7 Manfaat Mengikuti PRENAGEN Pregnancy Educational Journey

ppej-bandung-008-andyhardiyanti

7 Manfaat Mengikuti PRENAGEN Pregnancy Educational Journey. PRENAGEN Pregnancy Educational Journey merupakan kegiatan yang sudah diselenggarakan sejak lama oleh PRENAGEN. Sebuah kegiatan yang bertujuan memberikan edukasi terkait masalah kehamilan baik kepada calon ibu maupun calon ayah. Tahun 2010 yang lalu tepatnya di kota Makassar adalah kali pertama saya mengikuti kegiatan edukasi sejenis yang diadakan PRENAGEN, meski mungkin tidak mengusung judul kegiatan yang sama. Kemudian pada 2 April 2016 bertempat di kota Bandung saya kembali mengikuti kegiatan tersebut. Dan rupanya PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 semakin seru saja. Setidaknya setelah 6 tahun berlalu kegiatan yang merupakan bagian dari program PRENAGEN Peduli ini tetap menarik dan memberikan banyak manfaat.

Bandung terpilih sebagai kota pertama diselenggarakannya kegiatan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016. Bertempat di Trans Luxury Hotel, acara yang mengusung tema “PRENAGEN Peduli Ibu Sehat, Indonesia Sehat” ini dihadiri oleh beragam peserta. Tidak hanya dari kalangan ibu hamil, tetapi juga para calon ayah dan mereka para wanita yang tidak sedang mengandung pun turut serta. Beberapa diantaranya bahkan belum berkeluarga. Dengan begitu terlihat jelas bahwa kegiatan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 tidak hanya sekadar memberikan manfaat bagi para ibu hamil, melainkan lebih bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam menekan angka kematian Ibu melahirkan di Indonesia. Sehingga setiap orang baik yang sedang hamil maupun tidak, patut mendapatkan edukasi terkait masalah kesehatan baik pada masa pra kehamilan, kehamilan dan menyusui.

ppej-bandung-001-andyhardiyanti

Tentu suatu saat kita akan dihadapkan pada suatu proses bernama kehamilan. Baik yang dialami sendiri maupun saat mengurus salah satu anggota keluarga yang mengalami proses tersebut. Dengan memperoleh edukasi yang tepat, maka setidaknya sedikit banyak ilmu yang telah didapatkan tadi dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Jika dirangkumkan, ada 7 Manfaat Mengikuti PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 yang saya dapatkan. Apa saja? Disimak yuk πŸ˜‰

1. Kesempatan Menggali Ilmu Sesuai Minat

Pada PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 terdapat banyak sekali kegiatan menarik yang ditawarkan. Para peserta pun bebas memilih ingin mengikuti kegiatan yang mana. Salah satunya yaitu tersedia education center. Education Center ini merupakan tempat dihadirkannya mereka para ahli yang tidak hanya akan memberi paparan kepada peserta, tetapi juga memberikan kesempatan bagi yang ingin berkonsultasi. Education Center sendiri terbagi atas empat kelas dengan topik yang berbeda, yaitu kelas Pra Kehamilan, Kehamilan, Menyusui dan Nutrisi Sehat. Para peserta bebas memilih kelas yang ingin diikuti sesuai minatnya masing-masing.

Kelas Pra Kehamilan

ppej-bandung-002-andyhardiyanti

Segala hal yang berkaitan dengan masa pra kehamilan dibahas pada kelas pra kehamilan ini. Kelas Pra Kehamilan dibagi menjadi tiga sesi yang didalamnya berisi pemaparan materi oleh para ahli dan sesi konsultasi dari para peserta. Secara umum materi-materi yang dibahas pada kelas pra kehamilan adalah terkait kesuburan dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut datangnya masa kehamilan nanti.

Kelas Kehamilan

ppej-bandung-003-andyhardiyanti

Setelah mempersiapkan diri menyambut datangnya masa kehamilan, maka tiba saatnya seorang ibu hamil mengalami masa-masa sulit menjalani proses kehamilan. Berbagai topik terkait perasaan apa saja yang sering dialami seorang ibu hamil dan kiat-kiat mengatasinya dibahas pula pada kelas kehamilan ini. Kelas yang ramaiΒ  diisi oleh mereka yang rata-rata ‘berperut buncit’ tersebut juga menyediakan layanan konsultasi bagi para peserta.

Kelas Menyusui

ppej-bandung-004-andyhardiyanti

Menyusui adalah suatu saat bahagia dimana si kecil menjadi sangat dekat dengan ibunya. Meski demikian tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua ibu bisa memberikan ASI pada si buah hati. Alasan-alasan tertentu tersebut bisa dikonsultasikan langsung di kelas ini bersama para ahli yang sudah dihadirkan. Kelas menyusui juga memberikan ilmu terkait bagaimana cara mengasuh si kecil di masa-masa awal kehadirannya.

