Pegadaian Tabungan Emas: Karena Pegadaian Tidak Selalu Soal Gadai

pegadaian-tabungan-emas-001

Pegadaian Tabungan Emas: Karena Pegadaian Tidak Selalu Soal Gadai. Rasanya hampir seluruh penduduk di Indonesia mengenal yang namanya Pegadaian. Sebuah perseroan yang identik dengan urusan “gadai”, yang dimana sangat diandalkan ketika seseorang dalam keadaan terdesak membutuhkan sejumlah dana tunai. Wajar saja, Pegadaian yang awal mulanya didirikan di tahun 1746 ini memang memiliki sejumlah latar belakang, yaitu: untuk mencegah ijon, rentenir dan pinjaman tidak wajar lainnya; untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil; serta untuk mendukung program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional. Sayangnya setiap kali berbicara mengenai Pegadaian, yang selalu dibayangkan adalah urusan gadai, perihal seseorang sedang dalam kondisi keuangan yang susah sehingga harus menggadaikan perhiasannya misalnya. Padahal Pegadaian tidak melulu soal gadai.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa salah satu cara mendapatkan emas atau perhiasan emas dengan harga terjangkau adalah dengan membeli emas dari hasil lelang di Pegadaian. Emas yang digadaikan dalam jangka waktu tertentu dan tidak ditebus oleh pemiliknya, setelah melalui berbagai prosedur pada akhirnya akan dimasukkan ke dalam daftar lelang Pegadaian. Dari sinilah kita bisa mendapatkan emas dengan harga terjangkau tersebut, yang sudah tentu stoknya tidak banyak. Info lengkap mengenai lelang Pegadaian Emas bisa didapatkan di kantor Pegadaian terdekat di kota Anda, ataupun dengan mengakses situs resmi Pegadaian. Jadi jangan selalu berpikir kalau orang ke Pegadaian itu karena sedang susah keuangannya ya, siapa tahu dia ingin membeli emas πŸ˜‰

pegadaian

Pegadaian Tidak Melulu Soal Gadai

Selain membeli emas hasil lelang, ada satu aktivitas lagi yang belakangan ini sering dilakukan nasabah di kantor Pegadaian. Ya, menabung emas. Pegadaian Tabungan Emas adalah sebuah program yang diluncurkan oleh Pegadaian di tahun 2015 kemarin. Karena buku tabungan yang isinya berupa saldo jumlah rupiah sudah terlalu mainstream, maka Pegadaian membuat inovasi buku tabungan yang berisi saldo jumlah gram emas yang dimiliki nasabah saat ini. Lalu, apa itu tabungan emas? Pada situs resmi Pegadaian disebutkan bahwa tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Sudah ada gambaran mengenai tabungan emas? Bagaimana kalau kita mulai membuka rekeningnya saja?

Membuka Rekening Tabungan Emas di Pegadaian

Biaya-biaya Terkait Tabungan Emas Pegadaian

pegadaian-tabungan-emas-004

Sebelum membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian, ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa hal yang berkaitan dengan Pegadaian Tabungan Emas seperti biaya-biaya apa saja yang akan dikeluarkan dengan dibukanya rekening Tabungan Emas. Ini penting agar kita sebagai nasabah tahu kemana dan untuk apa saja biaya-biaya tersebut dikeluarkan. Sehingga kita tidak serta merta melakukan komplain ketika ada biaya yang harus dikeluarkan di kemudian hari. Berikut ini daftar biaya-biaya yang nantinya akan dikeluarkan untuk rekening Tabungan Emas Pegadaian.

  • Biaya administrasi pembukaan rekening sebesar Rp5.000,-
  • Biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000,-
  • Biaya apabila ingin melakukan order cetak kepingan emas dengan pilihan kepingan (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) yang biayanya akan bergantung pada besar pilihan kepingan yang ingin dicetak.

Sudah tahu kan nantinya kita akan mengeluarkan biaya untuk apa saja? Sekarang saatnya kita mempelajari prosedur Tabungan Emas Pegadaian.

