JNE Ngajak Online, Workshop UKM dan Penjual Online di 18 Kota

JNE Ngajak Online

JNE Ngajak Online, Workshop UKM dan Penjual Online di 18 Kota. Teman-teman sudah pada tahu belum kalau perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik favorit kita semua ini bakal berulang tahun yang ke-27? Yups, pada 26 November nanti JNE akan merayakan hari ulang tahunnya. Ya, sebagai rangkaian program untuk memeriahkan hari ulang tahunnya tersebut diadakanlah JNE Ngajak Online. Workshop yang mengajak para wirausahawan maupun pelaku UKM ini diadakan di 18 kota. Dimana tujuan intinya adalah JNE mengajak para wirausahawan agar produk yang dihasilkannya dapat dipasarkan secara luas.

JNE Ngajak Online, Digelar di 18 Kota

JNE Ngajak Online

Mataram, Kota Terakhir Ke-18 Diselenggarakannya Workshop

Senang sekali, Kamis (19/10) kemarin, kami berkesempatan untuk hadir pada workshop JNE Ngajak Online yang digelar di Hotel Puri Indah, Mataram. Untuk diketahui, bahwa Mataram merupakan kota terakhir alias kota ke-18 tempat diselenggarakannya workshop ini. Sebelumnya, JNE telah mengadakan workshop yang sama di 17 kota lainnya. Yaitu Tanjung Pandan, Bengkulu, Sorong, Jayapura, Samarinda, Palangkaraya, Banda Aceh, Jambi, Bontang, Tarakan, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Pangkal Pinang, Cilegon dan Kupang. Jadi, dengan dilangsungkannya workshop di kota Mataram, maka genap sudah workshop ini digelar di 18 kota.

Mengapa Mataram?

Lalu, mengapa Mataram dipilih menjadi satu dari 18 kota tempat diselenggarakannya workshop tersebut? Rupanya nih karena Mataram (lebih luasnya lagi Pulau Lombok) dikenal memiliki sejumlah produk khas UKM setempat. Dimana produk tersebut telah dipasarkan ke seluruh Indonesia, seperti Ayam Taliwang, Kacang Mete, Sambal Plecing Kangkung, Sambal Encim, dan Kopi Khas Lombok. Selain produk-produk tadi, masih ada banyak lagi produk-produk UKM yang sayangnya belum dipasarkan secara online. Sehingga konsumennya hanya terbatas pada mereka yang membeli langsung saja.

Lewat workshop JNE Ngajak Online ini, diharapkan JNE dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan lebih kepada para pengusaha di Mataram dan sekitarnya. Agar dapat mengembangkan usahanya dengan menjalankan strategi penjualan dan pemasaran yang tepat, serta memanfaatkan beragam produk layanan JNE secara efektif.

Workshop JNE Ngajak Online di Mataram

JNE Ngajak Online

Komplit dengan Hadirnya 3 Narasumber

Workshop yang digelar oleh JNE ini kian komplit dengan hadirnya 3 narasumber yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Narasumber tersebut yaitu, Bapak Taufik Rahman, SH (Kepala Balai Pendidikan Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED) Dinas Perdagangan Provinsi NTB), Mbak Indah Purwanti (Pemilik Usaha Indah Mutiara Lombok) dan Bapak Dian Afrizal (Head of Regional JNE Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara). Pak Taufik memberikan paparan terkait adanya inovasi dari Dinas Perdagangan yaitu ISHOP NTB. Dimana media ini memungkinkan para pelaku UKM di Mataram untuk memasarkan produknya secara online.

Disusul kemudian oleh Mbak Indah Purwanti yang membawakan materi dengan sangat apik. Wanita berusia 31 tahun itu menceritakan suka dukanya dalam menjalankan bisnis Indah Mutiara Lombok. Dari yang awalnya belum memiliki toko sendiri, hingga kini telah memiliki showroom yang cantik. Juga telah berpartisipasi di berbagai pameran. Baik tingkat nasional, maupun internasional. Oh ya, saya masih ingat beberapa tahun yang lalu sering bertemu Mbak Indah di kantor cabang JNE Mataram. Ya, sesama penjual online kami sama-sama sibuk mengurus pengiriman barang. Setelah lama tak jumpa, kami sama-sama tidak lagi ke JNE. Bedanya, Mbak Indah tidak ke sana karena pekerjaan tersebut sudah dihandle oleh karyawan, sedangkan saya karena memang sudah tidak jualan online lagi 😀

