Blog Teman Minggu Ini: Diah Kusumastuti

dekamuslim-001

Blog Teman Minggu Ini: Diah Kusumastuti. Ketemu lagi dengan postingan blog teman minggu ini. Semoga gak pada bosan yaa. Setelah membahas blog milik mbak Esti Sulistyawan, Liza Permasih, Meriska Putri, Afifah Mazaya, Liza Fathiariani, dan sekarang saatnya kita cerita-cerita tentang blog milik mbak Diah Kusumastuti yang beralamat di dekamuslim.com. Seperti apa sih blog bernuansa hijau yang pertama kali mempublikasikan tulisannya pada Oktober 2012 ini? Disimak yuk.

Berkenalan dengan Mbak Diah Kusumastuti

dekamuslim-005

Seperti yang tercantum pada gambar di atas, orang di balik blog dekamuslim ini bernama Diah Kusumastuti. Seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang lahir dan besar di Solo, menjalani kuliah di Surabaya dan saat ini berdomisili di Sidoarjo. Nah..pindah-pindah kotanya mirip saya nih ;). Memulai aktifitas ngeblog di akhir tahun 2012, blogging menurut Mbak Diah (atau biasa disapa mbak DeKa) merupakan media untuk menyalurkan hobi menulis serta tempat melepas kepenatan (refreshing) atas kesibukan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga (IRT). Jadi harap maklum kalau awalnya tulisan di blognya jadi ngalor-ngidul enggak jelas juntrungannya. Hehehe.

Tentang Blog Deka Muslim

Penggunaan Warna

dekamuslim-004

Sekarang kita bahas dulu tampilan blog bertajuk Berbagi Cerita: DeKa’s stories, opinions, & thoughts. Pertama, soal warna-warna yang digunakan. Kalau di postingan sebelumnya saya hanya menyebutkan nama warnanya saja, kali ini saya sebutkan pula kode warnanya 😉 Jadi, ada warna apa saja di blog dekamuslim.com?

  • Warna orange dengan kode #ff9900, warna ini digunakan pada judul huruf dan tagline yang tertera di header blog.
  • Warna hijau tua dengan kode #506c1f, warna ini digunakan sebagai latar header blog dan latar menu bar pada blog.
  • Warna putih dengan kode #ffffff, warna ini digunakan sebagai latar (background) pada setiap postingan di blog dekamuslim.
  • Warna hijau dengan #539b09, warna ini digunakan warna judul postingan blog, warna ketika suatu menu disorot dan warna untuk semua teks yang mengandung hyperlink.
  • Warna hitam yang tidak begitu hitam (haiyahh..ini sebutnya gimana) dengan kode #280000, digunakan sebagai warna teks pada umumnya. Seperti warna teks isi postingan blog, warna teks judul halaman dan masih banyak lagi.

Penggunaan Jenis Huruf

dekamuslim-003

Jenis huruf atau font yang digunakan pada blog dekamuslim setidaknya ada 4 jenis, yaitu Cherry Cream Soda, Impact, Arial dan Verdana. Adapun huruf-huruf tersebut digunakan pada bagian-bagian berikut:

  • Cherry Cream Soda, jenis font ini digunakan sebagai judul blog.
  • Impact, jenis font ini digunakan pada setiap judul postingan blog.
  • Arial, jenis font ini digunakan pada beberapa bagian kecil saja. Seperti teks footer blog dan rekomendasi share tulisan melalui media sosial Google Plus.
  • Verdana, jenis font ini yang paling banyak digunakan pada blog dekamuslim. Seperti pada isi postingan blog, komentar pembaca, tulisan-tulisan pada sidebar dan masih banyak lagi.

