Hemat Selama Bulan Ramadhan? Bisa. Ini Dia Tipsnya!

hemat selama bulan ramadhan

Hemat Selama Bulan Ramadhan? Bisa. Ini Dia Tipsnya! Selama ini banyak yang bilang kalau bulan ramadhan itu adalah bulan dimana akan ada banyak sekali pengeluaran. Kalau pengeluaran untuk beramal sih bagus kali ya, malah jadinya tidak terhitung sebagai pengeluaran tuh. Namanya juga beramal. Nah, sayangnya selama ini pengeluaran kita tersebut identik dengan yang namanya belanja. Belanja alias shopping. Entah itu karena seharian berpuasa terus bayangannya pengen berbuka dengan yang enak-enak, jatuhnya jadi tidak terkontrol untuk berbelanja makanan. Atau mungkin karena ngabuburit di mall, lihat pakaian bagus dikit, langsung gak tahan untuk diangkut. Hahahaha. Aih, namanya juga manusia, ada aja jalannya untuk tergoda. Jadi, hemat selama bulan ramadhan? Emang bisa. Bisa dong. Berikut ini saya sajikan tipsnya.

Tips Berhemat Selama Bulan Ramadhan

Belanja Bahan Makanan sesuai Kebutuhan

Seperti yang saya tuliskan di awal tadi, kebiasaan kita nih kalau lagi puasa selalu kebayang pengen makan apa saat berbuka nanti. Hal tersebut bikin kita jadi kebablasan tuh saat berbelanja bahan makanan. Semuanya pengen dibeli. Semuanya pengen dimasak. Mending kalau nanti bisa habis dimakan, kalau tidak kan sayang. Jatuhnya mubazzir. Jadi alangkah baiknya kalau kita berbelanja bahan makanan sesuai kebutuhan, lebih baik lagi kalau langsung direncanakan selama seminggu atau sebulan ke depan bakal masak apa saja. Sehingga kita sudah bisa menyiapkan stok bahan makanannya.

Buka Puasa Bersama sesuai Budget yang Ada

Kegiatan bukber atau buka puasa bersama emang hal yang gak bisa pisah dari bulan ramadhan. Kalau buka puasa bersama anak yatim atau yang sifatnya berbagi sih baik ya. Yang sekadar ngumpul bareng teman pun juga baik, hitung-hitung menjalin silaturrahim. Tapi nih, satu hal yang perlu diingat. Acara buka puasa bersamanya jangan terlalu berlebihan, pastikan sesuai budget kalian. Gak bisa dipungkiri kalau kegiatan bukber ini diam-diam jadi salah satu hal yang bikin kita boros banget di bulan ramadhan. Bayangin aja, bukber bareng teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, teman kerja dan lain-lain. Lalu kemudian semuanya diadakan di resto yang mahal. Kebayang gak betapa borosnya kita? πŸ˜€ Jadi, sesuaikan dengan budget ya gaes! Gak usah dipaksakan.

Baju Lebaran? Penting Gak Penting

Di penghujung bulan ramadhan, kita semua pasti bakal fokus sama yang namanya lebaran. Gak masalah sih, namanya juga puncak dari serangkaian kegiatan yang kita jalani selama sebulan penuh. Yang jadi masalah adalah kalau kita selalu mikirin pakaian baru setiap kali hari lebaran tiba. Ya kali tiap tahun harus baju baru melulu? Kalau pakaian di tahun sebelumnya masih layak dipakai atau kita masih punya stok pakaian yang sudah dibeli beberapa bulan sebelum lebaran dan pantas untuk dikenakan, ya udah, pakai itu aja udah cukup. Jadi baju lebaran yang kita kenakan gak mesti harus selalu baru yaa tiap tahunnya. Percaya deh, gak jajan baju lebaran juga adalah salah satu tips berhemat di bulan ramadhan. Tahu sendiri kan gimana lumayan mahalnya harga selembar pakaian gitu?

