. Walaupun demikian, tetap saja ada satu dua bahkan tiga kompetisi yang terlewati. Senang juga kalau melihat banyaknya daftar lomba blog seperti ini. Jadi, supaya blog saya tidak melulu berisi postingan lomba bolehlah ya membahas sedikit tentang serba serbi pelaksanaan lomba blog dari kacamata saya sebagai peserta.

Tentang Syarat dan Ketentuan

Like Fanpage, Follow Twitter dan Instagram Penyelenggara

Folbek yaa 😀 (sumber: adweek.com)

Saya pernah membaca salah satu status teman di facebook yang mengatakan kalau syarat lomba blog zaman sekarang makin banyak saja. Salah satunya yaitu peserta diwajibkan untuk like fanpage, follow twitter maupun instagram si penyelenggara. Kadang jadi ribet bagi mereka yang belum memiliki akun-akun tersebut ataupun sudah punya tapi lupa passwordnya. Disini mungkin penyelenggara bermaksud untuk sekalian menambah jumlah followernya atau mungkin supaya peserta tidak ketinggalan info mengenai pelaksanaan lomba blog tersebut.

Kompetisi SEO dengan Sederetan Kata Kunci

Sebagai orang yang tidak ngerti seo dan punya suami yang ngerti seo, kalau ada lomba blog yang bersifat kompetisi seo seperti ini saya pasti minta bantuan saran dari beliau. Nah, suatu waktu ketika saya perlihatkan ke suami syarat dan ketentuan lomba blog yang diadakan sebuah brand, beliau langsung heran. Bagaimana tidak, itu kompetisi seo dengan sekitar 10 kata kunci yang diminta dalam satu postingan blog untuk kemudian dinilai urutannya melalui mesin pencari. Cara penilaiannya bagaimana? Rupanya di fanpage penyelenggara memang sudah banyak teman-teman lain yang komplain mengenai ketentuan tersebut. Karena katanya yang namanya SEO, berarti ada yang harus dioptimasi. Ini apa sepuluh kata kunci itu harus dioptimasi melalui satu postingan blog? *kemudianhening*

Jadwal Pelaksanaan Lomba Blog

sumber: sa.sc.edu

Informasi Pelaksanaan Lomba Blog Harus Jelas

Sekali lagi sebagai blogger yang pernah mengadakan lomba blog giveaway dengan tanggal pengumuman yang akhirnya molor dari jadwal yang ditentukan sebelumnya, saya jadi banyak belajar bahwa kalau mau jadi penyelenggara yang kece itu harap disiplin sama jadwal 😀 Supaya peserta juga percaya bahwa kita layak jadi penyelenggara lomba. Informasi pelaksanaan ini harus dicantumkan secara jelas, yang meliputi:

  • Periode lomba, yaitu tanggal mulai hingga batas terakhir diterimanya postingan blog.
  • Masa penjurian postingan, ini tidak terlalu penting sebenarnya. Tapi bagus juga kalau diinformasikan.
  • Pengumuman pemenang, yaitu tanggal diumumkannya siapa saja yang menjadi pemenang lomba blog tersebut. Ini sangat penting, jangan sampai informasi periode lomba ditampilkan, tapi tanggal pengumuman pemenang tidak. Kan bikin kita harap-harap cemas sebagai peserta.

Ada Perubahan Tanggal? Segera Informasikan!

Kalaupun akhirnya kita sebagai penyelenggara tidak bisa disiplin dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, maka jangan lupa untuk selalu update info tersebut dimanapun, baik pada sosial media maupun pada situs resmi penyelenggara. Misalnya saja, ketika periode penerimaan artikel diperpanjang ataupun tanggal pengumuman yang akhirnya harus diundur. Hal ini penting agar peserta maupun calon peserta dapat memperoleh informasi yang sama dari penyelenggara.

