Keluarga Surya dan Pelajaran Tentang Pentingnya Komunikasi dengan Anak

keluarga-surya

Keluarga Surya dan Pelajaran Tentang Pentingnya Komunikasi dengan Anak. Seminggu kemarin kita pada disibukkan dengan urusan sekolah anak-anak. Ya gak? Soalnya seperti yang kita semua tahu, Senin (16/7) lalu merupakan Hari Pertama Sekolah. Apalagi kalau anak kita baru aja duduk di bangku SD, SMP atau SMA. Pasti ini menjadi pengalaman baru banget. Sudahlah repot saat pendaftaran, tes, hingga daftar ulang, akhirnya tibalah kita di hari yang tunggu-tunggu: sekolah. Saya pribadi pun mengalaminya. Rani (anak sulung saya) tahun ini resmi terdaftar sebagai siswi kelas 1 di sebuah Sekolah Dasar di kota Mataram. Jangan ditanya, Rani excitednya luar biasa!

Setiap hari sepulang sekolah, ada aja cerita yang dibawa pulang. Mulai dari kondisi sekolahnya, gimana teman-temannya, gurunya dan masih banyak lagi. Gak sampai di situ, dia pun menyampaikan hal-hal yang harus kami (orangtuanya) siapkan di rumah. Seperti bukunya harus disampul gimana, disiapkan berapa banyak, dan lain lain. Padahal nih ya, informasi tadi juga udah disampaikan di grup WA kelas lho. Hihihi, tapi salut banget euy sama Rani.

Jadi gimana setelah seminggu anak-anak sekolah bu ibu? Masih kuatkah mendengar segala ocehan mereka? Hahaha. Jujur aja, kadang kalau Rani udah cerita kepanjangan atau ceritanya sampai memotong obrolan orang lain, sayanya rada gemas. Saya minta dianya istirahat dulu sebentar atau malah sayanya yang gak total menyimak dia ngomong apa. Ya ampun, kejamnya saya 🙁

keluarga-surya

Keluarga Surya dan Pelajaran Tentang Pentingnya Komunikasi dengan Anak

Sampai kemudian pas baca-baca timeline fb saya lihat postingan seorang teman yang membahas sebuah video. Bukan sekadar video sih, jadi ini jenisnya sitcom webseries (ada beberapa episode gitu). Menurutnya, sitcom webseries Keluarga Surya bagus banget. Ada kali berapa orang yang menyampaikan hal serupa. Jadi deh saya penasaran dan langsung mengakses kanal YouTube tempat ditayangkannya video tersebut. Oalah ternyata total sudah ada 5 episode di sana.

Adalah Keluarga Surya, yang terdiri dari Pak Surya, Bu Mentari dan 2 orang anaknya (Fajar dan Cahaya). Sepintas hidup mereka sama seperti keluarga lain, tapi jika diperhatikan ada satu hal penting yang menarik. Hal tersebut adalah komunikasi. Coba saksikan setiap episodenya, komunikasi dalam Keluarga Surya bisa dikatakan sangatlah baik dan menjadi sesuatu yang langka di masa kini. Setuju gak? Bayangin deh, dalam 24 jam ada berapa banyak waktu yang kita luangkan untuk sekadar melakukan obrolan-obrolan ringan dengan keluarga? Kalau yang ringan-ringan aja jarang, gimana ngobrolin yang serius? Saat di luar rumah kita semua mungkin sibuk dengan urusan masing-masing dan setibanya di rumah sibuknya pun berpindah ke hp masing-masing. Huhuhu. Kok saya banget ini -_-

Keluarga Surya Episode 5: Sayang Anak, Sayang Anak

Setelah menyaksikan satu per satu episode dari sitcom webseries Keluarga Surya, tibalah saya di episode 5. Oh ya, kabarnya total ada 8 episode yang ditayangkan. Kurang 3 lagi nih! Oke lanjut ke pembahasan episode 5. Episode yang berjudul “Sayang Anak, Sayang Anak” ini menurut saya benar-benar menampar! Menampar saya, menampar kita semua. Gimana enggak? Melihat Pak Surya dan Bu Mentari yang komunikasinya ke anak bagus banget gitu kok saya langsung bertanya ke diri sendiri. Anak-anaknya ngomong apa aja didengerin, disimak dengan baik. Bahkan tidak jarang, keduanya memberikan solusi. Semua anak disayang dan diberikan perhatian yang sama-sama, gak berat ke salah satunya. Wuih, seru!

