Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan: Si Legendaris dan Ngehits!

nasi kuning warung pojok ampenan

Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan: Si Legendaris dan Ngehits! Pagi menjelang siang di hari terakhir tahun 2017, berawal dari melihat instastory seorang teman kami akhirnya tiba di sini. Warung Pojok Ampenan namanya. Ini adalah kali kedua saya (pastinya dengan suami dan si sulung) datang kemari, warung dengan menu nasi kuningnya yang legendaris. Kedatangan pertama saya yaitu pada beberapa bulan yang lalu, saat hamil trimester pertama. Sayangnya karena bawaan mual, maka saya benar-benar tidak menikmati seporsi nasi kuning komplit yang sudah dipesan. Ya kan tidak mungkin saya ceritakan di blog, kalau saat itu bahkan saya sendiri tidak mampu menghabiskannya. Akhirnya seperti yang saya bilang, setelah melihat instastory si teman yang kebetulan lagi sarapan di Warung Pojok Ampenan, maka ngilerlah saya untuk turut sarapan dengan menu tersebut. Sekaligus memastikan apakah memang si legendaris dan ngehits ini memang benar-benar enak dan layak diceritakan.

Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan: Si Legendaris dan Ngehits!

nasi kuning warung pojok ampenan

Berawal dari Kampung Melayu Ampenan

Usaha nasi kuning ini pertama kali dirintis oleh ibunda dari Dino (seorang pria tempat saya bertanya kala itu). Berdiri sejak tahun 1980-an, tepatnya di daerah Kampung Melayu Ampenan. Dulu usahanya tidak dikenal dengan nama warung pojok, orang-orang tahunya ya menjual nasi kuning dengan rasa yang enak. Maka ramailah mereka berdatangan menikmati menu nasi kuning setiap harinya. Baru kemudian di tahun 2000, usaha tersebut berpindah ke tempat yang sekarang, yaitu di Jalan Pabean No.154 Ampenan, Mataram. Tepatnya di kawasan Kota Tua Ampenan, tidak jauh dari Pantai Ampenan. Lumayan jauh yaa dari pusat kota Mataram, tapi tenang saja…soalnya menu nasi kuning di sini sudah bisa dipesan melalui ojek/kurir online lho!

Baca Juga: 5 Jasa Ojek dan Kurir Online yang Paling Populer di Lombok

Warungnya sederhana, lebih mirip sebuah rumah yang difungsikan sebagai rumah makan. Pengunjung bisa memilih beberapa tempat yang tersedia, yaitu di teras, ruang tamu, maupun di bagian dalam (yang terlihat seperti ruang tengah sebuah rumah). Selain nasi kuning, Warung Pojok Ampenan juga menerima pesanan nasi tumpeng. Pilihannya banyak, tinggal kalian sesuaikan dengan dana yang tersedia. Oh iya, untuk jam operasional, Warung Pojok Ampenan buka mulai pukul 06.30 dan tutup pada pukul 17.00. Dicatat ya!

Si Legendaris dan Ngehits, serta Tidak Buka Cabang di Tempat Lain!

Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan ini dikenal sebagai nasi kuning yang legendaris dan ngehits. Entah sudah berapa orang yang merekomendasikannya kepada saya, saat saya bingung mencari nasi kuning yang enak di Mataram. Sayangnya, ketenaran si nasi kuning mulai diusik oleh pesaingnya. Dimana sejumlah tempat mengaku sebagai cabang darinya. Pelanggan yang sudah benar-benar tahu rasanya pun sempat bingung karena perbedaan rasa nasi kuning dari tempat yang asli (Warung Pojok Ampenan) dengan yang mengaku sebagai cabangnya. Oleh karena itu, di dalam warungnya sudah dipasang semacam kertas info yang menyebutkan bahwa Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan tidak membuka cabang di tempat lain!

Seporsi Nasi Kuning Lengkap dengan Rasa yang Lezat

nasi kuning warung pojok ampenan

Harga Seporsi Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan

Kemarin, 31 Desember 2017, akhirnya saya benar-benar menikmati kuliner nasi kuning legendaris tersebut. Kalau awalnya saya nikmati sambil menahan rasa mual, maka kemarin saya benar-benar lahap menyantapnya sampai habis! Dan saya akui, ini nasi kuning terenak yang pernah saya makan di Mataram. Dan memang sejumlah orang yang saya kenal pun beranggapan demikian.

