Kedai Datu, Tempat Makan Spesialis Menu Rumahan

Kedai Datu, Tempat Makan Spesialis Menu Rumahan. Ada yang baru di sudut Lapangan LANUD Rembiga Mataram, sebuah kedai sederhana dua tingkat berdiri di sana. Kedai Datu namanya. Meski belum sebulan dibuka, kedai tersebut mulai ramai oleh pengunjung. Adapun menu yang disajikan sebagian besar merupakan menu rumahan, serta aneka lauk khas daerah Sumbawa, seperti Sepat dan Singang. Beberapa menu spesial juga hadir pada hari-hari tertentu, menyesuaikan dengan ketersediaan bahan baku. Seperti yang saya rasakan kemarin, seporsi menu Ikan Selah Goreng. Itu menu spesial di tanggal tersebut. Enak!

Aneka Menu Rumahan, Murah Tapi Gak Murahan

Menu-menu yang disajikan di Kedai Datu umumnya adalah menu rumahan, seperti: ikan, ayam, udang, bebalung, sayur bening, tahu, tempe dan yang lainnya. Ya ampun rumah siapa itu yang lauknya sebegitu banyak #eh. Nggak ding! Maksudnya yaa lauk pauk yang umumnya disajikan di rumah, ya enggak sekalian semuanya juga kali 😀 Untuk menu ikannya sendiri nih, ada juga yang diolah menjadi masakan khas Sumbawa, seperti Sepat dan Singang.

Terus tanya dong, apa yang bikin saya pertama kali pengen makan di sana? Plis jangan komen karena diundang ya, walaupun ngarepnya gitu..BWAHAHAHAH. Jadi nih.. pertama, karena kebetulan saya gak bisa sempat masak. Kedua, karena itu ownernya Kedai Datu yang namanya di FB Abe Abdul Jabar Prabu suatu hari dengan semena-mena dia upload salah satu menu spesialnya yaitu Selah Goreng, komplit dengan sepiring kecil sambal disampingnya. Ngeselin banget kan? Akhirnya jadilah malam harinya kami sekeluarga cuss ke Kedai Datu. Langsung pesan menu Ikan Selah Goreng yang tadi heboh diupload di facebook, seporsi gitu harganya 10rb. Enak! Dan termasuk murah lho harga segitu kalau dibanding sama …. tiiitttt. Sama apa hayooo~

PS. Aslinya saya gak kenal lo itu ownernya. Dulu saya add aja di Facebook. Eh belakangan baru tahu kalau dia ownernya Kedai Datu.

Terus ada menu apa aja? Harganya berapa? Nih kebetulan saya sempat fotoin daftar menunya:

Tapi terkait revisi yang ada di mana-mana itu tolong jangan tanyakan ke saya ya. Mungkin sementara proses tunggu cetakan terbaru. Harga apa-apa sekarang naik semua cyin! Tolong dimengerti kalau daftar menunya juga sampai galau gitu 😀

Suasana yang Santai dan Full AC Alami

Ya ampun sub judulnya kok gini banget yaak. Eh tapi beneran, suasana Kedai Datu ini santai-able banget. Baik lantai 1 maupun lantai 2-nya dijamin sejuk, karena full AC alami, alias angin cepoy cepoy. Malam itu saya memilih duduk di lantai 2, biar bisa melihat keramaian kawasan Rembiga, selain juga karena saya lebih doyan lesehan. Di lantai 1 duduknya di kursi euy.

Saya dan keluarga memesan menu spesial seperti yang saya ceritakan di atas tadi, yaitu Ikan Selah Goreng. Karena gak cukup kalau dimakan bertiga, plus kami pengen coba menu lainnya maka sekalian juga pesan Sepat dan Ayam Goreng Lalapan. Oh iya, kalau pesan seporsi Sepat itu udah termasuk 3 buah kerupuk kulit lho. Rasanya gimana? Enak dong! Tapi ada yang salah nih, saya makan sepat malam malam. Iya, itu sebuah kesalahan. Karena bikin perut rewel huhuhuhu. Sepat itu rasanya asam asam enak, udah tahu asam, udah tahu maag, masih pula dimakan…malam-malam lagiik! Ya tapi enak…gimana dong 🙁 Semoga besok besok kalau diundang sama Kedai Datu, undangannya siang aja deh #NGAREP.

Gratis Akses Internet dan …

Biar makin merasa di rumah, selain menyediakan menu rumahan, Kedai Datu juga menyediakan akses WiFi gratis. Yuk marih yang mau makan siang sekalian internetan bisa banget di Kedai Datu. Saya pribadi belum nengok sih, ada disediakan colokan juga apa gak. Oh iya, suara musik yang diputar di kedai ini asalnya dari smart TV yang di sana tuh. TV yang udah ada akses internetnya. Kemarin kebetulan remotnya ada di tangan saya. Ya udah deh saya putar aja lagu-lagu favorit saya. Teman-teman ada yang mau diputar dimarih video di Channel Youtube nya? HAHAHAHAH.

Gratis Akses Internet dan … gratis makan buat kaum Dhuafa setiap hari Jumat. Alhamdulillah, senang euy melihatnya. Padahal kedai ini belum juga ada sebulan buka, tapi udah berani berbagi :”) Aih, semoga makin semangat berbaginya. Semoga pengunjungnya juga makin ramai. Semoga porsi makanannya makin banyak #eh. Udah deh itu aja, malesin tahu bikin postingan kuliner malam malam gini. Kan laper jadinya 🙁 Hiks!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Mukhsin Pro January 13, 2017 at 5:03 pm

    Kedai seperti itu keren banget. Jarang-jarang loh ada kedai pake AC dan Wifi segala. Mantap!

    Reply
  • Iqbal dirja January 14, 2017 at 8:12 am

    Wow..good banget..InformatiF mengelitik..good job

    Reply
  • Nur amanah January 15, 2017 at 6:50 am

    Wow jadi pengen coba

    Reply
  • catering karawang January 16, 2017 at 6:39 am

    wah tempat rekomended banget. sarananya lengkap. harus mampir nih?? kalaw masalah harga menunya murah ga??

    Reply
  • jual kerupuk kulit January 27, 2017 at 1:00 am

    Jadi ngiler.. kapan kapan pengen nyoba kesana ah.

    Reply
  • Enny Law January 28, 2017 at 10:31 am

    kok kyknya enak ya, hihi

    Reply

Leave a Comment