Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung

andyhardiyanti-bandara-husein-sastranegara-bandung-01

Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung. Ada yang pernah melakukan perjalanan udara dari maupun menuju Bandung? Jika ya, pasti sudah akrab dengan bandara yang satu ini yaitu Bandar Udara Husein Sastranegara. Bandara yang ukurannya terbilang kecil dan masih belum tertata baik dibanding bandara yang ada di kota besar lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Makassar dan Balikpapan. Saya pribadi baru dua kali menggunakan bandara yang berlokasi di kawasan pangkalan udara TNI AU Bandung ini, yaitu saat pulang pergi dari Lombok pada Juni 2015 lalu. Dan pada akhir Maret 2016 saat berangkat dari Lombok kemarin. Setelah itu, tepatnya pada 8 April 2016 baru-baru ini, saya mendapatkan kejutan saat akan berangkat dari Bandung menuju Lombok. Ya, Bandara Husein Sastranegara Bandung sekarang lebih besar, lebih rapi dan tidak kalah dengan bandara-bandara lain di kota besar. Seperti apa? Disimak yuk!

Berlebihan memang kalau saya merasa surprise dengan wajah baru Bandara Husein Sastranegara. Bagaimana tidak, dua minggu sebelumnya saat saya datang dari Lombok dan disambut oleh gedung terminal yang sama yang menyambut saya di Juni 2015 lalu. Gedung terminal yang tidak seberapa besar.Β  Termasuk tempat pengambilan bagasinya pun yang tidak begitu luas. Maka menumpuklah kami para penumpang di sana. Menunggu barang-barang kami tiba. Belum dua minggu berselang, saya harus kembali ke Lombok.

Begitu tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung, taksi yang kami tumpangi langsung berhenti di suatu bangunan. Sangat jelas terlihat bahwa bangunan tersebut baru. Setelah bercerita dengan si pengemudi taksi, barulah saya tahu bahwa Bandara Husein Sastranegara sudah pindah ke terminal baru ini sejak tanggal 6 April 2016. Letaknya, tepat berada disebelah terminal yang lama. Senang sekali melihatnya. Tidak ada lagi penumpukan penumpang ataupun suasana gerah karena kurangnya pendingin udara.

Tempat Check In Lebih Banyak

Dari yang saya perhatikan, loket untuk melakukan check in yang tersedia di terminal baru ini lebih banyak. Setidaknya antrian penumpang tidak lagi menumpuk di satu loket. Buruh-buruhpun lebih banyak tersedia. Oh ya, sekadar cerita. Saya dan keluarga kemarin membawa barang yang sangat banyak, karena memang dalam rangka pindahnya si kakak ke Lombok. Jadi mau tidak mau ya harus mengandalkan para buruh untuk membawa barang. Setidaknya dari tempat turun taksi sampai ke loket check in.

andyhardiyanti-bandara-husein-sastranegara-bandung-02

Sebelumnya saya sudah membayangkan akan susah mencari buruh-buruh ini nanti. Membayangkan akan repot menaikturunkan barang di setiap loket pengecekan barang. Belum lagi harus berdesak-desakan dengan penumpang lain, sementara barang-barang yang kami bawa ini sangatlah banyak. Dan ah senangnya, rupanya kami berkesempatan menikmati bandara Husein Sastranegara yang baru, yang tentunya jauh lebih nyaman.

Waiting Room Lebih Luas

Masih ingat momen saat saya travelling bersama si kecil setahun yang lalu. Kami tiba di waiting room dan baru dikabarkan bahwa pesawat yang akan kami tumpangi mengalami keterlambatan. Kalau tidak salah, ditunda hingga 1 jam kedepan. Ruang tunggu yang kami tempati saat itu terasa panas, padahal ada AC. Parahnya lagi kami tidak sempat tidak dapat tempat duduk. Si kecil yang lagi rewel-rewelnya pun tidak betah berada di ruangan ini.

andyhardiyanti-bandara-husein-sastranegara-bandung-05

Jauh berbeda dengan ruang tunggu yang kami tempati kemarin. Ruangannya luas, tersedia banyak kursi dan lebih serunya lagi ada tempat bermainnya. Tempat bermainnya ini berada di lokasi yang sama dengan tempat kami menunggu (tidak terpisah). Jadi bisalah sambil duduk-duduk menunggu, sambil melihat si kecil bermain.

