Perhatikan Hal ini saat Anda Membeli Rumah

sumber: findmyghar.com

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang. Jika Anda telah siap secara finansial, tentu Anda akan memutuskan untuk beli rumah. Untuk membeli sebuah tempat tinggal, tentunya Anda tidak bisa asal-asalan memilih. Anda harus sangat teliti saat memilih rumah yang akan Anda beli. Jika Anda tidak melakukan ini saat beli rumah Anda bisa merasa rugi setelah proses beli rumah Anda selesai. Untuk itu, kami memberikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan beli rumah.

Pastikan Anda tidak akan melakukan perubahan lain dalam hidup dalam 5 sampai 7 tahun ke depan

Sebelum Anda beli rumah, Anda harus yakin bahwa setidaknya dalam waktu 5 (lima) sampai 7 (tujuh) tahun ke depan Anda tidak akan melakukan perubahan lain dalam hidup Anda. Misalnya, Anda memutuskan untuk beli rumah dengan ukuran kecil, tapi dalam waktu beberapa tahun Anda berencana untuk memiliki keluarga. Tentu rumah kecil tidak akan cocok lagi. Atau dalam waktu tersebut, Anda berencana pindah kerja, terutama ke luar kota, tentu saja rumah yang Anda beli akan menjadi percuma. Maka karena itu, pastikan bahwa Anda akan menetap di tempat yang sama sebelum Anda beli rumah.

Baca teliti iklan yang ditampilkan situs pencarian properti

Jika Anda pertama kali melihat iklan rumah tersebut di sebuah situs pencarian properti, maupun di koran, jangan langsung percaya dengan apa yang dituliskan di iklan tersebut. Saat beli rumah Anda harus teliti dan memeriksa apa yang dikatakan di iklan tesebut berulang kali. Lebih baik lagi, Anda langsung memeriksa rumah tersebut sebelum Anda memutuskan untuk beli rumah tersebut.

Periksa harga pasaran rumah

Periksa harga pasaran rumah saat Anda akan beli rumah. Jika Anda tidak paham akan pasaran harga rumah saat Anda akan beli rumah, Anda dapat meminta bantuan Agen yang dapat Anda percaya. Anda harus melakukan hal ini untuk mengetahui apakah harga rumah yang Anda inginkan sesuai. Anda tentu tidak mau harga rumah yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Meskipun Anda merasa untung jika mendapat rumah yang rendah, bisa saja rumah tersebut ternyata bermasalah, atau ada banyak yang harus diperbaiki.

Cek kondisi rumah yang Anda pilih

Periksa keadaan rumah yang Anda pilih sebelum Anda beli rumah. Anda tentu harus teliti dalam memeriksa rumah tersebut. Lihat keadaan air, listrik, dan keadaan rumah tersebut sedetil mungkin. Apakah ada lubang yang terbuka hingga memungkinkan hama seperti tikus masuk? Bagaimana keadaan gentingnya, apakah ada yang bocor? Sebelum Anda beli rumah ini harus Anda periksa agar Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memperbaiki setelah Anda selesai beli rumah.

Apa yang menjadi prioritas anda?

Anda juga harus memastikan apa prioritas Anda sebelum melakukan proses beli rumah. Jika tujuan beli rumah adalah agar dekat dengan kantor Anda, berarti Anda harus melakukan beberapa pengorbanan seperti ukuran rumah yang lebih kecil dibanding rumah dengan lokasi yang jauh, misalnya. Dengan menentukan apa tujuan utama Anda dalam memilih rumah, Anda tidak akan menyesal nantinya.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, semoga Anda menjadi lebih teliti dalam beli rumah. Sehingga Anda pun tidak akan merasa rugi setelah proses beli rumah Anda selesai dan Anda telah tinggal di rumah tersebut. Semua orang tentu ingin tinggal di tempat yang nyaman, bukan? Anda juga pasti ingin tinggal di rumah idaman Anda. Nah, dengan tulisan ini, Anda akan dapat beli rumah idaman Anda!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

3 Comments

  • Ashril August 5, 2015 at 10:39 am

    Nah,yg di awal sy sepertinya sudah salah..
    Baru beli rumah 1 bulan langsung sy tinggal ke jogja..
    😀
    Bnr2 fatal memang…

    Reply
  • Yoggy Satya August 12, 2015 at 8:09 am

    Nice info buat kedepannya nentuin rumah idaman. hehe 😀

    Reply
  • kaos sablon December 14, 2016 at 12:50 am

    tidak mudah memang dalam memilih hunian apa lagi akan ditempati dalam waktu lama. thanks infonya berguna banget.

    Reply

Leave a Comment