Plus Minus Banyaknya Lomba Blog

sumber: 123rf.com

Blog Berisi Postingan Lomba Semua

Ini nyaris saya banget. Sebelum akhirnya saya insyaf #eh. Kemarin-kemarin kalau ditengok blog saya kok isinya postingan lomba semua ya. Kalau bukan karena lomba blog, tidak bakalan diupdate deh itu blog 😀 Kemudian akhirnya sama suami ditegur kalau ngeblog itu tujuannya untuk berbagi, berbagi informasi, berbagi pengalaman. Jadi setidaknya blog kita bisa bermanfaat bagi siapapun yang mengunjunginya. Lomba blog dan sejenisnya itu hanya bonus saja (kalau menang #eh), jangan dijadikan prioritas.

Lama Tidak Update Blog? Ikut Lomba saja!

Nah, bagian ini jadi bertolak belakang sama tulisan diatas barusan. Tapi bagi sebagian orang, dengan adanya lomba blog seperti ini bisa bikin “blog lama update kembali”. Lomba blog, terutama kalau hadiahnya menggiurkan dan ditambah temanya kita kuasai bisa banget jadi cambuk supaya kita bikin postingan baru lagi. Dan bagi blogger yang jarang ngeblog (seperti saya), rasanya kalau sudah berhasil bikin satu postingan itu gimanaaaa banget. Semangatnya luar biasa, share url postingan kesana sini. Statistik pengunjung dipantau setiap saat walau cuma nambah 1 atau 2 pengunjung saja 😀

Info Lomba Blog di bulan Agustus

Kalau dulu sih mikirnya ngapain bagi-bagi info lomba blog ke teman, bikin tambah saingan saja. Tapi yang namanya rezeki pastinya sudah diatur dong yaa.. Jadi sebagai blogger yang baik dan senang berbagi informasi serta rela promosikan brand tanpa dibayar, berikut saya sajikan informasi mengenai lomba blog yang deadlinenya jatuh pada bulan Agustus.

My 7 Days Fruits Diary

Deadline 22 Agustus 2015. My 7 Days Fruits Diary merupakan lomba blog yang diadakan oleh Sunpride. Dimana peserta diminta untuk menuliskan pengalaman seru mengonsumsi buah-buahan Sunpride selama 7 hari (dituliskan perhari) yang dirangkum dalam 1 postingan blog. Pemenang pertama akan mendapatkan Iphone 6, Buah seberat berat badan dan Paket buah selama 3 bulan (diantarkan 2 minggu sekali untuk pemenang di wilayah Jabodetabek). Untuk info selanjutnya, silahkan baca di aturan main lomba blog Sunpride.

Borneo Wild Adventure

Deadline 22 Agustus 2015. Borneo Wild Adventure merupakan lomba blog yang diadakan oleh Daihatsu dan Viva.co.id. Peserta diminta menuliskan artikel tentang keinginan dan pengalamannya dalam mengunjungi salah satu atau lebih destinasi Borneo Wild Adventure. Tiga pemenang terpilih akan berkesempatan menjelajah alam liar kalimantan dan mengunjungi 7 destinasi Borneo Wild Adventure menggunakan Daihatsu New Terios. Untuk info selanjutnya, silahkan baca di mekanisme lomba Borneo Wild Adventure.

Kompas Travel Fair

Deadline 24 Agustus 2015. Lomba Blog Kompas Travel Fair 2015 merupakan lomba yang diadakan oleh Kompas dengan mengusung tema “Liburan Seru Ramai-ramai”. Peserta diminta menulis pengalaman liburannya bersama keluarga, sahabat atau teman-teman di Kantor. Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah tiket pesawat PP Jakarta-Bali-Jakarta untuk 2 orang. Untuk info selanjutnya, silahkan baca di syarat dan ketentuan lomba blog Kompas Travel Fair 2015.

Tiket Gratis Airpaz

Deadline 31 Agustus 2015. Merupakan lomba blog yang diadakan oleh Airpaz. Peserta diminta menuliskan sebuah artikel tentang tempat wisata di Indonesia yang paling disukai  berdasarkan pengalaman pribadi, opini, maupun infromasi seputar tempat tersebut. Tersedia 10 Tiket Pesawat Gratis Airpaz bagi 5 orang pemenang utama. Untuk info selanjutnya, silahkan baca di mekanisme lomba Borneo Wild Adventure.

