Asyiknya Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

mudik menggunakan pesawat terbang

Asyiknya Mudik Menggunakan Pesawat Terbang. Sewaktu kecil dulu saya selalu berpikir, mengapa orang-orang ini mau saja membayar mahal untuk sekadar naik pesawat terbang. Padahal mereka tidak akan duduk dalam waktu yang lama seperti saat berada pada moda transportasi lainnya. Ya, menurut saya, dengan biaya yang tidak sedikit tersebut, semestinya kita bisa menikmati suasana pesawat lebih lama. Paling tidak, satu atau dua hari gitu? Jangan tertawa, itu pemikiran saya di usia taman kanak kanak. Pemikiran yang akan selalu saya tertawakan kalau teringat lagi. Seperti saat saya membuat tulisan ini.

Seiring bertambahnya usia pun intensitas saya menggunakan pesawat terbang, saya semakin mengerti mengapa orang-orang sangat mengandalkan moda transportasi yang satu ini untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Entah itu untuk urusan bisnis, liburan atau bahkan saat hendak mudik ke kampung halaman.

Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

Pengalaman Mudik Bersama Si Kecil

Saya mudik menggunakan pesawat terbang sejak masih bayi (entah usia berapa) yaitu dari Denpasar menuju Banjarmasin. Tentu saja saya tidak ingat bagaimana detail pengalaman pertama saya bersama moda transportasi udara tersebut. Lain halnya dengan anak saya yang bernama Rani, dia pertama kali naik pesawat terbang saat berusia 11 bulan yaitu dari Makassar menuju Balikpapan. Bagaimana perasaannya? Tentu saja nano-nano alias campur deh! Senang banget iya, takut juga iya. Lihat birunya langit dan putihnya awan bisa bikin dia senang, tapi saat merasakan proses lepas landas dan pendaratan bisa bikin dia berubah ketakutan.

Eitt, itu dulu. Kini usianya menginjak 6 tahun. Tidak ada lagi yang namanya rasa campur aduk saat naik pesawat terbang. Sekarang malah dia yang excited kebangetan. Mau tahu aja setiap prosesnya. Mulai dari hunting tiket pesawat terbang, booking, kepoin saat check in dan sebagainya. Pokoknya mudik menggunakan pesawat terbang itu jadi hiburan sekaligus pelajaran banget buat dia.

Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara

mudik menggunakan pesawat terbang

Kalau ngomong soal mudik pastinya identik dengan kampung halaman ya? Nah kami ini kampung halamannya di mana-mana, jadi setiap tahun mudiknya selalu saja beda kota. Kadang di Mataram, Makassar atau Balikpapan. Untuk tahun 2017, puasa dan lebarannya kami tetap berada di Mataram. Pasca lebaran baru deh kami ke Makassar karena ada acara keluarga yang tetap aja disebut mudik. Hahahaha.

Kenapa memilih menggunakan transportasi udara? Pertama, tentu saja karena banyak pilihan jadwalnya. Cek deh situs-situs perjalanan, sekarang tuh ya setiap hari ada aja penerbangan langsung dari Mataram (Lombok) ke Makassar, demikian pula sebaliknya. Ahh.. ku senang dong! Kedua, karena gak perlu nunggu lama. Tidur bentar di pesawat, eh tau tau udah sampai Makassar. Ketiga, gak tahu deh rasanya berasa selamat dan aman gitu kalau naik pesawat terbang, mungkin karena faktor aturannya yang ketat banget. Jadi ya rasanya emang serius bener nih kita diurusin.

Aktivitas Asyik Selama Berada di Pesawat Terbang

Bagi orang tua yang mudik sambil membawa anak kecil, kita memang harus pintar-pintar menjadikan kegiatan mudik itu sebagai hal yang mengasyikkan untuk anak. Apalagi yang namanya di atas pesawat ya kitanya cuma bisa duduk saja. Kecuali di kelas premium yang tempat duduknya bisa jadi tempat tidur itu #eh. Ya kali mau jalan-jalan keluar sekadar nengok langit. Kan enggak. Hahahaha.

