Dapoer Sasak, Perpaduan Lesehan dan Kafe di Area Persawahan

dapoer-sasak

Lobby di Dapoer Sasak

Dapoer Sasak, Perpaduan Lesehan dan Kafe di Area Persawahan. Sudah setahun belakangan ini saya dan keluarga rasanya gak pernah kulineran yang jauh-jauh lagi. Bukan jauhnya sih sebenarnya, tapi ya kangen dengan suasana sawah dan sejenisnya. Makan bareng di luar sambil menghirup udara segar dan menikmati hijaunya pemandangan. Urusan kerjaan mungkin salah satu penyebabnya. Hal yang satu ini bikin kita gak bisa bergeser dikit dari kota Mataram. Mau tidak mau, acara makan-makan pun berakhir disitu-situ aja. Dengan view AC, kaca, atau tembok penuh gambar biar pengunjung pada minat berfoto di sana.

Sampai suatu waktu, saya melihat pemandangan baru di salah satu sisi Jalan Udayana. Saya lupa tepatnya kapan, tapi kala itu sudah berdiri sejumlah saung di sana. Tepatnya di area persawahannya. Jalan Udayana ini terletak di tengah kota dan bisa dibilang salah satu jalan favorit saya. Di tengah hiruk pikuknya kota, susahnya menemukan tempat berteduh dan polusi kendaraan yang tak bisa dihindarkan. Ada penenang bernama jalan Udayana. Suasana di sepanjang jalanan ini sejuk dan kalian masih bisa menikmati udara segar di sana. Entahlah, mungkin karena rimbunnya pepohonan di kiri dan kanan jalan, pun adanya area persawahan.

Baca Juga: Ada Apa di sepanjang Jalan Udayana Mataram?

Kembali lagi ke sejumlah saung yang saya lihat berdiri di Udayana. Hampir setiap hari, saat melintasi jalan ini saya mencoba menerka kapan tempat tersebut akan dibuka. Sudah terbayang bagaimana nikmatnya menyantap makan siang dengan view hijaunya persawahan. Belum lagi latar bukit-bukit yang berbaris di kejauhan. Solusi banget nih, buat kalian yang tinggal di tengah kota dan kangen suasana desa. Yekannn?

Dapoer Sasak, Perpaduan Lesehan dan Kafe di Area Persawahan

dapoer-sasak

Saung di tengah sawah

Suatu sore pas lagi nge-scroll timeline, saya lihat postingan teman dan keluarganya dong. Lagi pada makan bersama di destinasi wisata kuliner yang saya tunggu-tunggu ini. Baiklah, saya langsung bertekad untuk cuss ke sana keesokan harinya. Katanya Afgan, jodoh pasti bertemu. Baru aja berniat makan di sana, Alhamdulillah malah dapat undangan test food. Dudududu..kusenang~ Oh ya, rupanya emang belum buka secara resmi waktu itu. Jadi bahkan teman dan keluarganya pun adalah para undangan. Hihihi. #SokTahuDetected. Wait, wait..daritadi nyerocos malah belum kasih tahu nama tempatnya, catat yaa namanya: Dapoer Sasak.

Siang itu saya udah janjian ke sini bareng sejumlah teman, pastinya sama Suami dan Si Sulung dong. Lokasinya asli, tengah kota banget! Yaitu di Jalan Udayana, di samping Monumen Bumi Gora. Begitu masuk kalian bakal langsung disambut dengan penataan restoran yang oke punya. Benar-benar terkonsep dengan baik. Bangunan pertama yang kalian lihat adalah sebuah kafe dengan desain gak lebay, tapi tetap kekinian. Gak jauh dari sana ada sebuah lobby, tempat makan yang kalau menurut saya pas banget buat yang mau meeting. Selain itu, berdiri sejumlah saung/lesehan yang dikelilingi oleh hijaunya area persawahan. Kebayang tuh semilir anginnya malah bikin kalian pengen bobo siang begitu kelar makan. Wkwwkkwkwk..

Makan Enak, Tempat Nyaman, Pemandangan Super Cantik!

dapoer-sasak

Ayam Goreng Lengkuas, recommended!

