Kreatif Memanfaatkan Kardus Bekas Untuk Membuat Aneka Mainan Anak

Kreatif Memanfaatkan Kardus Bekas Untuk Membuat Aneka Mainan Anak. Semakin hari, mainan anak yang tersedia di pasaran pun semakin bervariasi. Adalah hal yang menggiurkan setiap kali anak-anak melihatnya terpajang di etalase. Meski koleksi mainan di rumah entah sudah berapa banyak jumlahnya, rasa untuk memiliki mainan dengan model yang baru itu selalu saja ada. Harga mahal sih tidak jadi soal, yang penting terbeli. Baik untuk menyenangkan hati si anak, ayah ataupun ibunya. Bagaimana? Saya pribadi sih merasa begitu. Sampai akhirnya saya mengikuti sebuah akun instagram seorang ibu rumah tangga yang luar biasa kreatifnya. Ada permainan baru bukannya dia beli, bukan pula menyerah untuk tidak beli dan membiarkan anak-anaknya kecewa. Di sana, di rumahnya, dengan berbekal kardus bekas dan bahan-bahan sederhana lainnya, berbagai macam mainan telah dibuatnya.

Semuanya Berawal dari Hobi

Adalah akun @uchywidya dengan galeri instagramnya yang sukses bikin saya dan Rani (anak saya) mupeng maksimal. Bagaimana tidak, galeri instagramnya itu dipenuhi aneka mainan hasil kreasinya sendiri. Dan yang membuat mainan-mainan tersebut terlihat lebih unik lagi adalah karena sebagian besar terbuat dari kardus bekas. Saya mulai mengikuti akun instagramnya sejak followers-nya baru berjumlah 700-an, sekarang bisa teman-teman lihat sendiri dimana followers-nya sebentar lagi akan menyentuh angka 8000. WOW! Saya yang selama ini hanya jadi pengamatnya saja akhirnya memberanikan diri untuk memulai obrolan dengan Mbak Uchy. Ya, saya memanggilnya dengan sapaan tersebut. Plis jangan tanya nama lengkapnya siapa. Mainan-mainan kardus yang ngegemesin itu mengalihkan saya untuk menanyakan nama lengkap ibu kreatif Indonesia yang satu ini. Bwahahahahah.

Melihat kreativitasnya dalam membuat aneka mainan yang hampir hampir banget mirip aslinya, otomatis dong bikin saya nebak nih orang pasti basic pendidikan/kuliahnya dulu tidak jauh dari urusan seni atau teknik deh. Guess what, ibu rumah tangga yang berasal dari Depok ini adalah seorang pekerja kantoran dengan latar belakang pendidikan Manajemen. Saya ulang sekali lagi, Manajemen. Hee? Lincah benar potong, gunting, tempel dan ide-idenya itu. Oh mungkin dia dulu ambil konsentrasi Manajemen Permainan Anak #abaikan #ngasal. Yups, kalau sekarang Mbak Uchy jadi bisa bikin macam-macam mainan dari kardus bekas ataupun bahan lainnya buat kedua anaknya, itu semua berawal dari hobi dan dikerjakannya secara otodidak. Hobi, sodara-sodara. Ini saya kapan ya punya hobi bikin mainan lucu-lucu macam gini #plak.

Mbak Uchy menjelaskan bahwa kardus-kardus tersebut didapatkannya dari bekas belanja bulanan dan untuk yang berukuran besar biasanya ia beli dari tukang kardus bekas. Jadi kalau habis belanja bulanan nih, kan banyak kardus tuh (kalau saya malah banyak plastik #hiks). Udah gitu anak-anak Mbak Uchy ini orangnya bosanan, kalau sedang di rumah dan gak ke mana-mana pada minta diajakin ngemall, makanya sama Mbak Uchy ya diajakin bikin mainan aja. Gak hanya dari kardus bekas, tetapi apa aja yang bisa dipakai di rumah (botol bekas misalnya). Lama-lama ya ketagihan karena anak-anak juga pada excited ngelihat mainan baru.