Jadi, berikut ini aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di pesawat terbang:

  • Membaca Buku. Selain menambah wawasan, membaca buku juga bisa menjadi salah satu aktivitas pembunuh waktu yang bikin kita gak sadar eh tahu tahu udah sampai aja di tempat tujuan
  • Mendengarkan Musik. Tentunya dengan menggunakan perangkat yang sudah dalam mode flight yaa (terutama buat yang mendengarkan musik dari smartphone nih).
  • Bermain. Ini yang saya lakukan dengan si kecil di saat saat pertama kami mudik menggunakan pesawat terbang. Bisa dengan membawa mainan figure, boneka ataupun puzzle. Pastikan mudah dibawa dan tidak gampang berantakan ya.
  • Bercerita. Bercerita ataupun ngobrol juga bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan selama berada di atas pesawat terbang.

Yups, jadi itu cerita saya tentang asyiknya mudik menggunakan pesawat terbang. Tentunya bakal lebih asyik lagi kalau teman-teman ikut bergabung di #SobatAviasi seperti saya. Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Selamat mudik ya teman-teman πŸ™‚

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

34 Comments

  • Ria fasha June 14, 2017 at 2:55 pm

    Aku juga dulu mkkir kok mau bayar mahal utk naik pesawat
    Tp dengan kemudahan, cepat dan kenyamanannya harga pesawat ralatif murah apalagi yg mudiknya jauh antar pulau ya mbak..
    Btw makasih tipsnya mbak

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti June 15, 2017 at 6:53 am

    Selamat mudik juga bunda.
    Asik-asik semoga perjalanan yang menggunakan pesawat terbang maupun darat dan laut diberikan kemudahan aaminn.

    Reply
  • evrinasp June 15, 2017 at 6:58 am

    sayangnya aku belum bisa mudik pakai pesawat, karena di Cianjur Selatan belum ada, hikssss

    Reply
  • Tian Lustiana June 15, 2017 at 7:09 am

    Andaikan ke Garut ada pesawat pasti kalau mudik saya pake pesawat hehe

    Reply
  • shona vitrilia June 15, 2017 at 7:54 am

    cuma ke bekasi jadi ga pake pesawat hehe.. tp thanks infonya mba, pasti butuh juga buat perjalanan lainnya

    Reply
  • lingga permesti June 15, 2017 at 11:43 am

    sering ke jogja dari jkt naik pesawat bawa anakku 3 tahun mba…tapi udah kebiasaan dari bayi kalau naik pesawat dia bobo nyenyak..alhamdulillah gak ngerepotin sih,…tapi ngga tau nih adiknya nanti kayak anak pertamaku atau nggak

    Reply
  • Dian Ravi June 15, 2017 at 11:46 am

    Aku sebenarnya pecinta jalan darat, Mbak. Melintasi provinsi di pulau Jawa itu seru. Tapi kalau lebaran langsung big no, no. Mudik lebaran wajib pakai pesawat. Soalnya jalan darat sudah dipastikan macet dan lama sampainya. Pesawat aku ke Surabaya cuma 1,5 jam ditambah jalan darat ke Bondowoso paling 5 jam. Hari itu juga sudah sampai deh ke rumah mertua. Kalau jalan darat yang ada 2 hari belum tentu sudah sampai.

    Reply
  • Leli June 15, 2017 at 2:02 pm

    Kalau untuk urusan cepat saya juga senang naik pesawat karena tinggal duduk 2 jam eh udah sampai di kampung halaman. Sayang seribu sayang, tiket pesawat ke kampung halaman bisa naik jadi 2-3x lipat dari harga biasanya

    Jadi saya lebih memilih naik kereta

    Tapi apapin transportasinya selama kita bisa mudik dan ketemu keluarga dirumah kan tetep nikmat ya. Alhamdulillah~

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 4:00 am

      Huahhh.. 2 jam? Saya kalau mudik paling lama 1 jam. Itu aja udah berasa capeknya.

      Reply
  • Okti June 15, 2017 at 3:31 pm

    Kangen naik pesawat. Tapi gimana bisa wong mudiknya cuma beda kecamatan aja jaraknya. Hahaha

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:58 am

      Hahahaha. Mudiknya dekat banget ya mbak πŸ™‚

      Reply
  • Liswanti Pertiwi June 15, 2017 at 10:08 pm

    Mudik itu memang menyenangkan ya, apalagi kalau mudiknya nyaman dan aman pake transportasi udara

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:51 am

      Iya mbak. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu.

