Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Makassar dan Astra yang Terus Menginspirasi

pelayanan kesehatan rsud makassar

Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Makassar dan Astra yang Terus Menginspirasi. Akhir bulan September kemarin ada sebuah kabar baik di kota Makassar. Tepatnya datang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Makassar. Dimana rumah sakit tersebut diundang untuk berbicara di forum internasional atas inovasi pelayanan kesehatan yang telah dijalankannya. Hadir dr. Ardin Sani M.Kes, selaku Direktur RSUD Kota Makassar, pada forum internasional bertajuk The 2nd International Conference Applied Science and Health untuk memaparkan bagaimana pelayanan kesehatan di rumah sakit itu berjalan.

Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Makassar

pelayanan kesehatan rsud makassar

sumber: rsudmakassar.info

RSUD Kota Makassar mendapatkan undangan untuk berbicara di forum internasional di Thailand pada Jumat, 29 September 2017 lalu. Undangan tersebut diberikan setelah pihak Universitas Mahidol Thailand mengunjungi RSUD Kota Makassar dan tertarik dengan inovasi program dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Jadi, seperti apa sebenarnya program inovasi yang dijalankan oleh RSUD Kota Makassar yang terletak di daerah Daya tersebut?

Dari beberapa sumber yang saya baca, salah satunya dari portalmakassar.com dijelaskan bahwa salah satu program inovasi yang dimaksud yaitu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Dengan adanya layanan berbasis online yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) ini maka masyarakat dapat mengecek informasi melalui sebuah aplikasi. Selain itu, mereka juga bisa mengetahui kunjungan pasien perhari, memonitoring berbagai aktivitas di rumah sakit, informasi pemakaian obat, jenis-jenis penyakit terbanyak, dan sejumlah hal lainnya.

Program Inovasi dan Dukungan yang Tepat

pelayanan kesehatan rsud makassar

sumber: portalmakassar.com

Sebuah program inovasi bagaimanapun bagusnya tentu akan sangat disayangkan jika tidak mendapatkan dukungan. Untungnya apa yang telah dikerjakan oleh Direktur RSUD Kota Makassar, Bapak dr. Ardin Sani M.Kes dan tim mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, utamanya dari Pemerintah Kota Makassar. Di samping itu, dengan sistem yang canggih tersebut, RSUD Kota Makassar juga telah melengkapi sejumlah fasilitas terbaiknya. Seperti adanya peralatan Mammografi, yaitu alat untuk mendeteksi kanker payudara secara dini serta Echocardiogram yang merupakan alat periksa jantung. Pihak RSUD Kota Makassar pun tidak lupa menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tepat seperti tenaga rumah sakit/perawat yang berkompeten serta dokter spesialis demi terciptanya pelayanan yang maksimal.

Inspirasi 60 Tahun Astra

pelayanan kesehatan rsud makassar

Usai membaca pencapaian yang dilakukan oleh pihak RSUD Kota Makassar tersebut, membuat saya teringat akan nama sebuah perusahaan besar. Siapa lagi kalau bukan Astra. Di tahun 2017 ini, terhitung sudah 60 tahun lamanya Astra memberi inspirasi. Inspirasi melalui banyak hal. Seperti salah satu visi perusahaannya, yaitu menjadi perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial serta peduli lingkungan. Lalu bagaimana dukungan Astra terhadap bidang pelayanan kesehatan khususnya di Kota Makassar?

Meskipun tidak menyentuh langsung bidang pelayanan kesehatan, namun rupanya Astra menempatkan satu program KBA atau Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas dan Produktif) Astra di salah satu wilayah di Kota Makassar, tepatnya di Rappocini. Lewat program Kampung Berseri Astra, Astra telah menempatkan 4 pilar utamanya, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan. Bukankah kesehatan berawal dari lingkungan yang bersih?

pelayanan kesehatan rsud makassar

Itu baru untuk kota Makassar saja. Namun jika kita melihat bagaimana peran Astra terhadap Indonesia, maka kita akan takjub lagi dengan Inspirasi 60 Tahun Astra. Dimana khusus untuk program Astra Untuk Indonesia Sehat, perusahaan Astra telah melakukan sejumlah inovasi berikut:

  • MOKESA atau Mobil Kesehatan Astra
  • Pembinaan Posyandu berbasis IT
  • Kantong Darah
  • Kampung Berseri Astra
  • Generasi Sehat Indonesia-Donasi Kacamata

Masing-masing inovasi tersebut tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Dengan jumlah penyelenggaraan seperti yang tercantum pada gambar di atas, yang bersumber dari file Laporan Keberlanjutan CSR Astra 2016.