Serba Kardus Bekas, Selain Mobil-Mobilan Hot Wheels

Segala bentuk mainan rasanya ada aja di rumah Mbak Uchy ini. Terus mainan itu dimainkan siapa? Ya, anaknya lah. Heuheuheu. Dua orang anaknya, masing-masing berusia 7 dan 3 tahun. Beda usia gitu ya jelas mainannya juga beda yak. Dari hasil kepo-an saya, si abang mainannya lebih buat alat peraga belajar. Seperti untuk belajar penjumlahan pengurangan di matematika dan lainnya. Sedangkan si adek ya mainan-mainan standar di usianya. Semua yang ada di kehidupan nyata, oleh Mbak Uchi “disulap” jadi mainan-mainan kardus berwarna cokelat gini. Mesin cuci, oven, kulkas, kitchen set, alat penyedot debu (apa namanya? lupaaaa…)… satu set peralatan kebersihan lah, mainan salon-salonan, rumah-rumahan, ranjang tidur, televisi, peralatan make-up, kamera DSLR, hadeehhh.. masih banyak pokoknya!

Terus dengan koleksi mainan sebanyak itu, respon krucilsnya gimana? Masihkah mereka merengek meminta mainan-mainan yang dipajang di etalase toko? Oh tentu saja, dulu saat masih awal-awal membuat mainan kardus. Tapi belakangan ini mereka sudah ngerti bahwa mainan yang boleh dibeli hanya yang tidak bisa dibuat dari kardus oleh sang emak, yaitu mobil-mobilan hot wheels! Bwahahahahha. Selebihnya, mereka sih happy-happy aja dan malah pada nantangin emaknya “mah…bisa bikin ini gak? mah…bisa bikin itu gak? dan tadaaaa.. beragam ide membuat mainan dengan jenis yang barupun muncul dari dua anak tersebut. Yups, begitu penjelasan dari Mbak Uchy yang disampaikannya ke saya melalui aplikasi perpesan instant bernama WhatsApp pada 7 Desember 2016. Halah kalimatnya gini bener, udah macam portal berita aja 😀

Wanita Karir yang (Mungkin) Punya Waktu Ekstra

FYI, kita tidak sedang membahas anak perempuan cantik yang ada pada foto di atas ya. Kita sedang membahas emaknya! Melihat aneka mainan kardus di foto-foto sebelumnya, membayangkan betapa rempongnya membuat itu semua, mempertimbangkan waktu luang yang tersedia untuk mengerjakan hal-hal tersebut, maka sebagian dari kita bakal menebak bahwa Mbak Uchy ini emang full di rumah atau barangkali dia punya waktu ekstra dalam sehari. Kita mungkin dikasih 24 jam, sedangkan Mbak Uchy dapat bagian lebih banyak #apaansihini. Tapi kenyataannya tidak,moms. Ya jelas lah waktu yang dimiliki Mbak Uchy dalam sehari sama aja dengan kita, 24 jam. Apa Mbak Uchy seorang IRT yang full di rumah? No. Dia adalah seorang emak kantoran, yang ngantor dari Senin hingga Jumat. Dan baru bisa beneran serius main bareng krucils di akhir pekan. Lah terus itu bikin mainan kardusnya kapan?

“…bikin mainannya malem mbak…pulang kerja, abis nidurin krucil dan urusan domestik rumah selesai, baru deh ngardus…, jawab Mbak Uchy ketika saya tanya mengenai jadwalnya ngardus. Beughhh..warbayaza. Obrolan kami berlanjut lagi pada perihal berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menghasilkan mainan-mainan kardus yang menggemaskan tersebut. Ternyata nih, untuk mainan yang sederhana ya hanya menghabiskan waktu selama 1 jam. Sedangkan untuk mainan-mainan yang ribet seperti rumah-rumahan ataupun kitchen set, butuh waktu pengerjaan selama 2 sampai 3 hari. Dimana cepat atau lambatnya, sangat bergantung pada banyaknya gangguan yang terjadi selama proses pembuatan. Wkwkwkwkwk.

Cara Merawat Mainan Kardus Agar Lebih Awet Dimainkan

Mainan yang terbuat dari bahan yang sudah bersertifikat segala macam saja kalau sudah dilempar atau diapakan kek gitu, gak lama ya langsung hancur. Lah ini kardus, yang mungkin kalau kesiram air dianya bakal langsung kalem. Siapa juga ya itu yang iseng nyiram air ke mainan #oops. Oh iya, Mbak Uchy memulai aktivitas ngardusnya ini sejak setahun yang lalu. Dimana berarti mainan-mainan krucils awet dong yakk dan tentu saja krucilsnya juga pasti sudah pada pintar merawatnya. Lalu bagaimana sih cara merawat mainan kardus agar lebih awet?