Nah, di episode 5 ini video Keluarga Surya mengangkat tema tentang Hari Anak Nasional. Pasti udah pada tahu kan kalau tanggal 23 Juli besok kita bakal memperingati Hari Anak Nasional. Jadi ceritanya anak-anak di Keluarga Surya (Fajar dan Cahaya) sepulang sekolah pada ngobrol sama ibunya. Mereka menyampaikan bahwa bakal ada acara Hari Anak Nasional di sekolahnya. Dimana dalam rangka acara itu, digelar pula sejumlah pertandingan. Fajar terpilih untuk mengikuti pertandingan futsal, sedangkan Cahaya akan tampil mementaskan tarian balet. Tapi rupanya Cahaya kurang bersemangat menyambut pentas tersebut, padahal sebenarnya dia sangat menggemari segala hal yang berbau seni. Kira-kira kenapa yaa? Cahaya jadi gak bersemagat gitu? Tonton aja langsung di videonya ya!

Oh ya, karena webseries Keluarga Surya ini jenisnya sitcom (komedi situasi), jangan heran kalau tiap scenenya selalu bikin kalian ngakak. Obrolan-obrolan Keluarga Surya terlihat ringan, kocak, namun tetap ada hal baik yang tersirat. Selain itu, di setiap episodenya terselip tips-tips gimana caranya agar menjadi keluarga yang cerdas finansial. BTW saya belum bilang ya tadi kalau secara keseluruhan topik yang diangkat dari webseries Keluarga Surya ini adalah tentang keuangan. Yuhuuu pada bingung kan? Kemasannya bagus banget, bikin topik keuangan yang biasanya berat jadi lebih mudah dimengerti.

Keluarga Surya, Kampanye Literasi Keuangan Gak Pernah Seasyik Ini!

Sitcom webseries Keluarga Surya merupakan tayangan mendidik yang dibuat oleh SunLife Financial Indonesia. Dimana SunLife sendiri merupakan sebuah perusahaan asuransi yang sudah tidak diragukan lagi namanya. Tujuan dibuatnya sitcom webseries Keluarga Surya tidak lain adalah untuk mengkampanyekan pentingnya literasi keuangan.

Menurut saya, apa yang dilakukan oleh SunLife Financial Indonesia ini bagus banget. Idenya keren. Kampanye literasi keuangan memang seharusnya dikemas dengan cara yang menarik, namun tetap mendidik. Kalau dari awal sudah terlihat terlalu serius dan berat, tentu saja banyak orang yang enggan menyimak. Saya saja sampai gak sadar nih sudah selesai 5 episode nontonnya dan gak sabar menunggu 3 episode selanjutnya.

Bagaimana dengan teman-teman, penasaran juga gimana sih asyiknya literasi keuangan ala Keluarga Surya? Langsung ditonton aja yuk!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

6 Comments

  • Mugniar July 22, 2018 at 3:29 pm

    Semua pelajaran bagusnya dikemas dengan cara ini sih menurut saya. Sunlife sudah memulai. Semoga yang lain mengikuti.

    Reply
  • Anisa AE July 23, 2018 at 8:00 am

    Serial ini membuat saya sadar akan pentingnya komunikasi dengan anak. Terlebih anak-anak yang masih belia butuh pantauan dan motivasi dari orangtua.

    Reply
  • ophi ziadah July 24, 2018 at 12:58 pm

    bener mba andy ide literasi keuangannya sunlife ini cemerlang banget, kita gak berasa digurui dan menikmati cerita dr setiap episode web seriesnya

    Reply
  • Nathalia DP July 25, 2018 at 6:29 pm

    Sama mba, ga sabar nunggu 3 episode selanjutnya… Mudah2an diperpanjang ya, hihihi…

    Reply
  • Naqiyyah Syam July 26, 2018 at 1:35 pm

    Iya Mbk kece banget ya Episode 5 Keluarga Surya. Banyak pelajaran yang kudapat tanpa merasa digurui.

    Reply
  • Donna Imelda July 30, 2018 at 12:32 am

    Keluarga Surya emang keren ya, semua episodenya bagus. Sarat pesan namun tetap ringan dan kocak untuk dicerna

    Reply

Leave a Comment