7 Macam Hadiah Kuis, Kalian Suka yang mana?

hadiah-lomba-008

7 Macam Hadiah Kuis, Kalian Suka yang Mana? Ada yang doyan ikutan kuis, undian dan ajang-ajang sejenisnya? Kalau iya, kalian pasti sudah hafal banget benda-benda apa saja yang sering kali dijadikan sebagai hadiah kuis. Biasanya semakin besar ‘nama’ si penyelenggara, maka semakin bergengsi pula hadiah kuis yang diperebutkan. Setidaknya ada 7 macam hadiah kuis yang akan dibahas pada tulisan berikut ini, apakah salah satunya menjadi hadiah yang sering anda incar? Disimak yuk.

1. Uang Tunai

hadiah-lomba-001Uang tunai ini nih biasanya jadi hadiah favorit para pecinta kuis, apalagi kalau nominalnya besar. Banyak yang lebih suka mendapatkan hadiah uang tunai karena kita sebagai pemenang bisa lebih bebas ingin membelanjakan untuk apa uang tersebut nantinya. Ya, bisa dibilang hadiah jenis tersebut bisa lebih bermanfaat dibanding jenis lainnya. Meskipun kembali lagi kepada bagaimana kita memanfaatkan uang tersebut πŸ˜‰ Apakah benar-benar dibelanjakan sesuai kebutuhan atau malah terkuras untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Hadiah uang tunai juga biasanya diberikan dalam bentuk tabungan. Eh gak tunai lagi dong ya namanya? Biasanya ini terjadi jika si penyelenggara berasal dari lembaga keuangan seperti Bank. Kalau sebelumnya kita sebagai pemenang sudah membuka rekening pada bank tersebut, maka dananya cukup ditransfer saja. Namun jika belum, maka akan dianjurkan untuk membuka rekening baru terlebih dahulu.

2. Aneka Gadget

hadiah-lomba-003

 

Hadiah gadget menjadi tren belakangan ini. Mulai dari yang harganya terjangkau jika dibeli sendiri (wuidih gayaaa..) sampai yang tampaknya tak bisa dimiliki (lagi lagi kalau dibeli sendiri). Sama halnya bank yang memberikan hadiah dalam bentuk tabungan, maka perusahaan gadget ternamapun saat mengadakan kuis seringkali memberikan hadiah berupa gadget.

Kadang ada yang merasa sangat senang saat mendapatkan hadiah gadget karena melihat harganya yang begitu tinggi, yang tidak mungkin bisa terbeli jika kita beli dengan dana sendiri. Ada pula yang lebih memilih mendapat ‘mentah’nya saja dibanding langsung berbentuk produk seperti ini. Tidak jarang pemenang kuis berhadiah gadget tidak menggunakan gadgetnya tersebut, ada yang begitu hadiah tiba akan langsung dilempar ke pasaran untuk dijual kembali dan ada pula yang membuka segel produk terlebih dahulu untuk mengecek segala sesuatunya sudah lengkap. Kalian tim yang mana nih? *ihik

3. Paket Liburan

hadiah-lomba-002

Dapat hadiah paket liburan? wuihh siapa yang bakal nolak, apalagi kalau paket liburannya untuk sekeluarga #ngelunjak. Hadiah paket liburan seperti ini biasanya sudah ditanggung transportasi, penginapan, uang saku, akomodasi dan lainnya. Bahkan dari cerita seorang teman, selain mendapatkan segala fasilitas tersebut kadang ada pula hadiah tambahan seperti gadget yang diberikan saat liburan berlangsung. Masing-masing mekanisme tentunya ditentukan oleh si penyelenggara.

Pada kasus lain, justru seorang teman hanya ditanggung transportasi dan penginapannya saja. Sudah pada tahu kan kalau penginapan (maksud saya hotel) hanya include breakfast a.k.a sarapan. Jadi ya seperti itu, untuk makan siang dan makan malam ditanggung sendiri. Hadiah ‘paket liburan’ yang seperti ini tentunya harus diberitahukan memang sejak awal kepada para pemenang πŸ˜‰

4. Barang-barang Elektronik

hadiah-lomba-005

TV, Kulkas, DVD Player, atau AC masih sering dijadikan hadiah kuis gak sih? Kalau dulu, paling sering lihatnya ya kuis berhadiah tv gitu πŸ˜‰ Kebayang kan tuh ongkos kirim via JNE bakal kena berapa kilogram untuk angkut televisi-televisi tersebut. Iya, televisi zaman dulu yang jenis televisi tabung #dibahas. Kalaupun ada ya mungkin cuma satu dua aja kali ya sekarang? Atau ya itu, penyelenggaranya adalah perusahaan yang memproduksi produk-produk elektronik tersebut. Benar gak?

5. Gift Voucher

hadiah-lomba-004

Kalau membahas hadiah voucher gini jadi ingat seorang teman, sebut saja Sinta #ehbenerandisebut yang langganan banget dapat hadiah voucher. Entah itu karena ikutan lomba ataukah dapat dari doorprize. Kita temannya pun jadi ikutan kecipratan traktiran pakai voucher #ihik #dibahas.

Pilih gift voucher atau mentahnya aja? Kadang ada yang lebih memilih dapat mentahnya saja karena lebih bebas mau belanja apa dan di mana saja. Eh tapi kan suka suka pemberi hadiah dong, ya kali bisa minta tukar hadiah. Ada pula yang senang senang aja dapat gift voucher. Harga barang misalnya 600ribu, terus kita punya voucher senilai 500ribu nah kan jadinya cukup tambah uang tunai sebesar 100ribu πŸ™‚ Kalau kepepet gak ada uang tunai si voucher bisa diandalkan banget, kita bisa dapat barang gratis kalau harganya tidak lebih dari nominal voucher tersebut. Kekurangannya ya itu saja, voucher ini pasti ada tempat berlakunya. Jadi gak bisa sembarangan mau belanja di merchant mana saja. Misalnya nih, sogo gift voucher ya berlakunya di store-store SOGO aja.

