Asuransi Mobil dan Hal-hal yang perlu kalian ketahui

asuransi-andyhardiyanti-001

Asuransi Mobil dan Hal-hal yang perlu kalian ketahui. Asuransi mobil? Memangnya ada? Macam-macam asuransi itu kan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan dan asuransi hati #eh. Oke yang terakhir hanya pelengkap, pelengkap hati #mulaigakjelas. Asuransi mobilnya mana dong? Yap, asuransi mobil masuk di kategori asuransi kendaraan. Mobil termasuk kendaraan kan ya? Iya dong~ Terus sudah pada tahu gak tentang asuransi jenis ini? Kalau belum, mungkin postingan berikut sedikit banyak bisa membantu kalian yang sedang mencari informasi perihal asuransi kendaraan, khususnya mobil.

Apa itu Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang memberikan ketenangan bagi kendaraan motor (dalam hal ini bisa berupa mobil maupun motor) yang kita miliki dan pihak ketiga jika terkena resiko kecelakaan, kerusakan dan kehilangan. Asuransi ini sangat diperlukan agar kedepannya seseorang tidak akan lagi khawatir dalam memikirkan biaya yang muncul atas resiko hilang dan rusaknya kendaraan motor tersebut.

Adapun kriteria-kriteria yang harus diinformasikan untuk membeli asuransi mobil adalah sebagai berikut:

  • Nomor Plat Kendaraan (hanya huruf awalan saja yang diinfokan)
  • Merek Kendaraan, apakah kendaraan tersebut termasuk merek Peugeot, BMW, Mazda, Volvo, Hyundai, Suzuki, Chevrolet, Opel, Mercedez Banz, Honda, Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Nissan, Ford, Land Rover dan yang lainnya.
  • Model Kendaraan, yaitu lebih detail lagi dari merek kendaraan yang sudah dipilih.
  • Tipe Kendaraan, biasanya di sini dibedakan apakah mobil tersebut automatic atau tidak.
  • Tahun Pembuatan Kendaraan, pada kolom ini teman-teman bisa memilih satu diantara kode-kode yang telah disediakan.
  • Uang Pertanggungan, yang dimana kolomnya bisa kita isi atau ketik sendiri sesuai yang kita inginkan.
  • Jenis Perlindungan, pada kolom ini teman-teman bisa memilih apakah ingin menggunakan jenis perlindungan Total Loss Only ataukah All Risk.

Perusahaan Asuransi Mobil

Ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kendaraan, khususnya mobil. Untuk di Indonesia, perusahaan asuransi mobil yang tersedia diantaranya adalah sebagai berikut:

Asuransi Simasnet

Asuransi Simasnet merupakan perusahaan asuransi mobil yang berada di bawah naungan PT. Asuransi Simas Net, dimana PT. Asuransi Simas Net ini adalah anak perusahaan dari PT. Asuransi Sinar Mas. Perusahaan yang menaungi asuransi Simasnet telah terdaftar pada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga keuangan swasta yang bergerak di bidang asuransi umum.

Asuransi Autocillin

Asuransi Autocillin merupakan produk asuransi mobil yang berada di bawah naungan ADIRA Insurance, sebuah perusahaan asuransi kerugian yang berkonsentrasi di bidang Asuransi Kendaraan Bermotor dan sudah sangat dikenal namanya. ADIRA Insurance menyediakan dua jenis produk asuransi mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, yaitu Autocillin Classic yang sifatnya konvensional dan Autocillin Ikhlas yang sifatnya syariah.

Asuransi MPM

Asuransi MPM atau lengkapnya PT. Asuransi Mitra Pelindung Mustika merupakan perusahaan asuransi yang dibentuk pada tahun 2012. Selain menyediakan produk asuransi mobil, perusahaan asuransi ini juga menyediakan sejumlah produk lain, diantaranya: asuransi kebakaran/properti, asuransi kargo/pengangkutan, asuransi uang, asuransi kecelakaan diri, asuransi tanggung gugat, asuransi alat berat dan asuransi rekayasa.