Kelas Nutrisi Sehat

ppej-bandung-005-andyhardiyanti

Lain halnya dengan tiga kelas sebelumnya, maka kelas nutrisi sehat ini adalah kelas dengan beragam pengunjung. Semua orang tentu butuh nutrisi sehat bukan? Di kelas nutrisi sehat, sejumlah resep makanan dan minuman bernutrisi sehat dipraktikkan langsung oleh seorang chef ternama. Tidak hanya itu, para peserta pun dipersilakan untuk ikut mencicipi aneka menu yang sudah dibuat tadi. Menarik ya πŸ˜‰

2. Talkshow Bersama Para Ahli

prenagen

Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita hendak bertemu dengan mereka para ahli. Pada PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 teman-teman tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa mendapatkan pemaparan materi oleh para ahli. Nama-nama berikut tentu tidak asing lagi bagi kita. Dokter Boy Abidin yang seorang dokter spesialis kandungan ternama, Ibu Roslina Verauli seorang psikolog anak dan keluarga, serta Ibu Irene F. Mongkar yang merupakan pakar stimulasi anak. Ketiganya merupakan para ahli di tiap bidangnya.

dr. Boy Abidin,Sp.OG(K) menjadi pemateri pertama yang memberikan pembahasan mengenai hal-hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan. Dimana rupanya ada salah satu persiapan pernikahan yang sangat penting namun seringkali dilupakan, yaitu medical check up pranikah. Pengecekan kesehatan sebelum menikah ini penting karena dapat mengetahui sejak awal bagaimana kondisi kesehatan setiap pasangan, yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada si buah hati di kemudian hari.

Ibu Roslina Verauli melanjutkan pembahasan dengan topik drama tiga babak. Drama tiga babak yang dimaksudkan di sini tidak lain adalah tiga masa yang dilalui pada tahapan kehamilan. Dimana pada ilmu psikologi, tiga masa tersebut diistilahkan sebagai drama tiga babak. Setiap babak yang dilalui dengan permasalahannya masing-masing namun tentu selalu ada solusinya. Pada talkshow tersebut sudah dibahas rinci oleh ibu yang kerap disapa Mbak Vera ini.

Ibu Irene F. Mongkar menjadi pemateri penutup pada talkshow tersebut. Meski penutup, rupanya materi ini tetap menarik perhatian para peserta. Pasalnya Bunda Irene membahas mengenai stimulasi pada anak. Seorang topik sederhana namun masih terbilang asing bagi kebanyakan orang. Siapa sangka kegiatan-kegiatan yang selama ini banyak kita khawatirkan pada anak sesungguhnya merupakan tahapan latihan dalam rangka memberikan stimulus bagi si anak.

3. Bertemu Banyak Teman

ppej-bandung-006-andyhardiyanti

Siapa sangka kegiatan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 ini menjadi tempat saya bertemu dengan sejumlah teman yang berdomisili di kota Bandung. Saya yang berasal dari pulau Lombok rupanya dipertemukan dengan sejumlah teman baik yang sebelumnya sudah saya kenal maupun yang memang baru kenal saat itu juga di tempat acara. Tentu bahagia sekali melihat mereka yang sedang menanti kehadiran si buah hati dengan penuh antusias ingin menimba ilmu di kegiatan seperti ini. Ya, menjalin keakraban dengan banyak teman adalah hal yang menyenangkan. Saling belajar, saling mengedukasi.

4. Edukasi Pada Si Calon Kakak

ppej-bandung-009-andyhardiyanti

Meski tidak sedang hamil, setidaknya sejak dini saya harus mengedukasi anak saya bahwa suatu saat nanti ia akan mempunyai adik dan statusnya berubah menjadi seorang kakak. Sebagai kakak yang baik, tentu dia harus mencintai dan menyayangi adiknya kelak. Ya saya tahu ini perbincangan yang berat antara saya dan seorang anak yang usianya bahkan belum 5 tahun. Tapi lihatlah betapa bahagianya anak saya diajak ke acara ini. Booth-booth menarik ia kunjungi. Ia pun antusias melihat foto bayi di kemasan susu prenagen, di berbagai booth yang ada, adik-adik kecil yang ia temui di acara juga ketika saya ajak dia bergaya pada photo booth yang tersedia.

Dengan sigap diambilnya properti foto bergambar dot bayi tersebut. “Ini dotnya adik nanti, kakak yang buatkan susunya di dot ini”, begitu katanya sesaat sebelum kami bergaya di depan kamera. Aih bahagia sekali melihatnya, si calon kakak kelak.