Harapannya, semoga Makassar bisa ikut dilirik oleh Astra dalam hal inovasi kesehatan. Sehingga pelayanan kesehatannya dapat berjalan lebih baik lagi dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Sukses selalu untuk kota Makassar dan Astra yang terus menginspirasi.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

16 Comments

  • Ndy Pada November 2, 2017 at 11:19 pm

    Astra perusahaan besar yang tidak hanya mementingkan profit tetapi kepeduliannya kepada masyarakat dan lingkungan dilakukan dengan aksi nyata secara berkesinambungan.

    Reply
  • Lazwardy November 3, 2017 at 1:12 am

    Yg namanya SIMRS itu sangat penting. baru beberapa RS di Provinsi NTB yg sudah menggunakan aplikasi SIMRS , salah satunya RSUD Kota Mataram. Diharapkan semua fasilitas pelayanan kesehatan rujukan menggunakan SIMRS demi kelancaran pelayanan khusunya bagi pasien BPJS. Amiin

    Reply
  • Tia November 3, 2017 at 4:21 am

    semoga RSUD makasar makin oke yaa buat kedepannya.. Amiin

    Reply
  • Ira Duniabiza November 3, 2017 at 9:01 am

    Moderenisasi layanan rumah sakit itu penting banget ya mba… jadinya pasien lebih nyaman

    Reply
  • nhie November 3, 2017 at 1:05 pm

    baru ka tau rsud makassar moderen mi. kampung berseri astra ternyata di kelurahan tempat tinggalku.

    Reply
  • Mugniar November 3, 2017 at 2:19 pm

    Saya baru tahu lho ttg RSUD
    Luar biasa ya kalo sampai ke luar negeri kabarnya.

    Reply
  • Abby Onety November 3, 2017 at 6:28 pm

    Keren yah. Jaman semakin canggih di tandai dengan munculnnya inovasi baru berupa simrs.

    Reply
  • Evrinasp November 4, 2017 at 12:27 am

    Gak cuma perusahaannya aja yang bagus, tapi komitmen astra menebar kebaikan juga

    Reply
  • Aisyah reyzz November 5, 2017 at 6:43 am

    saya baru tahu ternyata ada program aplikasi seperti itu yang di terapkan di rumah sakit. terima kasih informasinya ya kak

    Reply
  • Suryani Palamui November 5, 2017 at 1:51 pm

    Astra banyak memberikan yang terbaik untuk masyarakatnya yah. Salut untuk Astra. 😀

    Reply
  • Ifa November 5, 2017 at 3:30 pm

    Semoga pelayanan kesehatan semakin membaik di mana pun itu 😊

    Reply
  • Tari Artika November 5, 2017 at 3:37 pm

    Amiin.. semoga pelayanan kesehatan di makassar jadi makin baik.

    Reply
  • Akhmad November 6, 2017 at 6:24 am

    Bagus nih, semoga dengan ini pelayanan makin meningkat dan PT Astra terus berkembang… aamiin

    Reply
  • Andi Mirati Primasari November 8, 2017 at 6:03 am

    Alhamdulillah.. Astra juga concern terhadap kesehatan masyarakat Indonesia.. semoga menjadi inspirasi untuk semua pihak 🙂 Aamiin

    Reply
  • Suryani Palamui November 8, 2017 at 8:33 am

    Mantap banget Astra. Alhamdulillah Makassar bisa jadi kota pilihan dari Astra. 😀

    Reply
  • Ridho Al Tundungkury November 9, 2017 at 7:32 am

    Mantap, CSR Astra luar biasa menginspirasi..

    Reply

Leave a Comment