Belajar Menulis Angka

menulisangka001

Masih pada ingat gak nih, dulu pertama kali bisa menulis angka pas umur berapa? Jangan tanya balik saya. Lupa juga soalnya! Tapi sebagian besar dari kita pasti paling jago soal urusan nulis angka 1, ya kan? Dari belum kenal angkanya aja kita udah bisa narik garis lurus semi keriting ragu-ragu yang bisa disebut sebagai angka 1. Kali ini nih saya mau cerita tentang anak saya, yang saya lihat seru banget perkembangannya dalam menulis angka. Dari yang mulanya gak kenal-kenal angka 4, sampai kenal angka 1 hingga 20. Dari yang mulanya menebalkan tulisan angka aja dag dig dugnya bukan main, sampai yang have fun banget nulis angka 1-20.

Pada kenal dong yaa sama Sedja, si blogger imut yang sudah dua tahun belakangan ini blognya ketutup lumut alias gak pernah diupdate ๐Ÿ˜€ Sedja sekarang sudah sekolah kakak-kakak, om, tante, pakde, bude. Bukan sekarang sih, lebih tepatnya sejak bulan Juli lalu. Sebentar lagi udah mau akhir semester aja! Iya gitulah…karena sibuk sekolah dan lainnya jadi gak sempat ngeblog lagi #eaaa… Lanjut ya ๐Ÿ˜‰ Di awal-awal sekolahnya, yah setelah 1 mingguan sekolah gitu, Sedja belajar menebalkan angka 1 sampai 5. Dan karena 1-2 minggu sekolah ini Sedja masih belum mau pisah sama mama, ya jadi mama ikut temenin. Mama bisa lihat dong yaa si anak yang lagi belajar menebalkan angka. Dari yang pertama pakai crayon, dan terus dia ganti tebalinnya pakai spidol.

raninulis2

Setelah kelar menebalkan angka, mereka para murid diajarkan mengenal dan menyebutkan angka-angka yang sudah ditulis tadi. Selesai menyebutkan angka, Sedja balik samperin saya yang ada di depan kelas, kasih lihat hasil menulisnya tadi. Pastinya saya puji dong ๐Ÿ˜‰ Ini kalau di rumah jarang-jarang mau nulis sebanyak ini. Sedja mah orangnya cepat bosan. Ma, foto ma. Ini Sedja tulis nih. Langsung mama fotoin dong. Yang mana sampai di rumah Sedja cerita ke papa dan niniknya. Tentang tadi belajar apa dan dilanjutkan dengan manggil saya: Ma, coba kasih liat papa sama ninik tulisannya Sedja tadi. Karena kertas angkanya tadi belum boleh dibawa pulang ke rumah, ya jadi yang dilihat fotonya aja.

Di tempat Sedja sekolah ini tuh semua-semuanya ditinggal (hasil karya dan peralatan belajarnya) alias gak dibawa pulang ke rumah, sempat kaget sih… ya kan kita pengen lihat hasil mewarnainya si anak. Dan akhirnya baru tahu kalau nanti saat terima rapor, orangtua murid bakal dikasih folder gitu yang isinya adalah hasil karya si anak selama satu semester kemarin. Bagus ya? Lebih terjaga dan terkumpul jadi satu. Kebayang dong kalau setiap selesai belajar hasil karyanya langsung dibagiin. Hihihi…gak dijamin deh hasil belajar hari pertama masih bisa dilihat keesokan harinya ๐Ÿ˜€

raninulis1

Huaaa kiss Sedja :* Dikit-dikit aja nak. Ekstrimmm sampai 20 ๐Ÿ˜€

Itu cerita yang tadi kejadiannya pas awal-awal masuk sekolah ya. Nah, pada suatu ketika di bulan Oktober. Saya lagi gak enak badan dan baring istirahat gitu, tiba-tiba disamperin sama Ninik (mama saya). Sambil pegang papan tulis kecil punya Sedja. Saya dibangunin dong, disuruh fotoin hasil tulisannya Sedja. Ha? Mata masih berat banget untuk dibuka dan ini udah dipaksa bangun sama Sedja dan Ninik. Belum lihat bener apa yang difoto saya pun lanjut tidur. Setelah bangun baru deh saya lihat. Dan ternyata itu Sedja tulis sendiri! Angka 1 sampai 20. Niniknya bilang gak diajarin, dia nulis aja sendiri ditemani Ninik selama saya sakit itu. Paling kalau udah mentok banget kayak angka 4 gitu, baru deh Ninik kasih contoh di kertas. (Eh, ini namanya diajarin juga kan ya?)
Apapun itu kiss buat Sedja yang belajarnya diam-diam, diam-diam belajar, dan diam-diam udah senang angka aja. Tapi jangan ekstrim banget lah nak…baru TK gini berapa bulan udah nulis sampai angka 20 ๐Ÿ˜‰

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Alris November 27, 2015 at 6:45 am

    Saya menulis angka waktu sd, karena saya gak masuk tk, ๐Ÿ™‚

    Reply
    • andyhardiyanti November 28, 2015 at 10:28 am

      Wih, keren… Jadi langsung masuk SD gitu ya?
      Btw, ini mbak atau mas ya? Kemarin-kemarin saya manggilnya mbak terus kayaknya ๐Ÿ˜€

      Reply
  • Lidya December 9, 2015 at 11:35 am

    anak-anak sekarang enak ya mbak lebih bervariasi cara belajarnya

    Reply
    • Yena April 26, 2016 at 10:23 am

      Iya nih tidak seperti anak jaman dulu yang pola belajarnya monoton ๐Ÿ™‚

      Reply
  • Vixalexa @Download film bluray March 16, 2016 at 4:47 am

    Angka 8 nya lucu hihihi, biasa nya klo anak kecil baru belajar ada pola2 nya sendiri utk nulis ya ๐Ÿ˜€

    Reply

Leave a Comment