Masih banyak info lomba blog lainnya di bulan September, saya lanjutkan di postingan berikutnya ya. Berbicara mengenai serba serbi pelaksanaan lomba blog memang tidak ada habisnya. Sampai lupa, postingan sudah sepanjang ini saja. Jadi, bagaimana dengan postingan lomba blognya bulan ini teman-teman? Mau posting menjelang deadline?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

31 Comments

  • Adi Pradana August 19, 2015 at 8:15 pm

    terkadang, ikutan lomba blog jadi salah satu cara buat update blog…

    Reply
  • arip August 20, 2015 at 1:28 am

    Wih makasih infonya, paling ga suka sama kontes SEO tapi disebutnya kontes blog.

    Reply
  • Lidya August 20, 2015 at 7:53 am

    aku baru ikutan yang Borneo aja mbak

    Reply
  • monda August 20, 2015 at 12:14 pm

    kalau aku malah pemalas ikut lomba he..he..
    ngikutnya paling kalau teman2 yg bikin, yg syaratnya nggak ribet

    Reply
  • Pungky August 20, 2015 at 2:24 pm

    Looh maaak, postingan buat lomba itukan juga berbagiii hihihihihi *pembelaan* *soalnya blog juga isinya lagi lomba mulu* xD

    Reply
  • Yulia Rahmawati August 21, 2015 at 7:02 am

    Mantap Mbak ulasannya, saya seringnya mepet terus 🙁

    Reply
  • santob August 21, 2015 at 8:59 am

    Ih samiii bingittss saya juga suka mepet deadline untk lomba blog, dan update blog cuma buat ikut lomba aja
    *toss ahh*

    Reply
  • cputriarty August 21, 2015 at 1:43 pm

    terkadang dalam hati udah niat banget sih mbaak..ampe dibookmark segala. Eit pada akhirnya (kebiasaan) kebablasan DL:)

    Reply
  • Evi August 23, 2015 at 11:36 pm

    Setuju sangat bahwa lomba blog adalah media promosi, Mbak Andy. Dan patut pula diingat “dengan biaya murah”… Saya pribadi menganggap lomba blog bermanfaat buat blogger. Selain hadiahnya, blogger akan mengerakan semua kemampuan terbaiknya dalam menulis. Kan semua pengen menang 🙂

    Reply
  • Mugniar August 24, 2015 at 2:45 am

    Untung ada ayahnya Sedja yang mengingatkan ya … 🙂

    Reply
  • Lusi August 24, 2015 at 12:16 pm

    Hmmm hadiah lombanya travelling semua ini nggak bisa ikut, ngurusi anak2. Heheheee…. Biasanya kalau syaratnya terlalu banyak kata kunci saya nggak ikut, takut malah jadi bumerang bikin mbah google senewen.

    Reply
  • Rora August 24, 2015 at 11:19 pm

    Setuju sekali dengan ulasannya… Lomba blog bikin blog kita jadi diupdate #curcol wkwkwkwk… Baru pertama ikutan lomba sih yang Sunpride kemarin… Ternyata gitu ya rasanya ikutan lomba hohoho….Thanks for sharing mbak…

    Reply
  • indah primadona August 25, 2015 at 10:41 am

    masih jarang ikut lomba aku, belom PD hehehe, tapi emang bisa jadi bahan postingan sih ya

    Reply
  • Yulia August 25, 2015 at 7:22 pm

    Dan saya pun pernah ngikuti lomba yang entah siapa pemenangnya sampai saat ini ga ketahuan.. hiks

    Reply
  • Lisa Gopar August 26, 2015 at 7:09 am

    Aq termasuk yg jarang banget ikut lomba mbak. Selama bertahun ngeblog cuma 2 kali, sekali kalah sekali menang. Ikut GA jg baru 2 kali hihi. Karena kegiatan offline menyita waktu bangetts.. tapi seruu lihat yg pd ikut lomba, apalagi yg langganan menang kadang mupeng juga haha..