JNE Ngajak Online

Inovasi JNE dalam Berbagai Produk dan Layanan

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Dian Afrizal, selaku Head of Regional JNE Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara. Beliau memaparkan secara singkat tentang bagaimana JNE tumbuh dan berkembang, hingga kian dicintai oleh masyarakat hingga kini. Ya, tagline Connecting Happiness benar-benar melekat pada JNE. Bagaimana JNE menjadi penghubung/penyambung kebahagiaan diantara dua pihak. Yaitu penjual dan pembeli, atau pengirim dan penerima. Hingga di usianya yang ke-27, JNE telah memiliki sejumlah inovasi diantaranya: Aplikasi MyJNE, Pop Box, JNE Trucking, JNE International Shipment, @Box Pre-Paid dan lainnya.

Baca Juga: Benarkah Mengirim Semakin Nyaman dengan My JNE? Ini 7 Kelebihan Aplikasi My JNE yang perlu kamu ketahui

Sebelum menutup pemaparannya, beliau tidak lupa menyampaikan bahwa disamping menggelar workshop, JNE juga mengadakan program JNE Ngajak Ngirim. JNE Ngajak Ngirim merupakan program gratis ongkos kirim yang hanya berlaku sehari setelah digelarnya workshop. Program ini berlaku untuk pengiriman paket seluruh pelanggan dari 18 kota tempat digelarnya workshop dengan tujuan Jakarta. 

Strategi JNE dalam Mendukung Pelaku UKM

JNE Ngajak Online

Dalam mendukung para pelaku UKM di berbagai daerah, JNE telah melakukan sejumlah strategi. Adapun strategi tersebut terdiri dari dua bentuk, yaitu: kemitraan/keagenan dan Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara). Dimana bentuk kemitraan ini adalah JNE terus membuka peluang bagi masyarakat untuk bermitra dengan menjadi agen JNE. Sudah pada tahu kan yang namanya agen JNE? Itu lho, tempat-tempat pengiriman barang JNE yang ada di rumah-rumah yang sering kita lihat. Jadi kita gak perlu ke kantor cabang langsung. Cukup datang ke agen JNE terdekat.

Selanjutnya, Pesona adalah inovasi yang dilakukan oleh JNE dan berdiri sejak tahun 2010. Pesona merupakan bentuk dukungan JNE dan wadah bagi para pelaku UKM untuk dapat mengembangkan usahanya. Hingga saat ini, Pesona telah bekerjasama dengan lebih dari 800 produsen oleh-oleh khas daerah dari seluruh Indonesia. Wihh..keren ya! 😉

Sukses selalu buat JNE dan selamat merayakan hari jadi yang ke-27.

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

9 Comments

  • Anindita Ayu October 20, 2017 at 10:38 am

    Aku belom pernah nyoba Pesona-nya JNE mbak, bagus ga ya layanannya? ^^

    Reply
  • nhie October 20, 2017 at 12:06 pm

    selamat ulang tahun jne…makin banyam nih inovasinha

    Reply
  • Hastira October 20, 2017 at 8:01 pm

    keren ya aacarnya

    Reply
  • Lizafathia October 20, 2017 at 8:59 pm

    Wah JNE udah mau 27 aja ya. San di banda aceh ada workshopnya juga. Sayangnya aku enggak tau ws ini. Keren banget acaranya ya mbak andy, cocok nih utk pelaku ukm.

    Reply
  • nanie October 21, 2017 at 3:05 am

    Acaranya kerennnn, abis baca daftar kotanya eh di Makassar memang ga ada ya, saya pikir kelewat infonya 😀

    Reply
  • lendyagasshi October 21, 2017 at 11:36 am

    Indah Mutiara Lombok itu toko mutiara terbesar di Lombok bukan, mba Andy?
    Saya pernah main ke Mataram.
    Dan kagum sama keindahan pantai Senggigi, terlebih ketiga gili nya.

    **laaff..

    Btw,
    JNE sudah 27 tahun?
    MashaAllah…sudah tua juga yaa?

    Reply
  • Irni Irmayani October 21, 2017 at 4:14 pm

    JNE udah 27 tahun aja ternyata. Kirain baru beberapa tahun mulai usahanya.

    Reply
  • Noe October 22, 2017 at 1:21 am

    Waah, udah 27 tahun ya JNE, udah lama juga ya. Semoga sukses terus, UKM juga

    Reply
  • Helena October 23, 2017 at 6:11 pm

    Pop Box itu punya JNE? aku terbantu dengan pop box karena mendapat kiriman paket jadi makin mudah.

    Reply

Leave a Comment