Balikpapan dan Kuliner Kepiting Andalannya

20140806_162402

Saat mengunjungi suatu kota, tidak lengkap rasanya jika tidak ikut mencicipi kulinernya. Kunjungan kita akan terasa biasa saja apabila menu yang kita santap di berbagai kota selalu sama, alias itu lagi-itu lagi, yang notabene restoran/tempat makan tersebut memang sudah ada di sejumlah kota. Jadi penting bagi kita untuk melakukan wisata kuliner, sekadar mencoba kuliner khas yang dimiliki suatu kota. Misalnya mengunjungi tempat makan siomay favorit di Bandung, mencicipi plecing kangkung di Lombok atau yang lainnya. Seperti yang akan saya bahas kali ini, kuliner apa sih yang menjadi andalan di kota Balikpapan?

Kuliner Khas Balikpapan

Kepiting Dandito

Balikpapan, sebuah kota besar yang terletak di propinsi Kalimantan Timur. Beberapa waktu yang lalu saya sekeluarga berkunjung ke Balikpapan, bersilaturrahmi dengan keluarga suami yang sebagian besar tinggal disana. Selain itu juga kami memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan ke tempat wisata, ke mall-mallnya Balikpapan yang bertebaran, ke bioskop yang belum ada buka di Mataram, dan tentunya ke tempat makan yang cuma ada di Balikpapan. Akhirnya setelah melewati sejumlah tempat makan, kami pun memutuskan untuk mencicipi Kepiting Saos di Restoran Dandito.

20140806_172313

Kuliner kepiting di Balikpapan ini sangat terkenal. Ada banyak tempat makan yang menyediakan kepiting sebagai menu utamanya. Oh iya, kepiting saos Dandito ini adalah salah satu menu andalan di Restoran Dandito. Jadi saos yang digunakan adalah saos khas racikan koki-koki Restoran Dandito. Tidak jarang kepiting saos Dandito ini dijadikan sebagai oleh-oleh. Mau pesan online pun boleh! Kepiting saos Dandito melayani pemesanan untuk beberapa wilayah yang dapat dijangkau dengan layanan pengiriman 1 hari sampai.

Kepiting Kenari

Ternyata selain kepiting Dandito, ada lagi tempat makan kepiting yang terkenal di Balikpapan yaitu Rumah Makan Kepiting Kenari. Sayangnya kemarin kami tidak semput berkunjung ke rumah makan ini. Ya kali makan kepiting sampai berkali-kali gitu, itu doyan apa lapar #eh. Tapi dengar dari cerita teman-teman yang udah pernah berkunjung disini, yang bilang rasanya enak lah dan lain-lain.. kok ya jadi pengen nyobain juga ya ๐Ÿ˜€

Opensnap: Si Pemandu Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Zaman Dulu vs Sekarang

Lain dulu, lain sekarang. Dulu sih pas pertama kali ke Restoran Dandito yang cuma muter-muter keliling kota Balikpapan, ketemu tempat makan, langsung deh makan disitu. Padahal belum tau rasanya gimana, tempatnya nyaman atau tidak pun dengan harganya, mencekam atau tidak ๐Ÿ˜‰ Paling banter cuma dengar pengalaman teman-teman yang sudah pernah makan disana, yang sayangnya ketemunya selalu saja setiap kita sudah pernah makan di tempat yang diceritain -_-

Aplikasi Opensnap

Gimana dengan sekarang? Udah pernah dengar yang namanya Opensnap gak nih? Kalau belum pernah, dengerin yaa.. Jadi dengan Opensnap ini acara wisata kuliner kita jadi lebih terarah. Lebih bisa pilih mana tempat makan yang sesuai dengan keinginan kita, bisa pilih mana tempat makan yang jadi favorit teman-teman dan tentunya tempat makan yang dimaksud tidak terbatas pada yang ada di kota tempat tinggal kita saja! Melainkan se-Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Feature Terbaru pada Opensnap

Belum punya aplikasi opensnap? Yuk, cuss unduh dulu di Google Play atau App Store. Dengan aplikasi ini, kita tidak hanya mendapatkan panduan untuk mengetahui tempat-tempat makan terbaik, tetapi juga memungkinkan kita sebagai pengguna aplikasi untuk menuliskan review dan memberikan penilaian atas tempat makan yang kita kunjungi ๐Ÿ˜‰ Oh iya, aplikasi Opensnap ini juga makin keren dengan adanya penambahan 5 feature terbaru yaitu:

