Tips Memilih Jilbab yang Nyaman Untuk Anak

hijab-anak-004

Tips Memilih Jilbab yang Nyaman Untuk Anak. Adalah kebahagiaan tersendiri jika sejak kecil anak kita sudah senang berhijab. Meskipun memang belum sepenuhnya berhijab alias baru mengenakan khimar (biasa disebut jilbab), sementara bawahannya tetap kaos lengan panjang dipadu dengan celana panjang yang mana tidak seperti hijab yang kebanyakan orang kenakan yaitu pasangan khimar dan gamis. Ya, setidaknya ini awal yang baik untuk mengajarinya agar tidak berpakaian terbuka.

Mengenakan Jilbab Sejak Kecil

hijab-anak-002

Seperti yang selama ini dikenakan oleh Rani, anak saya. Entah karena sudah terbiasa atau bagaimana, setiap kali keluar rumah ataupun berhadapan dengan laki-laki (selain ayahnya) Ia selalu mengenakan jilbab. Malu dilihat orang katanya. Karena sudah dikenal senang mengenakan jilbab, maka saat berulang tahun ataupun saat kedatangan keluarga dari jauh, tidak jarang Rani mendapatkan hadiah jilbab. Tidak heran kalau koleksi jilbabnya justru lebih banyak dibanding saya. Oh ya, selain khimar (yang saya sebut-sebut jilbab itu tadi) Rani juga sering mendapatkan paket hijab lengkap berupa khimar plus gamis milik sepupunya yang sudah kekecilan. Yang kekecilan pakaiannya ya, bukan sepupunya #eh.

Agar Si Kecil Betah Mengenakan Jilbab

Kalau kebanyakan anak sering merasa gerah saat mengenakan jilbab, apalagi dalam waktu yang lama, maka Rani sih tahan-tahan saja. Meskipun orang di sekitarnya sudah bilang lepas saja jilbabnya jika Rani kepanasan. Selama masih di luar rumah, atau ada tamu lelaki di rumah, jilbabnya akan tetap Ia kenakan. Terus pada banyak dong yang tanya, bagaimana sih caranya supaya anak anteng gitu pakai jilbab seharian? Salah satunya mungkin karena sudah terbiasa. Ya, sejak bayi saat Rani keluar rumah sakit setelah dilahirkan saat itulah Ia pertama kali mengenakan jilbab. Selain karena saya lihat Ia tampak lebih cantik dengan jilbab tersebut, juga untuk melindungi kepalanya. Yang mana kebanyakan orang biasanya mengenakan topi pada si kecil.

Cara selanjutnya agar anak betah mengenakan jilbab dalam waktu yang lama adalah kita harus pintar pintar memilih jilbab yang akan dipakai oleh si kecil. Intinya sih jilbabnya harus yang nyaman. Jilbab yang nyaman itu seperti apa? Berikut saya bagikan Tips Memilih Jilbab yang Nyaman Untuk Anak.

Tips Memilih Jilbab yang Nyaman Untuk Anak

hijab-anak-003

Pilih Jilbab dengan Bahan Terbaik

Yang pertama tentunya pilihlah jilbab dengan bahan terbaik. Bahan terbaik seperti apa? Pastinya yang menyerap keringat, adem (tidak panas) dan lembut. Ini agar si kecil tetap merasa nyaman selama mengenakan jilbab. Apalagi tahu dong kalau yang namanya anak-anak pasti aktif banget bergerak. Kalau bahan jilbabnya saja sudah bikin gak nyaman ya jangan salah kalau belum apa-apa si kecil sudah gak tahan pakai jilbabnya.