Manfaatkan Promo Diskon yang Ada

Berhemat bukan berarti gak belanja sama sekali. Iya gitu ada yang tahan gak belanja sekali aja dalam sebulan? Gak mungkin! Nah, kalau demikian berarti kita harus pintar memanfaatkan promo-promo diskon yang ada di berbagai pusat perbelanjaan. Gak usah gengsi lah kalau ada yang ngatain kita “emak-emak pemburu promo”. Tenang aja, kalian gak sendiri! Bwahahahha. Terus emang ada promo diskon apa aja? Banyak. Salah satunya nih, promo Pak Rahmat di Alfamart.

hemat selama bulan ramadhan

Pak Rahmat adalah Paket Ramadan Hemat, yaitu promo dari Alfamart dimana dengan berbelanja produk sponsor senilai minimal Rp75.000,- teman-teman bisa tebus murah salah satu produk hadiah hanya seharga Rp500,-. Wuihh! Asyik gak tuh? Bayangkan, Tropical Minyak Goreng Pouch 1 liter hari gini mana ada yang harganya cuma Rp500,-! Dengan promo Pak Rahmat di Alfamart, kalian bisa mendapatkannya dengan harga tersebut. Jangan khawatir, produk hadiah tebus murahnya ada banyak kok. Pilih deh salah satunya, mana yang paling kalian butuhkan.

Kerennya lagi, selain bisa tebus murah produk hadiah seharga Rp500,-, melalui promo Pak Rahmat ini kalian bisa langsung mengikuti racing poin dan berkesempatan mendapatkan beragam hadiah menarik seperti: mobil, motor, kamera mirrorless dan masih banyak. Cukup dengan cara mendaftarkan email dan submit kode unik yang ada di ekor struk. Oh iya, info lengkap mengenai Loyalti Program Racing Poin Pak Rahmat bisa dibaca di sini.

Hemat Selama Bulan Ramadhan? Apa sih Manfaatnya?

Fokus Beribadah

Dengan tidak bersikap boros, kita bisa lebih fokus untuk beribadah. Eit jangan salah, ada hubungannya lho. Jadi kalau kita keseringan shopping atau ngemall gitu, kan waktu kita jadi terbuang percuma. Padahal mestinya nih, di bulan yang penuh rahmat ini ada baiknya kalau kita memperbanyak ibadah. Agar usai ramadhan nanti, kita jadi terbiasa disiplin beribadah di bulan-bulan selanjutnya.

Lebih Banyak Berbagi

Dengan berhemat dan menekan pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu perlu, membuat kita bisa lebih banyak berbagi terhadap teman-teman yang tidak seberuntung kita. Jangan khawatir, sedekah itu gak pernah bikin kita miskin. Justru sedekah adalah jalan untuk membersihkan harta-harta kita. Sedekah di bulan ramadhan? Lebih keren lagi. Udah dijanjikan tuh pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT. Bukannya bikin miskin, sedekah malah bikin kita makin kaya.

Jadi, bisa gak nih pada berhemat selama bulan ramadhan? Bisa dong ya~

Eit..jadi hematnya selama bulan ramadhan aja? Sesudahnya gimana? Nah, sesudah bulan ramadhan nih kita bisa lho bersih-bersih sambil berhemat. Balik mudik, cucian baju kotor pasti pada numpuk kan? Penasaran gimana caranya bersih-bersih sambil berhemat?

Caranya yaitu dengan berburu promo #HomeCareAlfamart. Dimana ketentuan promo kali ini adalah dengan membeli produk Homecare senilai Rp 60.000 teman-teman bisa tebus murah produk-produk seperti minyak goreng Filma, Bimoli, Tropika; Tissiu Nice dan Susu Fisian Flag hanya seharga Rp500,- . Program ini berlangsung dari tanggal 1-15 Juli 2017. BTW, tebus murahnya tidak berlaku untuk kelipatannya ya. Jadi kalau ingin tebus murah beberapa barang,mending berkali-kali belanja aja.

