Jalan Jalan ke Pabrik Pandan, Brand Lokal Air Mineral dari Lombok

Jalan Jalan ke Pabrik Pandan, Brand Lokal Air Mineral dari Lombok. Rasanya saya harus selalu bersyukur karena bisa menetap di Pulau Lombok. Di balik kekurangannya yang belum kunjung mantap untuk urusan transportasi publik, Pulau Lombok punya banyak sekali kekayaan yang tak ternilai. Tidak perlu bicara urusan destinasi wisata, mulai dari pantai, gunung, air terjun, bukit-bukit yang cantik, hingga aneka wisata seni dan budaya semua ada. Dan yang tak kalah menarik, Lombok pun kaya akan sumber mata air. Coba jalan-jalan ke daerah Narmada, Batukliang dan sejumlah daerah lainnya di Lombok, kalian akan dengan mudahnya melihat papan informasi keberadaan mata air dengan namanya masing-masing. Karena itu pula, produk lokal air mineral di Lombok juga tidak sedikit jumlahnya. Salah satunya yaitu Pandan Air Mineral, produk air mineral yang berada di Desa Narmada. Produk ini adalah favorit saya. Dan yang menyenangkan adalah, beberapa hari yang lalu yang berkesempatan jalan-jalan melihat langsung proses produksi di pabriknya. Wuih, asyik!

Pandan, Produk Air Mineral yang Bersumber dari Mata Air

Dari yang awalnya hanya konsumen biasa, siapa sangka beberapa hari yang lalu saya justru berkesempatan melihat pabrik tempat Pandan Air Mineral diproduksi. Adalah UD. Lingkoq Pandan yang beralamat di Jalan Wirabhakti 19 Lingkoq Pandan, Narmada, perusahaan produsen Pandan Air Mineral yang saya kunjungi beberapa hari yang lalu. Ya, UD. Perusahaan Lingkoq Pandan memang masih berupa UD, alias Usaha Dagang. Produk Pandan Air Mineral ini adalah salah satu produk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada di Lombok. Keren kan? Penggerak UKM Lombok ada yang memproduksi air mineral cyinnnn! Sudah terdaftar BPOM, MUI dan SNI pula~

Siapa coba yang gak senang bisa melihat langsung sumber dan tempat air yang dikonsumsinya sehari-hari diproduksi? Yups, Pandan Air mineral ini beneran bersumber dari mata air gaes, bukan sumur bor loh ya. Lihat foto air terjun di atas? Itu namanya air terjun Remeneng. Di bawahnya ada gua, yang di dalamnya ada mata air. Mata air tersebut yang menjadi air sumber bagi produk Pandan Air Mineral.

Proses Produksi Pandan Air Mineral

Jadi nih, dari lokasi air sumber tersebut, air kemudian dialirkan ke pabrik untuk kemudian diproses agar menjadi air kemasan siap minum. Prosesnya gimana? Air tersebut bakal melewati proses penjernihan menggunakan karbon aktif. Jangan khawatir, karbon aktifnya berasal dari kayu kok. Lah udah lolos MUI gini…heuheuheu (ps. karbon aktif biasanya ada yang berasal dari sumber yang gak halal euy). Nah, karbon aktif tersebut yang bakal menyerap kuman-kuman dan segala yang gak baik. Beres proses penjernihan, air ini selanjutnya bakal melewati proses uji laboratorium dulu.

Di laboratorium, ada analis kimia yang bertugas mengecek kandungan air yang sebelumnya dijernihkan tadi. Agar jangan sampai ada mikroba dan kawan-kawannya yang lolos. Kalau sudah sip, lanjut ke tahap selanjutnya. Yaitu pengisian air ke dalam berbagai jenis wadah yang ada. Dimana di masing-masing bagian juga sudah ada pekerja yang bertugas menyiapkan kemasan agar terjamin steril dan siap untuk diisi air.

Varian Kemasan Pandan Air Mineral

Kemasan Galon 19 liter

Kemasan ini nih yang jadi favorit para konsumen Pandan Air Mineral. Kenapa? Karena Pandan bakal meminjamkan galonnya kepada para konsumen. Yups, di awal pembelian ya udah kalian gak keluar biaya untuk galonnya. Cukup bayar airnya aja. Kalau airnya habis, besok besok isi ulang ya tentu saja seperti biasa bayar air isi ulangnya doang. Hemat gak tuh? Hemat dong. Kan lumayan gak perlu beli galon di awal. BWHAHAHAHA.

Nah, lanjut… kemarin saya sempat ngintip (soalnya gak boleh masuk di ruangannya) proses persiapan galon sebelum diisi. Jadi alur produksi galon 19 liter itu begini:

  • Galon
  • Control
  • Manual Washing
  • Ozon Water Washing
  • Filler
  • Capper
  • Sealer
  • Warehousing
  • Distribution

Yang di atas merupakan info di depan pintu ruangannya yaa. Kalau yang sempat saya lihat dari luar itu salah satu proses pembersihannya.

Kemasan Botol 1,5 liter

Berikutnya nih, ada kemasan botol 1500ml alias 1,5 liter. Botol kemasan ini cocok dibawa saat rekreasi bareng keluarga, misalnya saat rekreasi ke Pantai Selong Belanak atau kemana aja. Ya berhubung agak ribet bawa bawa galon kalau pas rekreasi gitu. Hahahahah.

Kemasan Botol 600ml

Selanjutnya, masih dalam jajaran botol, ada juga kemasan botol 600ml. Favorit kita nih! Paling simple dibawa kemana-mana dan pas banget untuk disajikan saat acara-acara penting, seperti: meeting, seminar, atau kegiatan lainnya. Kemarin saya juga sempat melihat proses pemasangan tutup botol serta proses segel untuk jenis kemasan botol 600ml ini.