5. Kesempatan Berbagi Ilmu

ppej-bandung-010-andyhardiyanti

Tentu tidak semua orang bisa hadir di acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016. Di luar sana mungkin saja ada satu dan lain hal kendala yang menyebabkan teman-teman tidak mengambil bagian menjadi peserta. Meski demikian, itu tidak menjadi alasan bagi kami untuk ikut berbagi ilmu yang didapatkan melalui kegiatan ini. Teknologi yang berkembang sedemikian pesat memungkinkan kami berbagi ilmu tanpat terikat waktu maupun tempat.

Melalui tagar #PRENAGRAM teman-teman bisa mengakses segala hal yang berkaitan dengan kegiatan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016. Selain itu, berbagai informasi terkait kehamilan pun bisa teman-teman dapatkan melalui tagar tersebut.

6. Ikut Berdonasi Pada Ibu Hamil Malnutrisi

prenagen1

sumber: facebook prenagen

Sekali lagi, tidak semua orang bisa turut serta menikmati apa yang kita rasakan. Termasuk saat melalui masa kehamilan. Bisa mendapatkan semua yang diinginkan, tercukupi semua yang dibutuhkan, kalau ngidam tinggal bilang mau apa, meminum satu dua gelas susu tanpa memikirkan sudah keluar berapa banyak biaya adalah contoh-contoh kecil kenyamanan yang didapatkan si ibu hamil. Sementara di luar sana entah ada berapa ibu hamil yang justru mengalami malnutrisi.

Salah satu bentuk program yang diadakan oleh PRENAGEN Peduli adalah adanya wish card. Sebuah kartu yang dibagikan oleh PRENAGEN dimana kita diminta menuliskan harapan-harapan di sana kemudian menempelkannya pada papan yang telah disediakan. Setiap kartu harapan yang kita isi akan dihitung sebagai donasi bagi teman-teman di luar sana yang sedang hamil dan mengalami malnutrisi.

7. Kesempatan Mendapatkan Produk Prenagen dengan Harga Terjangkau

ppej-bandung-007-andyhardiyanti

Setelah mengikuti seluruh rangkaian acara, jangan lupa sempatkan diri pada booth store yang telah disediakan. Di sana teman-teman bisa mendapatkan berbagai produk Prenagen dengan harga terjangkau. Selain mendapatkan diskon, dengan melakukan pembelian sejumlah tertentu teman-teman juga bisa memperoleh hadiah menarik seperti kit untuk melakukan stimulasi pada anak. Dimana jumlah hadiah yang tersedia sangat terbatas.

Adapun produk-produk yang tersedia pada store Prenagen adalah sebagai berikut:

  • Prenagen Esensis. Produk ini merupakan nutrisi untuk persiapan kehamilan, dimana di dalamnya terkandung paduan susu rendah lemak, zat besi, asam folat, kalsium, serat pangan (inulin), dan vitamin E. Tersedia rasa cokelat, moka dan vanilla dalam ukuran 180gram dan 360gram.
  • Prenagen Mommy Emesis. Produk nutrisi kehamilan ini mampu mengurangi rasa mual dan muntah yang timbul di awal masa kehamilan. Mengandung vitamin B6 dan protein, serta dilengkapi zat besi, asam folat dan kalsium. Tersedia rasa cokelat dan plain dalam ukuran 200gram dan 400gram.
  • Prenagen Mommy. Produk ini merupakan nutrisi untuk masa kehamilan. Mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12, inulin, dan kalsium. Tersedia rasa cokelat, vanilla, stroberi, moka dan kacang hijau dalam ukuran 200gram, 400gram, 600gram, 900gram, 45gram (stick pack) dan 200ml (kemasan siap minum).
  • Prenagen Lactamom. Produk ini merupakan nutrisi yang dikonsumsi pada masa menyusui. Mengandung zat besi, asam folat, inulin, serta omega 3 dan 6. Tersedia rasa cokelat, vanilla dan moka dalam ukuran 200gram dan 400gram.
  • Prenagen Juice merupakan minuman sari buah asli pomegranate dan anggur. Mengandung asam folat dan vitamin c. Tersedia dalam ukuran 300ml.

Jadi itu tadi 7 manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 beberapa hari yang lalu. Dengan mengikuti kegiatan ini saya menjadi belajar kembali. Ada banyak pengetahuan yang baru saya dapatkan di sini.