Tips dari Mbak Uchy yaitu langsung direparasi aja begitu ada yang rusak, sekaligus diajarkan ke anak bahwa mainan kardusnya tidak boleh kena air, ya intinya sih mereka diberikan edukasi (eaaa..edukasi) terkait cara memainkan, merawat dan menyimpannya. Lama kelamaan krucils bakal ngerti kok 😉

Mainan Kardus Lebih Murah? Jangan Salah!

Wah peluang nih, bikin toko online khusus jualan mainan kardus. Bahan-bahannya kan murah, jadi harganya juga lebih murah dong. Hee..jangan salah! Sampai sekarang aja Mbak Uchy lebih merekomendasikan para followersnya untuk membuat sendiri mainan-mainan kardus tersebut berbekal video tutorial yang telah di-uploadnya di channel YouTube. Biar apa? Biar gak usah pesan sama Mbak Uchy. Karena selain susah cari waktu luangnya, jelas nanti jatuhnya bakal mahal karena semuanya dikerjakan sendiri oleh Mbak Uchy dan bisa jadi saat proses pengiriman bakal rentan rusak. Ya sayang aja kan kalau mesti beli? Itulah mengapa Mbak Uchy rencananya pengen fokus bikin video tutorial buat para mommies di luar sana.

Salah satu contoh video tutorial yang sudah dibuat Mbak Uchy tuh seperti di atas, yaitu tutorial membuat mainan bedak-bedakan (face powder) dari kardus bekas. Yuk diikutin di rumah, mom 😉

Temukan Beragam Kreativitas dari Media Sosial

Mbak Uchy (@uchywidya) sebenarnya hanya salah satu contoh dari sekian banyak orang-orang kreatif yang dimiliki Indonesia (ihiyyy~). Selain Mbak Uchy, saya mengenal sejumlah teman sesama blogger yang kreatif dengan keahliannya masing-masing. Sebut saja Mbak Cucuthnya Echa yang juga sering bikin mainan-mainan DIY apalah namanya itu buat anaknya :D, atau Mak Winda Krisnadefa yang tulisan tangannya udah ngalahin tulisan-tulisan tipikal kaligrafi yang ada di komputer hihihi, atau Mbak Pungky Prayitno yang selain emang jago nulis juga hasil jepretannya gak diragukan lagi, pokoknya banyak dah! Pintar-pintar kalian aja memilih mau memanfaatkan media sosial yang ada untuk belajar dari orang-orang kreatif ini atau untuk hal-hal lain yang sebenarnya cuma menguras kuota. Eaaa bahasanya~

Jadi buruan follow gih akun-akun kece yang saya bagikan di atas. Follow IG saya juga gak papalah. Ntar saya folbek #eh. Oh iya, terus sekarang gimana? Masih mau jajan mainan dengan harga yang tinggi atau mau berburu kardus dan bikin mainan sendiri? Share yuk di kolom komentar 🙂

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

44 Comments

  • Hastira December 19, 2016 at 8:04 pm

    ih keren bangeeet, idenya itu yang gak bisa ditiru, siiip, sekalian peduli lingkungan ya

    Reply
  • antung apriana December 19, 2016 at 9:14 pm

    Wah, keren banget itu mainan-mainannya, mbak. Ibunya pasti kreatif banget yak

    Reply
  • indah juli December 19, 2016 at 10:11 pm

    Wuih keren banget, pengen bisa seperti itu kreatif, tapi daku orangnya cepat patah semangat kalau nggak berhasil 😀

    Reply
  • Arman Tjandrawidjaja December 19, 2016 at 10:12 pm

    wow.. bener2 kreatif!!! 🙂

    tapi gak cocok buat gua.. gua alergi sama kardus. hehehe.