MNC Insurance

MNC Insurance atau Asuransi MNC adalah perusahaan asuransi yang juga menyediakan produk asuransi mobil dengan memberikan dua jenis perlindungan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yaitu comprehensive dan total loss only. Dimana comprehensive berarti memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis. Sedangkan total loss only memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

Selain perusahaan-perusahaan asuransi mobil yang disebutkan di atas masih banyak lagi contoh perusahaan asuransi mobil yang terdapat di Indonesia.

Manfaat Asuransi Mobil

Pada kebanyakan orang sering muncul pendapat bahwa asuransi kendaraan bermotor terkhusus lagi asuransi mobil tidak begitu penting. Sementara seperti yang kita ketahui bahwa biaya perbaikan/servis mobil yang mengalami kerusakaan saat terjadi kecelakaan di jalan tergolong tinggi sehingga membuat anda sang pemilik harus merogeh kocek dalam dalam. Sebagai contoh saja, sebuah mobil yang terserempet oleh kendaraan lain atau tertabrak motor saja biaya servisnya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bergantung pada kerusakan yang dialami.

Namun, dengan berjaga-jaga sejak dini dan bergabung dengan produk asuransi kendaraan tentu akan memberikan manfaat tersendiri, diantaranya yaitu:

  • Anda tidak lagi dihantui rasa cemas dan khawatir akan kondisi mobil yang anda miliki
  • Anda akan terbebas dari beban biaya apabila terjadi kecelakaan lalu lintas
  • Anda tidak perlu lagi menanggung beban kecelakaan pihak ketiga
  • Apabila terjadi bencana alam yang merusak kendaraan, Anda akan terbebas dari biaya servis

Manfaat asuransi yang seperti ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kurangnya edukasi akan asuransi adalah salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mencari dan mempelajari sendiri segala hal yang berkaitan dengan asuransi, terutama asuransi mobil seperti pada pembahasan di postingan ini. Sekarang sudah banyak tersedia situs-situs yang berisi informasi mengenai asuransi, yang menyediakan banyak fasilitas mulai dari pengenalan asuransi, simulasi perhitungan untuk membandingkan produk asuransi satu dengan yang lain hingga bantuan untuk membeli langsung produk asuransi tersebut. Situs Pasar Polis adalah salah satu contohnya.

Ada yang masih ragu menggunakan asuransi mobil? Atau masih bingung harus memilih perusahaan asuransi mobil yang mana?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

9 Comments

  • D Sukmana Adi April 21, 2016 at 11:45 am

    kemarin hbs ditawarin asuransi mobil, setaun 5Juta, All Risk (mahal bangettt) ๐Ÿ™

    Reply
    • andyhardiyanti April 25, 2016 at 3:32 pm

      Emang harus pintar-pintar bandingin ya ๐Ÿ™ Bisa cek di pasarpolis kalau sekadar mau lihat perbandingannya.

      Reply
  • nur rochma April 21, 2016 at 1:13 pm

    Awalnya gak mudheng asuransi mobil itu. Tapi kemudian kepake juga. Mobil jadi mulus lagi.

    Reply
    • andyhardiyanti April 25, 2016 at 3:33 pm

      Alhamdulillah ya mbak ๐Ÿ™‚ Asuransinya bermanfaat juga jadinya.

      Reply
  • Lidya April 25, 2016 at 1:57 am

    penting juga punya asuransi mobil ya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

    Reply
    • andyhardiyanti April 25, 2016 at 3:35 pm

      Betul mbak. Kadang kalau sudah terjadi hal yang tidak diinginkan baru deh kita merasakan betul betapa butuhnya asuransi ๐Ÿ™‚

      Reply
  • ASURANSI MOBIL June 8, 2016 at 4:19 am

    Setuju Mbak ANDYHARDIYANTI.

    Reply
  • Garda Oto January 14, 2017 at 3:14 am

    Thanks infonya mba ANDYHARDIYANTI

    Reply

Leave a Comment