Bagaimana dengan teman-teman, berminat mengikuti kegiatan serupa? Jika iya, silakan lakukan pembelian tiket online pada situs web Prenagen atau apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan bisa langsung mengontak salah satu media sosial PRENAGEN berikut baik pada situs web, facebook, twitter, instagram maupun kanal YouTube yang tersedia πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

25 Comments

  • dWi (nining) April 5, 2016 at 9:15 pm

    Iya nih taun kemarin diundang datang tapi pas masih trauma healing lepas kuret huhuhu….smoga bs ikutan lagi ya lain kesepatan. Seru ternyata acaranya, tfs mba

    Reply
    • andyhardiyanti April 7, 2016 at 3:52 pm

      Wah asyik mbak bisa ikutan yang tahun lalu. Saya malah baru ikut lagi setelah 6 tahun berlalu πŸ˜€ Sama-sama mbak, senang bisa berbagi keseruan di sana.

      Reply
  • cumilebay April 6, 2016 at 11:44 am

    Ngomongin kehamilan langsung daku ngak nyambung, maklum blm pernah hamil hahaha

    Reply
    • andyhardiyanti April 7, 2016 at 3:57 pm

      wkwkwkwkwkk.. disambungin dong mascum~
      btw avatarnya sekarang udah kece yakk πŸ˜€

      Reply
  • Nathalia DP April 6, 2016 at 12:18 pm

    Dulu sbelum nikah, saya ga lupa pre marital check up dulu… Eh pas mau hamil kedua malah cuek, blighted ovum deh, jav ga jd pny adik…

    Reply
    • andyhardiyanti April 6, 2016 at 5:26 pm

      Wih..saya malah baru tahu kalau ada tes seperti itu πŸ˜€ Huhuhu..ada adik Rani nih Jav πŸ™‚

      Reply
  • Mugniar April 6, 2016 at 12:26 pm

    Wow pengalaman asyik, Mama Sedja πŸ™‚
    ketemu siapa saja?

    Reply
    • andyhardiyanti April 6, 2016 at 3:01 pm

      Banyak kak πŸ™‚ Ketemu teh nchie, teh dessy, teh efi dan teteh teteh lainnya. Eh iya, ada mas Raja Lubis juga.

      Reply
  • Pesona Andy April 7, 2016 at 4:02 am

    bagus ini untuk istri di rumah, boleh saya bungkus ya mba.

    Reply
    • andyhardiyanti April 7, 2016 at 3:59 pm

      Bungkus mas πŸ˜€
      Besok besok kalau ada acara PPEJ ikutan aja, seru lho~

      Reply
  • Yasinta Astuti April 7, 2016 at 6:06 am

    Jadi inget masa hamil dulu mbaak, dan minum prenagen juga.
    Membantu banget yang prenagen emesis pas 4 bulan pertama hehe..
    Ayoo Rani kapan nih punya adek lagi hihi. Acaranya keren yaa, padat ilmu.
    Untung ada update diblog temen-temen jadi bisa ikut menyerap info.

    Reply
    • andyhardiyanti April 7, 2016 at 4:05 pm

      Sama mbak, saya juga dulu minum prenagen emesis πŸ™‚
      Amiiin, semoga Rani lekas punya adik. Ihhiy..

      Reply
  • Mukhsin Pro April 7, 2016 at 6:33 am

    Acara khusus buat ibu-ibu.. Kalau saya sih, mungkin cocoknya nyimak aja. πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti April 9, 2016 at 2:03 pm

      Hahahahah gak juga kok. Ada tuh cowok yang ikutan juga πŸ™‚

      Reply
  • @dodon_jerry April 7, 2016 at 8:43 am

    pengen nyobain tapi kayanya ngga mungkin hehehe, nunggu udah punya istri aja deh

    Reply
  • Sekolah Bisnis Online April 11, 2016 at 8:42 am

    Acaranya sangat menarik ya mbak. Bener – bener mengedukasi banget khususnya bagi wanita dalam menjalani masa kehamilan. Tapi mengedukasi juga buat para pria agar dapat lebih tahu tentang kehamilan istrinya. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    Reply
    • andyhardiyanti April 11, 2016 at 4:03 pm

      Jiahhhh UUP –> Ujung-Ujungnya Promosi. πŸ˜€ πŸ˜€

      Reply
  • ACADEMIC INDONESIA May 22, 2016 at 2:27 am

    nice moment, senangnya dapat mengikuti event prenagen

    Reply
  • Amy Zet June 25, 2016 at 5:16 pm

    Pengen banget iku event yang ini, tapi blum bisa huhuhu.
    Next event kita ketemuan yaa mba πŸ˜€ *sokkenal* *biarin*

    Reply
  • Cara Santri September 8, 2016 at 4:38 pm

    Prenagen memang mantab..istri saya kayaknya juga suka banget sama prenagen

    Reply

Leave a Comment