Fasilitas Lengkap

andyhardiyanti-bandara-husein-sastranegara-bandung-03

Terminal baru Bandara Husein Sastranegara Bandung dilengkapi fasilitas yang oke punya nih. Selain tempat bermain tadi, ada pula beberapa unit PC disediakan bagi yang mau internetan gratis. Lumayan kan, kali aja ada yang mau blogwalking sambil nunggu waktu boarding. Koneksinya lancar, PCnya pun oke. Apa karena masih baru ya? Semoga fasilitas yang disediakan ini bisa dimanfaatkan dengan baik yaa πŸ˜‰

andyhardiyanti-bandara-husein-sastranegara-bandung-04

Toilet, ruang ibu dan anak, serta mushala pun tersedia di sini. Standar lah yaa, di bandara sebelumnya pun emang udah ada. Bedanya ya itu, bilik-bilik toiletnya lebih banyak. Jadi gak perlu numpuk ngantri pas pengen ke toilet. Oh iya, di mushalanya pun disediakan alat shalat. Ada sarung, mukena dan sajadah. Peralatan shalatnya bersih dan harum pula. Jadi senang pakainya πŸ™‚

Yang saya sayangkan sih makanan dan minuman yang dijual di sana mahal banget euy. Belum ada vending machine pula. Jadi buat yang belum sempat belanja di luar/gak bawa bekal dan pengen jajan di sini mesti siap-siap keluar banyak uang nih. Semoga kedepannya makin banyak merchant yang buka, yang harganya terjangkau tentunya. Pengennya sih ada vending machine juga.

Bagaimana dengan teman-teman? Sudah lihat Bandara Husein Sastranegara Bandung yang sekarang?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

49 Comments

  • Ghina Izzati April 9, 2016 at 2:51 pm

    Ikut senang karena saya orang jawa barat juga tepatnya sumedang, kalo bandaranya sudah bagus kan enak dan nyaman.

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:21 pm

      Benar sekali mbak πŸ™‚ Tapi dengar dari teman-teman bandara ini jarang digunakan, orang-orang lebih sering langsung ke Cengkareng atau naik kereta.

      Reply
  • Adriana Dian April 9, 2016 at 6:23 pm

    Waaaahhh nih pasti pake campur tangannya kang ridwan kamil juga yaa. Bandung sekarang keren bener euy!

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:24 pm

      Bisa jadi πŸ˜‰ Desain bandaranya emang kece. Bikin para penumpang merasa lebih nyaman di sana.

      Reply
  • Mbak Avy April 9, 2016 at 7:53 pm

    terakhir saya ke bandung tahun 2014,
    kesannya mmg sedikit kecil jadi terlihat sempit,
    jadi penasaran pengen tau kondisi sekarang…
    semoga ada kesempatan main2 ke bandung lagi….

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:25 pm

      Wah..sudah lama sekali ya mbak. Benar mbak, bandara yang dulu sempit sekali. Beda banget sama yang sekarang.

      Reply
  • arman April 10, 2016 at 4:15 am

    wah keren ya… gua belum pernah ke bandara di bandung. abis kalo ke bandung dulu selain kalo gak naik kereta ya kebanyakan nyetir mobil aja.

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:27 pm

      Sampai sekarang belum pernah man? Iya juga sih, emang lebih banyak yang pakai kereta atau gak ya sekalian ke Cengkareng aja πŸ˜€

      Reply
  • Rach Alida Bahaweres April 10, 2016 at 4:58 am

    Aku naksir fasilitas penyediaan PC untuk main internet gratis, mba
    Keren euy

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:28 pm

      Hahahahha sama mbak, saya juga fokusnya langsung kesitu pas masuk ruang tunggu πŸ™‚ Mayan… bisa internetan gratis πŸ˜€

      Reply
  • evrinasp April 10, 2016 at 12:24 pm

    Waktu itu aku mikir perasaan mbak andy nih di lombok tinggalnya tapi kok lagi di bandung. Eh ternyata emang lagi ke bandung ya

    Reply
    • andyhardiyanti April 10, 2016 at 12:31 pm

      Iya mbak. Waktu itu lagi ada urusan ke Bandung. Gak jadi ketemuan deh kita. Hiks πŸ™

      Reply
  • Safira Nys (@safiranys) April 10, 2016 at 1:52 pm

    Wah keren banget, aku udah lama ga pernah ke Bandara BDO ini karena.. ya lagian aku di Bandung dan jarang kemana-mana. Huahahahaha. Semoga fasilitas fasilitas bisa dijaga bersama, ya.

