Blog Teman Minggu Ini: Esti Sulistyawan

blogteman1

Blog Teman Minggu Ini: Esti Sulistyawan. Mulai bulan ini bakal ada sesuatu yang baru di blog saya. Yap, ada rubrik “Blog Teman Minggu Ini”. Rubrik yang membahas siapa saja sih teman-teman saya sesama blogger, baik dari tampilan blognya, tulisannya, maupun orang yang ada di balik blog tersebut. Rubrik Blog Teman Minggu Ini akan tayang setiap dua minggu sekali, kalau saya lagi rajin menulis bisa saja tayang seminggu sekali. Gak konsisten banget ya ๐Ÿ˜€ Untuk edisi pertama, yuk kenalan sama teman blogger saya yang bernama Esti Sulistyawan dengan blognya yaitu estisulistyawan.com.

Berkenalan dengan Mbak Esti Sulistyawan

Esti Sulistyawan atau yang akrab disapa Mbak Esti adalah seorang blogger asal Semarang. Perempuan yang lahir tanggal 15 November tahun sekian ini merupakan alumnus Universitas Diponegoro, Semarang. Mbak Esti mulai ngeblog sejak Maret 2009 atau mungkin lebih awal lagi dari itu, setidaknya bulan dan tahun tersebut saya dapatkan dari postingan pertama di blognya. Postingan pertama yang tepatnya dipublikasikan pada 26 Maret 2009 tersebut kurang lebih berisi sama dengan postingan pertama kebanyakan blogger lainnya: random ๐Ÿ˜€

blogteman1a

Kalau postingan pertama di blog saya berisi ucapan selamat datang di blog .com saya yang baru yang mana saking bingungnya saya beri judul “Postingan Pertama” saja, maka postingan pertama di blog estisulistyawan.com ini berisi lirik lagu dengan sedikit penjelasan yang lebih mirip curcol dimana judul postingan yang diusung yaitu “Single Happy”.

Tampilan Blog Estisulistyawan.com

Penggunaan Warna

blogteman1c

Blog estisulistyawan.com menggunakan tiga warna utama, yaitu biru, merah muda (pink) dan putih, selain itu ada sedikit penggunaan warna hitam pada bagian header. Kemudian untuk teks pada postingan menggunakan warna abu-abu kehitaman, hal ini sudah tepat karena berdasarkan apa yang pernah saya baca bahwa untuk latar blog yang berwarna putih sebaiknya tidak menggunakan teks berwarna hitam, karena akan menimbulkan warna yang terlalu kontras sehingga tidak nyaman untuk dibaca. Dalam hal ini pemilihan warna yang tepat adalah warna abu-abu.

Penggunaan Font

blogteman1b

Selama ini saya selalu merasa nyaman dengan jenis-jenis font yang digunakan pada blog Mbak Esti. Dari yang saya amati, setidaknya ada tiga jenis font yang digunakan pada blog estisulistyawan.com. Tiga jenis font tersebut yaitu: (1) Sofia Cursive, font yang digunakan untuk judul postingan; (2) Smythe Cursive, font yang digunakan untuk judul-judul menu pada sidebar seperti: search, arsip blog, recent posts dan lainnya; serta (3) Muli Sans Serif, font ini digunakan pada isi setiap postingan.

Font Muli Sans Serif ini sangat saya suka, rasanya ingin saya pakai juga untuk blog ini ๐Ÿ˜‰ Font-nya imut, tapi tetap terlihat resmi, intinya gak alay dan bikin sakit mata #ngomongapaansih.

Postingan Blog

Saya belum banyak membaca postingan-postingan yang ada di blog estisulistyawan.com. Tapi setidaknya dari postingan-postingan yang ada di sana, saya paling suka dengan postingan berjudul Pentingnya Sugesti Diri. Dimana dalam tulisan tersebut Mbak Esti bercerita mengenai pengalamannya yang baru diberi momongan setelah 4,5 tahun menikah. Tentang bagaimana usaha-usaha yang dilakukannya selama ini, tentang bagaimana Ia menyerahkan hasil akhir sepenuhnya pada Sang Pencipta.

blogteman1d

Selanjutnya, ada hal menarik yang saya perhatikan dari blog Mbak Esti. Postingan yang menarik perhatian saya adalah 5 (lima) postingan terbarunya. Lima postingan tersebut masing-masing mengandung backlink yang mengarah ke situs di luar blog estisulistyawan.com itu sendiri dan setelah saya cek rupanya external link tersebut bersifat dofollow. Saya sendiri kurang tahu apakah postingan tersebut termasuk sponsored post atau sebagai referensi dari topik yang dibahas pada postingan tersebut. Saran dari saya, ada baiknya postingan yang mengandung external link seperti itu diselingi dengan postingan yang tidak mengandung external link atau malah sebaiknya dikurangi jumlahnya:)

Mengapa? Karena sebagaimana peraturan terbaru dari Google yang kita ketahui belakangan ini bahwa Google sedang tegas-tegasnya dengan blog yang lebih banyak memuatย sponsored postย yang dimana mengandung external link dofollow, dibanding postingan alami (eh istilahnya apa ya?). Hal tersebut juga bisa berpengaruh pada peringkat-peringkat blog seperti DA, PA dan lainnya.