Prosedur Tabungan Emas Pegadaian

pegadaian-tabungan-emas-003

Terdapat sejumlah prosedur untuk membuka rekening Tabungan Emas Pegadaian. Berdasarkan informasi dari situs resmi Pegadaian, prosedur-prosedur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian hanya dengan melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/ SIM/ Passpor) yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5.000,- dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp. 30.000,-.
  3. Proses pembelian emas dapat dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram dengan atau sebesar Rp. 5.550,- untuk tanggal hari ini (17-05-2016). Misalnya jika ingin membeli 1 gram, maka harganya adalah Rp. 555.000,- .
  4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas Anda dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar Rp. 538.000,- untuk tanggal 17-05-2016.
  5. Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram
  7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Bagaimana? Mudah bukan? Jadi coba deh mulai disisihkan uang jajannya untuk menambah saldo tabungan emas. Kurang keren apalagi tuh masih usia sekolah tapi tabungannya dong.. tabungan emas!

Buku Tabungan Emas Pegadaian

pegadaian-tabungan-emas-002

Pembuatan buku Tabungan Emas Pegadaian itu simpel banget. Ya sama aja dengan kita membuat buku tabungan di bank konvensional. Eh bukan sama ding, lebih gampang lebih tepatnya! Cukup dengan mengisi formulir pembuatan buku tabungan seperti gambar di atas. Dan tidak perlu bingung mikirim kolom-kolom dengan istilah aneh tersebut. Nasabah hanya perlu mengisi pada bagian yang sudah ditandai dengan stabilo.

Jika pembukaan rekening Tabungan Emas Pegadaian dilakukan di kantor pusat, maka proses pembuatan buku tabungan bisa selesai pada hari yang sama. Akan tetapi jika dilakukan di kantor cabang, maka nasabah perlu menunggu sehari hingga buku tabungannya selesai dicetak.

Benar bukan, Pegadaian Tidak Selalu Soal Gadai

pegadaian-tabungan-emas-005

Jadi benar bukan kalau Pegadaian tidak selalu soal gadai. Ketika seseorang pergi ke kantor Pegadaian hendaklah jangan selalu di-judge sedang butuh uang dan akan menggadaikan emas. Siapa tahu mereka mau beli emas hasil lelang Pegadaian. Atau mungkin mereka mau menambah saldo Pegadaian Tabungan Emas πŸ˜‰ Dan kalaupun mereka mau gadai emas juga tidak apa-apa, toh mereka tidak melakukan tindakan kriminal untuk memperoleh uang πŸ˜€ #okeyangterakhirlebay

Oh ya, supaya pada percaya dengan cerita saya. Di atas sudah saya lampirkan buku tabungan emas Pegadaian yang saya punya. Saldonya memang belum banyak. Tapi lumayanlah, susah susah gini sudah punya tabungan emas seberat 0.24gram. Siapa tahu besok-besok menyusul gram-gram lainnya. Yuk ah, buka tabungan emas Pegadaian dari sekarang dan mulai sisihkan pendapatan bulanan kalian supaya saldo emasnya kian meningkat. Saya pribadi merekomendasikan Pegadaian Tabungan Emas ini sama teman-teman semua. Kenapa? Karena yang ditabung emas plus mau tarik tunai juga ATMnya di mana. Jadi tabungan ini cocok banget buat kalian yang berniat menyimpan uang tapi selalu gagal karena saldonya ketarik terus di mesin ATM maupun mesin EDC πŸ˜€

Bagaimana dengan teman-teman, ada yang sudah membuka rekening Pegadaian Tabungan Emas juga? Share di kolom komentar yaa pengalamannya πŸ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

64 Comments

  • Yasinta Astuti May 17, 2016 at 3:06 am

    Aku mau ikutan juga ahh buka tabungan emas.
    Emas kan ga ada musim dan resiko nya kecil hihi

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:23 pm

      Hayukkk mbak Sinta..buruan buka rekening tabungan emas Pegadaiannya. Lumayan kan dari job yang kemarin ituh bisa dapat berapa gram emas. Hihihihi *soktaubangetsaya

      Reply
  • Belalang cerewet May 17, 2016 at 3:47 am

    Inovasi nya boleh juga nih, jd ga harus nyimpen emas di rumah kyk antam. Bisa juga buat hadiah blogging hehe. Makasih infonya, Mbak.

