5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Lebaran

persiapan lebaran

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Lebaran. Tidak terasa sebentar lagi kita akan sampai di penghujung 10 hari pertama bulan ramadhan. Tentu saja ibadah tetap menjadi fokus semua orang di bulan yang penuh rahmat ini. Enggan rasanya melewatkan waktu-waktu yang ada untuk hal yang tidak bermanfaat dan tidak bernilai ibadah. Dimana nantinya, usai sebulan penuh kita menjalankan puasa serta beribadah di bulan ramadhan kita semua akan sama-sama bersuka cita menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran. Hari kita bermaaf-maafan dan hari yang menjadi ajang berkumpulnya kita bersama keluarga besar. Untuk menyambut hari tersebut, tentu diperlukan sejumlah persiapan lebaran. Berikut ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Lebaran.

Persiapan Lebaran

1. Makanan dan Minuman

persiapan lebaran

sumber: bahasa.aquila-style.com

Karena lebaran menjadi hari dimana berkumpulnya kita dengan seluruh keluarga besar, juga menjadi ajang silaturrahmi dengan para tetangga, maka sudah sewajarnya kita menyajikan sajian makanan dan minuman sebaik tuan rumah yang baik. Di Indonesia, kita paling sering menjumpai ketupat dan opor ayam, serta kue kering sebagai cemilannya. Apapun itu, pastikan agar para tamu yang datang bisa kita jamu. Tidak masalah jika hanya berupa makanan dan minuman yang sederhana. Dan tentu saja, jangan lupa saling bermaaf-maafannya yaa πŸ™‚

2. Rumah yang Bersih

persiapan lebaran

Eittt..bukan rumah baru lho ya. Hehehe. Teman-teman pasti pada tahu kan kalau menjelang lebaran nanti biasanya orang-orang pada ramai mengecat rumahnya. Yups, entah itu untuk suasana baru atau agar rumah terlihat lebih bersih. Apapun namanya, memang sudah sebaiknya kita membersihkan lingkungan rumah untuk menyambut lebaran seperti ini. Selain untuk meningkatkan mood si penghuni rumah, juga agar saat momen kumpul keluarga nanti menjadi lebih nyaman.

Mempersiapkan rumah yang bersih tidak selalu dengan mengecat ulang rumah. Cukup dengan membersihkan bagian dalam rumah, merapikan bagian-bagian yang berantakan, mengatur ulang barang-barang yang menumpuk hingga membersihkan halaman rumah, terutama memangkas rumput-rumput liar yang sudah semakin meninggi.

3. Tiket Mudik

persiapan lebaran

Disclaimer dulu. Daftar nomornya ini gak sesuai aturan kok ya. Hahahha. Ya jelaslah. Kalau sesuai urutan sih, ya udah jelas hal pertama yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran adalah tiket mudik. Apalagi kalau ngomongin tiket kereta api, malahan udah ramai diborong sejak awal ramadhan. Seperti yang kita ketahui, makin dekat hari lebaran, harga tiket-tiket ini semakin gak wajar aja. Jadi, untuk pengeluaran hari lebaran yang lebih hemat, pesan gih tiket mudik kalian jauh-jauh hari ya! πŸ˜€

4. Pakaian Lebaran

persiapan lebaran

sumber: rajapena.org

Pakaian lebaran juga merupakan hal yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran. Baik itu mukena untuk digunakan shalat ied, maupun baju muslim yang akan kita pakai saat bersilaturrahmi ke rumah kerabat dan keluarga. Pakaian lebaran tersebut tidak harus selalu baru, bersih saja sudah cukup. Namun jika memang perlu untuk membeli pakaian baru, teman-teman tidak perlu khawatir karena menjelang lebaran nanti akan banyak sekali promo baju lebaran 2017 yang ditawarkan oleh pusat perbelanjaan, tentunya dengan harga yang menarik.