    Reply
  • Leyla December 19, 2016 at 10:32 pm

    Kardus banyak di rumah dan sempat bikin2 mainan dari kardus, tapi anak-anakku gak mau mainan dari kardus. Emaknya jadi patah semangat haha…

    Reply
  • Siti mudrikah December 19, 2016 at 10:47 pm

    Menjadi kreatif buat aku adalah cita2 yang belum tercapai, udh ngikutin diy diu yg di youtube masih aj hasilnya beda
    Betewe mba uchy ini keren banget, disela-sela kerja masih bisa buat mainan sendiri buat anak.

    Reply
  • evrinasp December 19, 2016 at 10:57 pm

    kreatif bangettt, aku kardus bekas malah dijual haha :p mbak blog mu tampilannya baru ya

    Reply
  • liza permasih December 19, 2016 at 11:12 pm

    Keren banget yaaaaa
    bikin mupeng

    Reply
  • Armita Fibriyanti December 19, 2016 at 11:22 pm

    kereeeen banget, aku sanggup gak ya?

    Reply
  • Astin December 19, 2016 at 11:32 pm

    Kreatif itu beli di mana ya? Keren keren banger moms di postingan tadi. Aku may nyari sisi kreatifku dulu…

    Reply
  • Vera Astanti December 19, 2016 at 11:33 pm

    Keren ya mak, aku koleksi beberapa buku hasta karya. Tapi yah cuma koleksi. Belum dipraktikan. Hahahaha. Seneng ya lihat emak emak yang kreatif itu, jadi termotivasi gitu. Tapi ya tetep aja banyak malesnya. Duh…

    Reply
  • echaimutenan December 20, 2016 at 1:09 am

    tukang karduse mb uchy itu baek ngasihkknya yg kardus2 bekasnya yg kuat2. disini kudu milih huhu.

    btw mb uchy itu emang keceeeeee <3 suhuuu :*

    Reply
  • Vidy December 20, 2016 at 1:54 am

    Hm…adha baru kemaren tuh aq bikinin tempat parkiran mobil dari kotak sepatu. You know, itu tempat parkir ala ala emak cuma bertahan satu jam sejak selesai dibuat. Setelah itu bentuknya gak jelas wkwkwk..
    Oh ya itu penyedot debu namanya vacum cleaner mama rani yang cantik…:-p

    Reply
  • Liza December 20, 2016 at 1:58 am

    Kalau aku, pulang kerja n ngeloni bocil sendiri juga tepaaar. Hahahah. Dasar emak tukang tidur

    Reply
  • Fian Khairunnisa December 20, 2016 at 2:42 am

    Ya ampun… heibat banget bisa bikin beginian! Sayangnya rumahku kalau ada kardus satu aja udah nggak bisa jalan, hiks. Nasib tinggal di RSSSSSS

    Reply
  • nova violita December 20, 2016 at 2:54 am

    sempetnya bikin kaya begituan… butuh waktu lama gak sih..???

    harus pilih kardus yang kuat itu ya.. kaya kardus mesin cuci atau kulkas… kalo kardus bekas air mineral kena angin udah penyok..he2

    Reply
  • PutriKPM December 20, 2016 at 3:12 am

    Astaga gemes banget! Ih jadi kepikiran pengen bikin buat mainan di rumah. Ini tuh kudu telaten dan pelan – pelan banget kan ya. Salut banget ada yg bikin detail kayak gitu. Keren!

    Reply
  • winda puspita December 20, 2016 at 3:25 am

    keren banget hasilnya… kreatif..!
    jadi kepikiran pengen buat juga deh

    Reply
  • Dwi Puspita December 20, 2016 at 3:30 am

    Kreatif banget, kapan2 mau niru juga ah…

    Reply
  • Arni December 20, 2016 at 3:39 am

    wow takjub aku liat mainan kardus buah tangan mbak Uchi
    Luar biasa kreatif dan manajemen waktunya

    Reply
  • Uchy Widya December 20, 2016 at 4:07 am

    Terima kasih Mbak Andy…, Well said… makasih banyak mba apresasianya.. makasih banyak juga semua yang sudah berkomentar.. sungguh deh baca komennya jadi semakin semnagat membara… hahahaha…

    Reply
  • Ophi Ziadah December 20, 2016 at 4:10 am

    cuss follow mba Uchy

    Reply
  • nur rochma December 20, 2016 at 4:49 am

    Kreatif dan tentu saja hasilnya bagus.