      Reply
  • Helena June 15, 2017 at 10:59 pm

    kalau udah bosen di pesawat, aku suka baca in-flight magazine. Isinya tempat wisata di Indonesia. Makin ingin liburan deh

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:50 am

      Saya senangnya ngemil mbak kalau lagi di pesawat.

      Reply
  • Ardiba June 15, 2017 at 11:54 pm

    Pikiran masa kanak2 memang lucu ya..padahal justru orang milih pesawat karena efisiensi waktunya…dan syukurnya skg tiket pesawat semakin terjangkau. Jadi semua bisa terbangggg!!!!

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:49 am

      Iya mbak, sekarang tiket pesawat terbang udah makin terjangkau harganya πŸ™‚

      Reply
  • Nurul Fitri Fatkhani June 16, 2017 at 6:13 am

    Hihihi..benar juga ya, Mbak. Sayang sekali udah bayar mahal,tapi hanya sebentar dinikmatinya πŸ™‚
    Tapi sebanding dengan singkatnya perjalanan ya..

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:48 am

      Hahahaha. Itu pemikiran saya pas masih kecil dulu mbak. Bayar mahal ya maunya lama di perjalanan wkwkwk.

      Reply
  • April Hamsa June 16, 2017 at 8:15 am

    Pesawat emang salah satu moda transportasi nyaman dan cepat utk mudik ya mbk?
    Apalagi buat yg bawa balita, lbh enak krn g bikin balita capek.

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:47 am

      Kalau pikiran saya waktu masih balita dulu enakan naik kapal laut. Makin lama di perjalanan makin enak. Hahahaha

      Reply
  • Mugniar June 16, 2017 at 9:39 am

    Ranii besarnya mii.

    Mana videonya, ndak diupload?

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:46 am

      Hihihi iya. Lamanyami tawwa ndak ketemu di’. Itu adami diupload videonya kak.

      Reply
  • nufazee June 16, 2017 at 6:57 pm

    keren ya komunitas #SobatAviasi ini, pesan2 penting selama menggunakan pesawat sebagai moda transportasi saat mudik jadi tersampaikan secara asyik kepada masyarakat ^^

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:45 am

      Bener banget mbak. Jinglenya juga sarat makna. Suka liriknya ^_^

      Reply
  • Puspa June 17, 2017 at 3:23 pm

    Aku juga suka baca sambil dengerin musik kalau di pesawat berjam-jam. Salam mba Andy

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:44 am

      Huahhh..berjam-jam itu ke mana mbak? Ke luar negeri kali yaa?

      Reply
  • Tuty Queen June 17, 2017 at 5:18 pm

    Asyik memang naik pesawat, lebih cepat nyampenya πŸ™‚ pengalaman pernah jalur darat seru sih tapi nyampenya lama πŸ˜€

    Reply
    • andyhardiyanti June 18, 2017 at 3:44 am

      Iya, keunggulannya pesawat banget ya itu mbak. Cepat sampai.

      Reply
  • Iqbal June 18, 2017 at 7:15 am

    untung saya punya pintu kemana sajanya doraemon. Jadi tinggal buka pintu, langsung nyampe deh πŸ˜ƒ

    Reply
  • Yasinta Astuti June 20, 2017 at 5:02 pm

    Kalau naik pesawat selain cepat ya indah ya mbak. Kangen traveling jadinya

    Reply
  • pie susu bali June 21, 2017 at 3:02 am

    yaa memang mudik dengan pesawat solusi terbaik mbk cuman gitu kadang kasihan duitnya xixiix salam kenal ya

    Reply
  • Evi Sri Rezeki June 21, 2017 at 11:07 pm

    Iya ya buat anak-anak harus disediakan semacam buku dan mainan biar enggak bosen πŸ™‚

    Reply
  • Sumbersejarah June 24, 2017 at 12:35 am

    Kalau mudiknya jauh antar pulau pasti dengan pesawat lebih nyaman dan efisien. Tapi menurut saya, kalau masih satu pulau lebih asik naik kendaraan pribadi haha. Lebih seru dan nyaman tentunya.

    Reply

Leave a Comment