Mungkin itu dulu yang bisa saya bahas sebagai permulaan rubrik “Blog Teman Minggu Ini”. Jangan lupa berkunjung ke blognya Mbak Esti yaa.. dan tunggu edisi rubrik ini selanjutnya ๐Ÿ˜‰ Atau ada teman-teman blogger yang mau dibuatkan tulisan seperti ini juga?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

20 Comments

  • Lidya March 22, 2016 at 3:38 am

    aku udah kenalan sama mbak esti hehehe. udah ketemu juga sama suaminya

    Reply
    • andyhardiyanti March 22, 2016 at 3:57 am

      Wuih, saya juga udah kenalan kok mbak. Kenalan online xixixixi

      Reply
  • Rani R Tyas March 22, 2016 at 3:46 am

    Waaa.. aku taunya font cuma calibri, arial, monitype corsifa, comic sans dan times new roman. Keren nih Mbak

    Reply
    • andyhardiyanti March 22, 2016 at 3:53 am

      Terima kasih mbak ๐Ÿ™‚ Iya, saya suka nih sama font yang dipakai blognya Mbak Esti. Imut imut gimanaaa gitu hahahaha..

      Reply
  • Ade anita March 23, 2016 at 1:04 am

    Tentang teman aroma reeview..komplit

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 1:27 am

      Hahahahah.. iya mbak. Gaya bener ya ngereview blognya orang, udah macam blog sendiri kece banget ๐Ÿ˜€

      Reply
  • Ruli retno March 23, 2016 at 1:21 am

    Ya ampun.. teliti bgt mba smpe tau jenis font nya.. keren deh mba..

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 1:29 am

      Heuheuheu.. ini lebih karena bingung mau bahas apa lagi ๐Ÿ˜€
      Jenis font yang dipakai itu gampang aja kok ceknya mbak, cuma pakai add on firebugs di firefox.

      Reply
  • Alris March 23, 2016 at 2:04 am

    Bagus juga tambahan rubrik baru ini, ๐Ÿ™‚
    Nanti aku meluncur ke blog mba Esti.

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 1:29 am

      Iya, semoga bisa konsisten dengan rubrik baru ala ala ini ๐Ÿ˜€

      Reply
  • Mugniar March 23, 2016 at 2:42 am

    Waah detailnya Mama Sedja memperhatikan jenis huruf. Saya ndak kepikiran ๐Ÿ™‚

    Ternyata postingan pertama Mbak Esti itu SingPy ya. Waktu itu kan belum nikah. Mungkin ditanya2 soal, “Kapan nikah: kali yaa hehehe.

    Daaan. Dofollow … duh bikin pusing deh aturan baru itu …..
    Mama Sedja pusing, ndak? saya koq pusing yah ๐Ÿ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 1:37 am

      Wah tebakannya tepat kak Niar, iya curcolnya memang tentang itu. Heheheeh..
      Kalau yang jenis huruf gampangji ceknya kak, pakai add on firebug saja di firefox. Nanti hurufnya tinggal disorot saja. Muncul deh kode-kode yang mana tercantum jenis hurufnya juga.

      Dofollow? Ndak pusing-pusing bangetji kak. Kalau sedikit-sedikit masih boleh kok ๐Ÿ˜‰

      Reply
  • Fadly Indrawijaya March 24, 2016 at 12:17 pm

    Saya belum mengenal mba Esti namun dari segi paduan warna tampilan blog, kami memiliki kemiripan yaitu dominan Biru, Pink dan Putih bedanya karena mba Esti dominan pink sedangkan blog saya dominan biru ๐Ÿ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 1:38 am

      Eh iya ya, sepintas tampilan blognya agak mirip. Masnya gak mau ganti jadi dominan pink juga? #eh

      Reply
  • Ririe Khayan March 25, 2016 at 8:12 am

    Kok bisa sama ya? saya juga termakjleb dengan postingan yg sugesti diri itu mbak.

    Keren deh MBak, ubek-ubek blognya sampai ke do follow dan no follow.

    Reply
    • andyhardiyanti March 25, 2016 at 11:29 pm

      Hahahaha..iya mbak, soalnya agak sulit kalau mau ceritain mbak Esti-nya. Saya kurang tahu banyak. Jadi ya sudah, ubek-ubek settingan blognya aja ๐Ÿ˜€

      Reply
  • Blogger Pemula April 7, 2016 at 5:55 pm

    Waah di tunggu loh sesuatu yang baru lainnya, agar bisa menginspirasi banyak orang, sukses selalu untuk admin

    Reply
  • leli April 12, 2016 at 5:55 am

    Wah aku juga banyak ada link do follow nih, jadi harus sweeping.
    Btw suka sama rubrik ini, jadi bisa lebih deket kenal dengan teman sesama blogger ya.
    yang aku kagum, kok bisa tau jenis font yang di pakai ?

    Reply
    • andyhardiyanti April 12, 2016 at 6:03 am

      untuk tahu jenis font saya pakai fitur add ons firebug yang ada di mozilla mbak ๐Ÿ™‚

      Reply
  • Blog Teman Minggu Ini: Liza Permasih – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 3:24 am

    […] membahas siapa saja teman saya sesama blogger. Kalau sebelumnya saya membahas blog milik seorang blogger asal Semarang, maka di edisi kedua berikut saya akan mengenalkan blog milik seorang blogger asal Bekasi. Blogger […]

    Reply

Leave a Comment