Blog Teman Minggu Ini: Afifah Mazaya

afifahmazaya-andy-001

Blog Teman Minggu Ini: Afifah Mazaya. Akhirnya nulis postingan ini lagi setelah lama tertunda. Dari yang rencana awalnya ditulis per dua minggu sekali, jadi molor beberapa minggu. Hiks. Kalau dihitung-hitung, berikut adalah blog ke-4 yang saya bahas dalam rubrik “Blog Teman Minggu Ini”. Ada yang penasaran tidak sekarang saya akan mengulas blognya siapa? Yap, seperti yang terlihat pada gambar di atas: Flying Without Limit a blog by Afifah Mazaya.

Berkenalan dengan Mbak Afifah Mazaya

afifahmazaya-andy-005

Seperti biasa, sebelum membahas blognya mari kita berkenalan dulu dengan sosok yang ada di balik blog tersebut. Yap, namanya adalah Afifah Mazaya. Dimana biasa dipanggil dengan nama Fifah. Mbak Fifah merupakan seorang blogger yang berasal dari Bogor. Blogger yang hobinya menulis dan membaca ini bisa teman-teman hubungi melalui akun-akun media sosialnya yang sudah disebutkan di atas. Ya kali ada yang mau kenalan~

Tentang Blog AfifahMazaya

Penggunaan Warna

afifahmazaya-andy-002

Saat pertama kali mengunjungi blog milik Mbak Fifah yaitu afifahmazaya.com, saya langsung disuguhi tampilan serba putih. Setiap area yang satu dengan yang lain hanya dipisahkan oleh garis atau gambar. Misalnya antara postingan yang satu dengan yang lain. Atau antara menu bar dan header. Sebenarnya nyaman karena tampilannya yang sederhana. Sayangnya kalau diperhatikan cukup lama, bisa membuat mata lelah juga. Mungkin karena dominan akan warna putih.

Oh iya, secara umum terdapat tiga warna yang digunakan pada blog Flying Without Limit tersebut yaitu warna putih, abu muda dan abu tua (bukan hitam lo yaa..). Dimana warna putih tentunya digunakan sebagai latar belakang atau background, baik background postingan, kolom komentar, kolom pencarian dan lainnya. Kemudian warna abu muda digunakan pada sejumlah teks yang di dalamnya mengandung hyperlink. Dan yang terakhir yaitu warna abu tua digunakan pada teks postingan secara umum. Oh ya, warna hitam juga digunakan pada blog ini yaitu pada judul sebuah postingan.

Penggunaan Font

afifahmazaya-andy-003

Setelah berbicara mengenai penggunaan warna pada tampilan blog yang mempengaruhi kenyamanan para pengunjung, maka selanjutnya kita bahas mengenai font atau jenis huruf apa saja yang digunakan pada blog Mbak Fifah. Saya pun mengubek-ubek tampilan blog Mbak Fifah dan menemukan tiga jenis font di atas. Tiga jenis font tersebut bernama PT Sans, Arial dan Calibri. Entahlah kalau ada penggunaan font lain, kalau dari saya pribadi sih itu tadi jenis-jenis yang saya ketahui dipakai pada blog tersebut.

Sepintas tiga jenis font yang dimaksud terlihat memiliki kesamaan. Namun rupanya berbeda. Nanti akan saya jelaskan bagaimana cara mengetahui jenis huruf apa yang digunakan pada suatu tampilan blog. Walaupun pasti sudah banyak yang tahu πŸ˜€ Oh ya, untuk penggunaannya sendiri pada blog afifahmazaya.com yaitu font PT Sans digunakan pada judul halaman seperti: Home, About and Contact Me, Disclosure dan Book Blog. Untuk font jenis Calibri digunakan untuk isi postingan, dan font jenis Arial digunakan pada tanggal dipublikasikannya postingan. Sedangkan untuk header blog dan kategori postingan yang diletakkan pada sidebar tidak termasuk jenis font karena bentuknya berupa gambar, bukan teks.

Konten Blog

afifahmazaya-andy-004

Untuk urusan konten blog, saya pribadi suka dengan tulisan-tulisan yang dipublikasikan oleh Mbak Fifah. Konten-kontennya menarik, lebih menarik lagi karena sudah dikategorikan dengan baik pun terdapat sejumlah rubrik yang tayang pada waktu-waktu tertentu seperti: Blogger Kudet, Rabu Jajan, Sabtu Kenalan dan Tastylicious. Rubrik-rubrik tersebut oleh Mbak Fifah disebut sebagai “my series”.