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:04 pm

      Hahahaha.. betul. Jadi lebih aman simpan emasnya yaa mas πŸ˜‰

      Reply
  • eskaningrum May 17, 2016 at 4:02 am

    Terimakasih sharingnya mba. Aku termasuk yg suka investasi emas tapi saat ini aku simpan batangannya sendiri (berisiko sih sebenarnya). Baru kemarin aku dikasihtau ada tabungan emas di pegadaian, sekarang lagi cari-cari infonya dulu nih soal biaya lain2nya….

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 2:01 pm

      Wah keren mbak kalau emang udah suka investasi emas. Bakal lebih keren lagi nih kalau udah buka rekening tabungan emas Pegadaian juga πŸ˜‰

      Reply
  • maz echo May 17, 2016 at 4:12 am

    Gampang banget ya, cara buka tabungannya

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:59 pm

      Iya nih mas. Yuk besok mulai tengokin kantor cabang Pegadaian terdekat di sana hihihi

      Reply
  • ratusya May 17, 2016 at 4:21 am

    Makasih infonya mbak.
    Aku baru tau Dan tertarik banget, secara klo beli langsung 5g kok ya berasa banget. Tapi kalo beli 1g an kok rugi.
    Kalo nyicil gini kan jadi asyik ya. Dikit2 menjadi Bukit πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:40 pm

      Betul banget mbak. Walaupun awalnya cuma bisa beli nol koma sekian gram aja. Hihihihi..

      Reply
  • Santi Dewi May 17, 2016 at 4:22 am

    waah… ada tabungan emas segala ya di pegadaian, keren euy.. πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:39 pm

      hihihi iya nih mbak. Inovasinya si Pegadaian. Keren yaa

      Reply
  • Putri May 17, 2016 at 4:38 am

    Share yang bagus nih mbak. Boleh juga idenya nabung emas. Pasti aman karna ga bisa ditarik di ATM kala godaan melanda

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:38 pm

      Wahahahah betul banget mbak. Yang ganggu banget itu yaa si ATM. Kalau kayak gini kan lebih aman dari urusan tarik tunai hihihi

      Reply
  • Yulia May 17, 2016 at 4:53 am

    Ulasannya keren atulah, saya jadi grogi mau ikutan juga.. hihihi. Semoga beruntung ya

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:37 pm

      Makasih mbak πŸ™‚
      Dihh..jangan grogi gitu dongs. Nulis juga yuk yuk~

      Reply
  • Intan Rosmadewi May 17, 2016 at 4:59 am

    udaah . . . di buka, eaaa suka

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:35 pm

      wuihhh bunda juga udah buka rekening tabungan emas nih. Yuk yuk bunda semangat nabungnya πŸ™‚

      Reply
  • RaisaHakim May 17, 2016 at 5:45 am

    Para konsultan finansial juga banyak menyarankan untuk investasi emas dalam bentuk tabungan karena minim resiko, tapi saya baru tahu kalau prosesnya ternyata gak ribet dan baru tahu dari pegadaian ini. hehe kudet banget ya. BTW makasih ya sudah mampir ke blog newbie kaya saya πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:35 pm

      Wah iyakah mbak? Saya malah baru tahu kalau investasi emas sangat direkomendasikan dalam bentuk tabungan πŸ™‚

      Reply
  • Witri Prasetyo Aji May 17, 2016 at 5:51 am

    dulu sih, penggadaian setahu kalau cuma menggadaikan barang
    eh, ada tabungan emasnya juga…

