Enaknya Sate dan Tongseng Kambing Khas Pati di Rumah Makan Sate Family Lombok

rumah makan sate family lombok

Enaknya Sate dan Tongseng Kambing Khas Pati di Rumah Makan Sate Family Lombok. Salah satu hal yang menyenangkan di Lombok ini selain objek wisatanya yang cantik cantik adalah pilihan makanannya yang banyak! Tidak hanya kuliner khas Lombok saja yang tersedia. Tapi juga aneka kuliner khas dari daerah di luar Lombok yang dibuka pula di sini, di Lombok. Ya, banyak para pendatang yang ikut mendirikan usaha kuliner dengan menjajakan makanan khas dari daerahnya di Lombok. Sate Kambing khas Pati-Jawa Tengah ini salah satunya.

Aneka Menu Kambing Khas Pati di Rumah Makan Sate Family Lombok

rumah makan sate family lombok

Berawal di Praya, Kemudian Membuka Cabang di Mataram

Rumah Makan Sate Family ini mulai beroperasi di Mataram tepatnya di Jalan Sriwijaya, Depan Kantor Pos Pusat Mataram Lombok, sejak awal Mei 2017. Yups, belum ada sebulan. Meski demikian, sudah banyak warga Lombok yang mengenal kuliner kambing khas Pati tersebut. Sebab, setahun sebelumnya telah berdiri Rumah Makan Sate Family di daerah Praya, Lombok Tengah.

Seiring berjalannya waktu, para pengunjung setia Rumah Makan Sate Family di Praya menyarankan agar dibuka pula cabang dari kuliner khas Pati ini di daerah Mataram, agar mereka yang berasal dari Mataram tidak perlu lagi jauh-jauh ke Praya untuk menikmati menu-menu yang disajikan di Rumah Makan Sate Family.

Aneka Menu Kambing Khas Pati di Rumah Makan Sate Family Lombok

Jadi di Rumah Makan Sate Family Lombok hanya menyediakan menu kambing aja nih? Yups, benar banget. Untuk menu utamanya, Rumah Makan Sate Family Lombok di Mataram ini memang hanya fokus menyajikan aneka menu kambing, seperti: sate, gulai dan tongseng kambing. Jadi jangan cari menu yang lain yaa 😀

Demi Kualitas, Sejumlah Bahan Didatangkan Langsung dari Pati

rumah makan sate family lombok

Dari foto penyajiannya, terlihat jelas dong yaa kalau Sate Kambing khas Pati ini memang beda dari sate kambing yang lainnya. Jadi selain sate kambingnya sendiri, kecap menis, irisan bawang dan tomat, jeruk nipis, ada lagi tuh bumbu tambahannya, yakni sejenis adonan bumbu kari. Eh atau apa sih namanya itu? Coba lihat deh di foto di atas. Nah, cara menikmatinya yaitu dengan mencampurkan seluruh bumbu tersebut kemudian cocol deh sate-satenya ke dalam campuran bumbu tadi.

Oh iya, terus apa lagi nih yang bikin sate kambing di Rumah Makan Sate Family Lombok ini beda? Dari hasil tanya-tanya saya ke si pemilik, rupanya demi menjaga kualitas, sejumlah bahan dan alat untuk rumah makannya ini dia datangkan langsung dari Pati, Jawa Tengah. Diantaranya yaitu kecap manis, arang serta tusuk sate.

rumah makan sate family lombok

Daftar Menu Rumah Makan Sate Family Lombok

Kecap Manis yang beliau pilih merupakan kecap manis tempo dulu, pokoknya merk tempo dulu (entahlah merknya apa) yang sampai saat ini tetap terkenal berkualitas di daerahnya. Emang sih yakk kalau diperhatikan kecap manisnya ini jauh lebih kental dari kecap manis biasanya. Jadi begitu ketemu campuran irisan tomat dan bawang, kecapnya gak langsung cair begitu aja. Pantasan aja si bapak owner ini sampai bela-belain mendatangkan kecap dari Pati.

Kemudian untuk arang, alasannya karena arang yang di Lombok itu umumnya merupakan arang yang berasal dari kelapa yang baranya mudah padam dan kurang panas. Sedangkan arang yang didatangkannya dari Pati ini merupakan arang yang berasal dari kayu, yang katanya nih baranya tuh tetap nyala dari pagi hingga malam. Hmmm. Nah, kalau urusan tusuk sate, beliau bilang nih, tusuk sate dari Pati jauh lebih kuat. Gimana menurut teman-teman?

Tetap Bisa Makan Nikmat dengan Aneka Paket Hemat

rumah makan sate family lombok

Salah satu yang paling saya suka dari Rumah Makan Sate Family Lombok ini adalah karena banyak pilihan paket hematnya! Contohnya nih pas pertama kali ke sana, saya langsung memilih paket hemat tongseng kambingnya. Gimana gak hemat coba, seporsi nasi putih+semangkok tongseng kambing+teh manis hangat harganya cuma 25ribu! Bwahahahahah. Itu kalian yang pada pengen nonton di bioskop Lombok Epicentrum Mall atau sekadar ngemall tapi gak kuat dengan harga makanan di sana, saran saya nih mampir dulu gih makan di Rumah Makan Sate Family Lombok yang letaknya cuma sepelemparan batu dari mall itu. Biar bisa makan nikmat dan hemat. Hihihi.

Eh iya, saya belum bilang ya kalau menu tongseng Kambing di sini tuh enak banget? Dagingnya empuk euy. Gak cuma tongsengnya sih, semua menu di sini emang punya ciri khas daging kambingnya empuk-empuk. Gak ada tuh cerita dagingnya susah dikunyah atau nyangkut sana sini di gigi.

Nah, kalau kalian ada uang lebih, bagusnya sih beli aja langsung seporsi menu Sate/Gulai/Tongseng Kambingnya. Biar dapat lebih banyak. Dan untuk gulai serta tongseng Kambingnya, kalau langsung pesan seporsi nanti bakal disajikan dengan mangkok tahan panas komplit dengan nyala api di bawahnya yang bikin gulai/tongseng Kambing yang kalian pesan tetap terjaga panasnya. Wuih..enaknya 😀 Udah ah, nulis macam gini dikiranya gak bikin efek lapar kali ya? Huhuhuhu.

Rumah Makan Sate Family Lombok
Jln. Sriwijaya (Depan Kantor POS Pusat Mataram)
HP. 087865861973

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

7 Comments

  • Iqbal May 16, 2017 at 9:25 am

    Ajib.. enak neh mbak

    Reply
  • muhammad gunawan May 18, 2017 at 9:15 am

    waaah…. menarik gati….

    Reply
  • fadhil aulia May 18, 2017 at 11:03 am

    Satenya bikin laper mbak….

    Reply
  • afifuddin May 20, 2017 at 12:06 am

    wah, satenya mantep tuh, apalagi makan sate sama tongsengnya… Terbaik..

    Reply
  • ibnu May 20, 2017 at 2:23 am

    satenya enak tuh mbak buat buka puasa heheeee

    Reply
  • herva yulyanti May 21, 2017 at 3:35 pm

    bapaknya bener2 menjaga cita rasa khas y mba sampe kecap, arang, tusukannya didatangin dr Pati. jadi penasaran smg klo aku bisa ke Lombok bisa mampir sini ☺️

    Reply
  • halloyahya May 29, 2017 at 2:54 am

    pagi pagi udah bikin ngiler aja..

    Reply

Leave a Comment