Cara Mudah Membuat Pizza Tanpa Oven

Teman-teman tau pizza? Siapa sih yang tidak kenal pizza. Makanan asal Italia yang umumnya dibuat berbentuk lingkaran ini merupakan makanan favorit banyak orang. Rasanya yang lezat rupanya sebanding pula dengan harganya, untuk menikmati satu loyang pizza yang disajikan di restoran-restoran pizza, anda perlu merogoh kocek yang ‘lumayan’. Tentu dompet bisa ‘jebol’ kalau anda atau anak-anak anda yang doyan makan pizza harus selalu membelinya di restoran setiap kali ingin menyantap pizza. Namun jangan khawatir, resep pizza sudah banyak tersedia di internet. Anda pun bisa membuat pizza sendiri di rumah. Lebih hemat dan tentunya lebih sehat juga kan?

Bahan-bahan Adonan Pizza

Untuk bisa membuat pizza sendiri di rumah, anda tentunya harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pizza:

– 1 bungkus tepung premix pizza isi 250gram

– 1 butir telur (ambil kuningnya saja)

– 1 sdm mentega

– air secukupnya

Bahan-bahan Pizza, Abaikan susu beruang yang nyelip yaa..

Bahan-bahan tersebut merupakan bahan untuk membuat adonan pizza. Saya menggunakan tepung premix pizza merk HanHan. Kebetulan ada teman yang jual. Didalam 1 bungkus tepung tersebut, sudah tersedia ragi dan oregano. Nah, Anda cukup menambahkan bahan-bahan lainnya saja, seperti yang sudah disebutkan diatas.

Bahan-bahan Untuk Saos dan Topping Pizza

Bahan-bahan lain yang perlu disiapkan untuk membuat pizza adalah bahan saos dan toppingnya. Bahan saos yang paling simpel adalah dengan mencampurkan saos tomat, saos sambal, sejumput oregano, dan sejumput gula pasir.

Sedangkan bahan untuk topping pizzanya tergantung selera anda. Kalau saya disini cukup menyediakan sosis, jamur, dan bawang bombay. Tidak lupa keju mozarella dan oregano sebagai taburan penutup topping.

Cara Mudah Membuat Pizza Tanpa Oven

Semua bahan sudah siap, lalu bagaimana cara membuatnya? Pertama, campurkan semua bahan adonan terlebih dahulu. Kemudian adonan yang sudah kalis didiamkan pada wadah dan tutup rapat dengan kain bersih. Biar mengembang selama kurang lebih 10 menit. Kalau sudah, atur adonan pada loyang untuk dipanggang pada oven … hal ini berlaku jika dan hanya jika anda punya oven #eh… (nunjuk diri sendiri yang gak punya oven).

Lalu bagaimana kalau tidak ada oven? Batal dong bikin pizzanya?

Butter dioles tipis saja. Foto masih on process itu *pembenaran*

Gak dong! Adonan udah beres, saos dan topping pun udah siap. Oven gak ada? nah, ini dia solusinya! Sekarang udah banyak panduan membuat segala macam makanan tanpa menggunakan oven. Postingan ini salah satunya. Yup! Sekarang mari kita buat pizzanya tanpa oven, tapi cukup pakai teflon. Teflon punya kan? Jangan bilang gak punya yaa, soalnya saya belum punya postingan solusi lain, selain pakai teflon πŸ˜€ Oke, langsung saja.. jadi begini caranya:

  • Olesi teflon dengan sedikit butter, tipis-tipis saja. Untuk butternya, saya pakai yang merk Anchor.
  • Tipiskan adonan pada teflon
  • Atur toping pada adonan, lanjutkan dengan menabur oregano dan parutan keju.
  • Diamkan dahulu selama 10 menit
  • Tutup teflon dan masak dengan api kecil selama sekitar 20 menit, sampai keju meleleh serta bagian bawah adonan mulai kecoklatan.
  • Pizza siap disantap πŸ™‚

Pizza Teflon yang ‘kurang rapi’

Tips Membuat Pizza Menggunakan Teflon

Cara membuatnya sudah dipaparkan tadi ya? Gimana dengan rasanya? Hohoho..jangan salah.. udah mirip deh sama pizza-pizza di restoran. Lumayan kan? bisa puas makan pizza tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Lebih hemat dan lebih sehat juga. Oh iya, berikut ini saya sajikan beberapa tips membuat pizza menggunakan teflon.

beforeafter

before & after dipanggang, dibentuk seperti ini bagus juga kan?