    Aku mau follow.

    Reply
  • Lily Kanaya December 20, 2016 at 8:07 am

    Wah keren banget, uda sering liat diy sperti ini di pinterest tapi kalo ada temen langsung yang kerjain jadi lebih pengen nyoba sendiri 🙂

    Reply
  • Nia K. Haryanto December 20, 2016 at 9:05 am

    Wuih keren banget. Mupeeeeeng… Kreatifnya.

    Reply
  • Sandi Iswahyudi December 20, 2016 at 11:57 am

    kreatif mbak… dan jelas bisa mengurangi pengeluaran hehe… bdw, ini blog tampilan baru ya mbak

    Reply
  • Mei Wulandari December 20, 2016 at 2:53 pm

    Wow keren ya mb bisa bikin mainan kardus gitu, kalau aku pasti udah gak sabar. Apalagi buatnya pas pulang kerja, capek hehehe
    Sangat inspiratif.
    Btw Mb Andy juga keren, jago nulis jg

    Reply
  • cumilebay December 20, 2016 at 10:33 pm

    Sumpah kreatif banget … salut ama orang2 macam ini yang telaten

    Reply
  • winny December 21, 2016 at 2:19 am

    ya ampun kak dirimu kreatif banget sampah jadi bahan berguna.. mau diajarin dong kak

    Reply
  • winny December 21, 2016 at 2:21 am

    ya ampun kak kreatif banget, aku sukaaa bagikan tips membuatnya dong kak

    Reply
  • zaenudin December 21, 2016 at 6:14 am

    ini kreatif sekali mba uchi.. pasti bikinnya lama ya kalau bentuknya kayak mesin cuci itu. hehe

    Reply
  • monda December 21, 2016 at 6:58 am

    jadi keasyikan sendiri nonton videonya, keren banget mbak Uchy

    Reply
  • Kilua December 28, 2016 at 6:13 am

    keren sekali mainannya mba

    Reply
  • Heritage December 29, 2016 at 12:02 am

    Video nya kereeen abiiss

    Reply
  • baiq rosmala January 2, 2017 at 2:06 pm

    wiih keren banget, salut abisss

    Reply
  • Mugniar January 3, 2017 at 5:34 am

    Iih keren yah …. kalo ruahnya besar, lebih banyak lagi kardus2 yang dikreasikan

    Reply
  • Didik Purwanto January 31, 2017 at 3:22 pm

    Gila kreatif banget nih yang bikin. Pasti ama si kecil langsung ditindih ludes donk..hehe

    Reply
  • nh18 February 1, 2017 at 2:58 am

    Vacuum Cleaner
    Mesin Cuci
    Aaahhh ini lucu banget.
    Dan dari tulisan ini saya jadi tau bahwa ini tak sesederhana bentuknya.
    Diperlukan kreatifitas (dan ketekunan) untuk membuatnya

    salam saya Mak

    Reply
  • zata ligouw February 11, 2017 at 3:36 am

    makasih artikelnya mba Andy. Aku dan si bungsu udah ngumpulin kardus2nya tapi belum sempat melulu bikinnya. Jadi semangat lagi buat mulai bikin nih…

    Reply
  • wiwid February 11, 2017 at 8:20 am

    pdahal lagi ngedraft tulisan kreasi kardus bekas. lihat ini langsung jiper. Kereeeennnn.. serupa si “ibu kardus” yaa… Awesome!

    Reply
  • Hastira June 19, 2017 at 7:19 pm

    kalau ditangan orang kreatif apa sjaj bisa jadi bagus

    Reply
  • Zia June 19, 2017 at 11:28 pm

    Mba Uchy keren amat nih. Musti berguru. Langsung ceki-ceki ig. Ini ulasannya ciamik banget deh, mama Raniiii. Hehehe

    Ahhhh mak Winda, mba Pungky, dan mba Echa, mereka emang blogger kece n kreatif.

    Reply
  • Nizam June 20, 2017 at 5:34 am

    mantaapppsss, inspiratif

    Reply
  • Rianda Prayoga June 27, 2017 at 5:44 am

    mantab kali, kalo mainan dari kardus gini kan jdi aman buat mainan anak

    Reply

Leave a Comment