Jadi, berapa biaya yang harus disiapkan untuk menikmati seporsi nasi kuningnya? Yupss, saya bisikin nih yaa.. harganya hanya 20K! Eh kok “hanya”? Ya jangan dibandingkan dengan warung nasi pada umumnya dong -_-“. Menurut saya, harga tadi sebandinglah dengan apa yang tersaji dalam seporsi nasi kuning ini. Isinya tuh ada telur dadar, perkedel kentang, abon, serundeng, ayam suwir, sambal goreng tempe, dan beberapa lauk pilihan lainnya. Nanti tinggal cap cip cup tunjuk aja sama mbaknya.

nasi kuning warung pojok ampenan

Doyan Pedas atau Tidak?

Bagi pencinta pedas maupun yang anti pedas, tenang saja. Semua tersedia di sini. Pas banget dah, si sulung paling anti sama yang namanya pedas. Saat memesan, mbak/masnya bakal bertanya kita mau pesan nasi kuning yang pedas atau tidak. Kalau pedas, makan penampakannya adalah seperti foto di piring pertama, sedangkan yang tidak yaitu seperti foto kedua. Isinya sama, yang membedakan adalah pedas atau tidaknya saja (ya iyalah… kan sudah disebutkan tadi wkwkwkwk). Eh tapi kalau tidak pedas, ayamnya terlihat lebih banyak nih. Hihihi. Bagaimana soal harga? Lagi lagi jangan khawatir. Karena apapun pilihan kalian (pedas atau tidak), harganya tetap 20K per porsi. Adapun untuk minumannya, terdapat beberapa pilihan yaitu: air mineral, teh dan jeruk. Bisa dipesan hangat maupun dingin.

Saran saya sih, nasi kuning ini paling pas dinikmati di pagi hari. Cuma ya kabarnya di pagi hari pula warung tersebut sedang ramai-ramainya, jadi siap-siap mengantri ya! Teman-teman, ada yang suka makan nasi kuning juga?

Nasi Kuning Warung Pojok Ampenan
Jln. Pabean No.154 Ampenan, Mataram
Telp. 0878 6479 6615

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

32 Comments

  • deehati January 1, 2018 at 4:40 pm

    Jejak pertama pakai deehati nih~
    Besok-besok traktir gue dimari~

    Reply
  • tesyasblog January 1, 2018 at 10:15 pm

    Aku pas nginep di Sweet Peach House makan paginya nasi kuning enak banget! Enggak tau belinya dimana, tapi penampakannya kayanya sih sama. Duh I miss Lombok already:D

    Reply
  • berbagifun January 1, 2018 at 10:57 pm

    Heuheuheu, ini tempat makan jaman pacaran sampai dah punya anak umur 3 tahun…

    Reply
  • Faridilla Ainun January 2, 2018 at 2:05 am

    Duh, aku mendadak laper dan jadi pengen nasi kuning >.<

    Reply
  • mpo ratne January 2, 2018 at 6:25 am

    Agak mahal ye buat sarapan. Maklumin mpo biasa makan buat sarapan cuma lima ribu nasi uduk pakai bala bala. Lauk komplit harga bikin naik dikit.

    Reply
  • miss dapur January 2, 2018 at 6:28 am

    Cocok nih buat hidangan selamatan. Pas harga 20 ribu taruh nya di kotak nasi box. Btw tanya makan pakai kerupuk gak

    Reply
  • Dzulfikar January 2, 2018 at 6:44 am

    Wah ini bisa jadi rekomendasi wiskul selanjutnya klo lagi main ke Sumbawa

    Reply
  • Khoirur Rohmah January 2, 2018 at 7:32 am

    Warung Pojok Ampenan, berarti letak tempat warung ini di pojok dari persimpangan jalan begitukah mbak? Hhee
    Karena dinamakan Warung Pojok Ampenan hhee

    20K, setara lah ya mbak sama makanan yang disajikan, nasi kuning, enakk 😍👼🙌

    TFS ya mbakk

    Reply
  • Rach Alida Bahaweres January 2, 2018 at 9:01 am

    Halo mbaaa.
    Aku juga suka nih nasi kuning. Tapi belum pernah mencoba nasi kuning pojok ampenan. Kalau dilihat dari foto sih udah tahu sih makanan ini emang enaak

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti January 2, 2018 at 10:39 am

    sedap enaknya, pengen makan nasi kuning jadinya.
    dapetnya banyak harganya murce ya

    Reply
  • Atiqo January 2, 2018 at 10:44 am

    Ada harga. Ada rasa yaa mbaa. Harga adalah bentuk apresiasi kita atas sajian yg mengenyangkan.

    Reply
  • Helena January 2, 2018 at 12:28 pm

    20ribu standar dengan ayam dan lauk lainnya. Ah jadi penasaran nih. Aku catet kalau liburan ke Lombok.