Karena tempat lain sudah terisi oleh pengunjung lain, maka saya duduk di area lobby. Bener deh, ini superbb banget! Setiap detailnya diperhatikan banget. Tidak lama setelah duduk, waitress pun menawarkan sejumlah menu untuk dipesan. Saya memilih beberapa menu, yakni: Ayam Goreng Lengkuas, Sayur Bening, dan Bebalung. Untuk minumannya, saya pesan Es Kelapa Muda Gula Aren dan Caffe Latte. Singkat aja ya, semuanya enak! Untuk pembahasan tentang makanan dan minumannya ini kayaknya bakal saya bahas di postingan terpisah deh. Karena setelah itu saya dan teman-teman masih mencoba aneka menu lainnya.

dapoer-sasak

Gelato dengan Berbagai Pilihan Rasa

Oh ya, si waitress juga menawarkan gelato dengan sejumlah pilihan rasa sebagai dessert-nya. Saya coba rasa cookies, strawberry dan yoghurt. Yoih, langsung 3 cup! Eh tapi itu makannya bareng Si Sulung -_- Rasanya? Enaklahhh…habis gitu kok.

Saya pribadi suka banget sama tempat ini. Kebetulan nih, suami tuh sukanya makanan tradisional. Terus saya, doyannya ngopi ala ala kafe gitu. Walaupun habis ngopi, pastinya laper lagi. Yakannn, kapan lagi Caffe Latte dan Ayam Goreng Lengkuas dengan rasa yang TOTAL berada di satu meja πŸ™‚

dapoer-sasak

Kafe dengan Konsep yang Unik!

dapoer-sasak

Interior Lobby, Cantik!

Coba ya bayangin, kalian ada janjian ketemu klien. Butuh wifi kencang dan duduk serius di ruangan ber-AC. Eh habis itu pada laper dan mau makan siang. Pas banget kan di Dapoer Sasak. Kelar kerja, tinggal keluar dan jalan dikit ke saung-saung di sekitarnya. Duh ini yang punya ide bikin tempat macam gini siapa sih? Dari dulu kek…biar kalau mau makan di tempat yang adem gini kitanya gak perlu jauh-jauh keluar kota Mataram. Hihihihi.

Fasilitas di Dapoer Sasak, Ada Apa Saja?

dapoer-sasak

Area Live Music

Oke, lanjut! Jadi ada fasilitas apa saja Dapoer Sasak ini? Dari yang saya lihat aja nih yaa.. Di sana tuh ada area untuk live music, akses free WiFi, mushala, toilet, dan kayaknya bakal ada arena outbound. Yang terakhir ini tebakan saya doank. Soalnya pas lagi di sana saya lihat ada pemasangan tali-tali tambang yang dirangkai di sekitar pohon gitu, terus ada tangga-tangganya juga. #SemogaBenar #BiarGakDibilangSokTahu

Percayalah, postingan ini masih belum versi lengkapnya. Saya sendiri bingung mau cerita mulai dari mana. Tempatnya terlalu keren wkwkwk. Jadi gimana, cihuy banget kan ini Dapoer Sasak? Destinasi wisata kuliner tengah kota rasa desa. #Eaaaa.. Yuk, cuss ajak keluarga dan sahabat kalian buat makan bareng di sini. Rasakan sendiri gimana kenyamanannya πŸ˜‰

Dapoer Sasak
Jln. Udayana, Samping Monumen Bumi Gora
Mataram, NTB.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

29 Comments

  • deehati May 15, 2018 at 2:10 pm

    Huuuuu yang test food ga ngajakin…
    Ngiler banget liat menu-menunya..

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 4:54 pm

      Saya test dulu foodnya, biar besok-besok bisa rekomendasiin ke Dee mana yang enak. Wkwkwkwk

      Reply
  • BunSal May 16, 2018 at 12:30 am

    Wah, paket komplit banget ni ya.
    Dari menu makanan, juga play ground yang bikin anak-anak betah nunggu makanan datang atau malah nyambung main lagi setelah kenyang.

    Spot baru asyik buat keluarga nesar nih.

    Salam Rabu pagi dari Meninting ^^

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 4:54 pm

      Yuhuuuu…bener banget.
      Pas dah dengan momen buka bareng di bulan Ramadan ini πŸ™‚
      Buat meeting atau arisan juga sip.

      Reply
  • Uzlifatul Azmiyati May 16, 2018 at 4:15 am

    Wow. ..Wow… Wow… Referensi baru lagi
    Tempatnya asique sekali πŸ’•

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 4:53 pm

      Yuhuuuu…buruan cuss ke sini, Azmi.
      Buat berburu postingan kece di IG. WKWKWKWK..PENTING BANGET.

