Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Bebas MSG

Tempe, sumber: duniafitnes.com

Siapa disini yang tidak kenal tempe? Makanan berbahan dasar kedelai ini bisa dikatakan sebagai makanan favorit banyak orang. Selama ini tempe sering dijadikan lauk yang disantap dengan nasi. Tempe biasanya diolah menjadi tempe goreng, tempe bacem, sebagai campuran pada sayur, bahkan saya pernah membaca bahwa tempe dapat dijadikan isian utama kebab yang selama ini menggunakan daging.

Nikmatnya Tempe Goreng Tepung

Kalau saya pribadi sih, paling favorit makan tempe goreng. Eit, tapi bukan tempe goreng biasa ya? Soalnya menurut saya, tempe goreng itu paling pas kalau dinikmati selagi hangat. Nah, gimana dong kalau tempenya tidak langsung habis saat disajikan? Solusinya adalah dengan memodifikasi sedikit menu tempe goreng biasa ini menjadi tempe goreng tepung. Tempe goreng tepung ini paling lezat kalau dinikmati selagi hangat, dan kalaupun sudah dingin tetap saja selalu ada rasa ingin.. ingin tambah lagi πŸ˜€ #bahasanyamaksa

Lebih Praktis dengan Tepung Bumbu Serbaguna

Tempe goreng tepung sangat mudah dibuat. Sekarang ini ada banyak sekali dipasarkan berbagai merk tepung bumbu serbaguna yang dapat digunakan untuk sejumlah masakan, salah satunya yaitu untuk membuat tempe goreng tepung. Dengan tepung bumbu serbaguna ini, kita hanya perlu menyiapkan tempe, air dan minyak untuk menggoreng. Praktis kan ya? Tapi berhubung orang-orang di rumah pada anti MSG, jadi penggunaan tepung bumbu serbaguna iniΒ diskip aja.

Teman-teman yang mau sedikit repot, boleh nih dicoba resep sederhana tentang cara membuat tempe goreng tepung bebas MSG. Dimana untuk tepungnya disini tentunya kita racik sendiri. Sederhana kok cara membuatnya, pastinya lebih sehat dan aman karena tidak ada kandungan MSGnya πŸ™‚

Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Bebas MSG

BAHAN-BAHAN

  • tempe
  • bawang putih
  • garam secukupnya
  • tepung terigu
  • telur ayam
  • daun seledri
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

cara membuat

  • tempe diiris tipis menjadi beberapa bagian
  • selanjutnya, ulek halus 5 sampai 6 siung bawang putih dan garam secukupnya
  • buat adonan tepung yang terdiri dari 200gram tepung, 1 butir telur ayam, dan air secukupnya
  • masukkan bawang putih dan garam yang sudah diolek halus tadi pada adonan tepung
  • tambahkan irisan daun seledri pada adonan tepung
  • celupkan tempe pada adonan yang sudah dibuat tadi, kemudian goreng hingga warnanya mulai kecoklatan dan angkat.
  • tempe goreng tepung bebas MSG siap disajikan

Tempe Goreng Tepung

Tempe Goreng Tepung: Sebagai Lauk Mantap, Sebagai Cemilan Nikmat!

Perlu diketahui, bahwa resep tempe goreng tepung diatas bukan untuk menghasilkan tempe goreng tepung yang crispy ya, melainkan tempe goreng tepung dengan rasa khas alias original. Udah kayak KFC aja πŸ˜€ Nah, yang bikin tempe goreng tepung ini berbeda dengan tempe goreng biasa adalah dari peruntukannya.

Kalau tempe goreng biasa umumnya hanya untuk dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Lain halnya dengan tempe goreng tepung, yang selain sebagai lauk juga nikmat dikonsumsi sebagai cemilan. Semoga artikel mengenai cara membuat tempe goreng tepung bebas MSG ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yaa ^_^

Jadi, teman-teman pada mau bikin olahan tempe apa untuk hari ini?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

9 Comments

  • dey August 7, 2015 at 2:55 am

    Itu digoreng kering ya Mbak ? Saya juga suka bikin tempe goreng tepung, tapi ngga terlalu kering. Jadi mendoan.

    Reply
  • Lidya August 7, 2015 at 6:42 am

    Crispi enak lebih ada rasa pedas

    Reply
  • Salman Bluepacker ID August 7, 2015 at 7:34 am

    Kalau masaknya pakai minyak olive atau non kolesterol gitu bisa ngga mba?

    Reply
  • Adi Pradana August 7, 2015 at 3:42 pm

    paling suka sama tempe goreng tepung, apalagi dicocol sambel bawang. Mak huh hah…. Pedas mantap.

    Reply
  • Lusi August 8, 2015 at 4:33 am

    Aku nggak pake telur tapi ditambah kemiri, kunir & sedikit tepung besar atau sagu. MSG juga terlarang di rumahku, kalau beli bakso, soto dll pesannya nggak pakai bumbu masak πŸ™‚

    Reply
  • Titis Ayuningsih August 8, 2015 at 8:28 am

    Renyah mak…kriuk..kriuk

    Reply
  • Ayu Citraningtias August 9, 2015 at 12:48 pm

    saya juga suka bikin tempe goreng dari bumbu sendiri mbakk meski kadang suka aneh2 rasanya heheeh

    Reply
  • sarrah ghina August 12, 2015 at 10:22 pm

    menggoda buat disantap sama nasi panas nih mba….

    Reply
  • Ryan - Pikiran Random August 13, 2015 at 6:17 am

    Au au au… kesukaan saya… tempe apalagi tempe goreng tepung. Eh tempe orek juga enak. Tempe bacem juga. Ah pokoknya semua tempe dah.
    Makasih resepnya Mbak.
    Salam kenal

    Reply

Leave a Comment