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:33 pm

      Iya,mbak. Tabungan Emas Pegadaian mulai diluncurkan sejak 2015 kemarin. Ikutan buka tabungan juga yuk πŸ˜‰

      Reply
  • @dodon_jerry May 17, 2016 at 6:27 am

    waini… seru kayanya. saya jadi pengen nyobain nih.lumayan juga nabung emas di pegadaian

    Reply
  • benny rhamdani May 17, 2016 at 7:22 am

    coba ah

    Reply
  • Oline May 17, 2016 at 7:54 am

    Ohh beli emas bisa di pegadaian yah? Selama ini aku taunya di pegadaian ya untuk menggadaikan barang aja…

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:28 pm

      Iya, mbak. Bisa. Program ini diluncurkan sejak 2015 lalu. Yuk yuk bikin tabungan emas juga πŸ˜‰

      Reply
  • Astin Astanti May 17, 2016 at 9:16 am

    saya belum buka, tadi ke kantor pegadaian dan blanko sedang habis… banyak nich peminatnya

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:26 pm

      Wah..sampai kehabisan blanko? Betul-betul banyak peminatnya nih berarti. Coba nanti datang lagi mbak, keren banget soalnya ini tabungannya πŸ™‚

      Reply
  • trip jalan jalan May 17, 2016 at 9:36 am

    emas tidak ada matinya

    sangat bagus untuk invest di emas.

    terima kasih infonya, sangat bermnafaat mbak andyhardiyanti

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:25 pm

      Sip sip. Sama-sama. Terima kasih juga sudah berkunjung kemari ^_^

      Reply
  • Adi Pradana May 17, 2016 at 10:11 am

    Inovasi tiada henti, kita harus bisa berdaya saing, kalo tidak akan kalah…. Sip.

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:22 pm

      Betul mas Adi. Jadi? Ayo bikin tabungan emas πŸ™‚

      Reply
  • Adetruna May 17, 2016 at 11:06 am

    Suka antar istri ke Pegadaian. Dan kalo lagi nunggu antrian suka baca2 brosur trus liatin ke istri, saya ajak, “yuk nabung emas?”

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:22 pm

      Terus istrinya mau gak diajakin bikin tabungan emas? Hehehehe πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • Riks May 17, 2016 at 11:56 am

    aku baru tau. Kirain pegadaian itu cuma menerima gadai barang-barang. Ternyata bisa nabung juga tow.

    Reply
    • andyhardiyanti May 17, 2016 at 1:20 pm

      Iya mbak. Selain jadi tempat gadai emas, di Pegadaian juga bisa beli emas hasil lelang dengan harga yang biasanya lebih terjangkau. Ditambah lagi inovasi baru ini yaitu tabungan emas.

      Reply
  • Ida Tahmidah May 17, 2016 at 3:58 pm

    Jadi inget belum ambil buku tabungan emasnya πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 12:48 am

      Wah..udah berapa hari tuh mbak belum diambil? πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • Agung Han May 17, 2016 at 10:32 pm

    Baru tau saya kalau bisa nabung emas di Pegadaian
    TFS
    salam sehat dan semangat amin

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 12:48 am

      Sama-sama..
      Terima kasih juga sudah berkunjung yaa πŸ™‚

      Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani May 17, 2016 at 10:35 pm

    Betul mbak…pegadaian bukan hanya soal gadai. Kita bisa beli emas, bisa nabung emas dan juga bisa melakukan transaksi pembayaran yang lain seperti pembayaran listrik, PDAM dll.

