Begini Cara Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api

naik kereta api

Begini Cara Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api. Naik kereta api zaman sekarang, sudah jauh lebih nyaman dibanding di tahun silam. Sudah beberapa tahun belakangan PT KAI berbenah dan memperbaiki layanan mereka, baik untuk kereta api jarak dekat maupun jarak jauh. Tapi seperti semua perjalanan, tetap saja ada rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh penumpang. Khususnya bagi penumpang dengan perjalanan jarak jauh, yang pastinya mengalami rasa jenuh dan lelah selama naik kereta. Namun tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat perjalanan berkesan dan tetap nyaman. Seperti beberapa tips pada tulisan ini. Disimak ya.

Begini Cara Agar Tetap Nyaman Naik Kereta Api

naik kereta api

Pesan Tiket Sejak Jauh Hari

Trik pertama untuk membuat perjalanan nyaman adalah dengan memesan tiket sejak jauh hari. Mengapa? Selain kemungkinan mendapatkan tiket di hari yang diinginkan lebih besar, memesan sejak jauh hari juga memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan tempat duduk di lokasi yang strategis.

Memesan tiket kereta api sejak jauh hari juga menghindarkan kamu dari terpisah dengan teman seperjalanan. Karena kamu masih bisa memesan seat yang diincar, dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah lewat pemesanan tiket kereta api via website maupun aplikasi.

Agar perjalanan kamu lebih nyaman, pilihlah gerbong tengah-tengah. Tidak terlalu di depan karena berisik dengan suara lokomotif, tidak juga terlalu di belakang karena guncangannya lebih kencang. Usahakan untuk memilih seat yang jauh dari toilet. Meski sekarang toilet di kereta api sudah bersih, namun bau kadang masih tercium dan biasanya posisi kaki kursi dekat kamar mandi pun kurang nyaman.

Anda Mabuk Darat? Lakukan Hal Berikut!

Meski jarang terjadi, namun kemungkinan seorang penumpang mengalami mabuk darat ketika naik kereta api tetaplah ada. Untuk menghindari mabuk darat, pilihlah tempat duduk yang menghadap ke depan dan berada di dekat jendela. Posisi ini akan mengurangi kemungkinan kepala kamu merasa pusing selama perjalanan. Selain itu, lakukan peregangan setiap beberapa jam sekali untuk membuat badan lebih rileks dan perut jadi nyaman.

Tidur dengan Bantal

Yang paling melelahkan dalam perjalanan jauh biasanya adalah posisi leher yang salah ketika tidur. Karena itu jangan segan menyewa bantal yang ditawarkan oleh petugas, atau membawa bantal leher sendiri dari rumah. Dengan bantal, posisi kepala tidak akan terlalu tertekan selama perjalanan. Kamu pun bisa tidur dengan lebih pulas, tanpa khawatir otot leher jadi kaku karena terus tertunduk tanpa sandaran selama perjalanan.

Baca juga: Kila Senggigi Beach Lombok, Spot Nyaman di Kawasan Senggigi

Jangan Lupa Membawa Snack

Di dalam kereta api memang ada penjual makanan, tidak hanya makanan berat tapi juga snack yang lezat dengan harga terjangkau. Namun tidak ada salahnya untuk membawa bekal sendiri, berupa snack yang kamu sukai dan cukup mengenyangkan untuk dimakan selama perjalanan. Jangan  lupa pula untuk membawa minuman agar tidak kehausan selama perjalanan.

Lakukan Peregangan

Kereta api memiliki gerbong yang luas dan panjang. Jangan hanya duduk saja selama perjalanan. Biar lebih nyaman, berdirilah setiap beberapa jam sekali dan lakukan peregangan. Selain itu kamu juga bisa jalan-jalan di sekitar tempat duduk agar otot tidak kaku.

Dengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa membuat pikiran dan badan jadi lebih rileks. Bawalah headset yang nyaman, dan pilihlah lagu kesayangan untuk menemani selama perjalanan. Dengan beberapa tips di atas, perjalanan kamu dengan kereta api dijamin jadi lebih nyaman. Jangan lupa, datanglah ke stasiun beberapa waktu sebelum kereta berangkat agar kamu tidak terburu-buru naik ke gerbong atau ketinggalan kereta.

Selamat naik kereta api!

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

2 Comments

  • masjidmuhtadinpurwomartani February 1, 2018 at 12:13 am

    Pelayanan kereta api sekarang semakin baik. Sehingga minat masyarakat untuk naik kereta api juga semakin besar. Maka, pesan tiket jauh-jauh hari tentu keharusan ya, Mbak…

    Reply
  • berbagifun February 2, 2018 at 6:11 am

    wajib dah sambil dengerin musik di headset

    Reply

Leave a Comment