Tidak Ada Jagung di Pantai Penghulu Agung

pantai-penghulu-agung-001

Tidak Ada Jagung di Pantai Penghulu Agung. Iya, tidak ada jagung di Pantai Penghulu Agung. Yang bisa kalian nikmati sambil menunggu pulangnya matahari. Hanya ada deretan perahu para nelayan yang cocok jadi tempat kalian duduk termenung. Atau latar untuk berfoto yang menarik: perpaduan birunya laut dan langit, pun siluet gunung. Pantai Penghulu Agung termasuk pantai yang sepi, setidaknya saat saya datangi  di siang itu. (Ya ngapain juga ke pantai siang-siang wkwkwkwk).

Sekilas Tentang Pantai Penghulu Agung

pantai-penghulu-agung-004

Awalnya saya tidak ada rencana sama sekali mau berkunjung ke pantai berpasir hitam ini. Kebetulan saja saat itu saya dan suami pergi melihat koleksi produk olahan sampah kertas yang ada di The Griya Lombok. Tidak jauh dari The Griya Lombok, rupanya ada pantai dimana dari papan nama yang tertera sih namanya Pantai Penghulu Agung. Akhirnya setelah menyelesaikan urusan di The Griya Lombok kami pun menyempatkan diri sejenak ke pantai yang berada di wilayah kecamatan Ampenan ini.

Pantai Penghulu Agung termasuk pantai yang sepi dan tenang. Sejauh mata memandang, yang ada hanya deretan perahu para nelayan. Eh iya, entah karena masih sepi atau bagaimana menurut saya sih Pantai Penghulu Agung ini masih terbilang bersih dibanding pantai-pantai lainnya di Lombok 🙂 Lokasinya? Belum jauh dari kota Mataram kok. Untuk mengaksesnya seperti biasa, pakai kendaraan pribadi, menyewa atau pakai taksi gitu. Saya tidak begitu yakin ada angkot/bemo yang melewati daerah ini.

Merenung di Pantai Penghulu Agung

pantai-penghulu-agung-003

Jangan heran kalau melihat tumpukan batu-batu besar seperti ini di Pantai Penghulu Agung, sebab ombak di sana “wah” juga. Batu-batu tersebut yang menahan kerasnya tamparan si ombak. Jika tidak, duh mungkin air lautnya bisa mencapai permukiman warga sekitar. Ngeri ngeri sedap juga ya tinggal di kawasan pinggir pantai gini.

Gambar di atas merupakan pemandangan pertama yang akan teman-teman lihat saat pertama kali melewati pintu masuk Pantai Penghulu Agung. Kece banget yaa? 😉 Sebagai pecinta pemandangan pantai/laut tapi tidak begitu doyan nyebur, view ini asyik banget menurut saya. Kata beberapa teman sih lebih asyik lagi kalau lihatnya dari teras atas The Griya Lombok, sekalian sunset-an gitu. Semoga kapan-kapan bisa menikmati cantiknya pantai ini dari sana. Sekalian sunset-an, sekalian seafood-an #eh

Saya bilang apa tadi? Merenung di Pantai Penghulu Agung. Iya, suasana pantai yang sepi dengan deburan besar ombaknya yang mendebarkan ini pas banget buat jadi tempat duduk termenung #halah 😀 Soalnya kalau merenung di Pantai Senggigi kan udah ramai tuh, susah.. ntar gak fokus merenungnya hihihi.. Yang mau menyendiri juga asyik nih di sini. Asal jangan dua-duaan geje yee a.k.a pacaran. Heuheuheu.

Berenang di Pantai Penghulu Agung?

pantai-penghulu-agung-005

Boleh gak nih berenang di Pantai Penghulu Agung? Berhubung waktu itu kami datangnya siang hari, yang mana matahari sedang tega-teganya banget. Udah pasti deh gak ada yang nyebur di sana. Tetapi kalau soal boleh apa tidaknya ya mungkin boleh boleh aja. Cuma yaa itu, hati-hati ya kakak… Ombak di sana lumayan besar juga. Terus sepertinya memang bukan pantai wisata, melainkan pantai tempat parkirnya perahu-perahu para nelayan. Saya juga tidak ada ketemu tempat buat bilas gitu. Atau mungkin ada tapi sayanya gak sempat lihat kali ya?

Dan seperti judul saya di atas, tidak ada jagung di Pantai Penghulu Agung. Hehehe. Yap, jagung bakar yang biasanya ramai dijajakan di pantai-pantai di Lombok itu agak susah ditemukan di tempat ini. Jangankan jagung, pedagang-pedagang makanan keliling yang lain juga tidak ada di sini. Mungkin kalau memang mau berwisata ke sini ya harus siap bekal dari luar area pantai. Sekalian jangan lupa sampah sisa makanan dan minuman diberesin kembali ya 😉

Itu aja dulu yang bisa saya ceritakan tentang salah satu pantai kece yang ada di Lombok ini. Besok lanjut lagi ceritanya kalau saya sudah sukses melihat sunset di Pantai Penghulu Agung. Kalau teman-teman bagaimana nih, ada yang sudah pernah ke sini juga?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

11 Comments

  • Arman Tjandrawidjaja July 20, 2016 at 4:22 pm

    malah bagus kalo gak ada pedagang ya jadi bersih…. 😀

    Reply
  • Hastira July 20, 2016 at 8:18 pm

    wah bersih sekali, serasa pantai milik sendiri ini mah

    Reply
  • Ety Abdoel July 20, 2016 at 11:38 pm

    Pantainya biru bersih..ah, baguuuus banget mba Andi. Senangnya tinggal di Lombok, pantainya indah-indah.

    Reply
  • wati July 21, 2016 at 11:26 am

    Pasirnya bersih sekali, semoga suatu saat saya bisa berkunjung ke Pantai penghulu Agung ini.

    Reply
  • Vidy July 22, 2016 at 8:13 am

    Jalan teruuuuuus…asyik euy jalan-jalan ke pantai…huhuhu miss the beach…

    Reply
  • Tian Lustiana July 22, 2016 at 2:04 pm

    Merenung disana asik sepertinya

    Reply
  • Green World Nature July 23, 2016 at 8:00 am

    Pasirnya hitam yaa ? jadi pengen berlibur kesana 😀

    Reply
  • fanny fristhika nila July 24, 2016 at 2:05 pm

    kdg bgs juga kalo g ada penjual makanan di pantai, jadi lebih bersih :D.. tau sendirilah, msh bnyk org yg blm mau tau ttg pentingnya jaga kebersihan dan membawa pulang sampah -__-

    Reply
  • evrinasp July 24, 2016 at 8:59 pm

    ini beda sendiri nih pasirnya warna hitam, pantai yang lain pada putih warnanya mbak

    Reply
  • Lembah Sembalun, Si Cantik di Kaki Gunung Rinjani – Blognya Andy Hardiyanti October 19, 2016 at 2:46 am

    […] saya ke Sembalun. Sebelumnya ya cuma jalan-jalan dari satu pantai ke pantai yang lain. Mau gimana, pantai di Lombok itu banyak banget. Sampai akhirnya di penghujung bulan September lalu ada kesempatan buat trip […]

    Reply
  • Liburan Seru di The Jayakarta Lombok Beach Resort – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 2:59 am

    […] nama-nama objek wisata yang ada di Lombok. Mulai dari yang lokasinya masih wajar seperti Pantai Penghulu Agung hingga yang lokasinya lumayan jauh dari rumah kami, Pantai Seger misalnya. Belum lagi kalau si […]

    Reply

Leave a Comment