Roemah Langko dan Segala Keunikannya

roemahlangko1

Roemah Langko dan segala keunikannya. Roemah Langko ini adalah salah satu rumah makan (lebih tepat disebut restoran) yang ada di kota Mataram,Lombok. Menu yang disajikan kurang lebih sama dengan menu-menu pada umumnya. Ada makanan khas Lombok, aneka menu seafood dan beberapa menu umum lainnya. Lalu apa uniknya? Yang unik adalah interiornya. Jadi jangan harap ada foto makanan maupun minuman di postingan berikut ya πŸ˜‰ Karena saya mau cerita-cerita tentang bagaimana uniknya interior dari Roemah Langko ini.

Roemah Langko: Rumah Tempo Dulu yang disulap jadi restoran

roemahlangko6

Jika dilihat dari luar, bangunan Roemah Langko ini tampak seperti rumah tinggal. Kenyataannya memang iya. Hasil tanya-tanya saya sama pelayan di sana, sebelumnya Roemah Langko adalah rumah tinggal dengan bangunan yang bentuknya masih asli ala tempo doeloe. Pemiliknya adalah seorang pengusaha blasteran China-Surabaya (tadinya saya kira Belanda). Rumah tersebut pun disulap (haiyahh bahasanya…) menjadi sebuah restoran, diperbaiki sana sini namun tetap mempertahankan konsep tempo dulunya.

Pertama kali masuk anda akan langsung mendapatkan ruangan semacam ruang tamu. Desainnya cantik, akan tetapi suasananya agak spooky gitu (atau perasaan saya aja ya ini?). Umumnya warna yang digunakan di rumah iniΒ  adalah warna putih dan cokelat, entah itu cokelat muda, cokelat tua, cokelat brondong, cokelat toblerone #eh. Semakin ke dalam, suasana rumah orang kaya di zaman tempo dulunya kian terasa. Setiap ruangan selalu terlihat lapang dengan berbagai perabotan yang sepertinya berkelas. Ya iyalah, horang kayah~ Saat tempat-tempat makan lain eksis dengan konsep instagrammablenya, maka Roemah Langko hadir dengan sentuhan yang berbeda. Walau tetap aja ramai jadi bahan upload-an di instagram.

roemahlangko4

Oh iya, selama di Roemah Langko ini anda akan banyak lihat lemari besar yang isinya ya perabotan imut-imut dari keramikΒ  gitu. Eh gitu pokoknya lah! Contoh aja di bagian kasirnya nih, duh itu ramai banget sama berbagai perintilan. Bukan apanya, kalau yang di dalam lemari sih aman. Tapi yang di sekitar meja itu tuh yang bahaya kalau kesenggol πŸ˜€

Area Restoran yang Luas

roemahlangko2

Restoran yang terletak di Jalan Langko ini memiliki beberapa tempat makan yang bisa kita pilih. Mulai dari tempat santai-santai untuk sekadar ngemil area ruang tamu, makan ramai-ramai di area makan utama yang luas hingga makan di ruangan kelas VIP. Untuk yang kelas VIP ini sepertinya khusus untuk pertemuan-pertemuan eksklusif gitu, atau perlu dipesan sebelumnya (?). Ruang VIP terletak di bangunan yang terpisah dengan kelas biasa, maksudnya area makan umumnya. Sewaktu berkunjung ke Roemah Langko, saya tentu memilih duduk di area makan yang umum. Yang luas itu.

roemahlangko3

Untuk harga makanannya sendiri sih banyak yang bilang mahal. Tapi menurut saya kurang lebih sama saja dengan tempat makan berkonsep restoran lainnya yang ada di Mataram. Bedanya adalah, walaupun mahal menu-menu di sini disajikan dalam porsi yang besar. Bisa sampai dua kali lebih besar dari porsi biasa. Jadi jatuhnya sama aja kan ya πŸ˜‰

Tempat Makan yang Berkelas

roemahlangko5

Roemah Langko tempat makan buat kelas atas? Ah gak juga. Asal jangan minder duluan gitu. Saya ada cerita nih pas beberapa hari yang lalu sempat mengunjungi restoran (yang katanya mahal) ini. Jadi saya dan keluarga datang by motor. Saat memarkir motor di sekitar area parkir (yang tidak ada tulisan ‘area parkir motor’nya), kami langsung disapa satpam di sana. Yap, motor kami satu-satunya parkir di situ. Pak Satpamnya nanya aja dong! Ada keperluan apa pak? Terus saya nyamber jawab: mau pergi makan, pak. Yang di dalam ini tempat makan kan? Dan Pak Satpamnya langsung keki gitu jawabnya: eh iya iya mbak..silahkan πŸ˜€ πŸ˜€

Nah lo, itu satpamnya apa bangetlah sama kita. Awalnya belum ngerti kok segitunya si satpam nanya ke kita. Eh pas di dalam baru deh ngeh kalau pengunjung emang rata-rata orang kece semua. Kelihatan dari penampilannya #besokbesokkalaukesinipakaijas #ataugaunsekalian #belumtaudiakalaukitainibloggerkece xixixi..

