Kumparan, Akses Beragam Tulisan dari Satu Aplikasi Ringan

aplikasi kumparan

Kumparan, Akses Beragam Tulisan dari Satu Aplikasi Ringan. Tidak dapat dipungkiri, smartphone kini menjadi sebuah benda yang tidak pernah jauh dari pemiliknya. Sejak bangun hingga kembali beristirahat, sebagian besar dari kita akan selalu menggenggam smartphone. Ya, beragam aktivitas bisa dilakukan melalui sebuah benda canggih ini. Mulai dari berkomunikasi dengan klien maupun keluarga, bekerja, bermain game, menonton video hingga mengakses beragam tulisan untuk dibaca. Siapa sangka, kalau dulu kita sangat bergantung pada lembaran koran dan tayangan berita di televisi. Maka kini beragam berita dan informasi dapat diakses lewat sebuah aplikasi. Saya perkenalkan salah satunya. Sebuah aplikasi ringan untuk mengakses beragam tulisan, namanya Kumparan.

Mengenal Kumparan, Lebih dari Sekadar Media Digital

aplikasi kumparan

Sebelum membahas aplikasinya, kita kenalan dulu yuk apa itu Kumparan. Kumparan adalah platform media kolaboratif Indonesia sebagai wadah membaca, membuat, dan berbagi beragam berita dan informasi. Penjelasan tersebut saya dapat dari situs resminya, yaitu kumparan.com. Belum lama ini, untuk memenuhi kebutuhan kita yang tidak bisa jauh dari smartphone, Kumparan hadir dalam bentuk sebuah aplikasi mobile. Dari aplikasi tersebut, kita dapat melakukan hal yang sama dengan yang tersedia di website kumparan. Mulai dari membaca, membuat serta memberikan tanggapan terhadap beragam informasi dan berita yang ada di sana.

Dengan hadirnya aplikasi mobile Kumparan, tentu akan memberikan kemudahan tersendiri bagi kita, para pengguna smartphone. Ya, sederhananya sih kita dapat mengakses informasi dan berita semudah nge-scroll timeline facebook maupun instagram. Hihihi. Menurut saya seperti itu.

Mengutip kembali dari situs resmi Kumparan, bahwa platform media yang satu ini memiliki keistimewaan lho. Lebih dari sekadar media digital, kumparan mengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini. Dimana Kumparan menjunjung tinggi kredibilitas, dan memegang teguh etika jurnalisme. Setidaknya mata kita bakal terjaga dari segala tulisan hoax di sana. Ya kan?

Kumparan, Akses Beragam Tulisan dari Satu Aplikasi Ringan

aplikasi kumparan

Meski tidak begitu sering, saya pernah beberapa kali mengakses berita yang ditayangkan di situs Kumparan. Tautan-tautan yang tersebar di facebook yang paling sering mengantarkan saya untuk membaca tulisan di sana. Maka ketika sudah tersedia aplikasi mobilenya, saya pun penasaran untuk segera mencoba. Yang terlintas di benak saya kala itu, versi aplikasinya pasti lebih simple dan mudah untuk diakses kapan saja. Lalu, bagaimana kesan pertama setelah memasang dan membuka aplikasi Kumparan di smartphone saya? Ringan! Ya, jujur saja ini adalah aplikasi informasi dan berita paling ringan yang pernah terpasang di smartphone saya. Bayangkan, teman-teman hanya perlu menyediakan ruang penyimpanan sebesar 7.7MB untuk memasang dan menjalankan aplikasi mobile Kumparan. Ringan banget kan?