    Reply
  • dunialingga January 2, 2018 at 12:46 pm

    itu 20ribuan aja mba? dengan lauk seabreek gitu…waaaw amaziiing ngeceesss…dan yang paling penting aku lihat tempatnya bersihh..ini jadi keunggulan sendiri

    Reply
  • Annisa January 2, 2018 at 1:07 pm

    Aduh cuman bisa ngiler dari jauh aja nih mbak hehehe. Semoga ada rezeki dan kesempatan traveling dan main ke Mataram ya, dicatet ah.

    Reply
  • Munasyaroh Fadhilah January 2, 2018 at 1:22 pm

    Tambah kerupuk atau peyek pasti lebih nikmat dan lengkap

    Reply
  • Munasyaroh January 2, 2018 at 1:23 pm

    Tambah kerupuk atau peyek pasti lebih nikmat dan lengkap. Hmmmm pengen nyoba

    Reply
  • Okti January 2, 2018 at 2:59 pm

    Nasi kuning enaknya mending beli aja kali ya?
    Pernah pas ulang tahun anak coba2 buat nasi kuning eh malah gagal.
    Sarapan nasi kuning itu sesuatu banget pokoknya… Endess!

    Reply
  • Nova DW January 2, 2018 at 3:50 pm

    Pernah sih bikin nasi kuning sendiri, tapi rasanya lenih mantap kalo beli deh hehe. Moga suatu saat bisa nyivipin nasi kuning ampenan deh ^^

    Reply
  • monique firsty January 2, 2018 at 4:01 pm

    Wah menggoda sekali sayang jauh harus ke mataram, semoga ada kesempatan kesana lagi 😍

    Reply
  • Lina W. Sasmita January 2, 2018 at 4:02 pm

    Limbok tuh kayak banget sama kulinernya kalau memang mau diulik dan dikembangkan. Pernah makan di pinggiran Mataram, duh masakannya enak² banget.

    Reply
  • lendyagasshi January 2, 2018 at 9:45 pm

    Pingin banget main ke Lombok, Mataram. Kebetulan ada adik Babe yang domisili di sana.
    Dulu….sudah pernah main ke Lombok.
    Dan rasanya pernah dibelikan nasi kuning legendaris ini.

    Tapi untuk rasanya, aku lupa-lupa ingat.
    Hiikk~~
    ((maklum yaa…pas ke sana aku masih SD))

    Reply
  • rizka edmanda January 3, 2018 at 1:29 am

    pagi pagi baca artikel ini jadi laper.. haha

    Reply
  • Nita Lana Faera January 3, 2018 at 2:51 am

    Di Lombok ada Kampung Melayu juga ya, haha… 20 ribu iya wajar lah karena pakai ayam goreng juga kan. Nutupnya cepet ya cuma sampai jam 5.

    Reply
  • Niee January 3, 2018 at 4:59 am

    Ah, kelihatannya enak tuh mbak. di Pontianak juga ada satu langganan aku untuk nasi kuning ini. Harganya juga 18k seh. Jadi emang standarnya segitu kali yak buat nasi kuning yang lengkap 😀

    Reply
  • Khairiah January 3, 2018 at 10:25 am

    Aduh laper ingin nasi kuning mana nggak buka cbng lagi

    Reply
  • Eni Martini January 3, 2018 at 4:54 pm

    Aku sukaaaa banget nasi kuning, kadang suka bikin sendiri

    Reply
  • Icha faizah January 3, 2018 at 5:17 pm

    YaAllah, menggoda amat tuh nasi kuning.

    Sarapan nasi kuning yg masih anget, enak banget kayanya.

    Reply
  • naqiyyah syam January 4, 2018 at 2:00 am

    Mau banget nyobain nasi kuning di sini ya. aku anak kedua yang suka banget dengan nasi kuning ini

    Reply
  • Apura January 4, 2018 at 7:12 am

    Nasi kuning pake sambel enakkk… Laper saya mana belum makan siang 😄

    Reply
  • Ria Kurniasih January 7, 2018 at 5:11 am

    huahhh jadi kepengen makan nasi kuning, sarapan nasi kuning + sambel lengkapnya enakkkkk

    Reply
  • Juli January 13, 2018 at 11:26 pm

    Laper mbak, pagi2 baca ini, hwehehe.

    Reply
  • Ranselusang January 16, 2018 at 7:06 pm

    Duh nasi kuning ampenan kurindu!!!!! Beberapa bulan ga singgah di lombok jadi rindu dan pengen lngsung melipir ke ampenan.

    Satu kata untuk masi kuning ini, top!!!

    Reply

Leave a Comment