Agar Tidak Mengganggu, Ini Tips Bagi Anda yang Kerap Mendengkur saat Perjalanan

Agar Tidak Mengganggu, Ini Tips Bagi Anda yang Kerap Mendengkur saat Perjalanan. Beberapa orang mendengkur dalam tidurnya. Beberapa mendengkur dengan lantang dan beberapa lainnya mendengkur dengan halus. Terkadang suara mendengkur yang lantang kurang diterima oleh orang lain karena dianggap mengganggu. Terlebih lagi jika berada di dalam transportasi umum seperti di bis atau pesawat.

Apabila Anda adalah sebagian orang yang selalu mendengkur saat tidur dan khawatir suara dengkuran Anda akan mengganggu penumpang lain dalam perjalanan, Anda tidak perlu khawatir. Simak beberapa tips berikut untuk meminimalisir gangguan yang dirasakan penumpang lain.

Agar Tidak Mengganggu, Ini Tips Bagi Anda yang Kerap Mendengkur saat Perjalanan

Kenali penyebab dengkuran

Sebelum mengatasi sebuah masalah, tentu Anda perlu memahami latar belakangnya terlebih dahulu. Dalam hal ini, penyebab kenapa Anda mendengkur. Mendengkur diakibatkan oleh otot tenggorokan dan pangkal lidah yang melemah selama Anda tertidur. Pelemahan itu yang mengakibatkan saluran pernapasan terganggu, sehingga mengakibatkan getaran yang menimbulkan suara keras setiap tarikan napas.

Atus posisi tidur

Setelah memahami penyebab dari mendengkur, maka Anda bisa menyusun strategi untuk mencegahnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pangkal lidah yang melemah merupakan salah satu penyebab seseorang mendengkur. Pangkal lidah yang melemah itu seringkali turun menutupi saluran pernafasan Anda.

Cara mengatasinya adalah dengan cara mengatur posisi tidur Anda. Untuk mencegah pangkal lidah turun maka sebaiknya Anda tidak tidur dengan menengadahkan kepala Anda. Posisi tidur dengan kepala menunduk pun akan mengakibatkan Anda mendengkur karena saluran pernapasan semakin tertutup.

Jadi, sebaiknya Anda usahakan untuk ertidur dengan posisi kepala tegak selama penerbangan. Memang kurang nyaman, tetapi hanya itu posisi tidur terbaik untuk mencegah simfoni dengkuran selama penerbangan.

Gunakan alat bantu

Saat ini teknologi semakin berkembang. Salah satu bentuk kemajuan teknologi saat ini adalah maraknya alat yang diklaim dapat mencegah atau menghilangkan sama sekali dengkuran dari tidur Anda. Saat ini terdapat berbagai jenis alat penghilang dengkuran. Namun salah satu alat yang paling ampuh menghilangkan dengkuran adalah alat yang berupa mouthpiece yang serupa alat pelindung gigi yang digunakan oleh petinju. Alat ini dapat memastikan otot-otot yang berada di mulut Anda tidak terlalu lemas sehingga tidak akan menutupi saluran pernafasan.

Sampaikan ke penumpang di samping Anda

Misalnya ketika Anda hendak pergi mudik bersama keluarga. Anda bisa minta dibangunkan salah satu anggota keluarga jika ia mendengar Anda mulai mendengkur. Nah, usahakan agar Anda duduk di samping keluarga Anda.

Manfaatkan fasilitas pemilihan kursi saat online check-in yang disediakan oleh beberapa maskapai penerbangan, misalnya Sriwijaya Air, agar Anda tidak terpisah dengan anggota keluarga Anda. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda harus menanggung beban sebagai perusak kenyamanan orang lain.

Sediakan earplug

Earplug atau penyumbat telinga adalah jalan terakhir yang bisa Anda tempuh. Earplug ini bukan untuk Anda gunakan, karena tidak ada kaitannya antara pendengaran dengan mendengkur. Earplug ini dapat Anda berikan kepada penumpang lain yang duduk di samping, depan, atau belakang Anda. Apabila Anda tidak bisa mengatasi masalahnya, maka lebih baik Anda menunjukkan itikad baik kepada penumpang lain dan berharap mereka bisa memaklumi.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

1 Comment

  • Jalan-Jalan KeNai June 21, 2018 at 3:15 pm

    Saya belum pernah ketemu penumpang yang dengkurannya keras banget. Tapi, memang pasti berisik. Apalagi buat saya yang susah istirahat kalau berisik. Mendingan pakai penutup telinga 🙂

    Reply

Leave a Comment