5. Berbagi Rezeki dengan Keluarga

persiapan lebaran

Entah hal ini menjadi tradisi di Indonesia saja atau juga di daerah lainnya. Namun sudah umum kita lihat bahwa menjelang lebaran nanti akan ramai tersedia tempat-tempat penukaran uang baru dengan pecahan kecil. Ya, uang-uang ini nantinya akan dimasukkan ke dalam amplop dan dibagikan kepada kerabat maupun keluarga yang biasanya berusia lebih muda dari kita. Anggap saja sebagai momen berbagi rezeki dengan keluarga ya πŸ™‚

Apapun itu, persiapan terbaik dalam meninggalkan bulan ramadhan dan menyambut lebaran adalah dengan membersihkan hati. Saling bermaaf-maafan dan berjanji untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tentunya dengan tetap bahkan meningkatkan ibadah-ibadah yang biasanya dilakukan di bulan ramadhan, untuk kemudian diamalkan di bulan-bulan lainnya.

Bagaimana nih menurut teman-teman? Apa saja persiapan lebaran kalian?

Biasa dipanggil Andy. Pernah tinggal lama di Makassar dan sekarang di Mataram, Lombok. Ngeblog sejak 2007. Senang kulineran, staycation, kopdaran di cafe, browsing produk di toko online tapi gak beli, dan tentu saja...senang menulis :) Bisa dikontak di andyhardiyanti@gmail.com

14 Comments

  • Helena May 30, 2017 at 7:33 am

    angpau… tukar uang di bank supaya dapat lembaran yang baru. Meski cuma 2000 tapi dibagikan ke anak-anak aja udah senang

    Reply
  • Mugniar May 30, 2017 at 8:05 am

    Yup, membersihkan hati yang paling penting.

    Lalu semua persiapan itu πŸ™‚

    Reply
  • Nyi Penengah Dewanti May 30, 2017 at 8:47 am

    siapin amplop kecil πŸ˜€ itu kegedean buat saya mba And hahahah
    nggak mudi ke Bali kali ini, di Jawa aja

    Reply
  • Lia Lathifa May 30, 2017 at 10:41 am

    lebaran yg selalu di nanti anak-anak soalnya seneng dpt uang baru rewards puasanya πŸ™‚

    Reply
  • Utieadnu May 30, 2017 at 11:17 am

    Yg tetakhir aku msh dpt dr kk ku mba .. tp lsg kadang aku lsg ksih k ankny lg hehe… seru memang hr ied itu hr kumpul kelg besar

    Reply
  • lendyagasshi May 30, 2017 at 6:21 pm

    Angpaw ini yang menarik.
    Hahaaa….karena aku anak paling kecil, jadi sekarang yang giliran dapet adalah anak-anakku. Dan lucunya, mereka selalu dapet lebih banyak dari sepupunya yang lain.

    Lebaran selalu meninggalkan kisah yang syahdu.
    Ingin rasanya Ramadhan terus menghiasi bulan-bulan setelahnya.

    Reply
  • Zata May 31, 2017 at 7:03 am

    Setuju bgt sama 5 hal di atas, terutama poin terakhir ya mba Andy 😊

    Reply
  • baiqrosmala May 31, 2017 at 7:21 am

    siiipppp… aku paling seneng kalau lebaran punya baju baru ^^

    Reply
  • April Hamsa May 31, 2017 at 9:45 am

    Kebiasaan ortuku kalau mau lebaran jg beberes/ bebersih rumah dan ngecat rumah hihihi

    Reply
  • shona vitrilia May 31, 2017 at 1:17 pm

    bener banget mba. plus kesiapan untuk tetap istiqomah selepas Ramadan..

    Reply
  • Miranti May 31, 2017 at 4:44 pm

    Siapin duit baru-baruuu donkk.. Nominal ga masalah sing penting duitnya masih wangi mesin cetak haha.. Ga mudik dulu, tiket ke padang suka ga masuk akal kalo belinya deket waktu begini *eaa malah cuhat.

    Reply
  • Eni martini May 31, 2017 at 9:41 pm

    Tukar uang harus jauh-jauh hari ya,berapa kali kehabisan

    Reply
  • abahadil June 9, 2017 at 2:54 pm

    siapin amplop kecil πŸ˜€ itu kegedean buat saya mba And hahahah
    nggak mudi ke Bali kali ini, di Jawa aja

    Reply
  • Eksapedia June 17, 2017 at 11:49 am

    Menjelang lebaran pasti banyak sekali persiapan persiapan yang dilakukan oleh masyarakat kita, Masya Allah.. berkah lebaran πŸ™‚ rumah jadi bersih dan mempererat tali silaturahmi…

    Reply

Leave a Comment