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:19 pm

      Wah..mbaknya di Bandung? iya juga sih, yang di Bandung pun emang belum pada tahu πŸ˜€
      Benar mbak, semoga semua fasilitasnya bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

      Reply
  • danu adji April 10, 2016 at 7:45 pm

    Salam kenal mbak, bantu nyimak aja, soalnya belum pernah ke bandung hehe

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:18 pm

      Salam kenal mas πŸ™‚
      Terima kasih sudah ikutan nyimak. Semoga ada kesempatan tengok bandara Bandung yaa..ihiiyy

      Reply
  • Hastira April 10, 2016 at 8:16 pm

    wah jadi bagus ya, terakhir aku ke sana belum diperluas kesannya sempit

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:17 pm

      saya terakhir lihat yang versi lamanya malah hanya selang berapa hari saja~

      Reply
  • mawi wijna April 10, 2016 at 10:09 pm

    Wuih! Kok jadi bagus begini bandaranya? Pangling. Tapi ya kalau pesawat mau take-off mesti antri lama.. duh… yang nyebelin dari Bandara Husein Sastranegara itu (dulu) ya kalau pesawatnya mau take-off mesti antri lama. Semoga runwaynya ditambah…

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:16 pm

      Hahahahah pangling sendiri dianya πŸ˜€ πŸ˜€
      Eh iya ya? saya belum ngerasain antri lamanya sih~

      Reply
  • Nchie Hanie April 11, 2016 at 12:47 am

    iya baru tuh, orang bandungnya sendiri belon pernah kesana lagii…
    ntar kapan2 tak tengokin bandara baru kalo mau ke lombok eeaaa…

    *emang makan di bandara mihil2, waktu itu pernah beli makan saking lapernya :v

    Reply
    • Mbak Avy April 11, 2016 at 1:48 am

      di luar bandara kan banyak juga warung-warung teh nchie…..
      ada juga sate kambing yang kesohor….. tapi saya blm pernah kesana krn gak suka kambing hehehe
      emang masih tergolong mahal ya?

      Reply
      • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:13 pm

        Iya banyak. Tapi lumayan jauh juga kalau mesti keluar lagi πŸ˜€ Kecuali kalau jajan dulu baru masuk bandara. Hehehehe

        Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:14 pm

      Orang Bandungnya sendiri belon pernah kesana lagi

      eaaaa..ini sih Teh Nchie πŸ˜€
      Iya, teh. Emang mihil-mihil. Tapi kalau di bandara lain masih dapat lah sama kantong, yang ini ampun deh T_T

      Reply
  • Mugniar April 11, 2016 at 2:36 am

    Waah bisa BW.
    Catat.
    Kapan2 kalo bisa ke sana, cari komputer buat BW sambil nunggu. Biar bapaknya anak2 yang jagain anak2.
    *Hihi mengkhayal*

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:12 pm

      Hahahaha iya. Saya kemarin sambil sempat internetan bentar, setelah itu temani Rani main di playground πŸ˜€

      Reply
  • Lidya April 11, 2016 at 2:45 am

    hihihi belum pernah ke bandara ini, soalnya lebih cepat naik mobil atau kereta. KAlau naik pesawat mundur lagi ke Jakarta dulu

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:05 pm

      Iya sih yaa mbak. Biasanya emang lebih sering pakai mobil, kereta atau kalau memang pakai pesawat ya berangkat dari Cengkareng ya?

      Reply
  • Herva Yulyanti April 11, 2016 at 3:21 am

    Wow keren y terakhir ke Solo tahun 2014 sekarang uda berubah xixixi..TFS mba salam kenal ^^

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:04 pm

      Solo? Solo udah berubah juga gitu?
      Sayanya lagi ngomongin Bandung T_T

      Reply
  • Widya Herma April 11, 2016 at 8:44 am

    Waaaah bandara husein makin keren. Semoga kapan2 bisa kesana deh buat traveling ke luar kota hihihi ;D

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:01 pm

      Amiiin.. Hayuk mbak, sekali-kali lewat sini travelingnya πŸ˜‰

      Reply
  • Liza April 11, 2016 at 9:21 am

    wow, keren banget bandaranya. berhubung belum pernah ke bandung, untuk saat ini yang paling bagus menurut saya adalah Kuala Namu medan, mbak.