Dan sewaktu pulang di parkiran kita sudah disuguhi pemandangan area parkir yang penuh sama mobil-mobil kinclong. Terserah deh ya mereknya apa, yang jelas tampilannya kinclong! Wkwkwkw.. Okesip, lain kali kalau ke Roemah Langko harus pakai mobil .

Jadi, ada yang berminat jalan-jalan ke Roemah Langko?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

25 Comments

  • Susindra January 28, 2016 at 7:07 am

    Waduh… dari interiornya dah kelihatan kalo tuk yang kece-kece mak, kenapa tak menyamar jadi yg kece pula? hihihihi…
    btw, belum disinggung harganya nih

    Reply
    • andyhardiyanti January 28, 2016 at 9:32 am

      Wkwkwkwk..baru tahu situasi setelah tiba di sana mak.
      Harganya nyusul deh kalau makan lagi di sana, biar sekalian sama foto-foto makanannya πŸ˜‰

      Reply
  • evrinasp January 28, 2016 at 10:50 am

    nanti pas ke lombok bis mampir ke roemah langko gak ya, rasanya aneh bawa2 carrier main kesana hehe

    Reply
    • andyhardiyanti January 28, 2016 at 10:54 am

      Datang aja mbak, etapi di sini mihil euy~
      kita ke Lesehan Kelor aja gimana?

      Reply
      • idus maulana July 29, 2016 at 5:28 pm

        Standar lah mbak harga mknan di sini gak mihil mihil bingit

        Reply
  • iwcaksono January 29, 2016 at 3:06 am

    tiap hari lewat depan sini, tapi belum pernah mampir.
    dulu di halamannya ini ditempati pengusaha penyewaan mobil/rental mobil. dan bangunan utamanya kaya rumah hantu..

    Reply
    • andyhardiyanti January 30, 2016 at 3:38 pm

      Sampai sekarang juga masih berasa ‘rumah hantu’nya hihihi πŸ˜€

      Reply
  • monda January 29, 2016 at 3:00 pm

    interiornya keren…, suasana masa lalu banget..

    Reply
  • yervi hesna January 30, 2016 at 3:34 pm

    Keren euy restorannya

    Reply
    • andyhardiyanti January 30, 2016 at 3:39 pm

      Benar mbak. Suasanan tempo doeloenya dapat banget.

      Reply
  • liza January 30, 2016 at 4:16 pm

    Keren banget interiornya ya mbak.

    Reply
    • andyhardiyanti June 7, 2016 at 2:40 pm

      Bener banget mbak..unik euy. Disaat yang lain ngetren dengan instagramablenya πŸ˜€

      Reply
  • khairiah January 31, 2016 at 2:45 am

    foto2nya jelas banget, baru mau bilang kalo bentuk bangunannya mirip rumah tinggal eh langsung dijelasin memang dulunya rumah

    Reply
    • andyhardiyanti June 7, 2016 at 2:39 pm

      Iya mbak. Begitu masuk kok rasanya kayak lagi di rumah orang kaya zaman dulu πŸ˜€

      Reply
  • cumilebay February 1, 2016 at 4:28 am

    Keren banget yaa zaman jadul, bangku nya itu lho yg bikin mengingat rumah nenek gw

    Reply
    • andyhardiyanti February 1, 2016 at 4:51 am

      Rumah nenek saya juga dulu bangkunya gitu mascum ^_^ Iya nih, konsep tempo doeloenya dapat banget…

      Reply
  • abdurrahman February 1, 2016 at 6:16 am

    Klasik and unik tapi bernilai seni yang sangat mahal..
    jadi pingin tinggal di rumah itu.. heheh

    Reply
    • andyhardiyanti February 1, 2016 at 8:57 am

      Khas rumah tempo dulunya orang kaya ya mas πŸ˜€

      Reply
  • lianny hendrawati February 1, 2016 at 10:06 am

    Restorannya luas banget ini, interiornya keren ya.
    Yang ruang VIP nya unik πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti February 1, 2016 at 1:15 pm

      Iya mak. Ruang VIPnya terpisah gitu dari gedung utamanya..

      Reply
  • Eko Nurhuda June 9, 2016 at 1:57 pm

    Tempatnya keren nih, tapi kayanya nggak sesuai sama selera saya. Selera kantong maksudnya, hahaha..

    Reply
    • andyhardiyanti June 10, 2016 at 4:43 pm

      Bwahahahah.. saya juga gak sesuai kok mas. Makanya sampai sana pesan es teh doang #eh

      Reply
  • iwan June 26, 2016 at 5:13 am

    Kereenn….kalo mau pesan tempatnya ada no tlp yg bisa dihubungi gak yah.

    Reply
  • fhonna July 14, 2016 at 10:32 am

    hallo mbak, aku dari tadi cari2 nomor telepon roemah makan langkinya tpi gak nemu-nemu πŸ™

    boleh di beritahu nomor teleponnya ?
    sangkyuuu

    Reply

Leave a Comment