Gimana? Asyik kan cara berhematnya? πŸ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

64 Comments

  • Ade Delina Putri June 12, 2017 at 2:40 am

    Emang bener kalo ada pepatah hemat pangkal kaya. Kalo kaya, kita jadi bisa berbagi. Plusnya lagi bisa fokus ibadah ya Mak

    Reply
  • Ucig June 12, 2017 at 2:44 am

    Bukber udah nggak ikutan thn ini. Paling bukber di komplek rumah 😁
    Baju lebaran thn ini jg nggak beli…hihii
    Promo Pak rahmat iniii aku udah cobain mbaa…nebus minyak goreng 500 perak.

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 3:06 am

      Sama mbak. Bukber ikutannya ya paling yang undangan. Tapi kalau BSS dan di resto mahal, duh..gak kuat saya πŸ˜€ Sesuaikan sama budget aja.
      Hahaha. Sama nih. Si minyak goreng emang jadi idola.

      Reply
  • kurnia amelia June 12, 2017 at 2:49 am

    Beberapa kali bisa tebus gope di Alfamart,,enaknya belanja di Alfamart gitu suka banyak promo yang menyenangkan hati para Mamak hehe.

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 3:14 am

      Iya mbak. Siapa coba yang gak mau minyak seharga 500. Hihihi. Ya ampun yang dibahas minyak lagi πŸ˜€

      Reply
  • Okti June 12, 2017 at 2:57 am

    Baju baru penting gak penting
    Sembako paling penting apalagi kalau ada anak. Bisa jajan sehat murah cuma bayar 500 hanya di alfamart ya…

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 3:15 am

      Sembako penting banget. Makanya meskipun syaratnya harus belanja produk sponsor, ya gak papa, lah produknya dibutuhkan semua kok.

      Reply
  • Nanie June 12, 2017 at 3:33 am

    Paling setuju soal bukber. Sore ini ada ajakan bukber di Ulu Juku dan BSS. Gimana yaa *lirik dompet sambil meringis

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 5:49 am

      Ndak usah sebut-sebut ulu juku deh. Tanggal 5 Juli pi sa ke Makassar -___-

      Reply
  • lianny hendrawati June 12, 2017 at 3:36 am

    Wuaaah murah amat nebus barang2 itu cuma 500 rupiah aja ya. Eh aku juga pernah nebus mie instan 2 biji cuma 100 rupiah *klo nggak salah inget πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 6:41 am

      Wohoo..murah banget itu mbak. Promo-promo sebelumnya kali ya? Emang nih si alfamart sering banget ngadain promo.

      Reply
  • kania June 12, 2017 at 4:44 am

    setujuuu mak, hemat aja lah biar fokus ibadahnya..

    Reply
    • andyhardiyanti June 12, 2017 at 6:42 am

      Gerakan Emak-Emak Pengen Hemat di Bulan Ramadan πŸ˜€

      Reply
  • antung apriana June 12, 2017 at 5:50 am

    setuju sama tips-tipsnya, mbak. kalau sudah jadi emak-emak promo memang menggiurkan yaa

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:04 pm

      Banget mbak. Belum jadi emak-emak aja udah gak bisa lihat yang namanya promo. Nanti kalau udah jadi emak-emak, rasa doyan promonya bakal meningkat. Hehehehe

      Reply
  • Diah indri June 12, 2017 at 5:51 am

    siaaap kudu hemaaat

    Reply
  • Rotun Df June 12, 2017 at 7:05 am

    Aku yang pualing berasa itu lebaran sama THR, Mba. Apalagi kalau pulang kampung. Maklum jauh, hehehe. Pak Rahmat ini membantu banget buat menekan biaya pas Ramadan. Tebus murahnya juga lumayaan banget buat nambahin kue di atas meja πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:06 pm

      Bener banget mbak. Bisa hemat jauh banget dengan tebus murahnya yang cuma 500 rupiah itu.