    Reply
  • gustyanita pratiwi August 26, 2015 at 7:31 am

    Ikutan eforianya jg aku mb heheee
    Itung2 tebar jaring sapa tau salah satu menang, yg plg susah klo dinilai berdasarkan seo

    Reply
  • Nathalia DP August 26, 2015 at 9:36 am

    bulan ini saya lg ga mood ikut lomba euy…

    Reply
  • Orin August 27, 2015 at 10:46 am

    Ikut lomba blog itu kalau saya memang masih tergantung mood, makanya belum pernah menang hahahaha *curcol banget*

    Reply
  • Haya August 28, 2015 at 7:57 am

    Lomba blog ya.. saya jarang ikut tapi salut aja sama yang pada semangat ikutan lomba, menang atau tidak pasti ada usaha dibaliknya ya mbak ^^d

    Reply
  • gunawan August 28, 2015 at 9:44 am

    Saya juga ada rencana bikin giveaway..
    Namun masih belum kesampaian hingga sekarang..

    Reply
  • anak presiden jokowi August 28, 2015 at 9:48 am

    Saya dari dulu ikutan lomba gak pernah menang, jadi putus asa ni..

    Tapi dicoba ajalah masih ada sampe tgl 31..
    Mana tw bisa menang..

    Reply
  • Jarwadi MJ August 29, 2015 at 10:07 am

    saya kadang2 ikut lomba blog, tapi saya selektif dengan topik yang saya kuasa saja, dan alhamdulillah menang juga pernah.

    lomba blog yang tidak akan pernah saya ikuti adalah lomba blog seo 🙂

    Reply
  • prih August 29, 2015 at 1:40 pm

    Aneka lomba blog yang menggerakkan roda jagad perblogan ya Jeng, suka menikmatinya meski bukan mengikutinya.
    salam

    Reply
  • evisrirezeki August 31, 2015 at 7:30 am

    Saya jarang ikut lomba blog. Paling satu tahun maksimal 3 kali hehe

    Reply
  • evisrirezeki August 31, 2015 at 7:33 am

    Saya ikut lomba paling setahun 3 kali hehe

    Reply
  • Keke Naima September 2, 2015 at 3:47 pm

    kalau menurut sy, banyak-sediti persyaratan itu terserah yang bikin lomba. Kalau gak sreg biasanya saya gak ikutan. Saya cukup selektif iktan lomba. Gak semua diikutin. Apalagi sekarang udah jarang banget bikin lomba 😀

    Reply
  • N. Firmansyah (@nfirmansyah_) September 2, 2015 at 6:32 pm

    Kayak kenal tuh sama penyelenggara lomba yang wajibkan 10 kata kunci dalam satu postingan. Hahahaha. Kemarin mau ikut, pas baca syaratnya, langsung tak tinggal. Penyelenggaranya nggak ngerti dunia blogging.

    Reply
  • echaimutenan September 4, 2015 at 2:37 pm

    Hehehe gpp macem2 isi blognya dibikin enak aja yg penting 😀

    Reply
  • gisa astania September 5, 2015 at 11:04 am

    setuju, lomba blog kebanyakan emang suruh follow sama like fanspage, mungkin biar yang si penyelenggara lebih dikenal orang hehe

    Reply
  • Titik Asa September 7, 2015 at 5:09 pm

    Terus terang saya jarang sekali ikut lomba blog. Hanya ikut yang benar-benar pas, dan tulisannya gak seperti karangan bebas atau semacam fiksi, mungkin karena posting saya yang bergaya reportase begitu Mbak.

    Yang jadi catatan saya, saya penyuka jazz. Suatu waktu ada festival jazz di Pemalang dalam rangka HUT Pemalang. Saya hadir di festival jazz itu. Ketika saya menulis reportasenya, rupanya ada blog competition yang diadakan oleh Kabar Pemalang yang dilombakan apa saja subyek yang menarik yg berhubungan dgn perayaan HUT Pemalang tersebut. Saya sertakan posting saya ke lomba itu. Alhamdulillah jadi pemenang.
    Kurang lebih begitu pengalaman saya.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    Reply
  • Lomba Blog: Ring Pertandingannya Para Blogger – Blognya Andy HardiyantiBlognya Andy Hardiyanti October 4, 2015 at 5:01 am

    […] menciptakan artikel-artikel berkualitas dan bermanfaat, maka seperti janji saya pada postingan serba-serbi pelaksanaan lomba blog sebelumnya, saya akan share info lomba blog yang saya […]

    Reply

Leave a Comment