Namun yang disayangkan adalah tampilan blog yang belum mobile friendly sehingga tidak nyaman dikunjungi jika menggunakan perangkat mobile. Seperti yang kita ketahui bahwa belakangan ini orang lebih sering berselancar di dunia maya menggunakan perangkat telepon pintar yang memiliki ukuran layar jauh lebih kecil dibanding laptop. Tampilannya belum mobile friendly tersebut menyebabkan sulit bagi kita untuk membaca tulisan yang ada. Eh itu lebih cocok ke dalam urusan tampilan yak? πŸ˜€ Iya, soalnya kalau urusan konten saya sih suka-suka aja. Hehehe..

Oke deh, sepertinya tulisan tentang Blog Minggu Ini edisi keempat cukup itu saja. Yang mau menambahkan boleh banget, ditunggu yaa komentarnya di bawah πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

18 Comments

  • Evi May 23, 2016 at 12:31 am

    Tiap blog mempunyai keunikan sendiri-sendiri ya Mbak Andy. Blog Mbak Fifah sudah tertata rapi, kontennya menarik, pasti trafiknya juga tinggi ya?

    Reply
    • andyhardiyanti May 23, 2016 at 3:40 am

      Sepertinya iya nih mbak. Saya lihat alexanya juga sudah 500rb-an. Kontennya juga asyik. Paling yang perlu dibenahi hanya tampilannya yang terlalu dominan putih itu.

      Reply
  • Ghina Izzati May 23, 2016 at 12:47 am

    Saya masih pemula mba minta reviwnya dan masukanya dong gimana baiknya blog saya ini

    Reply
    • andyhardiyanti May 23, 2016 at 3:38 am

      Sipp mbak. Nanti kalau ada waktu luang yaa..hehehe

      Reply
  • Witri Prasetyo Aji May 23, 2016 at 4:11 am

    unik ya blognya Mbak Fifah… jadi pengen πŸ™‚
    Rapi pulaaa. Blogku mah masih pada berantakan

    Reply
    • andyhardiyanti May 24, 2016 at 3:16 am

      Sama…blog saya juga masih berantakan. Tapi gaya bener udah ngereview blognya mbak Fifah yang rapi gini. Hihihihi

      Reply
  • gustyanita pratiwi May 23, 2016 at 6:31 am

    mantab evaluasinya mb
    komplit
    bisa ni buat belajar aku klo mau mereview tulisan teman

    Reply
    • andyhardiyanti May 23, 2016 at 10:53 am

      Terima kasih mbak. Ini aja rasanya masih kurang πŸ˜€

      Reply
  • Keke Naima May 23, 2016 at 1:58 pm

    Penggunaan warnanya terlihat kalem, ya πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti May 23, 2016 at 4:13 pm

      iya mbak. Sudah cukup nyaman yaa.. palingan sih warna background yang putihnya saja perlu dikurangi.

      Reply
  • Dessy May 23, 2016 at 2:50 pm

    Ya allah.. Jadi inget belum nulis tentang mba afifah.. Maafkaaann.. Hikz..
    Btw.. Keren banget mbaa reviewnya :):)

    Reply
  • primastuti satrianto May 24, 2016 at 5:35 am

    Pingin menata blog biar rapih juga konten-kontennya. makasih telah berbagi mba.

    Reply
    • andyhardiyanti May 24, 2016 at 9:12 am

      iya mbak. Yang terpenting sama-sama belajarnya yaa πŸ™‚

      Reply
  • Naqiyyah Syam May 24, 2016 at 6:35 am

    Wah kalem ya warnanya blognya juga udah rapi, jadi banyak belajar deh dari postingan ini

    Reply
    • andyhardiyanti May 24, 2016 at 9:10 am

      Terima kasih mbak πŸ™‚
      Ini juga masih belajar mengulas blog teman dari sudut pandang diri sendiri hehehehe

      Reply
  • Lidya May 30, 2016 at 2:11 am

    si imut yang pendiam kalau ketemu πŸ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti June 10, 2016 at 5:35 pm

      Wah..mbak udah pernah ketemu mbak Fifah? Saya dong…belum πŸ™ Hiks.

      Reply

Leave a Comment