      Reply
  • April Hamsa June 12, 2017 at 12:19 pm

    Promo diskon tu bertebaran selama Ramadhan, emang kudu dimanfaatkan ya mbak hehe πŸ˜€

    Reply
  • Khairiah June 12, 2017 at 3:18 pm

    Keren paket hemat pak rahmad

    Reply
  • lendyagasshi June 12, 2017 at 4:26 pm

    Nama programnya unik yaa…Pak Rahmat.
    Kemarin pas belanja memang lihat promo ini…tapi gak paham. Aku lewatiin aja gitu…padahal barang yang masuk list diskonan itu keperluan Ibu Rumah Tangga bangeett~~

    Besok ke Alfamart lagi aahh~~

    Reply
  • indiRa June 12, 2017 at 5:09 pm

    Penting ga penting…oh no itulah masa-masa belanja galau

    Reply
  • Gilapromo June 12, 2017 at 7:11 pm

    mantab tipsnya.. request tips dong, tips cara menghilangkan galau saat ramadhan.. haha maklum jomblo..

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:08 pm

      Hadeuhhh.. banyak-banyak baca Al Qur’an mas πŸ˜›

      Reply
  • Rach Alida Bahaweres June 12, 2017 at 10:46 pm

    Jadi ibu rumah tangga memang harus pintar-pintar kelola anggaran ya. Terutama di bulan Ramadan ini. Soalnya, ada aja hal-hal yang tak terduga. Makasih sudah berbagi mba

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:10 pm

      Betul banget mbak. Harus siap biaya tak terduga. Jangan sampai uangnya habis banget.

      Reply
  • Helena June 12, 2017 at 11:11 pm

    Ramadhan bisa boros karena buka bersama di luar >,< mending belanja bahan di Alfamart trus masak sendiri di rumah kali yaa

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:12 pm

      Iya banget itu mbak. Makanya saya sudah mengurangi acara bukber kalau gak begitu penting atau gak sesuai budget. Hehehehe

      Reply
  • Tati Suherman June 12, 2017 at 11:38 pm

    Setiap menjelang ramadhan saya pun belanja seperti biasa begitu pula lebaran. Gak pernah memikirkan baju atau kue. Alfamart memang selalu banyak diskon dan promonya

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:13 pm

      Susahnya sebagian besar dari kita masih banyak yang gak berpikir demikian ya mbak. Jadi selalu saja saat ramadhan dan lebaran pengeluaran bakal membengkak.

      Reply
  • shona vitrilia June 13, 2017 at 12:03 pm

    jadi penasaran sama pak rahmat XD

    Reply
  • Eni Rahayu June 13, 2017 at 1:32 pm

    Bisa donk kan udah dapat tips dari mbak andy. Thx tipsnya mbak. Sangat bermanfaat sekaliii

    Reply
  • Ayaa June 14, 2017 at 1:18 am

    Promi ini bener2 bikin hemat budget belanja mbaak. Karena produk sponsor pun juga produk yg dipake shari2 😍. Bisa tebus murah lagi

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:16 pm

      Iya mbak. Senangnya gitu. Jadi gak sia-sia beli produk sponsor demi dapat tebus murah.

      Reply
  • winda trisuci June 14, 2017 at 1:54 am

    promo ini harusnya diperpanjang ya mak, biar kita lebih hemat lagi belanjanya hehehee masih banyak yang harus di beli nih πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:20 pm

      Bener banget mbak. Eh kemarin pas ke Alfamart saya dapat kabar kalau promonya diperpanjang lho. Buruan gih merapat…

      Reply
  • rodame June 14, 2017 at 2:08 am

    bener mba apalagi pas bulan ramadan banyak keperluan ya, perlu belanja hemat, syukurlah ada #PakRahmatDiAlfamart asiiiik ya

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:22 pm

      Perlu belanja dan di satu sisi tetap harus berhemat juga. Promo Pak Rahmat ini membantu banget.