Bookmark pada restoran yang dipilih

Dengan fitur My Bookmark, kita dapat menandai restoran dan tempat makan yang difavoritkan ๐Ÿ˜‰

  • Personalized Your Food App by Bookmark, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menandai atau bookmark restoran, jenis masakan ataupun makanan yang difavoritkan. Jadi suatu saat ketika kita memerlukan informasi terkait restoran maupun makanan tersebut, maka kita tidak perlu repot mencari satu persatu pada daftar yang ada. Melainkan cukup membuka menu My Bookmark saja. Seperti yang saya lakukan ketika sudah lama tidak berkunjung ke Balikpapan. Saya yang masih penasaran dengan kepiting kenari itupun langsung mencari info mengenai Rumah Makan Kepiting Kenari dan sekaligus memberi bookmark pada tempat makan tersebut, supaya besok-besok saat berkunjung ke Balikpapan setidaknya sudah tau seluk beluk mengenai tempat makan ini. Dan tinggal cek di menu My Bookmark.
  • Social Visited, merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat ke restoran mana saja teman yang kita follow telah berkunjung. Jadi disini bisa dilihat, restoran-restoran mana sih yang sering dikunjungi oleh teman kita.
  • Map View, merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk melihat berbagai restoran yang terdekat dari lokasi tempat kita tinggal.
  • Personalize Your Favorite Location, fitur ini memungkinkan kita untuk dapat mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk berada pada halaman terdepan pada aplikasi.
  • Everyone Tab, dengan fitur ini maka kita akan memperoleh update dan terhubung dengan seluruh foodie yang berada di kota tersebut serta menu apa saja yang mereka makan.

Serunya pakai aplikasi Opensnap ini ya jadinya pilih-pilih tempat makan cuma modal hp (plus paket data hehehe..) sudah bisa keliling Indonesia dan negara lainnya untuk lihat restoran dan menu apa saja yang jadi favorit foodie. Saudara saya yang di Jakarta malah tanya ke saya mengenai tempat makan martabak manis yang enak di Jakarta dimana. Padahal saya ada di Mataram, Lombok. Ya sudah, berbekal aplikasi opensnap ini si kakak langsung saya arahkan ke sebuah tempat yang memang jadi tempat favorit martabak manis di Jakarta. Mantap bukan?

Jadi, ada yang sudah pernah coba kuliner kepiting saos di Balikpapan? Kalau belum, coba pakai dulu aplikasi opensnap untuk sekadar tau informasi terkait restoran-restoran yang menyajikan menu kepiting disana ๐Ÿ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

7 Comments

  • Grace Melia October 1, 2015 at 12:15 am

    Yaahh, tahun lalu aku ke Balikpapan tapi nggak tau ada kepiting super ini. Jadi cuma makan di tempat yang kulewati aja. Sekarang nyesel sampe nyesek soalnya aku suka banget sama kepiting :(((

    Reply
  • Lidya October 1, 2015 at 6:02 am

    Aku belum pernah makan kepiting gini loh mbak, kalua pn makan udah berbentuk dagingnya

    Reply
  • Nurudin October 1, 2015 at 4:30 pm

    Sejauh ini saya lebih memilih udang dibanding kepiting sebagai makanan terfavorit, Mbak. Adakah tempat yang direkomendasikan untuk kuliner udang yang special?

    Reply
  • echaimutenan October 1, 2015 at 11:16 pm

    aku suka makan kepiting sampe diseruputtttttt slruppppp

    Reply
  • Ila Rizky October 2, 2015 at 12:52 am

    jauh ya, mak. di balikpapan. hiks. pengin nyicipp. :3

    Reply
  • Fahmi October 9, 2015 at 4:52 am

    hikks, kemarin nggak sempat cobain kepiting kenari pas ke balikpapan bareng daihatsu ๐Ÿ™

    Reply
  • Liburan Seru di The Jayakarta Lombok Beach Resort – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 2:56 am

    […] sekolah kemarin memang cukup panjang. Namun karena kami tidak pulang lebaran ke Makassar maupun Balikpapan dan sanak saudara banyak yang datang ke Lombok, otomatis hari hari liburan lebih banyak dihabiskan […]

    Reply

Leave a Comment