Aplikasi Kumparan bisa diunduh di Google Playstore maupun di App Store iOS. Saat aplikasi sudah terpasang, teman-teman bisa mulai menjalankannya. Di awal, kalian akan diminta untuk memilih topik yang diminati dari sejumlah topik yang tersedia di aplikasi mobile Kumparan. Ada banyak sekali topik di sana diantaranya yaitu: news, bisnis, bola, bisnis dan masih banyak lagi. Tahap selanjutnya, kita diminta untuk login. Silakan dipilih, bisa menggunakan akun google maupun facebook. Setelah itu, beres deh! Teman-teman sudah bisa membaca, membuat, berbagi serta memberikan komentar pada informasi dan berita yang ada di sana.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Mobile Kumparan

aplikasi kumparan

Kelebihan Aplikasi Mobile Kumparan

Selain ringan dijalankan, aplikasi mobile yang satu ini juga memiliki sejumlah kelebihan lain. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Tampilannya fresh dengan penggunaan warna yang tidak melelahkan mata. Tampilan yang seperti ini menjadikan pengguna betah mengakses aplikasi dalam waktu yang lama.
  • Tulisan ditayangkan lengkap dalam satu halaman. Pernah membaca berita di sebuah aplikasi yang dipecah ke beberapa halaman? Itu aplikasi apa koran? Hehehe. Di Kumparan, semua berita ditayangkan lengkap dalam satu halaman. Jadi kita bisa membaca berita sampai selesai, tanpa perlu membuka halaman lainnya.
  • Loading yang cepat. Seperti yang saya sebutkan di awal, aplikasi Kumparan ini ringan banget. Proses memuat berita dan informasinya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Fitur pilihan topik. Saat pertama kali menjalankan aplikasi Kumparan, pengguna akan diminta untuk melakukan subscribe ke beberapa pilihan media. Pilihlah media dengan topik yang sesuai minat kalian. Total ada 14 media Kumparan yang bisa dipilih. Jadi berita dan informasi yang topiknya tidak sesuai minat kalian gak akan tayang tuh di timeline. Asyik kan?
  • Media digital yang aman dari hoax. Kalian mumet dengan tulisan-tulisan hoax? Tenang saja, di Kumparan gak bakal lolos tuh yang namanya hoax. Mengutip dari situs resminya, bahwa Kumparan menjunjung tinggi kredibilitas, dan memegang teguh etika jurnalisme.
  • Berbagi informasi dan berita dengan membuat story. Ada informasi di sekitar kalian yang ingin dibagikan? Tulis saja di Kumparan! Ya, aplikasi ini memungkinkan teman-teman untuk membuat tulisan dan membagikannya kepada para pembaca lain. Tentu dengan melewati proses moderasi terlebih dahulu yaa..

Kekurangan Aplikasi Mobile Kumparan

Sebagai sebuah aplikasi baru, tentu saja Kumparan memiliki kelebihan dan kekurangan. Setelah mencoba menjalankan aplikasinya, saya mencatat beberapa kekurangan berikut:

  • Wajib login untuk mengakses berita dan informasi. Ya, untuk bisa menjalankan aplikasi Kumparan kita diwajibkan untuk login, baik itu menggunakan akun google maupun facebook. Awalnya saya berpikir, ketika aplikasi dibuka, para pengguna bisa langsung mengakses informasi dan berita.
  • Update berita masih belum begitu cepat. Dibanding aplikasi informasi dan berita lainnya, berita yang tayang di aplikasi ini masih terbilang lama atau tidak up to date. Kedepannya mungkin bisa ditingkatkan.

Di luar itu, semuanya bagus-bagus aja sih menurut saya. Bagaimana menurut teman-teman? Sudah pada pasang aplikasi Kumparan belum nih? Share yuk di kolom komentar.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

3 Comments

  • Iqbal March 31, 2018 at 2:26 am

    Andaikan beritanya up date pasti kumparan lbh bagus

    Reply
  • Nchie Hanie March 31, 2018 at 3:55 am

    Aku belom punyaaa aplikasinya..
    Tapi kemaren di Bandung aku hadir di acara sharing content creative dr Kumparan, kereen..

    Reply
  • Baiq Rosmala April 6, 2018 at 3:31 am

    sering baca berita di kumparan, tapi belum install aplikasinya 😀

    Reply

Leave a Comment