6. Kendaraan Bermotor

hadiah-lomba-006

Abaikan fotonya πŸ˜€ Foto motornya terlalu keren yak hihihi. Kendaraan bermotor (baik mobil maupun motor) sering banget nih jadi hadiah undian produk apa gitu, sesekali pernah saya lihat jadi hadiah kuis. Untuk jenis hadiah kendaraan motor, teman-teman sebaiknya pastikan dulu apakah hadiah yang diberikan tersebut dalam kondisi on the road atau off the road. Bagusnya sih kalau on the road ya. Jadi sudah siap pakai πŸ˜‰ Oh iya, jangan lupa juga. Pajak hadiahnya ditanggung penyelenggara atau pemenang. Kan lumayan tuh kalau ditanggung pemenang, mesti siap-siap duit juga kitanya.

7. Goodie Bag

hadiah-lomba-007

Selain tampil jadi fasilitas buat peserta di berbagai event, goodie bag ini juga biasanya dijadikan hadiah kuis lo πŸ˜‰ Isinya ya bervariasi. Biasanya sih produknya si penyelenggara kuis kalau memang bisa muat di dalam goodie bag. Atau souvenir yang sudah dicantumkan logo si penyelenggara (sekalian promosi?) misalnya jam dinding, payung, mug, kaos dan masih banyak lagi.

Jadi dari 7 macam hadiah kuis pada pembahasan di atas, teman-teman paling suka yang mana nih?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

19 Comments

  • fajar rois April 29, 2016 at 3:55 am

    hahaha kalo jujur dari hati yang terdalam saya labuh suka hadiah yg nomor 1 mbak….mau di jadiin apa aja bisa πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti April 30, 2016 at 6:42 pm

      Oke, noted.
      Nanti di-cc-kan ke penyelenggara lomba.
      #ehiniapasih

      Reply
  • Ratna Dewi April 29, 2016 at 4:59 am

    Aku paling suka hadiah gadget sama liburan ato jalan-jalan. Entah kenapa kalo uang ngga berasa nampol n cepet habis, hehe. Mungkin karena menangnya masih yang kelas-kelas receh kali ya. Yang pernah kuterima dan berkesan itu hape n kamera mirrorless.

    Reply
    • andyhardiyanti April 30, 2016 at 6:41 pm

      Wah..biasanya malah orang-orang lebih senang dapat hadiah uang. Tapi iya juga sih mbak, kalau dapat uang gitu berasa cepat habis banget.

      Reply
  • Lidya April 29, 2016 at 5:29 am

    aku sih suka semua kok mbak πŸ™‚ asal gratis

    Reply
    • andyhardiyanti April 30, 2016 at 6:35 pm

      dan mbak fitrian kayaknya udah pernah dapat semuanya nih πŸ˜€
      bagi dongss…hihihi

      Reply
  • shasi azkia April 29, 2016 at 8:29 am

    Saya lebih suka uang tunai bisa buat apa aja tapi kalo berupa barang maunya gadget aja lg butuh banget sih πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti April 30, 2016 at 6:32 pm

      Betul mbak, kalau dapat hadiah uang tunai jadinya lebih bebas gitu yaa mau dipakai beli apa aja. Tapi lucunya lagi, hadiah gadget itu biasanya didapat pas banget saat dibutuhkan. Kayak saya nih, pas hp rusak dan mikirnya beli hp baru eh Alhamdulillah menangnya hadiah gadget πŸ˜€

      Reply
  • Rusydina Tamimi April 29, 2016 at 12:07 pm

    sukaaa semuaa, tapi paling suka gadget ama uang tunai XD

    Reply
    • andyhardiyanti April 30, 2016 at 6:30 pm

      suka semua ya, hihihi. ya namanya juga hadiah.
      tapi sama sih, saya juga paling suka sama gadget dan uang tunai. lebih suka lagi kalau makin banyak πŸ˜€

      Reply
  • Milda Ini April 29, 2016 at 4:50 pm

    aku pilih uang

    Reply
  • fanny fristhika nila April 30, 2016 at 6:29 pm

    ga mikir lama, uang tunai ato paket liburan :D… udh itu aja.. yg lainnya aku ga tertarik.. uang tunai bisa dipake utk traveling ntr ;p..

    Reply
  • Dwi Aryanti May 1, 2016 at 8:18 am

    Sukaaa semua, enaknya sih uang tunai (kalau besar) jadi bisa beli barang yang kita mau. Pokoknya dijadiin kenang-kenangan yang teringat pernah menang lomba blog, biar jadi motivasi

    Reply
    • andyhardiyanti May 3, 2016 at 1:06 am

      Benar banget mbak. Saya malah lebih suka lagi kalau ada sertifikat atau pialanya gitu πŸ˜€
      Kenang-kenangan banget ituhhh

      Reply
  • nur rochma May 2, 2016 at 1:45 am

    Jujur, aku paling mau sama duit. Bisa buat belanja, nabung, bayar hutang, dsb. Lebih fleksibel.

    Reply
  • vdie July 27, 2016 at 3:09 am

    saya sieh lebih suka uang, bisa buat apa saja yang kita butuhin.

    Reply

Leave a Comment