      Reply
  • bedelhoki May 16, 2018 at 4:16 am

    fiuuhh…. untung hari ini Ane ngeliatnya, coba kalo besok pas masuk puasa, bisa berabe nih.

    catet ah, besok abis puasa dicobak, nyam nyam…. πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 4:52 pm

      Nah, kalau mau coba ke sana jangan lupa panggil kita-kita yang di Mataram ya. Kebetulan belum ada traktirannya yang Harkonas kemarin wkwkwkwk.
      #panggilDeeDKK

      Reply
  • berbagifun May 16, 2018 at 7:40 am

    akhirnya udah mau buka aja nih
    udah lama liat tuh bangunan, gak buka buka
    heuheuheu

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 4:50 pm

      Buruan ke sana, Wan! Bikin vlognya Kenza bwahahahha..
      Lesehannya adem, kafenya kece tuh. Saya tunggu postingan blog versi berbagifun yaa~

      Reply
  • Rach Alida Bahaweres May 16, 2018 at 1:09 pm

    Pemandangan alam dan tempatnya bagus banget. Bisa puas makan dan disajikan pemandangan yang indah πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 2:08 pm

      Kelar makan, rasanya pengen langsung bobo siang ini mah. Semilir anginnya itu lho mbak. Hehehehe

      Reply
  • indah Nuria May 16, 2018 at 4:13 pm

    di tengah persawahan! Aaah keren bangen nihil mba.pasti banyak yang suka makan di sini

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 2:02 pm

      Saya tebak sih bakal banyak! Belum tahu banyak apa enggaknya. Baru siap-siap dibuka nih mbak.

      Reply
  • arman May 16, 2018 at 9:04 pm

    bagus ya tempatnya … view nya seger banget ngeliatin sawah2…

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 2:02 pm

      Iya Man. Besok besok kalau liburan ke Lombok, main ke sini ya! Hahahah.
      Asyiknya lagi ini di tengah kota banget. Senenglahhh gak perlu jauh-jauh perginya dari rumah.

      Reply
  • Nchie Hanie May 17, 2018 at 6:01 am

    Ahh, aku suka tempat beginian, ada sawaah..
    Hayu ajak akuu ke sana Andyyy..

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 2:00 pm

      Hayuk atuh teh..Cuss ke Lombok. Bawa Kk Olive.
      Biar kita kopdarannya gak di setarbak aja wkwkwkk.

      Reply
  • Rita May 17, 2018 at 6:04 am

    Suka banget sama bentuk lobynya… serasa sedang berada di bawah tenda yaπŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 1:59 pm

      Iya mbak. Unik banget. Kalau saya sih salut banget dengan desainnya yang terkonsep dengan baik. Jarang banget restoran di Lombok yang kayak gitu. Yang penting instagramable ya udah.

      Reply
  • Citra May 17, 2018 at 6:08 am

    Waktu ke lombok gak mampir kesini. Jadi pengen balik lombok deh… Seru ya dapurnya

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 1:58 pm

      Ke Lomboknya kapan mbak? Ini baru buka euy. Yuk ke Lombok lagi, terus kita kopdaran di sini. Hehehehe

      Reply
  • lianny hendrawati May 17, 2018 at 2:33 pm

    Wow keren nih tempatnyaa. Cocok buat keluargaa. Makanan enak ada gelatonya jugaaa

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2018 at 5:49 pm

      Bener banget mbak. Apalagi rasa gelatonya juarakkk nih! Sebelum nunggu pesanan ayam lengkuas datang, bisa sambil menikmati dessert gelatonya.

      Reply
  • Sri Widiyastuti May 19, 2018 at 1:59 am

    makan di sini kayaknya bakal lupa pulang nih heuheu asyik banget kayaknya ya, makan lihat pemandangan duhh mupeng

    Reply
  • cerite si mpo May 19, 2018 at 3:34 am

    Suka banget dengan foto pertama, rumahnya , eh salah restoran.
    terasa di rumah bentuknya

    Reply
  • Mugniar May 19, 2018 at 4:39 am

    Pengen dong diajak ke sini. Keren view-nya πŸ™‚

    Reply
  • anggreani May 21, 2018 at 9:21 am

    yampunnn billiard mininya cute bangettt

    Reply
  • Beautyasti1 May 25, 2018 at 9:14 pm

    Tempat nya sunda sekali ya mba ada saung nya, besar banget lagi, ademmmm… makanannya juga agak sunda ya mba padahal di mataram, jauuhhh hehehe

    Reply

Leave a Comment