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 12:45 am

      Nah kalau yang ini lupa saya sebutin di atas. Hahahaha.. Betul betul Pegadaian juga bisa jadi tempat kita bayar berbagai tagihan πŸ™‚

      Reply
  • evrinasp May 17, 2016 at 11:05 pm

    suami ku udah nyuruh dari kapan tau mbak, tapi belum sempat ngurusnya, katanya kalau tabungan emas lebih stabil ya

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 12:44 am

      Iya mbak. Yuk yuk diurus πŸ™‚ Ntar yang mau disetor keburu habis dijajanin…hihihi

      Reply
  • Hilman Mulya Nugraha May 18, 2016 at 2:40 am

    Ternyata bukan cuman saya aja yang buka tabungan emas di pegadaian, banyak juga yah yang daftar, emang menarik sih nabung emas di pegadaian

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 8:34 am

      Wuihh keren nih udah punya tabungan emas Pegadaian. Tapi ternyata masih banyak lho mas..yang belum tahu~

      Reply
  • Khair May 18, 2016 at 7:13 am

    boleh juga ni ikutan sepertinya menguntungkan untuk kedepannya

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 8:36 am

      Yuk yuk..ikutan bikin tabungan emas Pegadaian :))

      Reply
  • Susindra May 18, 2016 at 9:09 am

    Alhamdulillah sudah lama tahu, Mbak, tapi belum punya. hihihihi

    Reply
  • Nchie Hanie May 18, 2016 at 11:46 am

    beneran ya pegadaian emaang punya inovasi baruu
    aku mauu ahh buka rek tabungan emasnya
    kemaren pas acara roadblog ga sempet nanya2 hiks

    Reply
    • andyhardiyanti May 18, 2016 at 1:58 pm

      Sibuk benar nih kayaknya kemarin ya Teh? Sampai gak sempat nanya-nanya. Hihihihi.. Semoga informasi yang tercantum pada postingan ini bisa membantu yaa ^_^

      Reply
  • Mugniar May 18, 2016 at 3:44 pm

    Waah rupanya Mama Sedja sudah punya tabungan emas yaah. Tenang mi itu Sedja, mamaknya berpikiran jauh ke depan πŸ™‚

    Reply
  • Jumanto May 18, 2016 at 8:10 pm

    Perkembangan dananya kayaknya kurang meyakinkan ya. Buat investasi kayaknya kurang cocok

    Reply
  • fauzi nurhasan May 18, 2016 at 11:38 pm

    ternyata saya baru tau kalau ada program tabungan emas

    Reply
  • Lidya May 19, 2016 at 3:02 am

    betul banget mbak gak cuma untuk menggadaikan sesuatu ya

    Reply
  • Molly May 19, 2016 at 3:11 pm

    Alhamdulillah aku punya rekeningnya mba… yeaaayy. Ngisinya yang masih senin-kemis.. hahaha :D.

    Reply
  • Fanny F Nila May 19, 2016 at 10:17 pm

    kira2 biaya cetak sesuai emas yg dipilih berapa ya mbak? aku jg punya tabungan emas, tapi lewat bank syariah mandiri… kalo disana cuma ada biaya admin dan cicilan yg kita tentuin tiap bulannya.. kalo udh lunas, lgs dikasih emas batangannya.. makanya aku ga tau brp biaya cetak emasnya itu.. mw itung2an aja lbh murah mana , cicil lewat pegadaian ato lwt bank πŸ™‚

    Reply
  • AlviyatuN May 21, 2016 at 1:38 pm

    Ulasannya cukup menarik sekali, saya juga ada postingan yang hampir serupa dengan artikel diatas.

    Reply
  • Noer Ima Kaltsum May 30, 2016 at 9:52 am

    ikutan nabung emas ah

    Reply
  • Ahmad Alfan T September 6, 2016 at 2:14 pm

    Hallo mbak, bagus sekali ulasannya, ini bisa jadi motivasi tambahan buat istri saya supaya gemar lagi berinvestasi. πŸ˜€

    Reply
  • Nutsafir, Kukis Enak dari Lombok – Blognya Andy Hardiyanti January 7, 2017 at 2:51 pm

    […] pernah baca bahwa saat memulai usahanya, Mbak Sayuk bahkan menggadaikan sejumlah perhiasannya di Pegadaian demi mendapatkan modal usaha. Malu sama orang-orang sekitar tentu saja, tapi dengan kerja keras dan […]

    Reply

Leave a Comment