Jilbab Praktis yang Bisa Langsung Dipakai

Untuk anak, sebaiknya pilihlah jilbab yang praktis. Yaitu jilbab yang bisa langsung dipakai yang sama sekali tidak membutuhkan jarum. Mengapa? Pertama, agar si kecil bisa belajar memakai dan melepaskannya sendiri. Kedua, agar si kecil merasa nyaman dan tidak direpotkan dengan jarum/peniti yang mengganjal di sana sini. Ini sebaiknya saja sih, tapi kalau anaknya sudah beranjak besar dan anteng anteng aja dengan jilbab yang tidak praktis ya silakan 😉

Jilbab dengan Warna Favorit

Dulu saat Rani sudah mulai mengenal warna, dia selalu memilih jilbab dengan warna favoritnya, yaitu warna merah muda (pink). Dan itu salah satu hal yang bikin dia bersemangat untuk berjilbab. Walaupun makin ke sini jilbabnya sudah berwarna warni dan menyesuaikan dengan warna-warna pakaian yang dia punya. Tapi coba deh saat pertama kali mengajarkan si kecil memakai jilbab, minta dia untuk memilih warna jilbab mana yang diinginkan. Kalau anaknya sudah senang dengan warna tersebut, niscaya kemana-mana diapun akan senang (ada perasan bangga, wow atau apa) memakai jilbabnya.

Bentuk Jilbab Sederhana Saja

Kalau ini sih suka suka aja ya. Saya pribadi dan Rani (anak saya) memang suka dengan jilbab yang bentuk/modelnya sederhana. Bukan yang bertopi-topi atau yang gimana gitu. Udah pada ngerti dong ya? Ya soalnya pengalaman dulu pernah beli jilbab dengan model ala ala, yang ada malah anaknya gak betah pakai. Gak tahu deh kenapa. Tapi kalau si anak emang betah dengan style tersebut. Silakan silakan aja sih. Jadi bagusnya sih didiskusikan dulu dengan anaknya. Hehehehe..

Tapi di luar itu semua yang terpenting adalah bagaimana si kecil paham mengapa harus berhijab. Orang tua tentunya sangat berperan besar di sini. Bukankah orang tua itu adalah role model alias teladannya anak. Maka orang tua harus menjadi contoh buat anaknya 😉 Yuk yuk perbaiki cara berhijabnya mulai dari sekarang 🙂 #ngomongsamadirisendiri #Amiiin #semogadimudahkan

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

8 Comments

  • rita dewi June 23, 2016 at 4:19 pm

    Jadi ingin punya anak perempuan. Hihi…..

    Reply
  • opickaza June 23, 2016 at 4:28 pm

    semoga saja saya diberikan anak cewek biar tahu bagaimana memilih jilbab untuk anak saya nantinya

    Reply
  • Enny Law June 24, 2016 at 4:09 am

    Aisyah belum aku biasain pakai jilbab. Pengen sih tapi tahun depan aja nunggu dia 3 tahun, wakakaka

    Reply
  • Kang Nurul Iman June 24, 2016 at 8:02 am

    Sepertinya bisa dicoba nih mbak tipsnya, terima kasih ya sudah berbagi.

    Reply
  • Efi Fitriyyah June 25, 2016 at 2:39 am

    Jadi kangen sama Rani, nih. Keren deh mamanya udah bisa membiasakan Rani berljibab dan Raninya tetap nyaman.

    Reply
  • Khoirur Rohmah June 25, 2016 at 7:44 am

    Subhanallah, kalau sejak kecil sudah dibiasakan memakai jilbab ya mbak…
    Liat anak2 kecil pakai jilbab yang bentuknya unik2 dengan warna2 khas anak ekcil itu seneng banget liate, hhee

    Reply
  • baiqrosmala June 25, 2016 at 11:32 am

    MasyaAllah ternyata Rani udah dari bayi yaa pakai jilbab 🙂 Pasti orang tuanya Rani bangga banget punya anak soleha ^^

    Reply
  • Nathalia DP July 1, 2016 at 12:05 am

    Klo buat anak, yg penting nyaman ya… Pdhl bnyk jg model lucu2 😀

    Reply

Leave a Comment