Konten Blog Deka Muslim

dekamuslim-002

Selanjutnya, ada konten apa saja di blog milik mbak Diah Kusumastuti ini? Seperti biasa, setiap kali mengobrak-abrik blog teman, saya paling suka melihat bagaimana isi postingan pertama mereka. Dan pada blog dekamuslim.com ini tulisan pertamanya berjudul Terima Kasih, Andrea!. Yaitu tulisan tentang buku Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang dirasa sangat berkesan bagi mbak Diah Kusumastuti. Menurut saya sih, tulisannya termasuk baik untuk golongan postingan pertama di blog. Hehehehe.. Apalagi bila dibandingkan dengan tulisan pertama saya di blog ini yang tayang pada bulan Juni 2011. Yang saking tidak jelasnya, saya beri judul Postingan Pertama.

Pada blog DekaMuslim terdapat sejumlah label, diantaranya: anak, blogger, fiksi, keluarga, review dan masih banyak lagi. Dimana tulisan dengan label anak merupakan yang terbanyak yaitu berjumlah 33 tulisan. Seperti yang sudah saya singgung di atas, mbak Diah memang lebih banyak bercerita mengenai keluarga khususnya anak pada blognya.

Bagi yang masih penasaran dengan blog DekaMuslim, boleh banget nih jalan-jalan ke blognya. Dan jangan lupa tinggalkan komentar yaa..supaya mbak Diah juga bisa mengunjungi balik blog kalian 🙂 Yap, segitu dulu tulisan saya tentang blog milik mbak Diah Kusumastuti. Sampai jumpa di tulisan mengenai Blog Teman Minggu Ini yang akan datang.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

13 Comments

  • Lidha Maul July 4, 2016 at 7:34 am

    Wah, mbak Andy bahas mbak Deka, sosok yg ngaku introvert tp udah punya banyak karya, terutama dlm bidang menulis. Salam sukses selalu tuk mbak Diah ya ^^ dan salam manis tuk yg menulis 🙂
    ** tulisan ini ↑ menggunakan kode warna #000000 apakah setelah muncul akan berubah menjadi warna hitam yang tidak begitu hitam? entahlah ^^

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:44 pm

      Bwahahahahah..gak bakal berubah mbak. Udah ngikut kode si empunya blog 😀

      Reply
  • zata July 4, 2016 at 10:02 am

    Wah lengkap banget ulasan blog temannya mba Andy ini. Asik yah blogwalking begini, nambah ilmu dan kenalan juga..

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:45 pm

      Duh..masih belum lengkap kok mbak.
      Coba membahas yang bisa saya bahas aja sih 🙂

      Reply
  • Nunu Halimi July 4, 2016 at 10:50 am

    Efek baca ini…saya jadi lihat lagi postingan pertama saya hihihi..

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:46 pm

      Wkwkwkwkwk..terus gimana postingannya mbak?
      Bahas yang berat berat atau apa? 😀 😀

      Reply
  • Mukhsin Pro July 6, 2016 at 2:06 pm

    Keren banget reviewnya, blog saya juga dong kak. Hehehe

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:49 pm

      Wahahahahah..
      Kapan kapan yaaa kalau ada kesempatan.
      *soksibuk

      Reply
  • Keke Naima July 12, 2016 at 4:12 pm

    sepertinya saya pernah beberapa kali ke blog Mbak Deka. Termasuk blogger produktif. Karyanya juga banyak 🙂

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:50 pm

      Iya,mbak. Betul sekali. Tulisannya keren keren euy~

      Reply
  • Son Agia July 13, 2016 at 5:26 pm

    Blogging emang keren. Bisa nambah jangkauan teman dan wawasan. Review nya bagus 🙂

    Reply
    • andyhardiyanti July 20, 2016 at 3:51 pm

      Terima kasih mas ^_^
      Itulah serunya ngeblog
      *ihik

      Reply
  • Jelly Gamat July 23, 2016 at 9:07 am

    Sya paling suk pke font impact , bia jelas aja gitu kebacanya 🙂 pnya rekomen blog yg nyedian template gratis gk sis ? boleh dong di rekomen 😀

    Reply

Leave a Comment