      Reply
  • Noni Rosliyani June 14, 2017 at 2:31 am

    Manfaatkan promo! Tapi kadang promo bikin kalap juga sihh.. Harus pinter2 memanfaatkan promo jadinya. πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:23 pm

      Hahahah. Iya mbak. Kalau gak pinter-pinter malah kita jadinya yang dikerjain sama promo πŸ˜€

      Reply
  • Uwien Budi June 14, 2017 at 3:29 am

    Thanks to Alfamart. Belanja jadi lebih hemat di bulan Ramadhan ini

    Reply
  • Larasati Neisia June 14, 2017 at 10:25 am

    Alhamdulillah bisa cicil kebutuhan lebaran berkat Pak Rahmat πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:26 pm

      Iya mbak. Ayo dicicil mbak, kabar baiknya lagi..promonya diperpanjang tuh.

      Reply
  • Risalah Husna June 14, 2017 at 3:02 pm

    Hemat selama Ramadhan kayanya kok susah bangett yaa. Ada aja pengeluaran yang bikin tipis dompet. Kebanyakan di urusan makan sih. Apalagi klo sering buka puasa diluar, makin boros aja. Useful banget nih tipsnya, harapannya sih biar bisa ngatur keuangan lebih baik lagi.

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:28 pm

      Emang susah ya mbak. Adaaaaa aja makanan yang pengen dibeli, padahal kadang nggak dihabiskan juga. hiks

      Reply
  • Nathalia DP June 16, 2017 at 1:57 pm

    Promonya alfamart bisa jd ladang utk berbagi ya

    Reply
  • Ria Rochma June 17, 2017 at 2:07 am

    Memang benar, mengatur keuangan ketika Ramadhan itu bisa membuat khusyu beribadah.

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:29 pm

      Karena kalau dananya gak cukup, tapi pengennya banyak, malah itu aja yang dipikirin. Hihihi

      Reply
  • Grensy Santi Pribadi June 19, 2017 at 3:33 am

    Mau hemat belanja pas Ramadhan? Tinggal ke Alfamart aja nanti ketemu sama Pak Rahmat pasti bisa belanja hemat 😊

    Reply
    • andyhardiyanti June 20, 2017 at 4:37 pm

      Hahhahah..awas ketemu bener sama yang namanya Pak Rahmat πŸ˜€

      Reply
  • Nyonya Baiq June 27, 2017 at 8:46 am

    wah hemat banget ya mba, bisa kaya nih kalau bisa belanja hemat kayak gini

    Reply
  • Azzura lhi July 5, 2017 at 12:20 pm

    Sesungguhnya saya heran, kenapa pada beli baju dekat-dekat lebaran yak? (sambil nanya diri sendiri.. xD)
    Nah kalau promo Pak Rahmat ini oke, barang-barangnya emang keperluan sehari-hari. Tfs ya mba

    Reply
  • Ndy Pada July 10, 2017 at 2:15 am

    Harus pinter-pinter liat promo diskon, seperti pakrahmat ini. double-double untungnya. Ah, emak-emak memang menteri keuangan handal di rumah tangga masing-masing πŸ˜€

    Reply
  • Efi Fitriyyah July 15, 2017 at 1:16 am

    Bener banget nih kegiatan bukber lumayan nyedot budget. Apalagi kalau jadwalnya udah ngantri. Alhamdulillah, tahun ini pos bukber bisa aku rem. Cuma 5 acara yang aku hadiri. Walaupun dibayarin kalau ngongkos juga lumayan, secara aku ngandelin ojol demi menghindari kemacetan. πŸ™‚

    Reply
  • Ophi Ziadah July 16, 2017 at 2:12 pm

    Waah pak rahmat benar2 hebat eh hemat nih

    Reply
  • Alaika Abdullah July 16, 2017 at 2:34 pm

    Setuju dengan tipsnya, Mba Andy. Dan yang lebih oke lagi, promo kece alfamart itu, lho! Mau ajakin ibuku ke alfamart, ah! Pasti blio hepi, nih!

    Reply
  • retno July 17, 2017 at 5:34 am

    Iyees…setuju sama tips nya mba…semoga Pak Rahmat hadir lagi tahun depan ya…

    Reply

Leave a Comment