  • Pastikan adonan yang ditaruh pada teflon sudah ditipiskan. Kemarin saya takut adonannya jadi kering, jadi agak ragu mau tipiskan. Alhasil, begitu pizza percobaan pertama jadi.. taraa.. rotinya jadi tebal dan keras banget. Wkwkwkwk..
  • Jangan terlalu terpaku sama bentuk pizza yang lingkaran itu. Dari hasil coba-coba saya, kalau dibuat bentuk kecil saja, pizzanya akan lebih pas matangnya.
  • Pakai keju mozarella yaa.. percobaan sebelumnya saya pakai keju biasa, terus keju kr*ft melt itu.. tapi ternyata yang paling bikin rasanya mirip pizza-pizza restoran ini ya setelah pakai si keju mozarella.
  • Pada banyak resep disebutkan teflonnya itu diolesi dengan sedikit minyak. Tapi menurut saya sih lebih enak kalau pakai butter.

Cara mudah membuat pizza tanpa oven ini bisa jadi solusi buat teman-teman yang ingin membuat pizza, dengan hanya menggunakan teflon dan tentunya (kompor) sebagai alat pemanggangnya. Mudah bukan? Jadi, pilih mana nih.. makan pizza buatan sendiri atau beli yang ada di restoran pizza?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

20 Comments

  • irma susanti July 24, 2015 at 4:27 pm

    Wahhh enyak nih kayanya jadi pengen nyobain ^_^

    Reply
  • Ila Rizky July 25, 2015 at 4:26 am

    enak kayaknya, mba. jadi pengin nyicip. πŸ˜€

    Reply
  • Budi Arnaya July 25, 2015 at 11:43 am

    Wahhhh …resepnya langsung tak kopas kasi melati hehehe

    Reply
  • evrinasp July 25, 2015 at 12:13 pm

    Rajinnya mbak ini bikin pizza sendiri, patut dicoba nanti di rumahs endiri, btw mbak, kalis itu apa ya mbak? lupa euy artinya apa

    Reply
  • A. Yovie A. July 25, 2015 at 1:30 pm

    wah, ini patut dicoba kapan-kapan. Kelihatannya sedap:)

    Reply
  • chlova July 25, 2015 at 11:45 pm

    aku sama temen-temen dulu pernah coba bikin pizza, sama pake teflon juga tapi ketebelan hehe
    pizza mbak menguggah selera πŸ˜›

    Reply
  • Arman July 26, 2015 at 4:16 am

    hehe kalo pake teflon jadi digoreng dong ya bukan di panggang? πŸ˜€

    Reply
  • Noe July 26, 2015 at 10:17 am

    Wkwk… Aku kira itu susu beruang beneran jd komposisi. Btw, keju mozarella yg ngga nguati, mahal :v

    Reply
  • Nella (Emaknya Benjamin) July 26, 2015 at 4:58 pm

    Asyik ya bikin pizza sendiri jadi bisa irit dan lebih sehat tentunya karena tahu bahan2 yg kita gunakan πŸ˜‰ .

    Reply
  • zilko July 26, 2015 at 6:58 pm

    Hmmm, jadi penasaran dengan rasanya. Apakah sama dengan hasil kalau menggunakan oven? Hehehe πŸ˜€

    Tapi teflonnya ditutup itu mungkin yang membuat rasanya (mungkin) masih enak ya πŸ˜€

    Reply
  • Nathalia DP July 27, 2015 at 2:45 am

    penampilannya menggoda sekali… cobain ah bikin jg…

    Reply
  • Irly July 27, 2015 at 11:46 pm

    Jadi seperti pizza mini gitu ya? hihi..

    Oke..mozarella..catet^^

    Salam kenal^^

    Reply
  • Lidya July 28, 2015 at 7:18 am

    Aku contek ya rsepnya mbak

    Reply
  • Mugniar July 29, 2015 at 3:13 pm

    Kira2 tepungnya ada dijual di mart2 di Makassar, ndak ya?
    Senangnya Sedja .. mamanya suka bikin pizza πŸ™‚

    Reply
  • Catcilku July 30, 2015 at 1:52 am

    Aku pingin coba ah kapan2. Btw kok aku tidak bisa komentar di blogmu ini ya mbak. Di postingsn cerita meci aku 3 atau 4 kali komen tapi tidak muncul πŸ™

    Reply
  • mukhofas al Fikri July 30, 2015 at 3:50 am

    Menurut pengalaman sihhhh belum pernah makan pizza, ahh ngga tau iya atau belum. Rasanya sih belum,tapi kalau punya istri pengen buat pizza sendiri. Itu insyaallah lah

    Reply
  • Ayu Citraningtias August 2, 2015 at 8:04 am

    waaa.. pengen nyobain.. kayaknya enak tu pizza yg rotinya tipis,

    Reply
  • eka fikry August 2, 2015 at 8:49 am

    wow…menggoda mbak…. wah bisa dicoba nih ya masaknya pake teplon, gak ribet …hehehe

    Reply
  • Sandi Iswahyudi August 6, 2015 at 12:26 pm

    enak kayaknya, untuk di coba di rumah hem mantap. Buat sendiri selain hemat juga lebih juga

    Reply
  • Medanfoodblog December 16, 2015 at 5:09 am

    bisa banget nih dicoba di rumah πŸ˜€

    Reply

Leave a Comment