Kemasan Gelas 220ml

Selanjutnya, yang terakhir tapi yang paling heboh kemana-mana karena paling banyak diproduksi adalah kemasan gelas 220ml. Foto di atas merupakan hasil foto saya yang cuma bisa ngintip dari balik ruangan tempat air gelas diisi dan dikemas. Adapun alur produksinya adalah sebagai berikut:

  • Cup Supply
  • Filler
  • UV Lamp
  • Heater I
  • Heater II
  • Cutting
  • Out to Conveyor
  • Marking Jet Print
  • Packing
  • Warehousing
  • Distribution

Sample Produk Setiap Kali Selesai Produksi

Setiap kali selesai produksi, akan disisihkan sejumlah produk di masing-masing jenis kemasan untuk menjadi sample produk. Produk tersebut disimpan pada rak dan sudah diberi label tanggal produksi. Hal ini dilakukan jika suatu saat ada komplain dari pelanggan terkait produk yang ada. Nah, dari sana akan dicek sample produk yang diproduksi pada tanggal yang sama dengan produk yang dikomplain oleh pelanggan tersebut. Ya tujuannya untuk mengecek apakah benar semua produk di tanggal yang dimaksud bermasalah, ataukah hanya produk milik pelanggan itu saja.

Lokasi Air Sumber dari Pandan Air Mineral, sangat dekat dengan Air Terjun Remeneng.

Nah, segitu dulu cerita saya tentang Pandan Air Mineral. Di postingan selanjutnya saya bakal cerita banyak tentang Air Terjun Remeneng, yang airnya bersumber dari mata air yang sama dengan yang menjadi bahan baku dari Pandan Air Mineral. Yang paling penting sih saya sudah lihat langsung bagaimana air minum yang kami konsumsi di rumah diproduksi. Jadi besok besok kalau ada berita hoax tersebar di media sosial tentang ini itulah tentang air kemasan, ya dicuekin aja BWAHAHAHHAHA. Lah saya sendiri udah nengok ke TKP, eh ke pabriknya Pandan Air Mineral.

BTW, ada yang mau pesan Pandan Air Mineral? Bisa kontak saya lho ๐Ÿ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

15 Comments

  • fanny fristhika nila January 13, 2017 at 3:23 pm

    asik banget bisa liat lgs ke pabriknya mbak… kadang aku jg penasaran gimana sih alur cara pembuatan sampe akhirnya tiba ke tangan konsumer barang2 seperti air minum ato makanan2 lain.. beneran memenuhi syarat higienis ato ga :)..

    Reply
  • Mukhsin Pro January 13, 2017 at 5:05 pm

    Saya lebih tertarik liat air terjunnya. Jadi pengen berendam disana.

    Reply
  • Ucig January 13, 2017 at 9:22 pm

    Keren mba,sekarang Lombok punya air mineral pandan. Jadi per jenisnya berbeda step nya ya. Enak dong ngga perlu beli galonnya dulu ^^ nice share mbaaa

    Reply
  • Rudi Chandra January 14, 2017 at 2:10 pm

    Wah… kerennya bisa liat proses produksinya.
    Kayak laptop si unyil ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Dewi Nielsen January 14, 2017 at 8:54 pm

    Jadi gini cara produksinya toh…airnya ditampung di bak besar gitu ya mbak…

    Reply
  • Emakmbolang January 17, 2017 at 6:10 am

    Narmada, jadi ingat taman yang ada airnya bikin awet muda, hehehe

    Nah itu penting untuk penecekan mikroba dalam air. jadi nggak ragu lagi minum air mineral Pnadan waltu ke Lombok. Semoga bisa kopdaran ๐Ÿ™‚

    Reply
  • April Hamsa January 20, 2017 at 3:24 am

    Baru tau kalau ada produk air mineral merk Pandan. Seama ini blm pernah nemu. Kalau di Lombok pastinya udah terkenal ya mbak? Wah seru bisa ke pabriknya TFS ๐Ÿ™‚

    Reply
  • cumilebay January 24, 2017 at 10:19 pm

    Ya ya ya … Pandan ini banyak banget gw jumpai di gili trawangan, hampir semua minuman mineral merk nya pandan

    Reply
  • Berita game January 25, 2017 at 6:13 am

    kalau di lihat seksama logonya hampir mirip ama aqua, sola rasa belum nyoba pastinya sama aja air putih hhe

    Reply
  • Ety Budiharjo January 31, 2017 at 1:26 pm

    Wah informasi banget nih jadi tau gimana air isi ulang diolah. Nama nya bagus dan ngejual banget Pandan…

    Reply
  • Lisna January 31, 2017 at 1:26 pm

    Pas aku ke lombok juga minumnya iniiiii..

    Reply
  • Andiyani Achmad January 31, 2017 at 1:33 pm

    aku paling suka nih liat proses produksi, apalagi proses produksi minuman, jadi bisa tau higienis atau enggaknya ya.
    Thanks for sharing! ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Bai Ruindra January 31, 2017 at 1:54 pm

    Wajib produksi dalam negeri kalau begini. Kalau bukan kita siapa lagi yang pakai ๐Ÿ™‚

    Reply
  • Unggulcenter January 31, 2017 at 2:03 pm

    Namanya unik banget ya pandan.. kesannya wangi mba hehe

    Reply
  • ozil April 10, 2017 at 6:17 am

    Kalo kita beli lansung ke pabrik, bisa gag mbak?

    Reply

Leave a Comment