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:00 pm

      Saya malah belum pernah ke Kuala Namu, nyentuh pulau Sumatera sama sekali malah belum πŸ™
      Bandara yang di Balikpapan juga bagus. Belum sempat saya tulis di sini rupanya hehehe

      Reply
  • Roomances Blog April 11, 2016 at 9:33 am

    Wah bagus banget sekarang, fasilitas internetnya kayak warnet yaah, hehe
    Salam kenal kak andy!

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 3:57 pm

      Salam kenal kembali \^^/
      Iya, tempat internetannya berasa kbu warnet gitu xixixi

      Reply
  • Diarysivika April 11, 2016 at 3:10 pm

    wih keren ada playgroundnya. Di Surabaya belum ada nih playground-nya πŸ™

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 3:56 pm

      Iya mbak, ada playgroundnya. Selama ini sih udah ada 3 bandara yang saya lihat ada playgroundnya. Bandara di Lombok, Balikpapan dan sekarang Bandung πŸ™‚

      Reply
  • leli April 12, 2016 at 6:04 am

    Wah aku sendiri belum pernah ke bandung naik pesawat, karna lebih dekat jika dijangkau dengan kereta saja.
    Mungkin bandara bandung ini, sama kayak bandara kecil yang ada di malang ya, eh tp juga belum pernah landing di bandara malang sih hehehe

    Reply
    • andyhardiyanti April 13, 2016 at 2:43 am

      Saya malah belum pernah naik kereta dan ke Malang πŸ™
      Iya, kebanyakan memang bilang gitu..lebih pilih pakai kereta.

      Reply
  • Nungshardi April 15, 2016 at 5:24 am

    Akhirnya Bdg punya bandara internasional yg gga malu2in .Sayang level jalan degan lantai bandara cukup tinggi tangganya utk membawa kopor 20″. Sebaiknya tidak ada tangga antara jalan dg lantai bandara.gimana nih kang Emil?

    Reply
    • andyhardiyanti April 16, 2016 at 8:39 am

      Iya, betul. Jadi agak susah angkut barangnya ya πŸ˜€ Untung kemarin pas bawa barang yang gak berat-berat amat.

      Reply
  • Fakhruddin April 21, 2016 at 3:56 pm

    Keren banget bandaranya. Sebenernya ke Bandung mah enak naik kereta atau travel aja. Soalnya saya di Jakarta hehe…

    Reply
  • Ghina Izzati April 28, 2016 at 2:10 pm

    Bagus lah untuk bandung ada peningkatan bandaranya… tapi saya jarang sich kalo ke bandung saya sumedang aja dech… hehehe…

    Reply
    • andyhardiyanti April 29, 2016 at 3:33 am

      Iya, bandaranya udah kece banget nih. Tapi ya memang jarang yang pakai bandara ini. Biasanya sekalian langsung lewat CGK aja.

      Reply
  • #BandungTrip – Perjalanan Berkesan di Kota Kembang – Blognya Andy Hardiyanti December 3, 2016 at 3:24 am

    […] masuk terminal dan langsung pindah ke pesawat selanjutnya. Sekitar pukul 10 malam kami tiba di Bandara Husein Sastranegara Bandung, dijemput oleh Kak Diyah (kakak saya) dan Ette (teman saya). Masih di bandara yang sama tempat kami […]

    Reply
  • Freddy Gunawan February 27, 2017 at 5:19 pm

    Nice Info!
    Semoga airportnya terjaga dengan baik.

    Reply
  • Usaha rumahan modal kecil July 30, 2017 at 9:03 am

    Semoga bandara bandara indonesia mempunyai kenyamanan kelas A semua, kita tahu bahwa saat ini pesawat menjadi alternatif terbaik untuk berwisata, terlagi di Indonesia banyak pulau yang hanya bisa cepat di capai oleh pesawat

    Reply
  • Toko Bunga Sidoarjo August 13, 2017 at 4:18 am

    Nice info ! Semoga di daerah daerah terpencil sudah ada bandara atau setidaknya ada perbaikan seperti di papua

    Reply

Leave a Comment